Mau Usaha Makin Melejit? Coba Belajar Mindfulness

Mau Usaha Makin Melejit? Coba Belajar Mindfulness. Sejatinya setiap orang ingin memiliki usaha sendiri, namun tidak semua orang bisa menjalaninya karena berbagai hal. Banyak tantangan yang akan dihadapi dalam menjalankan sebuah usaha sendiri. Masing-masing orang akan berbeda cara menghadapinya. Tantangan paling besar berasal dari diri sendiri yang justru akan menghambat sebuah usaha tidak bisa berkembang.

mindfullness


Punya usaha sendiri juga menjadi idaman saya selama ini, hanya saja masih bingung mau usaha di bidang apa. Jadi selama ini saya hanya mencari dan memperhatikan bisnis-bisnis yang saya temui. Contohnya ketika berkunjung ke sebuah cafe atau bistro, saya melihat seperti apa menu mereka di sana dan pernak pernik apa saja yang mereka buat agar menarik perhatian pengunjung.

Pastinya dengan melihat seperti itu, ada ketakutan sendiri yang muncul dalam diri. Takut nanti kalau produk yang dijual tidak ada yang suka gimana, takut kalau mengecewakan pembeli dan banyak ketakutan lainnya. Ternyata ketakutan inilahlah yang paling berpengaruh dalam menjalankan usaha. Mulai aja belum kok sudah takut.


Syukurlah beberapa waktu lalu saya mengikuti event NGAJAK ONLINE 2022 ke-20 yang diselenggarakan oleh JNE di Jakarta secara hybrid dengan mengambil tema "Mindfulness, Kunci Usaha Melejit".

Mau Usaha Makin Melejit? Coba Belajar Mindfulness



Event yang diselenggarakan oleh JNE ini diselenggarakan di 60 kota di seluruh Indonesia untuk membantu para UMKM dengan memberikan edukasi mengenai strategi penjualan online untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasarnya.

Ngajak Online ke-20 ini sengaja diselenggarakan di Jakarta tepatnya di Moja Indonesia bertepatan dengan penyelenggaraan HUT DKI Jakarta ke-495 dan dihadiri oleh Adrie Basuki (Founder Adriebasuki.id dan Mindfulness Coach - Roemah Bahagia), Najla Bisyir (Founder Bittersweet by Najla), Tities Sapoetra (Fashion Designer Celebrity dan Brand Owner @ts.the.label).

Mulai Aja Dulu


Dari narasumber yang hadir saya belajar banyak bagaimana mereka memulai usahanya. Adrie Basuki yang awalnya seorang pekerja kantoran akhirnya beralih profesi mendirikan usaha sendiri pun sempat punya ketakutan sendiri ketika akan memulai usahanya. Ketakutan tersebut memang wajar, tapi jika tidak segera diatasi malah akan mandek di jalan dan tidak akan berkembang pastinya.

Mulai aja dulu, karena kalau kita tidak memulainya ya gak akan jadi sebuah usaha. Pesan penting yang disampaikan oleh Adrie adalah menggunakan extra effort untuk usaha sendiri, seperti halnya kita bekerja dengan orang lain seperti di kantor.

Bukan cuma Adrie yang merasakan ketakutan, begitu juga dengan Najla punya ketakutan saat memulai usahanya. Salah satu ketakutan terbesarnya pastinya takut gagal dalam menjalankan usahanya dan tidak bisa membagi waktu bersama keluarga.


Yang Dibutuhkan Pelaku Usaha


Sebagai pelaku usaha memang memiliki challenging sendiri, tidak sama ketika kita bekerja pada orang lain, apalagi ketika kita menjalankan usaha di masa pandemi dan di jaman digital harus tahan mental dan tahan banting. Cobaan tidak hanya dari luar saja tapi juga bisa berasal dari diri sendiri salah satunya adalah faktor stres.

Pelaku usaha itu butuh inovasi dan konsisten dalam menjalankan usahanya agar tidak tergusur oleh pelaku usaha lainnya. Dengan mempelajari behavior pelanggan dan belajar ilmu teknologi juga salah satu tantangan yang dibutuhkan saat ini. Ketika kita menyadari sedang stres itu artinya kita memiliki kesadaran. 

Nah para narasumber ini punya cara sendiri untuk mengatasi kecemasan atau stres yang sedang melanda. Najla cobtohnya akan memberikan waktu untuk diri sendiri dan tidak mau bertemu dulu dengan orang lain. Lain halnya dengan Adrian yang akan belajar melampat serta latihan napas untuk meredakan stres tersebut.


Sadar Aja Dulu, Sebelum Usaha Melejit


Bicara soal sadar diri sedang stres artinya kita adalah orang yang tahu dirinya itu siapa sehingga bisa tahu cara mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

Banyak cara yang bisa diterapkan, masing-masing mungkin punya cara yang berbeda. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan teknik Mindfulness atau berkesadaran diri atau hadir sepenuhnya pada apa yag sedang terjadi dan berlatih menerima tanpa melawannya. Mindfulness ini menjadi kunci dalam menangani stres loh, gak cuma dalam menjalankan usaha tapi bisa kita terapkan dalam aktivitas sehari-hari.

Kalau dari Adrian memberikan cara belajar mindfulness ketika sedang merasa stres adalah dengan belajar lambat dan berlatih napas agar kita bisa kembali pada kondisi semula. Ketika kita stres maka tidak akan bisa melihat peluang yang ada.

Nah masing-masing narasumber ini juga memberitahukan cara mereka sadarnya dalam menghadapi tantangan dalam usahanya. Tities dengan melihat story apa yang ada dan dilihatnya untuk bisa dikembangkan. Kalau Najla memiliki kesadaran dalam membangun bisnis itu harus ada soul atau jiwanya dan menjadikan showcase sebagai monster yag mendatangkan rezeki salah satunya adalah dengan melakukan usaha secara online dan mengoptimalkan sosial media.


Cepat Sadar, Cepat Usaha Melejit


Ketika kita sudah sadar dan bisa mengatasi stres, ke depannya pun bisa menjalankan bisnis lebih baik lagi apalagi punya usaha di jaman sekarang itu harus bisa serba cepat. Baik itu cepat menemukan ide terbaik, cepat menjalankan usahanya, cepat menemukan solusi ketika ada hambatan dan cepat dalam mengirimkan produk yang kita pasarkan pada pelanggan. 


roket



Sebagai pelaku usaha pastinya ingin selalu menyenangkan pelanggannya, termasuk dalam hal pengiriman. Ada kalanya pelanggan membutuhkan produk yang bisa sampai ke rumahnya dalam waktu 1 hingga 2 jam saja. 

Nah, untuk itulah JNE yang memiliki tagline Connecting Happiness dan selalu ingin memberikan kebahagiaan pada pelanggannya, saat ini punya produk terbaru yaitu Roket Indonesia.

Aplikasi Roket bisa diunduh pada smartphone. Di sini pelanggan bisa mengirimkan barangnya dengan djemput oleh kurir JNE dalam waktu maksimal 3 jam dengan jangkauan 10 KM artinya pengantaran Roket hanya dalam kota saja. Saat ini Roket juga sudah ada di beberapa kota melayani pelanggan dalam kota tersebut. Mudah-mudahan makin banyak jangkauan dan hadir di banyak kota di Indonesia.

Kalau sudah tahu dan sadar ada Roket, gak perlu stres lagi dong untuk melakukan pengiriman cepat ke pelanggan. Cepat sadar maka usahapu bisa makin melejit.



Post a Comment

0 Comments