Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022

Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 Alhamdulillah resmi dibuka dan sukses dalam penyelenggaraannya. Acara yang digelar di Tennis Indoor Senayan ini berlangsung dari tanggal 23-24 Desember 2022 yang diikuti oleh Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Anggota Forum Zakat (FOZ) dari seluruh Indonesia.


Indonesia Giving Fest



Pada event kebaikan tersebut saya berkesempatan datang di hari pembukaan Zakat Expo yaitu hari Jumat, 23 Desember 2022. Memasuki kawasan Tennis Indoor sudah disambut oleh banner-banner Indonesia Giving Fest (IGF) yang membawa kemeriahan event Zakat Expo 2022 tersebut. Tepat di pintu masuk sudah berderet booth makanan di Food Festival untuk pengunjung yang merasa lapar tanpa harus pergi jauh dari lokasi IGF. Dari sini pengunjung dapat masuk ke pintu utama hall dengan menunjukkan bukti pendaftaran online yang dilakukan secara gratis pada website IGF.


Pembukaan Indonesia Giving Fest


Indonesia Giving Fest kali ini bertema "The Superb Beginning of Zakat Expo 2022" ini diresmikan oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bimas Islam Kemenag RI yaitu bapak Drs. H. Tarmizi Tohor, MA.

zakat expo 2022



Zakat Expo 2022 ini diadakan untuk mengangkat produk lembaga zakat dan para amil lewat program unggulanya serta mengedukasi masyarakat terutama generasi muda dalam tata kelola zakat dan kontribusinya. Seperti yang kita ketahui bahwa dari Zakat ini bisa membantu mengentaskan kemiskinan.

Mudah-mudahan dari kegiatan baik seperti ini bisa meningkatkan Gerakan Zakat Indonesia.


Aktivitas Yang Ada di Zakat Expo 2022


Sekitar lebih 55 booth yang mengikuti  Zakat Expo dalam penyelenggaraannya selama dua hari mengajak pengunjung untuk ikut berinteraksi langsung dalam berbagai program yang ada dari tiap-tiap Lembaga Zakat yang berpartisipasi. Bertujuan mengedukasi sehingga pengunjung dapat memperoleh informasi langsung secara jelas untuk mengelola zakat serta penyalurannya.




Saya pun mengunjungi booth-booth yang ada di sana yang membuka expo program pemberdayaan, live donation, gebyar sembako, dan lainnya. Misalnya di booth Dompet Dhuafa menampilkan titik sebaran penerima manfaat dari zakat yang masuk yang tertera pada dinding booth. Di sini juga pengunjung dapat mencicipi kopi susu gula aren dari hasil pemberdayaan masyarakat lewat Darling (Dapur Keliling). 

Di era teknologi ini pun penyaluran zakat sudah dilakukan secara modern bisa melalui transfer, maka dari itu disediakan QR Code yang mengarahkan ke rekening resmi pengelola Zakat. Donasi secara cash pun dapat dilakukan tidak hanya dalam bentuk uang namun bisa lewat pembelian produk seperti kerajinan tangan pada booth BSI Maslahat, pembelian kopi pada booth Difabis (Difabel Bazis DKI) dengan menggunakan bahasa isyarat, atau membeli satu kaleng rendang hasil dari kurban masyarakat lewat Lazismu.




Aktivitas lainnya pun sempat saya ikuti seperti cek kesehatan gratis, mencoba aneka permainan hingga mencicipi makanan dan minuman yang dibuat oleh masyarakat pemberdayaan zakat. Ada pula penampilan tari saman pada pembukaan, talkshow dan seminar yang menghadirkan beberapa narasumber seperti Rezha Rendy yang akan berbagi mengenai "Berlapang Dada Dalam Setiap Kondisi" dan narasumber lainnya. Pengunjung juga dapat melakukan donasi lewat konser amal yang menampilkan Music for Humanity, Puisi untuk Negeri.




Saya sempat mendengarkan OPZ Expose : Dompet Dhuafa ketika berkunjung ke Indonesia Giving Fest yang memberikan informasi secara meluruh mulai dari sebaran penerima manfaat zakat, pilar programnya dan lain-lain.


Zakat Award


Event Indonesia Giving Fest juga menampilkan para juara Zakat Award yang diikuti oleh para OPZ dan sebelumnya sudah dilakukan penilaian yang meliputi banyak aspek tentunya. Dari banyaknya peserta akhirnya terpilih pemenangnya seperti kategori yaitu OPZ Skala Kabupaten/Kota, OPZ Skala Provinsi, dan OPZ Skala Nasional. Menang kalah dalam suatu perlombaan itu adalah wajar, tapi pastinya para OPZ ini juga bisa terpacu lagu dalam Gerakan Zakat dan meningkatkan kontribusinya lewat program yang mereka bentuk dan laksanakan.

Zakat Award




Semoga penyelenggaraan Indonesia Giving Fest 2022 ini bisa menjadi penyemangat untuk kita semua agar saling berbagi kebaikan khususnya eksposur pada Gerakan Zakat oleh seluruh OPZ anggota FOZ lewat produk lembaga zakat tersebut dan masyarakat bisa mengenal lebih dekat lagi lembaga zakat yang ada di Indonesia dan dapat memilih OPZ untuk penyaluran zakatnya, Insya Allah semua amanah dan dapat menyalurkan dengan baik serta merata.

Post a Comment

0 Comments