Jauhkan Bahaya Ruam Popok dan Konsultasi Ke Dokter Jika Diperlukan Supaya Bayi Gak Rewel

Jauhkan Bahaya Ruam Popok dan Konsultasi Ke Dokter Jika Diperlukan Supaya Bayi Gak Rewel - Beberapa waktu lalu, keponakan saya alias sepupunya anak-anak  datang dari Semarang. Pastinya anak-anak senang dong kedatangan saudaranya yang datang dari jauh apalagi kami jarang bertemu kalau bukan karena momen khusus seperti idul fitri atau acara keluarga. Jadilah kami punya mainan baru, si kecil ini pun diajak main oleh anak-anak di rumah. Tapi ketika mulai rewel dan menangis mereka pun kewalahan dan tidak bisa mengatasinya dan mulai bertanya kenapa nangis? Saya infokan kalau bayi berkomunikasi lewat tangisan, artinya ada sesuatu yang tidak beres mungkin saja dia haus, lapar, lelah, dan ruam popok yang bikin bayi gak nyaman beraktivitas.

MAKUKU SAP Diapers Slim






Ruam Popok Bikin Bayi Jadi Rewel


Perjalanan dari semarang ke Bekasi itu jaraknya tidak dekat meskipun waktu tempuhnya sudah bisa dipersingkat melalui jalan tol. Namun bagi anak kecil apalagi bayi, ini merupakan perjalanan yang melelahkan. Untuk itu sebagai orangtua wajib banget menyiapkan segala sesuatunya supaya perjalanan bersama bayi nyaman.

Kedatangan keluarga dari Semarang ini sudah dinantikan oleh kedua belah pihak, terutama anak-anak yang ingin bertemu dengan sepupunya. Jadi tidak heran ketika mereka datang di dalam mobil banyak perlengkapan yang dibawa termasuk perlengkapan bayi, orang dewasa maupun oleh-oleh untuk kami.

Jangan pernah berkomentar pada ibu-ibu yang traveling membawa bayi dengan perlengkapan lengkap. Tetap berikan dukungan saja, mungkin itu merupakan salah satu cara supaya para ibu percaya diri melakukan perjalanan jauh.

Sebelum bepergian, pastikan kondisi bayi dalam keadaan sehat supaya tidak rewel dalam perjalanan. Bayi yang tidak sehat akan berdampak pada bayi itu sendiri dan si ibu karena sepanjang jalan membutuhkan perhatian khusus. Jika tidak sabar menghadapi kerewelannya akan membuat stres bahkan emosi sehingga menyebabkan feeling untuk berlibur atau traveling menjadi hilang, Bukan refreshing yang didapatkan malah kecemasan serta bertambah beban stres. Usahakan ketika traveling bersama bayi menggunakan transportasi yang nyaman untuk semua. Menggunakan kendaraan pribadi lebih mudah menurut saya, karena ketika bayi menangis mudah untuk menenangkannya dengan berhenti sesaat dan membawanya keluar dari kendaraan.

Faktor seorang bayi bisa menjadi rewel itu banyak sekali penyebabnya, seorang ibu harus bisa mencari tahu meskipun kadang sulit. Selain kondisi kesehatannya yang harus dijaga supaya tidak rewel, ibu juga harus memperhatikan tanda-tanda lain seperti jika bayi rewel karena lapar, haus, kelelahan, sakit, atau bahkan kena ruam popok.

Bawa popok bayi dalam perjalanan itu penting dan wajib banget supaya orang tua gak kerepotan ketika bayinya buang air kecil. Namanya juga bayi, dia belum bisa bicara kalau mau pipis, jadi pakai popok adalah jalan ninja kebanyakan ibu apalagi saat bepergian. Gak mau dong tiba-tiba bayi ngompol dan mengenai pakaian kita apalagi sampai kena jok mobil misalnya, nanti malah jadi kerja tambahan belum lagi bau pesing di mana-mana.

Nah, waktu keponakan datang ini sempat diajak keluar untuk jalan-jalan sebentar. Lalu pas sampai rumah dia sudah mulai rewel dan nangis-nangis. Oh mungkin capek atau badannya lengket, mamanya pun sudah memandikan tapi tetap rewel. Akhirnya dikasih makan dia mulai mereda sejenak. Tidak lama pun rewel lagi jadilah kami bingung.

Kebetulan sekali keponakan ini buang air besar, otomatis mamanya pun memberishkan kotoran dan mengganti diaper atau popoknya. Dari situlah kelihatan kalau ada ruam popok yang membuat si bayi tidak nyaman dan rewel.

Buat sebagian ibu, masalah ruam popok ini sebetulnya sudah tidak asing lagi. Katanya kalau gak mau kena ruam popok gak usah pakai diaper nanti jadi begitu terus-terusan. Tapi, yakin mau membersihkan setiap saat dan membuat ibu malah kelelahan karena sebentar-sebentar harus membersihkan pipis bayi.

Banyak loh orangtua yang kurang aware kalau anaknya kena ruam popok, malah dibiarkan begitu saja dan berpikir nantinya akan sembuh sendiri. Padahal hal ini bisa berbahaya jika ruam popok didiamkan saja, malah akan menjadi infeksi dan menyebabkan luka sehingga bayi pun menjadi tidak nyaman makanya suka rewel karena tidak bisa mengungkapkan ketidaknyamanannya tersebut. Ngerinya lagi kalau ruam popok tidak segera diatasi malah ruamnya akan semakin parah dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Mengenal Ruam Popok dan Cara Mengatasinya


Ruam popok merupakan iritasi yang terjadi pada kulit bayi yang disebabkan oleh popok. tandanya bisa berupa kemerahan pada bokong, lipatan paha maupun kelaminnya.

Penyebab ruam popok ini bukan semata-mata karena penggunaan popok saja kok, melainkan karena sensitifnya kulit bayi yang bersentuhan langsung dengan kotoran baik itu urine maupun tinja. 




MAKUKU


Untuk mengatasi ruam popok salah satunya adalah menggunakan gel khusus yang mengandung zinc agar ruam popok dapat mereda dan mencegah iritasinya. Cara lain untukmengatasinya adalah dengan memperhatikan pemakaian popok pada bayi, Ketika bayi menggunakan popok, jangan membiarkannya terlalu lama menggunakan satu popok atau diaper sekali pakai, rutin mengganti popoknya adalah cara simple untuk mengatasi ruam popok. Seperti yang dijelaskan oleh dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A mengatakan bahwa bayi memang seharusnya mengganti popok 3 sampai 4 kali sehari  atau tergantung seringnya  bayi buang air. 

Ketika menggunakan popok jangan terlalu ketat karena bisa menyebabkan kelembaban di sekitar kulit yang tertutup oleh popok. Selain itu juga pemilihan pakaian bayi sangat menentukan selain popok yang tidak terlalu ketat.


Memilih popok yang tepat juga sangat disarankan untuk mencegah ruam popok terjadi pada bayi. Popok yang memiliki daya serap tinggi adalah pilihan yang tepat karena bisa menjaga kulit bayi tetap kering dan tidak iritasi sehingga dapat menyebabkan ruam popok.

Nah, susah gak sih menentukan popok mana yang tepat untuk bayi kita? Memangnya ada popok yang bisa mengatasi dan mencegah ruam popok? jawabannya adalah MAKUKU.


MAKUKU Pilihan Ibu Untuk Popok Atasi Ruam


Ayoooo, ada yang belum kenal dengan brand popok MAKUKU? Makanya saya kenalin dulu nih siapa tahu berguna untuk teman-teman yang sedang mengalami permasalahan ruam popok pada si kecil. Atau punya keluarga yang mengalami masalah sama? Bisa banget direkomendasikan popok dari MAKUKU.

Kehadiran MAKUKU sejak Desember 2021 ini sudah menjawab kekhawatiran para ibu mengenai popok yang dapat mencegah ruam popok. Meskipun saya sudah tidak punya anak kecil lagi yang menggunakan popok, tapi berdasarkan pengalaman dan sharing dari teman serta keluarga yang punya anak kecil mengatakan kalau MAKUKU Diapers ini ampuh sekali membantu para ibu.


MAKUKU SAP Diapers Slim


Sejak kehadirannya pertama kali hingga saat ini MAKUKU selalu berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para ibu untuk menghadirkan popok sekali pakai yang tepat.

"Sebagai pelopor inti struktur SAP di Indonesia, MAKUKU SAP Diapers Pro Care berkomitmen untuk membantu para Ibu untuk menekan risiko ruam popok. Oleh karena itu, Program Jaminan “Tidak Cocok, Uang Kembali” - Branding Director MAKUKU, Lucky Zheng.

Nyatanya hingga saat ini tidak ada konsumen yang mengembalikan produk MAKUKU SAP Diapers Slim. Supaya tidak penasaran yuk, kita cari tahu keunggulannya.


MAKUKU Penyerapan Lebih Maksimal

Produk MAKUKU SAP Diapers Slim ini sudah memakai inti struktup SAP (Super Absorbent Polymer) yang mempunyai kemampuan dalam penyerapan cairan dalam hal ini air seni lebih maksimal sehingga bisa mengatasi dan mencegah masalah ruam popok.  Teknologi SAP merupakan polimer hidrofilik yang memiliki kemampuan dapat menyerap cairan. Awalnya ia berbentuk bubuk putih yang akan berubah menjadi gel saat menyerap cairan.

Ketika bayi menggunakan MAKUKU SAP Diapers Slim dan pipis di diapers tersebut, di dalamnya tidak akan menggumpal karena penyerapannya merata. Daya tampungnya lebih besar bisa mencapai 500 ML. Sedangkan pada inti permukaan penyerapan hingga 120mm.

Ukuran Slim


Selamat tinggal popok tebal yang bikin bayi jadi susah bergerak. Kini MAKUKU SAP Diapers Slim  punya desain slim dan sudah UPGRADE dari produk sebelumnya yaitu ukuran tipis 1,6 mm lebih ringkas dan bayi pun akan merasakan kenyamanan saat bergerak. Keunggulan lainnya adalah memiliki daya serap lebih banyak.

Masing-masing ukuran mempunyai panjang yang berbeda, pemakaian disesuaikan dengan besarnya bayi. Panjangnya sendiri mulai dari 460 cm untuk ukuran M, 500 cm ukuran L, 520cm ukuran XL dan 530 cm untuk ukuran XXL. MAKUKU SAP Diapers Slim juga memiliki tipe Newborn dengan desain khusus yaitu lubang berbentuk U-Shape pada sekitar pusar untuk melindungi gesekan pada pusar bayi baru lahir.


Desain


Untuk desainnya menggunakan tape S pada karet bagian pinggang supaya lebih pas dan elastis ketika digunakan sehingga bayi merasa nyaman. Pada bagian pinggang pants juga mempunyai gelembung lebih besar dengan tujuan meningkatkan ventilasi udara dan mengurasi rasa pengap.

Untuk jenis kain yang digunakan adalah non woven fabric hot air atau kain lebih lembut supaya bisa mengurangi gesekan pada kulit bayi. Sedangkan pada lapisan belakang sudah di upgrade menjadi biokomponen spunbond.

3 Lapisan


MAKUKU SAP Diapers ini mempunyai 3 lapisan yang terdiri dari :
  • Lapisan pertama menggunakan lapisan permukaan non woven, menggunakan permukaan 3D ditambah ada desain benjolan sehingga memiliki sirkulasi popok yang lebih baik serta mengurangi kontak langsung dengan kulit bayi.
  • Lapisan kedua yaitu lapisan inti struktur SAP yang dapat meningkatkan penyebaran dan mengunci cairan sehingga membuat kulit bayi tetap nyaman, lembut dan tipis.
  • Lapisan ketiga adalah lapisan anti bocor menggunakan kain non-woven untuk sirkulasi udara yang baik. pada bagian bawah juga dilengkapi dengan indikator urin. Jadi orang tua gak bingung lagi kapan harus mengganti popok bersih.

Beli MAKUKU SAP Diapers Slim di Mana?


Waktu ada keponakan datang kemarin, saya juga menyarankan untuk menggunakan MAKUKU SAP Diapers Slim aja supaya gak mengalami ruam popok lagi. Produknya sudah ada di beberapa supermarket besar, atau bisa juga membelinya di official store MAKUKU di Shopee atau Tokopedia. Untuk lebih lengkapnya toko yang menjual MAKUKU bisa dilihat website MAKUKU 

ruampopok



Untuk informasi produk atau penawaran menarik dari MAKUKU bisa mengikuti akun media sosialnya supaya tidak ketinggalan. @makuku.indonesia.official pada Instagram dan @makukuindonesia.official tiktok untuk Tiktok.

MAKUKU Berikan Konsultasi Kesehatan Gratis


MAKUKU gak cuma memberikan kebutuhan popok terbaik untuk bayi saja, namun juga melayani konsultasi kesehatan gratis untuk bu dan bayi di 10 kota besar. Layanan konsultasi ibu dan anak ini bekerjasama dengan 10 rumah sakit yang ada di kota Jakarta, Tangerang, karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, dan Makassar.

Ke-10 rumah sakit tersebut meliputi :

1. RSIA Putri di Surabaya
2. RS Mitra Medika Premiere di Medan
3. RSIA Azzahra di Palembang
4. RSIA Bunda Asy Syifa di Lampung
5. RSIA Ananda di Makassar
6. RS St. Carolus di Jakarta
7. RSIA Bina Medika di Tangerang
8. RS Lira Medika di Karawang
9. RS Hermina Pasteur di Bandung
10. RS Hermina Pandanaran di Semarang

Program layanan kesehatan tersebut berlangsung dari tanggal 16 hingga 18 Desember 2022 lalu untuk memberikan edukasi kesehatan ibu dan bayi. Tujuannya diadakan konsultasi dokter gratis adalah untuk menangkal hoax yang  beredar di masyarakat terutama di para ibu terutama mengenai ruampopok. Para ibu diberikan informasi secara fakta tentang pengenalan ruam popok serta cara mengatasinya. Kapan lagi kan bisa tanya dokter gratis kalau bukan di event kesehatan yang diselenggarakan oleh MAKUKU ini.

MAKUKU SAP diapers slim pilihan tepat para ibu untuk mengatasi ruam popok, jika keluhan tetap ada segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selamat tinggal bayi rewel karena ruampopok, si kecil pun jadi lebih nyaman beraktivitas. Terima kasih MAKUKU.

#TakutRuamDiapersUseMAKUKU #RUAMPOPOKEXPERT

Post a Comment

25 Comments

  1. Betapa ruam popok itu sangat meresahkan ya mbak. Semoga dengan memakai makuku ruam popok bisa tergegah ya. Karena makuku kualitasnya bagus

    ReplyDelete
  2. Anakku setahun yang lalu waktu kami baru pindah ke batam kota yang panas banget, Anakku sampai ruam banget pantatnya. Sedih aku. Dan aku nggak ngeuh lagi bawa dia ke dokter. Soalnya waktu itu masih fokus nyari diapers yang cocok buat kulit dia. Harusnya kan barengan ya

    ReplyDelete
  3. been there done that mba, anak ruam popok itu bikin stres karena rewel terus dan gak nyaman, lalu perawatannya juga mesti intens

    ReplyDelete
  4. Nah aku setuju jika membersihkan bekas popok bayi itu yaaa harusnya di air mengalir ajalah karena menjamin kebersihannya

    kalau di elap sama tisu basah ... mmmmm jadi ruam nanti

    ReplyDelete
  5. inget banget dulu adek molly masih pakai popok kain. Sekarang pilihan diapers makin banyak dan memudahkan bu ibu muda.

    ReplyDelete
  6. Aqla dulu pernah kena ruam popok, untungnya masih bisa diatasi. Betul banget mbak, kalau ruam popok sudah parah wajib banget dibawa ke dokter, kasihna juga sama si kecl yang rewel setiap waktu

    ReplyDelete
  7. Kalau lagi traveling aku juga sering was was dan harus sering ceki2 popok si kecil. Soalnya kalo sampe kena ruam popok malah bikin rewel banget di perjalanan.
    Untung ada MAKUKU Diapers Slim yang bikin popok tetep kering yah.

    ReplyDelete
  8. Bawa bayi dalam perjalanan emang harus memperhitungkan banyak hal ya, salah satunya kenyamanan. Kami pernah satu bis sama anak bayi 2 bulan nangiiiis terus kejer, ampek emaknya ikut nangis. Duh sedih.

    ReplyDelete
  9. Jadi ibu itu harus benar2 telaten ya Mbak Lidya, masalah ruam popok kalau meresahkan banget harus segera dikonsultasikan ke dokter.

    ReplyDelete
  10. Bepergian bawa bayi itu emang bawaannya bisa segambreng. Popok itu termasuk yang nggak boleh ketinggalan.

    Wah Makuku nggak cuma menyediakan popok yang slim, berdaya serap tinggi dan nyaman buat bayi, tapi menyediakan konsultasi kesehatan gratis juga di 10 RS besar.

    ReplyDelete
  11. Namanya punya anak bayi kalau bepergian kek pindahan ya maakk...sangat di maklumi nah popok barang wajibb dibawa karena simple pasti bawanya juga banyak yaa kl bepergian (gusti yeni)

    ReplyDelete
  12. Baru tahu ada produk diaper yang menjamin "Tidak cocok uang kembali", nih. Tapi belum ada komplain sama sekali, ya? Artinya produk Makuku memang bagus dan sesuai dengan claimnya. Didukung juga dengan layanan konsultasi gratis, agar para Ibu lebih aware terhadap iritasi kulit bayi atau ruam popok, ya. Good job, Makuku.

    ReplyDelete
  13. Senang bisa ketemu popok pertama di Indonesia yang memiliki daya serap sangat tinggi. Saya sampai takjub. Pantas digadangkan sebagai popok anti ruam ya. Bagus memang penyerapannya

    ReplyDelete
  14. Bahaya Ruam popok kadang nggak bisa diobati sendiri ya mbak
    Butuh penanganan dokter
    Makanya ibu harus tahu pilihan popok terbaik untuk anak

    ReplyDelete
  15. Bagus ya makuku tidak menggumpal, jadi walau udah dipipisi tetap tipis seperti celana. Ga bikin resah anak2 ya.

    ReplyDelete
  16. Aku juga selalu sedia gel untuk atasi ruam popok, Bun. Tadinya sama bedak juga.

    Aku suka banget dengan teknologi SAPnya. Enggak bikin menggelembung, ya

    ReplyDelete
  17. Anak kena ruam itu rasanya sedih dan patah hati banget ya..
    Soalnya jadi melas nangisnya.. Semoga para Ibu muda membaca artikel mengenai ruam popok sehingga jangan sampai kejadian, langsung bisa teratasi dengan baik menggunakan popok terbaik, MAKUKU SAP Diapers Slim.

    ReplyDelete
  18. Iya, udah maklum kok kalau ibu-ibu yang bepergian dengan bawa bayi, pasti bawaannya segambreng. Harus bawa popok juga soalnya. Klo popoknya bagus gini kan adek bayi jadi terhindar dari ruam popik

    ReplyDelete
  19. Kebetulan anak pertamaku ruam popoknya agak parah sampe tes alergi segala, pas anak kedua jadinya ga mau coba2, pa banget ini Makuku klaim pake lapisan SAP yg penyerapanny bagus jadi mencegah ruam pada si kecil

    ReplyDelete
  20. kalau pakai popok itu bagusnya memang sering diganti ya, mbak biar anak terhindar dari ruam popok. cuma kalau malam kayaknya ribet juga ganti popok anak melulu. pakai makuku kayaknya pas nih biar anak tidur malamnya bisa tenang karena bisa menampung cairan lebih banyak

    ReplyDelete
  21. Tipis, ringkas dan tetap nyaman buat bayi--ini mah idaman buibu. Biar balita bisa nyenyak pas istirahat di rumah atau dalam perjalanan. Makuku keren ya

    ReplyDelete
  22. Sedih banget kalau bayi kena ruam popok karena perih dan sakit jadi pasti rewel dan nggak bisa tidur, memang kudu pilih popok berkualitas bagus ya tak hanya asal murah tapi juga cek bahannya nyaman ngga

    ReplyDelete
  23. Makuku mampu menampung air pipis yg banyak. Aku DTG ke launching nya dan ngobrol dgn CEO nya. Keren ini

    ReplyDelete
  24. Jadi inget mudik pertama bareng adik twins. Bawaannya buanyakk..heboh kemana mana bawa bantal menyusui. Wkwk. Meskipun udah disiapin semua, kadang masih ada aja yang tertinggal.
    Paling repot kalo ketinggalan diapers. Biasanya bawa sebungkus, itu pun kurang. Andai waktu itu ada MAKUKU SAP Diapers Slim yang bisa nyerep lebih banyak cairan

    ReplyDelete
  25. Banyak yang bilang MAKUKU mahal padahal sebanding sama kualitasnya, anak jadi nyaman, ga risih, nggak bocor samping, lengkap deh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya