YBM PLN Berbagi Paket Gizi Untuk Balita Untuk Atasi Stunting

YBM PLN Berbagi Paket Gizi Untuk Balita Untuk Atasi Stunting - Mungkin banyak yang mengira kalau masyarakat Jakarta sebagai ibukota negara hidupnya semua makmur. Ternyata di tengah kota pun masih ada masyarakat yang balitanya mengalami kurang gizi, bahkan mengarah ke stunting. Jika kondisi seperti ini tidak segera diperbaiki akan menjadi ancaman bangsa Indonesia dan tidak bisa mencetak anak Indonesia sebagai generasi emas yang bebas stunting tentunya. Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas ditentukan dari tumbuh kembang anak yang sesuai dengan usianya di mana di dalamnya pemenuhan nutrisi yang baik.

Berbagi Paket Gizi Untuk Balita



Peringatan Hari Gizi Nasional Ke-63 dari YBM PLN


Permasalahan kurang gizi yang dihadapi Indonesia bukan semata-mata karena kurangnya makanan yang tersedia di sekitar, namun karena kurangnya pengetahuan mengenai makanan bergizi terutama oleh orangtua. Jika semua diatasi oleh pemerintah sangat sulit pastinya, oleh karena itu diperlukan kerjasama dengan berbagai pihak salah satunya adalah YBM PLN.

Yayasan Baitul Maal PLN atau YBM PLN merupakan Lembaga Amil Zakat di lingkungan PLN yang mengelola dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf dari para pegawai PLN maupun masyarakat untuk. Dana tersebut dikelola dan disalurkan pada para Mustahik di berbagai daerah di Indonesia.

Hari Gizi Nasional Ke-63



Program yang dijalankan oleh YBM PLN ini meliputi bidang ekonomi, sosial kemanusiaan, pendidikan, dakwah, dan kesehatan. Dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional Ke-63 YBM PLN pun ikut serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan diantaranya meliputi pemenuhan nutrisi makanan yang baik untuk balita.

Berbagi Paket Gizi Untuk Balita


Untuk mengurangi anak penderita stunting dan kurang gizi, YBM PLN dengan program Kampung Gizi mengadakan kegiatan berbagi paket gizi untuk balita. Kali ini penyelenggaraannya di adakan di tiga kelurahan yaitu, Kramat Pela, Gandaria Utara, dan Cipete Utara.

Kampung Gizi



Kegiatan yang berlangsung selama 3 bulan tersebut pihak YBM PLN bekerjasama dengan kader PKK dari kelurahan melakukan beberapa kegiatan diantaranya :
  • Pemberian makanan tambahan selama 90 hari melalui catering sehat
  • Edukasi pola makan lewat pendekatan kepada orangtua
  • Validasi door to door
  • Demo masak olahan protein hewani

Setiap harinya selama 3 bulan 50 anak yang mendapatkan bantuan pemberian makanan tambahan agar terjadi perbaikan pertumbuhan mereka. Terpantau ada kenaikan berat badan balita tersebut. Para orang tua juga diberikan bimbingan dalam penyediaan makanan sesuai Isi Piringku. Sebetulnya banyak bahan makanan yang diolah yang memiliki nutrisi tinggi hanya saja kurangnya edukasi sehingga terlewatkan oleh orangtua. Makanan bernutrisi itu tidak perlu mahal yang penting bervariasi dan dan bisa mengolahnya dengan baik.


Ketuk Pintu Gizi


Dalam puncak acara peringatan Hari Gizi Nasional Ke-63 yang diselenggarakan oleh YBM PLN diadakan di RPTRA Tunas Muda yang lokasinya di Kramat Pela, Jakarta Selatan.

RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) merupakan ruang terbuka sebagai tempat melaksanakan berbagai aktivitas warga yang mengimplementasikan 10 Program Pokok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga dengan Program Kota Layak Anak. Jadi cocok sekali kalau pelaksanaan Hari Gizi juga diadakan di RPTRA.

Pada acara tersebut hadir pula Lurah Kramat Pela bapak Ahmad Syarif yang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada YBM PLN dengan program Kampung Gizi-nya dan bisa membantu masyarakat dalam mengatasi stunting.

YBM PLN



YBM PLN di awal membantu masyarakat agar bisa aware terhadap gizi balitanya, namun kedepannya orang tua juga diharapkan bisa mandiri dalam pemenuhan nutrisi dengan memanfaatkan sumber makanan yang ada dan mudah didapatkan. Hal tersebut disampaikan bapak Salman Alfarisi sebagai Deputi Direktur YBM PLN yang juga turun hadir hari itu.

Acara hari itu diakhiri dengan kegiatan Ketuk Pintu Gizi oleh pihak YBM PLN kepada 50 masyarakat dengan membagikan paket makanan bernutrisi.

Makan sehat, anak ceras, tubuh kuat, Kampung Gizi Menjejak Manfaat. Slogan dari Kampung Gizi YBM PLN ini semoga senantiasa selalu bisa memberikan manfaat positif bagi masyarakat. YBM PLN Berbagi Paket Gizi Untuk Balita Untuk Atasi Stunting ini semoga bisa terus dilanjutkan ke daerah lain.



Post a Comment

0 Comments