Menu Takjil Berbuka Puasa Tak Hanya Manis Tapi Juga Sehat

Bahagianya bulan Ramadan hampir tiba, bulan yang selalu dirindukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Persiapan bulan Ramadan sudah mulai dilakukan terutama oleh para ibu termasuk menyiapkan menu berbuka puasa. 
Istilah Takjil adalah salah satu istilah yang paling sering didengar. Istilah ini merujuk pada bahasa Arab yaitu 'ajila yang artinya mempercepat atau menyegerakan berbuka puasa.
Kalian suka menyiapkan menu takjil apa untuk keluarga? Tidak perlu bingung mencari referensi menu takjil berbuka puasa yang sehat untuk keluarga karena bisa di-googling mudah dengan bantuan Wifi Rumah tentunya.

Menu Takjil Berbuka Puasa



Santap Takjil Manis Tapi Sehat


Namanya juga orang puasa pasti ada rasa dahaga dan lapar, terkadang jadi lapar mata saat berbuka puasa, segala macam hidangan disantap tanpa memperhatikan kesehatan. Anjuran berbuka didahului dengan yang manis selalu diterapkan oleh banyak orang ketika buka puasa. Setelah seharian puasa banyak energi yang terbuang terutama simpanan gula dalam tubuh yang didapatkan ketika makan sahur, maka saat buka puasa tubuh  butuh menaikan gula darah sebagai sumber energi supaya tidak merasa lemas. Nah, dari situ lah kenapa kita membutuhkan gula yang didapatkan dari makanan maupun minuman manis dari takjil yang telah disiapkan.

Paling mudah menyiapkan takjil berupa kurma sebagaimana sunnah Nabi yang kerap menyantap kurma ketika berbuka puasa. Saya pun selalu menyiapkan kurma untuk menu takjil di rumah, namun ada kalanya juga menyantap menu makanan atau minuman manis lainnya sebagai takjil.

Meskipun banyak pilihan jenis makanan dan minuman manis, namun kita tidak bisa sembarangan mengonsumsinya ketika berbuka puasa. Sebaiknya memilih makanan dan minuman manis dengan gula alami atau tidak mengandung pemanis buatan. Sebaiknya mengonsumsinya makanan dan minuman manis dalam batas wajar dan tidak berlebihan supaya tidak menyebabkan kegemukan yang tentunya kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Menu Takjil Favorit Keluarga


Ketika berbuka puasa biasanya saya minum air terlebih dahulu untuk membatalkannya, kemudian dilanjut dengan makanan manis, meskipun maunya sih langsung makan berat. Kalaupun mau langsung makan berat atau nasi, paling porsinya sedikit saja untuk menjaga sistem pencernaan bekerja tidak terlalu keras yang dapat menyebabkan perut bermasalah.

Ada beberapa menu takjil favorit yang sering kami santap ketika waktu berbuka puasa tiba.

1. Smoothies Buah dan Sayur


Minum smoothie dingin untuk buka puasa rasanya segar sekali apalagi bisa kombinasi antara buah, sayur, maupun yoghurt. Menyediakan smoothie untuk keluarga juga merupakan salah satu solusi supaya anak-anak mau makan buah apalagi kebutuhan serat ketika puasa itu penting. Banyak pilihan buah yang biasanya saya buat menjadi smoothie seperti pisang, stroberi, nanas, dan lainnya. Sedangkan untuk sayur saya biasa menggunakan bayam atau pokcoi. sayuran tersebut yang rasanya langu dijamin tidak akan terasa jika dicampur dengan buah.


2. Setup Pisang


Saat bulan Ramadan banyak yang menyajikan kolak pisang untuk menu takjil. Cobain deh sesekali membuat setup pisang supaya lebih sehat karena menu yang satu ini dibuat tanpa santan. Rasa setup pisang ini juga tak kalah enaknya dengan kolak pisak kok apalagi disajikan dalam keadaan dingin. Selain pisang, saya juga biasa menambahkan kolang kaling, ubi, atau singkong. Buat sedikit saja jangan terlalu banyak supaya tidak mubazir dan ada variasi menu takjil lainnya untuk keesokan harinya.

3. Puding Buah


Kalau mau lebih ringan lagi, menu takjilnya biasanya saya siapkan puding buah kesukaan anak-anak. Selain mudah disantap rasanya yang enak, puding juga bisa melancarkan sistem pencernaan karena agar-agar bahan pembuat puding ini juga mengandung serat yang baik untuk tubuh dan yang pasti bagus pula bagi orang yang berpuasa juga. Biasanya saya memilih puding dengan rasa cokelat atau vanila yang ditambah dengan buah-buahan kesukaan keluarga. Untuk pemanisnya juga menggunakan pemanis alami dari buah atau susu saja jadi lebih menyehatkan.

Referensi Menu Takjil




Referensi Ide Menu Takjil di Dunia Maya Menggunakan Wifi Rumah


Untuk ide resep sajian menu takjil biasanya saya mencarinya di dunia maya melalui website, blog, instagram, tiktok, maupun Youtube. Maka dari itu penting banget punya Wifi Rumah untuk membantu kita punya akses dan menjelajah ke seluruh negeri. Jaman sudah maju, kita bisa menyajikan menu makanan apapun yang kita inginkan, bahkan saya pun bisa membuat menu takjil yang berasal dari negara lain. Kalau dulu saya biasa mencari resep dari majalah, koran atau telpon orang tua untuk bertanya soal resep.  Tapi, saat ini tinggal buka browser di smartphone dan koneksi dari Wifi Rumah semua resep yang diinginkan sudah terpampang di layar secara cepat.

Untuk pemakaian Wifi Rumah, saya menggunakan paket internet cepat unlimited dari IndiHome yang bisa digunakan untuk 5 hingga 7 perangkat sekaligus. Selain koneksi internet yang saya dapatkan bundle paket internet kencang ini juga sudah meliputi channel TV dan telepon rumah jadi 3 in 1 gitu.

Suka deh dengan layanan Wifi Rumah yang diberikan oleh IndiHome ini karena selalu melakukan improve layanan pada pelanggannya. Layanan IndiHome dari Telkom Indonesia ini juga menyediakan Add-on sesuai dengan kebutuhan kita mulai dari upgrade speed internet secara permanen maupun temporer melalui Speed on Demand atau Add-on lainnya termasuk langganan Netflix tanpa kartu kredit.

Jadi sudah tidak sabar menanti bulan Ramadan yang tinggal hitungan hari, persiapan diri pun sudah mulai dilakukan. Memperkuat iman dan fisik supaya tidak ada kendala dalam menjalankan ibadah puasa wajib nanti. Menyiapkan menu takjil dan menu utama buka puasa serta sahur memang penting tapi jangan lupa juga persiapan ibadahnya. Wifi Rumah gak hanya membantu saya mencari ide menu resep takjil tapi juga upgrade ilmu keagamaan. Selamat menjalankan ibadah puasa!








Post a Comment

0 Comments