7.8K Untuk 78 Tahun Indonesia Merdeka

Kegiatan apa yang dilakukan untuk memeriahkan HUT RI tahun ini? Kalau saya lari 7.8K Untuk 78 Tahun Indonesia Merdeka. Berhubung gak pernah ikut upacara lagi, jadi saya ikut memperingati lewat cara ini. Bukan hanya saya saja kok tapi juga dilakukan oleh pelari lainnya di berbagai tempat.

7.8K untuk 78 tahun indonesia merdeka




Lari Dengan Jarak Unik

Pelari itu suka berlari dengan jarak unik untuk memperingati atau mengenang sesuatu misalnya berlari sesuai tanggal ulang tahun maupun umur. Gak ada maksud lain kok, buat seru-seruan saja tapi tetap bisa menyalurkan hobi lari dan menjaga tubuh tetap bugar.  Selain itu juga untuk ikut meneladani perjuangan para pahlawan yang telah berjuang tak kenal lelah demi kemerdekaan.

Hut ke-78 Republik Indonesia



Setelah Indonesia merdeka sudah kewajiban kita untuk menjaga negeri ini lewat berbagai cara termasuk melalui olahraga baik bagi atlet atau non atlet di mana olahraga hanya dilakukan untuk hobi saja.

Berhubung tahun ini Republik Indonesia merayakan HUT ke-78, di berbagai tempat mengadakan lari bareng dengan jarak unik salah satunya adalah 7.8K. Ada pula yang berlari sejauh 78K atau mengambil angka Kemerdekaan RI contohnya 17K.


Kenangan Berlari Dengan Jarak Sesuai HUT RI


Sudah 3 tahun belakangan ini saya selalu merayakan HUT RI dengan berlari menggunakan jarak sesuai HUT RI. Pada tahun 2021 di usia ke-76 Republik Indonesia saya berlari sejauh 7.6K berdua dengan suami. Di tahun berikutnya saya pun memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia berlari dengan jarak 7.7K bersama komunitas CEORUNNERS dan PLDB (Pernah Lari di Bekasi). Begitu pula di tahun 2023 ketika HUT Ke-78 Republik Indonesia saya kembali berlari dengan jarak 7.8K.

Saya jadi penasaran melihat kembali record lari HUT RI 3 tahun ini di aplikasi strava.

Merdeka Run



Berlari Sendiri atau Sama-sama?


Berlari sendiri maupun bersama teman komunitas punya pengalaman yang berbeda dan keduanya sama-sama menyenangkan kok. Bebas saja mau berlari dengan siapa yang penting bisa mengungkapkan kebahagiaan dan ikut berpartisipasi dalam peringatan HUT RI setiap tahunnya.

Tahun ini saya memilih berlari 7.8K bersama teman-teman dari CEORUNNERS apalagi suami masih belum bisa menemani karena belum pulih benar, semoga bisa kembali berlari bersama lagi. Sekitar jam 06.00 WIB member CEORUNNERS sudah berkumpul di Decathlon Summarecon Bekasi untuk berlari bersama. Meskipun hanya aktivitas fun run saja, tapi event lari ini disiapkan dengan maksimal oleh para pengurus dan panitia. Enaknya lari bareng komunitas gini, berlari dikawal pacer dan disediakan refreshment juga loh. Selain itu juga bisa bersosialisasi dengan pecinta lari lainnya.

Setelah berlari biasanya komunitas juga mengadakan berbagai perlombaan dengan hadiah menarik pastinya. Event fun run saja banyak sponsor yang mendukung untuk kegiatan olahraga semacam ini, jadi semua sama-sama senang. Sayangnya tahun ini saya tidak dapat mengikuti perlombaan karena setelah berlari ada kegiatan lain yang tidak dapat ditinggalkan.


Manfaat Yang Didapatkan Dari Lari Jarak Unik


Mungkin tidak ada yang special dengan aktivitas olahraga lari kami ini apalagi jarak yang dibuat juga dihubung-hubungkan dengan usia Republik Indonesia. Namun, bagi kami ini adalah sebuah kebahagiaan tersendiri bisa berlari dengan jarak yang unik.

Manfaat lain pastinya hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri yaitu dapat menorehkan jarak unik tersebut di aplikasi lari seperti Strava maupun Garmin. Boleh juga kok dibagikan ke media sosial untuk memberi semangat teman lari lainnya.

Buat saya berlari jarak unik di kawasan tertentu bisa PB loh alias Photo Banyak. Kapan lagi dapat foto bagus saat lari kalau bukan karena fotographer dadakan maupun fotographer olahraga yang sedang bertugas di area tertentu untuk membidik para pelari.

ceorunners



Manfaat lain dari ikut jarak lari unik tentunya bisa punya konten blog dong dan bisa ikut memeriahkan challenge yang diadakan oleh Emak-emak Blooger.

Nah, demikian kenangan HUT RI yang tak terlupakan hingga saat ini. Kalau kenangan HUT RI teman-teman yang tak terlupakan apa nih? Usia 78 tahun ini semoga Indonesia tetap maju sesuai dengan tagline HUT ke-78 Republik Indonesia yaitu "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju". 

Indonesia tidak akan melaju jika tidak didukung oleh masyarakatnya dengan menjalankan aktivitas yang positif dan menjaga kedamaian. Semangat perjuangan para pahlawan belum berakhir, perlu dilanjutkan oleh generasi penerus lewat jalan apapun dengan tanggung jawab bersama dan bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.


Post a Comment

24 Comments

  1. Keren nih Lidya, konsisten larinya.
    Kalau aku, kemarin ikutan jalan sehat, tapi nggak sampai 7,8, sudah keburu tepar, hahaha.

    ReplyDelete
  2. Fotonya cakeeeeppppp!
    Iya juga ya, pada saat berlari, sekarang sudah ada fotografer yang membidik di tengah jalan, jadi foto yang dihasilkan bagus-bagus!

    merdeka!

    ReplyDelete
  3. Wah keren banget ini mak Lid, selalu menginspirasi. Ternyata tiga tahun terakhir sudah mencoba lari sesuai dengan angka kemerdekaan Indonesia ya mbak.

    ReplyDelete
  4. Sehaaat! Cara asik merayakan HUT RI dengan lari sesuai umur RI yah, 7,8km. Unik banget lho! Komunitas lari bikin lomba-lomba seperti balap karung, pindah bendera juga kah? Kan melibatkan aktivitas lari, pasti pada gesit.
    btw, aku suka baju larimu Mbak Lia. Sambil lari tetap tampil fashionable!

    ReplyDelete
  5. Top mak, setelah 78 akan ada 79, 80, dan seterusnya. Ini salah satu cara unik mengungkapkan rasa cinta pada Indonesia mengingat betapa keras dan sulitnya perjuangan para pahlawan bangsa untuk mempersembahkan kemerdekaan Indonesia, bahkan harus dibayar dengan nyawa, sudah saatnya kita mengingat jasa para pahlawan dengan melakukan berbagai kegiatan cinta tanah air.

    ReplyDelete
  6. Mba Lid... keren banet sih runner kita satu ini. Peringatan HUT 17 agustusnya bahkan pakai kegiatan lari di angka yang unik. Semangat nya dapet, sehatnya juga dapet ya Mba... Seru pasti inih..

    ReplyDelete
  7. Kereen! Saya juga pengen bisa rajin lari kayak Mbak Lidya, deh! Tapi selama ini baru wacana aja huhuhu...
    Semoga bisa latihan dulu lari dengan jarak dekat, baru nyobain yang jauh

    ReplyDelete
  8. Keren banget ya warga Bekasi bangga itu punya foto keren yang diambil saat berlari. Sengaja mau bisa foto pose begitu susah lho...
    Merdeka! Semoga harapannya tercapai ya

    ReplyDelete
  9. 3 tahun berturut-turut berlari dengan jarak unik, sesuai usia kemerdekaan negara Indonesia. Keren banget, memang cuma angka sih, tapi kalau angkanya unik, ada kesan dan keseruan tersendiri ya.

    ReplyDelete
  10. Keren banget mbaa challenge ya lomba lari 7,8 km dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia ke 78. Kita memang harus membuktikan diri ya mba sebagai penerus tongkat estafet para pahlawan bangsa.

    ReplyDelete
  11. Haha, iya, Mba Lidya, lari jarak unik bisa jadi konten blog. Mau lari ramai-ramai atau sendirian sama-sama seru.

    Tapi saya biasanya lari berdua aja sih sekitaran rumah.

    ReplyDelete
  12. Kereeeen mengisi kegiatan Hari Kemerdekaannya, berlari jarak unik 😘😍 Menyehatkan pula.

    Aku, momen yang suka 17an bikin bendera dan masak2in panitia 17an aja. Bagian dibalik layar

    ReplyDelete
  13. Mbak Lidya keren! Mantep banget ngerayain kemerdekaan dengan lari, jaraknya unik juga. Aku sampai sekarang kurang suka lari. Kudu nurunin BB dulu kali ya biar kuat, hehehe. Baru mulai olah raga lagi soalnya

    ReplyDelete
  14. Wow keren nih Lidya lari jarak 7,8 km. Aku udah gak kuat lagi nih lari, di nafas yang ngos-ngosan. Tapi kalau jalan cepat aku kuat

    ReplyDelete
  15. Yang menantang bukan hanya jarak sesungguhnya yaa, teh..
    Tapi juga kontur yang gak datar-datar aja.
    Biasanya kalo di Bandung uda berat banget kerasanya..

    ReplyDelete
  16. Wow 7.8k!
    Kereeeennn...

    Untuk menempuh jarak lari sejauh ini tentu perlu persiapan dan pembiasaan sebelumnya ya, mbak. Ikut bangga deh dengan pencapaianmu. Sehat-sehat selalu biar bisa lari-lari teruuss.

    ReplyDelete
  17. Keren banget mba Fit makin tahun kemerdekaan makin nambah sehat, aku udah kepengen dari lama untuk bisa lari nih tapi kayak belum ada hilalnya juga wkwk

    ReplyDelete
  18. Wah keren Mbak bisa ikutan berlari 7.8K bersama teman-teman dari CEORUNNERS dalam rangka HUT 78 RI. Salut dengan kegiatan positif dan semangatnya!

    ReplyDelete
  19. Senang ya Mbak bisa jadi pelari
    Skill yang tak semua orang miliki
    Aku juga mau tapi apa daya mager banget

    ReplyDelete
  20. Seru banget ya mba, apalagi hampir tiap tahun gak terlewartkan dan bisa jadi moment buat bangga sama diri sendiri juga yah, momennya juga pas

    ReplyDelete
  21. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan oleh semua orang yaitu berlari. Dananya sedikit, murah, menyehatkan juga

    ReplyDelete
  22. Wow, keren banget nih Mak Lidya bisa berlari sejauh itu. Angkat topi deh saya. Dan, saya setuja kata Mak kalau Indonesia tak bakalan maju tanpa dukungan masyarakatnya untuk.melakukan hal-hal.positif.

    ReplyDelete
  23. Cakeeep bengat ih bisa lari begini, dan tetap langsing kencang. Fotonya bagus mb Lid, hebat bisa lari sesuai dengan angka kemerdekaan ini

    ReplyDelete
  24. Wah keren banget mba, makin tahun makin kenceng pace nya.

    Aku mah sekarang udah rehat sejenak dari strava, lebih milih lari keliling-keliling lapangan aja untuk interval waktu tertentu. Soalnya aku cuma punya waktu buat lari di pagi hari aja, itupun bentrok sama waktu siap2 berangkat kerja. Kalo lari jarak jauh gitu, biasanya butuh waktu lebih lama untuk arah pulangnya lagi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya