Service Motor Matic Apa Saja Yang Perlu Dicek?

“Aa, jangan lupa weekend ini motor diservice sudah waktunya ganti oli loh!” Info saya pada si sulung. Dia pun menjawab “Loh motornya gak kenapa-napa kok harus diservice?” Maklum lah dia bertanya seperti itu karena masih awam di dunia sepeda motor karena hanya menggunakan saja. Oh ya sulung saya ini sudah cukup umur untuk mengendarai sepeda motor karena sudah mempunyai KTP & SIM, maka dari itu kami mengajarkan sedikit demi sedikit apa saja yang harus dilakukan untuk perawatan motor yang digunakannya supaya tetap aware dan bisa menghargai barang apapun yang dipakai.

Motor yang digunakan si sulung ini usianya sudah tidak muda lagi tapi kondisinya masih bagus dan bisa digunakan untuk beraktivitas kami sehari-hari. Semua ini berkat rutin service motor termasuk ganti oli motor matic. Dia pun bertanya apa saja yang biasanya dicek ketika motor diservice? Ada baiknya saya pun mengedukasinya sejak dini.

oli motor matic


Pengecekan Oli Mesin


Kebutuhan oli bagi kendaraan termasuk motor ini sangat penting sekali  sebagai material pelumas, pelindung mesin dan pendingin kendaraan supaya mesin bisa berfungsi dengan semestinya. Sebetulnya bisa saja sih pengecekan dilakukan sendiri, tapi saya lebih memilih dilakukan oleh ahlinya saja karena sudah terbiasa dan tahu apa saja yang dilakukan dengan benar. Biasanya teknisi akan mengecek ketinggian oli motor kita apakah ada di area upper. 

Selain itu warna oli juga menentukan apakan sudah saatnya ganti oli atau belum. Biasakan rutin mengganti oli mesin setiap 2500km. Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

Pengecekan Oli Gardan


Selain cek oli mesin ketika service motor pengecekan oli gardan juga sama pentingnya untuk melindungi dan melumasi kontak gigi yang ada di box gardan. Untuk penggantian oli gardan ini 2x ganti oli mesin.

Busi


Busi adalah salah satu komponen yang penting diperhatikan pada saat service motor karena fungsinya sebagai sistem pengapian di motor yang meneruskan tegangan listrik menjadi percikan api hingga mesin motor bisa menyala. Penggantian rutin busi motor biasanya dilakukan setiap 6000km atau setiap dua kali mengganti oli motor.

Kampas Rem


Kalau dibaca dari namanya, kampas rem pastilah berhubungan dengan sistem pengereman. Fungsi kampas rem ini kaitannya dengan keamanan dan keselamatan kendaraan kita juga. Berbahaya sekali ketika kampas rem sudah tipis bisa menyebabkan kecelakaan karena rem yang ditekan akan kurang paken.

Filter Udara



Filter atau saringan udara pada motor juga gak boleh skip pengecekan saat service. Fungsi dari filter udara ini untuk menyuplai oksigen ke ruang bakar di mesin dan memastikan udara selalu bersih dan bebas dari debu. Ketika filter udara juga harus rutin diganti supaya motor selalu dalam keadaan prima. Biasanya mekanik akan memberikan informasi saat filter udara sudah saatnya diganti.

Tune Up


Tune up motor dilakukan supaya mengembalikan performa motor apalagi kalau motornya dipakai setiap hari. Biasanya ketika kita melakukan service motor di bengkel, ketika tune up juga ada penggantian oli mesin, oli gardan atau sparepart lainnya yang sudah waktunya diganti. Oh ya tenang saja mekanik tidak akan mengganti oli mesin maupun oli gardan dan sparepart tanpa sepengetahuan dan persetujuan pemilik motor.

Selain pengecekan 6 poin di atas ketika service motor, mekanik juga biasanya melakukan pengecekan tegangan aki atau Accu untuk mendeteksi apakah aki masih mempunyai tegangan yang normal. Yang tak kalah penting dilakukan pengecekan adalah bagian ban meliputi tekanan udara dalam ban dan memastikan bannya tidak gundul. Tapi ada baiknya kita sebagai pengguna motor bisa melakukan pengecekan terhadap ban secara mandiri demi keselamatan juga.

Bengkel Servis Motor Terbaik


Untuk melakukan service motor carilah bengkel yang bagus untuk mendapatkan hasil service yang memuaskan. Biasanya saya memilih bengkel motor yang terdekat dengan lokasi rumah. Rekomendasi bengkel motor untuk service ada Planet Ban untuk mendapatkan service motor rasa baru yang memiliki sistem servis terpadu. Planet Ban ini melayani service motor untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara cepat dan biasanya terjangkau.

Planet Ban



Awalnya saya tahu ini bengkel ban tapi ternyata juga melayani service motor, asyik kan bisa sekalian. Keunggulan melakukan service motor di Planet Ban antara lain:
  • Oli dan cairan yang digunakan khusus berteknologi tinggi sehingga bisa mengoptimalkan performa motor sehingga mesin jadi lebih awet.
  • Ketika motor menggunakan sparepart asli dan dipadukan dengan service di Planet Ban pemakaian kendaraan pun lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Tidak perlu mengganti oli setiap 2500km melainkan 5000km saja atau jarak waktu 4-6 bulan sekali. Ini sih yang paling saya suka karena gak perlu sering ke bengkel dan bisa menghemat pengeluaran.
  • Ikut menjaga lingkungan


Keunggulan dan Bedanya Servis Motor di Planet Ban


Perbedaan yang dirasakan setelah melakukan service di Planet Ban tidak ditemukan banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran di bagian mesin maupun di blok CVT. Debu dan kotoran yang tertinggal inilah yang bikin motor kita masih terasa berat ketika dibawa. 

Service motor di Planet Ban mekanik akan membersihkan seluruh bagian termasuk kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body sehingga pemilik motor bisa merasakan seperti punya mesin baru. 
Kamu juga bisa berpartisipasi menjaga lingkungan karena emisi motor dapat turun 70% dan hemat BBM setelah melakukan service di Planet Ban. Yang paling utama sih kenapa memilih service motor di Planet Ban karena harganya terjangkau. 

Jadi, sekarang sudah tahu dong apa saja yang perlu dicek ketika service motor matic? Jangab skip service motor lagi ya dan pilih Planet Ban sebagai tempat service! 

Post a Comment

6 Comments

  1. di deket rumahku juga ada nih Planet Ban mbak, aku pikir juga dulu cuma melayani ganti ban doang ternyata bisa ya buat service

    ReplyDelete
  2. tiap service motor aku juga di Planet Ban nih, motor awet walaupun udah lama yang penting rutin service

    ReplyDelete
  3. Banyak juga yang harus dicek pas service ya tapi semua untuk kebaikan motor dan keselamatan pemilknya juga ya mbak

    ReplyDelete
  4. Noted deh nanti kalau service morot bisa ke Planet Ban banyak banget keunggulannya & yang pasti kantong ga jebol

    ReplyDelete
  5. motor kalau mau awet harus rutin dirawat dengan service motor termasuk ganti oli ya, jadi awet dan gak boros juga pengeluarannya

    ReplyDelete
  6. Sama mba...tak kira planet ban ya cuma urusan ban doang yang dihandle...ternyata banyak yaa. Mana hasil service nya lebih bagus lagi...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya