Kilometer Challenge : Lari Jauh-jauh Buat Apa Sih?

Sejak awal Januari 2023 lalu, CEORUNNERS mengadakan Kilometer Challange untuk para membersnya. Saya tertantang untuk ikut mendaftar sekaligus ingin mengetahui seberapa besar kemampuan berlari. Event yang tertutup hanya untuk member saja tapi antusias pendaftar cukup besar. Seperti apa tantangan Kilometer Challenge ini? 

Kilometer challenge






Kilometer Challenge Mencari Jarak Tempuh Terbaik


Tantangan Kilometer kali ini berlangsung selama 3 bulan yaitu dari bulan Januari - Maret 2023 yang terdiri dari 2 kategori yaitu 150K dan 450K masing-masing untuk male dan female. Setiap peserta wajib melampaui minimal kilometer tertentu setiap bulannya. Misalnya untuk kategori 150K per bulan harus bisa menempuh minimal 50K untuk bisa melanjutkan tantangan ke bulan berikutnya, sedangkan untuk kategori 450K perbulan setidaknya harus bisa berlari sejauh 150K.

Kilometer Challange

Pemenang dari Kilometer Challenge tersebut sudah pasti diambil dari The best mileage atau mereka yang dapat berlari dengan jarak terjauh di akhir periode yaitu bulan Maret 2023.


Manfaat Yang Bisa Diambil Saat Berlari Jauh

Target awal mengikuti tantangan ini cuma mau membiasakan diri berlari lebih jauh saja, tapi kok melihat euforianya malah lebih tertantang untuk menjadi yang paling jauh larinya hehehe. Kalau saya perhatikan di bulan pertama semua peserta semangat berlari untuk mencari jarak terjauh, ada yang lari pagi dan malam hari untuk mengamankan posisi. Ada pula yang berlari yang penting capai target di kategori yang diikutinya saja dan tidak mengejar posisi podium. Masing-masing punya alasan sendiri yang penting bisa menyelesaikan tantangan yang dimulai dengan lancar.

Saya sendiri di bulan Januari berhasil berlari sejauh 585 kilometer, namun di bulan Februari dan Maret mulai mengendorkan jarak apalagi di bulan Maret ini juga sudah masuk bulan Ramadan dan ada banyak kegiatan yang harus dijalani.

The best mileage



Sebenarnya mengikuti Kilometer Challange ini ada plus minus yang bisa diambil oleh pelari. Saya bahas dari minusnya dulu ya. Salah satunya adalah maunya berlari aja terus sejauh mungkin supaya tidak terkalahkan sehingga lupa untuk mengikuti latihan pendukung lainnya seperti core & strength training, cross training maupun berlatih lari lebih cepat seperti speed session. Ini sih minus yang saya alami karena saya tidak bisa membagi waktu untuk latihan lain, seharusnya sih masih bisa dilakukan kok.

Di luar kekurangan tapi masih banyak manfaat yang bisa diambil kok dari tantangan ini apalagi buat kalian yang ingin berlatih berlari Marathon maupun Half Marathon. Berlatih lari jauh itu salah satunya bisa meningkatkan endurance atau daya tahan tubuh, meningkatkan VO2 Max, melatih kepercayaan diri, mental dan yang paling penting itu melatih kesabaran.

Buat saya yang kurang sabar dalam berlari, ikut Kilometer Challenge justru sebagai langkah awal saya bisa berlari Half Marathon atau 21K. Semakin tertantang dan ingin mengikuti race di kategori Half Marathon Ke depannya. Kalau biasanya ketika berlari 5K atau 10K inginnya cepat-cepat selesai, tapi di Kilometer Challnge saya harus melatih kesabaran supaya bisa berlari sejauh mungkin dan tentunya dengan kecepatan yang lebih lambat. Dari KM Challenge ini langkah berikutnya adalah mendaftar Half Marathon di Borobudur Marathon, Bismillah.


Tips Ikut Kilometer Challenge


Agar bisa berlari jauh, saya harus menurunkan ego untuk berlari dengan pace lebih lambat atau easy run saja, pokoknya bisa menempuh jarak kilometer sejauh mungkin. Walaupun punya target berlari jauh tapi jangan sampau menyiksa diri loh apalagi sampai cidera yang ada malah rugi sendiri nantinya gak bisa ikut latihan atau race ke depannya.

Buat target jarak kilometer mingguan sesuai dengan kemampuan saja dan jangan lupa untuk istirahat serta cukupi kebutuhan nutrisi supaya tetap bisa sehat dan bugar menjalani hari, maklum pastinya semua peserta punya kesibukan sendiri di luar berlari. Jangan sampai kegiatan lari mempengaruhi aktivitas lainnya terutama pekerjaan.


Wisuda Kilometer Challenge


Berhubung Kilometer Challenge ini berakhir bulan Maret dan di masa bulan Ramadan, untuk itulah acara Wisuda Kilometer Challenge digabung dengan acara Santunan Anak Yatim dan Buka Bersama member CEORUNNERS.

Wisuda Kilometer Challenge



Di sini pak ustadz yang membawakan ceramah mengingatkan kita untuk olahraga supaya badan tetap bugar dan bisa menjalani ibadah dengan maksimal juga. Mengejar kilometer terjauh jangan sampai ibadah dilupakan. Noted banget deh wjangannya pak ustadz ini.

Alhamdulillah saya berhasil menyelesaikan tantangan berlari selama 3 bulan di kategori 150K dengan total jarak yang diperoleh adalah 734,99 K dan menempati podium pertama untk kategori 150K Female. Selain medali saya juga mendapatkan jersey bertuliskan nama dan jarak yang ditempuh.

Post a Comment

0 Comments