Menunggu Waktu Berbuka Puasa Bersama Keluarga

Masakan untuk buka puasa sudah siap, badan pun segar karena sudah mandi. Waktunya untuk santai-santai sambil menunggu waktu berbuka puasa. Di waktu seperti ini banyak aktivitas yang bisa kita lakukan baik sendiri maupun bersama keluarga. Kalau dulu sih suka ngabuburit keluar rumah sambil cari takjil, tapi karena pandemi kegiatan ini pun jadi jarang dilakukan.

menunggu Waktu Berbuka Puasa






Sebenarnya banyak kegiatan menunggu buka puasa yang bermanfaat bisa kita lakukan. Berikut ini beberapa kegiatan ngabuburit yang biasa saya lakukan di rumah selama Ramadan. 


Meningkatkan Kualitas Ibadah

Di bulan penuh berkah, rugi rasanya kalau kita tidak memperbanyak dan meningkatkan kualitas ibadah karena pahalanya besar lho. Sambil menunggu waktunya buka puasa, kita bisa tilawah dulu untuk mengkhatamkan bacaan Quran. Daripada melakukan kegiatan yang tidak jelas, lebih baik menambah pahala bukan.

Sambil santai-santai kita juga bisa mendengarkan tausiyah di televisi atau channel youtube yang biasanya update tiap hari saat Ramadan. Kegiatan ini itung-itung me-refresh ilmu  dan menjadi pengingat agar senantiasa berada pada jalur yang benar.

Menyiapkan Takjil


Membuat atau menyiapkan takjil untuk keluarga juga sebagai ladang pahala loh, apalagi kalau kita juga ikut menyediakan hidangan berbuka untuk orang-orang di masjid.

Dalam salah satu hadist yang isinya “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” makanya banyak orang yang berbagi memberikan makanan untuk berbuka puasa untuk masyarakat sekitar karena tahu ingin berbagi keberkahan terhadap sesama.


Merapikan Rumah


Gak ada larangan untuk istirahat termasuk tidur ketika sedang berpuasa, tapi kalau kebanyakan tidur juga bisa lemas. Sore hari adalah waktunya kami beres-beres karena saya merasa tenaga lebih besar di saat itu, mungkin karena waktu berbuka tidak lama lagi. Merapikan rumah semampunya saja, maklum gak ada ART, jadi kami saling membantu satu sama lain, meskipun anak cowo tapi mereka juga ikut merapikan rumah.


Kumpul Bersama keluarga


Di sore hari jelang buka puasa bisa juga loh digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Sambil ngobrol atau nonton televisi bareng juga asyik. Kalau kami seringnya berkumpul di satu ruangan dan melakukan aktivitas yang disukai masing-masing sperti nonton film, membaca buku, atau suami kadang masih bekerja online.





Olahraga di Rumah


Meskipun lagi puasa sebisa mungkin tetap melakukan aktivitas gerak supaya tetap bugar. Gak harus olahraga berat, tapi lakukan sesuai kemampuan saja. Olahraga jelang buka puasa sering kami lakukan, supaya saat terasa haus gak menunggu lama untuk buka puasa.
Gak terasa puasa Ramadan hampir berakhir, semoga kita bisa dipertemukan kembali di Ramadan tahun depan dengan kondisi yang lebih baik dan sudah selesai dari pandemi. Banyak hal bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa, pilih yang menyenangkan dan bermanfaat.


#Hari26
#BPNRamadan2021

Post a Comment

0 Comments