ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) : Laptop OLED Paling Tipis & Ringan di Dunia

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)


Beberapa tahun yang lalu, “laptop tipis” masih identik dengan masa pakai baterainya yang payah, spesifikasi yang rendah, masalah overheating (cepat panas) karena sistem pendingin yang tidak memadai, dan minim port serta fitur.

Tapi itu dulu. Sekarang, laptop tipis justru unggul jauh dalam berbagai aspek dibandingkan dengan laptop-laptop yang tebal dan berat. Buktinya ada pada ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304).

Syukurlah saya punya kesempatan hadir di acara ASUS Blogger Gathering Jakarta 2023 yang diselenggarakan di Semanggi Lounge Hotel Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta pada hari Kamis, 14 September 2023 yang dikoordinir oleh Kak Katerina sehingga bisa melakukan hands on Zenbook S 13 OLED (UX5304). Pada kesempatan tersebut kami yang hadir dapat mencoba langsung produk ASUS yang tersedia seperti ASUS Vivobook 14X (K3405VF), ASUS Vivobook 14X (M1403), ASUS Vivobook Go 14, ASUS Zenbook 14 OLED (UX3402), Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) dan Zenbook S 13 OLED (UX5304).


Laptop dengan layar OLED berukuran 13.3 inch besutan ASUS yang dinobatkan sebagai laptop OLED paling tipis sekaligus paling ringan di dunia ini mampu mendobrak stereotip tersebut.

Tengok saja baterainya yang mampu bertahan hingga 14 jam meski digunakan untuk streaming video, port yang tersedia di sisi bodi juga lengkap, begitu pula dengan performanya yang diyakini sangat cocok untuk bermain game dan multitasking.

Bagaimana mungkin laptop yang begitu tipis dan ringan mampu menawarkan performa setara dengan laptop gaming, membawa port yang lengkap, dan daya tahan baterai yang mengagumkan? Kalau saya tertarik sekali dengan laptop tipis dan ringan yaitu ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304). Berikut ulasannya setelah saya melakukan hands-on. Yuk kita cari tahu jawabannya.

Kelebihan ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Meskipun saya nggak begitu suka kerja pakai ponsel pintar (hp), karena hingga saat ini, saya belum menemukan hp yang benar-benar nyaman saya pakai untuk bekerja, tapi ada satu hal dari hp yang sangat saya sukai. Satu hal tersebut adalah bobotnya yang sangat ringan.

Laptop OLED Paling Tipis & Ringan di Dunia


Karena sangat ringan dan compact, hp bisa dengan leluasa dipakai bekerja meski tingkat mobilitas kita sangat tinggi.

Tapi tetap saja, kelebihan yang ditawarkan oleh hp ini belum mampu mengalahkan tingkat kenyamanan yang saya rasakan ketika bekerja pakai laptop.

Karena itulah, saya sering membayangkan suatu saat nanti akan ada sebuah laptop yang cukup bertenaga, berkualitas, membawa fitur lengkap, dan sangat tipis serta ringan.

Nyatanya, saya nggak perlu menunggu lama-lama sampai ada produsen laptop yang menghadirkan laptop Ultra-portable seperti yang saya impikan ini.

Ya, kalian pasti sudah tahu jawabannya! Produsen tersebut adalah ASUS, yang di tahun 2023 ini mengukuhkan diri sebagai brand laptop paling populer di Indonesia dengan market share tidak kurang dari 40%.

ASUS Zenbook


Penasaran kan dengan spesifikasi dan berbagai keunggulan laptop keren dari ASUS ini?

Jangan khawatir! Di sini, saya akan membahas secara lengkap fitur, spesifikasi, hingga kelebihan ASUS Zenbook S 13 OLED seri UX5304 yang digadang-gadang sebagai sebagai laptop OLED tertipis dan teringan di dunia ini.

1. Baterainya Mampu Bertahan Hingga 14 jam

Pembahasan mengenai kelebihan ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini akan saya mulai dari baterainya terlebih dahulu. Karena banyak sekali laptop-laptop di luar sana yang dibuat tipis dengan mengorbankan baterai. Sehingga, masa pakai baterai laptop-laptop tersebut hanya mampu bertahan maksimal selama 6 sampai 7 jam saja.

Kapasitas baterai yang dibawa laptop ASUS ini adalah 63 Whrs. Kamu pasti bertanya-tanya, bagaimana mungkin laptop yang tebalnya hanya 1 cm dan bobot 1 kg bisa membawa baterai dengan kapasitas yang begitu besar?





Jawabannya adalah karena ada campur tangan teknologi CNC dan inovasi yang dikembangkan oleh ASUS di research center mereka. Sehingga, baterai berkapasitas besar ini bisa dibenamkan pada form factor yang begitu compact.

Baterai 63 Wh yang dibenamkan pada laptop ASUS ini mampu bertahan selama 14 jam untuk memutar sebuah video berkualitas FHD.

Keawetan baterai laptop ASUS ini tentu saja dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari efisiensi hardware seperti processor, memory, hingga layarnya. Dan jangan lupa, ASUS juga pasti sudah menerapkan optimasi maksimal agar baterai dan hardware bisa bekerja lebih efisien.

Inilah keuntungan utama yang akan kita dapatkan kalau membeli produk-produk berkualitas semisal ASUS Zenbook S 13 OLED UX5304.

Kalau kita pakai Zenbook S 13 OLED UX5304, jelas! baterai tidak akan lagi menjadi isu yang mengkhawatirkan. Sebaliknya, kita akan merasa lebih pede untuk bekerja di mana saja tanpa perlu khawatir akan kehabisan baterai.

Baterai laptop ini juga didukung dengan sistem pengisian cepat (fast charging) sehingga waktu untuk mengisi baterai jadi lebih singkat. Serta didukung juga dengan port Thunderbolt 4 yang akan memudahkan kita mengisi baterai menggunakan adaptor universal.

2. Menggunakan Prosesor 13th Gen Intel® CoreTM i7

Ditenagai oleh Prosesor 13th Gen Intel® CoreTM i7 membuat laptop ASUS Zenbook ini sangat bertenaga.

Hasil skor Benchmark processor Intel Core i7-1355U ini mampu menyentuh angka 15.463 poin. Hasil tersebut tentu saja tidak lepas dari spesifikasi 10 Cores dan 12 Threads yang dibawanya.

ASUS


Untuk menangani tugas-tugas berat, processor ini mengandalkan 2 Cores dan 4 Threads yang masing-masing memiliki kecepatan dasar 1.7 Ghz dan bisa digenjot hingga 5.0 Ghz jika berjalan pada mode Turbo.

Sedangkan untuk efisiensi daya saat gunakan untuk menangani tugas-tugas ringan, processor ini akan mengandalkan 8 Cores dan 8 Threads yang masing-masing memiliki kecepatan dasar 1.2 Ghz dan bisa meningkat hingga 3.7 Ghz pada mode Turbo.

Processor Intel Core i7-1355U juga dilengkapi dengan pengolah grafis berupa chip grafis terintegrasi–Intel® Iris® Xe. Kombinasi processor dan grafis inilah yang membuat performa ASUS Zenbook S 13 OLED seri UX5304 begitu gahar. Sehingga, wajar kalau laptop ini tidak akan menemui kesulitan apabila digunakan untuk memainkan game-game casual atau untuk mendukung pekerjaan yang memerlukan multitasking.

Singkatnya, laptop ini sudah cukup handal untuk digunakan di berbagai bidang pekerjaan dan kegiatan. Mulai dari, fotografi, desain grafis, aransemen musik, foto dan video editing, streaming film, hingga gaming.

Karena bisa menjangkau spesifikasi yang dibutuhkan oleh berbagai bidang pekerjaan di atas, maka status laptop ini sudah lebih dari cukup untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah atau tugas kampus bagi pelajar dan mahasiswa. Serta, berbagai model bisnis dengan mobilitas tinggi.

Sebelum saya lupa, saya juga ingin mengingatkan kalau processor ini juga telah dilengkapi dengan fitur canggih berupa Intel® Quick Sync yang akan sangat berguna kalau kita sering melakukan video encoding dan decoding.

3. RAM (Memori) dan Storage

Selain karena kehadiran Prosesor 13th Gen Intel® CoreTM i7 performanya yang mulus dan cepat dalam membuka aplikasi juga tidak lepas dari kehadiran, RAM tipe LPDDR5 berkapasitas 16 GB dan SSD storage jenis PCIe 4.0.

FYI, memori atau RAM LPDDR5 ini memiliki kecepatan 1,5x lebih kencang dibandingkan RAM generasi sebelumnya. Di mana, RAM jenis LPDDR5 ini mampu mentransfer data hingga kecepatan 32 GB per detik.

Jika performa RAM tersebut akan sangat berguna saat kita menjalankan aplikasi atau software, maka storage tipe SSD PCIe 4.0 yang dibawa laptop ini akan sangat membantu dalam mempercepat proses boot (start), membuka aplikasi (software), rendering, mentransfer file, atau menyimpan data.

ASUS Zenbook

Spesifikasi ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) yang menggunakan Prosesor 13th Gen Intel® CoreTM i7, RAM LPDDR5, Intel Iris Xe Graphic, hingga storage tipe SSD PCIe 4.0 merupakan kombinasi yang mampu menjanjikan pengalaman terbaik untuk, belajar, bekerja, menikmati konten-konten hiburan, hingga menciptakan karya-karya berupa konten kreatif.

4. Display Lumina OLED

Radiasi blue light (sinar biru) dan flickr adalah dua contoh isu yang paling banyak dikhawatirkan oleh pakar kesehatan dari sebuah layar laptop.


Layar (display) laptop yang memancarkan sinar biru dan flicker adalah dua hal yang dianggap berbahaya bagi kesehatan mata kita. Selain merusak mata, kedua hal tersebut dapat menyebabkan mata mudah lelah saat memandang layar.

Karena itu, tidak mengherankan apabila kualitas layar yang tinggi, kerap dijadikan sebagai standar untuk mengukur kualitas sebuah laptop, di samping built in quality dan spesifikasinya.

Berstatus sebagai laptop high-end, Zenbook S 13 OLED (UX5304) tentu saja telah dilengkapi dengan layar berkualitas tinggi. Tidak main-main, display yang disematkan pada laptop ini adalah layar ASUS Lumina OLED yang merupakan standar tertinggi layar laptop saat ini.

Berikut adalah spesifikasi dan keunggulan layar ASUS Lumina OLED ini yang membuatnya layak menyandang predikat standar tertinggi layar laptop.

  • Resolusi 2.8K. Sangat bermanfaat untuk menampilkan gambar dengan tingkat detail yang tinggi berkat pixel-nya yang rapat

  • Color gamut 100% DCI-P3. Akan membuat gambar terlihat lebih realistis dengan warna-warna yang mendekati warna sebenarnya

  • Mengantongi sertifikasi VESA Display HDR True Black. Adalah sebuah pengakuan atas tingkat kepekatan warna hitam yang bisa ditampilkan

  • Dilengkapi dengan fitur Eye Care yang dapat menurunkan spektrum cahaya biru dan anti-flicker. Rendahnya tingkat radiasi blue-light dan anti-flicker pada layar OLED ini sendiri telah mendapatkan sertifikasi TÃœV Rheinland

Jadi, selain lebih aman untuk mata dan tidak bikin mata cepat lelah, layar ASUS Lumina OLED ini akan sangat mendukung kalau kita bekerja di dunia fotografi, video, konten kreator, dan gaming. Pasalnya, kualitas visualnya sangat kaya sehingga warna yang ditampilkan akan terlihat lebih akurat.

5. Zenbook S 13 OLED (UX5304): Laptop Ramah Lingkungan dengan Zero Carbon Emission

Isu kerusakan lingkungan akibat sampah perangkat elektronik merupakan salah satu isu masif di era modern ini. Isu ini tentu saja tidak bisa kita abaikan begitu saja. Pasalnya, masa depan nasib anak cucu dan bumi yang kita tinggali ini sangat bergantung pada keputusan yang kita buat saat ini.

Dengan memilih perangkat yang ramah lingkungan seperti Zenbook S 13 OLED (UX5304), secara tidak langsung, kita telah ikut menyediakan bumi yang lebih baik bagi anak cucu kita kelak.

Secara khusus, ASUS telah berkomitmen untuk menciptakan laptop yang ramah lingkungan, dimulai dari seri Zenbook yang membawa prinsip “Do More with Less.”

Zenbook S 13 OLED (UX5304) sebagai salah satu laptop ASUS yang membawa prinsip tersebut merupakan laptop yang ramah lingkungan dan telah mendapatkan pengakuan Internasional berupa sertifikasi EPEAT® Gold.

Sertifikasi EPEAT® Gold ini mampu diraih karena laptop Zenbook S 13 OLED (UX5304) dirancang agar dapat meminimalkan jejak karbon selama siklus hidupnya hingga proses daur ulang di akhir masa pakainya.

Prestasi tersebut tidak lepas dari proses pembuatan bodinya yang hanya memerlukan air murni dan listrik, tanpa melibatkan senyawa organik dan logam berat ataupun asam kuat.



Hasilnya adalah sebuah body laptop berbahan Plasma-ceramic Aluminium yang unik dan ramah lingkungan serta kokoh dan awet. Begitu pula dengan kemasannya yang sudah 100% FSC® Mix.

a. Konektivitas dan Port yang lengkap

Meski menyandang status sebagai salah satu laptop (OLED) tertipis dan paling ringan di dunia, Zenbook S 13 OLED seri UX5304 tetap menyematkan input & output port yang lengkap pada bagian sisi-sisi bodinya. Mulai dari,

  • 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A

  • 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery

  • 1x HDMI 2.1 TMDS, 

  • 1x 3.5mm Combo Audio Jack

konektivitas


Di samping berbagai ports tersebut, laptop ini juga telah dilengkapi dengan konektivitas berupa:

  • Wi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2

  • Bluetooth 5.3

Port Lengkap



b. Keyboard & touchpad terbaik

Keyboard dan touchpad adalah dua faktor yang sangat menentukan kenyamanan kita dalam menggunakan laptop untuk bekerja ataupun untuk hiburan.

Keyboard adalah perangkat input utama pada laptop, sehingga desain serta fungsinya sangat mempengaruhi pengalaman kita saat mengetik dan berinteraksi (dengan laptop).

Keyboard laptop yang bagus, harus bisa memberikan feels mengetik yang nyaman dan responsif, sehingga memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat dan akurat.

Untuk membuat laptop yang tipis, ASUS tentu saja harus memutar otak untuk membuat sebuah keyboard laptop yang tipis namun tetap memenuhi semua kriteria mengetik yang nyaman dan responsif serta cepat dan akurat.

Untuk tetap mempertahankan kenyamanan dan akurasi saat mengetik, ASUS telah merancang keyboard deck tanpa penyangga yang dibuat dengan teknik CNC (Computerized Numerical Control).

Begitu pula dengan bagian touchpad. ASUS telah merancang glass cover berteknologi ASUS ErgoSense untuk menghasilkan sebuah touchpad yang 25% lebih tipis dan 9.5% lebih lebar.

c. Kamera resolusi FHD

Untuk mengoptimalkan pengalaman panggilan video atau video conference, ASUS tak lupa membenamkan sebuah kamera IR dengan resolusi FHD (1080p).

Kamera ini sudah support face recognition untuk Windows Hello, dan mampu menangkap gambar dengan sangat jelas, serta telah dilengkapi efek visual khusus yang dikombinasikan dengan teknologi Ai Noise-canceling.

Teknologi Ai Noise-canceling ini tentunya sangat bermanfaat saat kita melakukan video conference di tempat-tempat yang berisik. Kehadiran teknologi Ai Noise canceling akan membantu memfiltrasi suara sehingga ucapan kita terdengar lebih jelas dan fokus.

d. Audio berkualitas terbaik

Suara yang dihasilkan oleh sistem audio Zenbook S 13 OLED (UX5304) terdengar sangat ciamik. Bisa dibilang, kualitas audio pada laptop ini adalah salah satu yang terbaik di kelasnya. Mantapnya kualitas audio pada laptop ini tidak lepas dari usaha ASUS dalam merancang sistem audio yang mengkombinasikan antara:

  • Audio bersertifikasi Harman Kardon dengan

  • ASUS Audio Booster,

  • Smart Amp, dan

  • Teknologi Dolby Atmos

e. Desain modern & compact

Pilihan warna Basalt Grey yang tampak elegan, bentuknya yang simple, serta teksturnya yang premium, adalah alasan mengapa laptop zenbook ini terkesan modern dan compact saat kita melihatnya.

Penutup

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah salah satu pilihan laptop premium dengan spesifikasi yang sangat seimbang. Hampir bisa dipastikan, semua bagian dari laptop ini menawarkan feels yang premium.

Mulai dari layarnya yang menggunakan display OLED, bezel tipis (Nanoedge), bahan body yang terbuat dari plasma-ceramic aluminium--yang unik dan ramah lingkungan, spesifikasi Prosesor 13th Gen Intel® CoreTM i7, RAM 16 GB LPDDR5, SSD PCIe 4.0 NVMe™ M.2 1TB, hingga audio dengan sertifikasi Harman Kardon dan Dolby Atmos. 

Dengan berbagai spesifikasinya tersebut, Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah salah satu pilihan terbaik bagi kamu yang mencari laptop dengan validasi platform Intel® Evo™.

Jika berminat memiliki ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) yaitu Laptop OLED paling tipis dan ringan di dunia serta ramah lingkungan, kamu bisa menyiapkan uang Rp23.999.000 untuk menebus laptop yang dibekali sistem operasi Windows 11 Home Edition ini.

Main Spec.

Zenbook S 13 OLED (UX5304)

CPU

Intel® Evo™ Platform

Intel® Core™ i7-1355U Processor 1.7 GHz (12MB Cache, up to 5.0 GHz, 10 cores, 12 Threads)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB DDR5

Storage

1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 Performance SSD

Display

13,3-inch ASUS Lumina OLED, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, 60Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 550nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker

Graphics

Intel® Iris® Xe Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

Camera

1080P FHD IR Camera for Windows Hello

Audio

AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology

Battery

63WHrs, 2S2P, 4-cell Li-ion

Dimension 

29.62 x 21.63 x 1.09 ~ 1.18 cm

Weight

1 Kg

Colors

Basalt Grey

Price

Rp23.999.000


Post a Comment

0 Comments