Refleksi Hari Ibu Versi Ibu Muda : Restu Ibu Sepanjang Jalan

Refleksi Hari Ibu Versi Ibu Muda : Restu Ibu Sepanjang Jalan -  "Selamat Hari Mama..." kata anak saya pagi tadi waktu masuk ke kamar. Langsung saya tersadar kalau hari ini adalah Hari Ibu. Anak Gen Z ini memang selalu perhatian terhadap sesama terutama orangtua termasuk mamanya. Tidak lama pun dia meminta saya menandatangani surat persetujuan untuk mengikuti lomba di sekolahnya, sekaligus meminta izin. Dia yakin kalau saya akan mengizinkannya dan memberinya restu untuk hal-hal positif.



Momen Hari Ibu Sebagai Pengingat Akupun Butuh Anak-Anakku



Hari ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya di Indonesia. Mengucapkan selamat Hari Ibu tidak ada yang salah kok, meski perhatian pada seorang ibu bisa dilakukan setiap saat kapanpun. Namun, tanggal 22 Desember ini bisa dijadikan pengingat atau introspeksi diri apakah kita terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan sehingga abai dengan perhatian kepada ibu.

Bicara soal Hari Ibu, saya sempat melihat unggahan postingan Bapak Erick Thohir di Instagram pagi tadi. Beliau mengingatkan kita untuk senantiasa mengingat ibu dan menghargai perempuan dalam hal ini istri pun termasuk sosok yang perlu diperhatikan.






Restu dari seorang ibu dan istri bisa membawa keberkahan untuk keluarga. Beliau juga menuliskan dalam caption bahwa betapa beruntungnya menjadi anak dari ibu hebat. Saya juga pernah membaca berita saat beliau memberikan hadiah kambing putih pada istrinya. Meskipun bukan orang yang romantis tapi dari hal-hal seperti ini terlihat betapa beliau mencintai dan perhatian pada istrinya.

Dari caption beliau juga bisa dijadikan pengingat untuk kita semua, bahwa kita ini bukan apa-apa kalau bukan karena ibu yang sejak kecil merawat dan rela berkorban untuk anaknya. Dalam keadaan apapun ibu selalu ada dan siap membantu anak-anaknya. Lewat kata-kata dan pelukan nya seakan semua masalah langsung hilang dalam sekejap.

Di Momen Hari Ibu ini apa yang saya terima? Hari ini saya santai dari pagi tidak menyiapkan sarapan maupun makan siang, bak ratu saja jadinya. Makanya saya pun ingin buru-buru bertemu dengan mama dan memberikan hadiah spesial buat beliau.

Selamat Hari Ibu untuk seluruh Ibu di muka bumi. Adalah profesi terbaik bagi seorang wanita. Melahirkan, mendidik dan membesarkan Ananda tercinta dengan penuh kesabaran.  Tetaplah kau menginspirasi ibu, untuk anak-anakmu. Doakan kami menjadi pribadi yang kuat dan selalu perhatian di manapun berada. Restumu selalu dinantikan oleh anak-anakmu, karena restumu sepanjang jalan. Izinkan kami anak-anakmu diberikan waktu untuk tetap hormat dan memperhatikanmu dengan tidak menyia-nyiakan waktu yang ada.


Sebagai Ibu, Akupun Butuh Anak-Anakku


Sebagai ibu, saya senang pastinya kalau anak-anak mengingat setiap momen penting termasuk hari ibu. Supaya mereka bisa senantiasa mengingat dan memberikan perhatian kepada orangtuanya, saya pun selalu memberikan contoh untuk mengucapkan momen penting pada mama saya alias neneknya anak-anak. Hal ini karena saya mencintai anak-anak, dan agar mereka balik mencintai diri ini sebagai ibu mereka.

Maka dari itupun saya  mengajarkan anak-anak untuk memberikan pengertian dan nasihat pada mereka senantiasa menghormati mamanya. Melalui contoh perilaku yang saya tunjukkan kepada nene mereka. Berikut adalah Bentuk-bentuk perhatian pada orangtua terutama ibu sebagaimana yang tercantum pada Al Quran dan Hadist agar memposisikan ibu sebagai mestinya.

Menelpon Ibu


Menelpon ibu merupakan bentuk perhatian kecil tapi bisa berefek besar bagi seorang ibu karena akan merasa bahagia masih ada anak-anaknya yang mengingat momen penting. Baik itu hari ibu, ulang tahun, maupun lebaran dan momen penting lainnya. Bahagia seorang ibu itu tidak rumit, yang penting ada kabar dari anak-anaknya.

Sempatkan Untuk Pulang.


Seorang ibu itu selalu senang jika bertemu dengan anaknya, baik jika si anak sudah dewasa maupun masih anak-anak. Ketik di sekolah dan belum bisa pulang karena ada jam pelajaran tambahan, usahakan memberi kabar agar tidak khawatir,

Begitu pula ketika anak belum bisa pulang ke rumah orangtua, berilah kabar dan berjanji sesegera mungkin untuk pulang. Meskipun urusan pekerjaan sesibuk apapun, orangtua ingin sekedar bertemu saja masa susah.


Selalu Mendoakan Orangtua Terutama Ibu


Di mana pun berada  jangan sampai terlewat untuk mendoakan orang tua termasuk ibu. Insya Allah di setiap doa-doa anak buat ibunya ada kebaikan dan keberkahan di dalamnya. Pastinya ibu juga selalu mendoakan anak-anaknya agar mendapatkan kebaikan. Dan yang terakhir adalah selalu meminta restu ibu agar diberikan kelancaran dalam berusaha.

Bersyukur Masih Didampingi Ibu


Selalu bersyukur masih bisa bertemu dengan ibu dan momen ini jangan sampai disia-siakan. Selalu meminta restunya karena restu ibu itu sepanjang jalan. Jangan sampai kita menyesal dikemudian hari. Manfaatkan momen keberadaan ibu dalam hal apapun meskipun itu kecil tapi akan berarti besar baginya.

Sesekali membawakan oleh-oleh pada ibu sebagai tanda terima kasih sudah mencintai dan memberikan perhatian selama ini.

Itulah beberapa contoh perhatian yang saya ajarkan kepada anak-anak. Semoga bisa menjadi teladan atas apa yang diajarkan kepada mereka. Tidak saja bagi diri dan keluarga, tetapi juga bagi orang lain di luar sana. 

Post a Comment

1 Comments

  1. Kasih ibu sepanjang masa, benar adanya. Aku bersyukur bisa tinggal dekat dengan ibu, banyak kegembiraan, terutama masakan yg enak. Kapan aja bisa ketemu, alhamdulillah. Selamat Hari Ibu, Mbak!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya