Telesindo: Distributor Resmi Legrand untuk Produk Instalasi Listrik Kualitas Eropa

Saya adalah penggemar colokan roll dan multi-outlet alias colokan multilubang model plug dan juga kabel. Karena bekerja sebagai content creator itu sudah pasti butuh banget sama yang namanya colokan listrik. Nggak peduli mau kerja di mana aja, buat saya nggak cukup kalau cuma ada satu stop kontak (outlet). Karena selain buat ngecas laptop, saya juga seringkali memerlukan stop kontak untuk nyolokin charger hp dan berbagai peralatan elektronik lainnya yang saya butuhkan untuk bekerja. Saya bahkan rela membawa multi-outlet sendiri ketika harus bekerja di luar rumah. Entah itu, di cafe atau di tempat-tempat hangout lainnya. Karena sering bekerja secara mobile dan sering dilepas-dicolokin… dilepas-dicolokin… nggak heran kalau… sudah nggak terhitung lagi berapa banyak stop kontak atau pun multi-outlet yang sudah terbuang, atau bahkan mungkin terbengkalai di gudang karena sudah nggak terpakai lagi. Ada banyak produk instalasi listrik seperti stop kontak, perpanjangan kabel, ataupun multi-outlet, yang sudah longgar karena kebiasaan saya yang terpaksa harus buka-pasang charger barang elektronik yang saya gunakan untuk bekerja. Awalnya saya pikir semua produk instalasi listrik itu sama aja. Tapi belakangan, saya mulai mencoba beralih dari yang kualitasnya biasa-biasa aja ke yang lebih baik. Karena menurut saya, membeli produk instalasi listrik yang berkualitas itu sama dengan berinvestasi. Sebab, kalau produk instalasi listrik yang kita pakai kualitasnya bagus, barang-barang elektronik yang kita pakai pun akan awet. Pada awalnya, saya tertarik menggunakan produk-produk yang katanya berkualitas dan menggunakan bahan dari kuningan. Tapi kenyataannya, banyak sekali produk instalasi listrik tersebut yang justru mengecewakan karena gampang longgar meski baru beberapa bulan dipakai.


Produk Instalasi Listrik Berkualitas

Saat saya hampir menyerah untuk mencari produk instalasi listrik yang berkualitas, saya akhirnya menemukan salah satu brand yang kualitasnya benar-benar sebanding dengan harganya. Brand yang saya maksud ini adalah brand Legrand.
Tapi buat kalian yang masih suka beli produk instalasi listrik yang “mending murah.” Saya yakin brand Legrand ini pasti terdengar asing di telinga kalian.
Legrand sendiri adalah salah satu merek produsen instalasi listrik serta jaringan informasi yang secara historis berasal dari Limoges, Limousin, Prancis.
Ya, brand produk instalasi listrik ini memang berasal dari Eropa. Karena itulah, kualitas produk-produk yang mereka tawarkan juga kualitas “luar.”
Jadi jangan heran, kalau produk-produk mereka ini bisa tahan hingga tahunan meskipun digunakan oleh orang seperti saya yang notabenenya tiap waktu suka main cabut-colok… cabut-colok… charger hp, laptop, kameran, dan lain sebagainya.

Produk-produk Legrand

Produk-produk yang mereknya tawarkan sudah pasti berkaitan dengan instalasi listrik dan jaringan informasi.
Khusus untuk produk dan sistem untuk instalasi listrik, brand Legrand ini menawarkan:
  • Plug dan socket industrial
  • Pipa conduit dan aksesoris
  • Wiring device accessories seperti saklar dan stop kontak. Termasuk stop kontak tahan air serta stop kontak lantai (floor socket)
  • Steker dan multi outlet, hingga sejumlah
  • Aksesoris elektrikal semisal, terminal blocks, end stop, dan lasdop
Saya yakin banyak diantara kita yang awam pasti akan mengerutkan kening saat membaca berbagai istilah untuk instalasi atau produk-produk listrik di atas. Karena memang, beberapa istilah tersebut jarang sekali kita gunakan atau dengar dalam keseharian kita.
Di sini saya akan coba jelaskan sedikit mengenai istilah-istilah tersebut, sekaligus saya akan berikan gambarnya supaya kalian bisa memahami apa maksudnya. 

Plug dan socket industrial

Yang dimaksud dengan “plug & socket” ini sebenarnya hanya stop kontak atau colokan listrik pada umumnya.
Tapi berbeda dengan colokan listrik biasa, “plug & socket industrial” lebih dikhususkan untuk daya listrik yang besar atau kebutuhan listrik yang berat yang biasanya digunakan untuk industri, bukan skala rumahan.
Produk plug and socket untuk industri ini juga didesain secara khusus agar tahan air, anti debu, tahan api dan juga benturan. Serta, didesain secara khusus supaya bisa digunakan pada suhu tinggi atau untuk digunakan di bawah tanah.
Plug dan socket industrial ini biasanya dibutuhkan di pabrik-pabrik untuk mencolokkan mesin dengan kebutuhan listrik yang tinggi seperti,
  • Kompresor udara
  • Mesin penggiling, atau
  • Mesin pemotong laser, dll

Pipa conduit

Pipa conduit adalah pipa kabel listrik yang biasanya dipakai untuk melindungi kabel apabila kabel tersebut dipasang di tempat-tempat yang dianggap kurang aman, seperti di luar dinding/tembok, di plafon, atau di luar ruangan.
Tujuan penggunaan pipa conduit ini pada intinya adalah untuk melindungi kabel supaya nggak gampang rusak akibat faktor alam seperti hujan maupun panas atau dari hewan seperti tikus.

Wiring device accessories

Yang dimaksud dengan wiring device accessories adalah perangkat kelistrikan yang sering kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari seperti saklar dan juga stop contact. Selain yang menempel di dinding, ada juga stop kontak yang dipasang di lantai. Masyarakat awam biasanya menyebutnya dengan istilah stop kontak lantai. Untuk istilah asingnya adalah floor socket.

Steker dan multi outlet

Saya paling sering memakai multi-outlet alias colokan multi lubang seperti gambar di atas. Karena ini sangat membantu sekali ketika saya bekerja di tempat-tempat yang outlet listriknya terbatas.
Saya pernah punya pengalaman buruk sama multi-outlet berkualitas rendah.
Waktu itu, saya mengandalkan multi-outlet plug supaya bisa nyolokin mesin pompa air sekaligus kulkas.
Seperti yang kita tahu, kedua perangkat ini membutuhkan daya listrik yang cukup tinggi sehingga, multi-outlet model plug yang saya pakai sering terbakar karena sangat panas.
Bahkan ketika saya mencoba membeli multi-outlet yang agak mahal, pengalaman ini kembali terulang.
Sejak itu, saya nggak lagi menggunakan multi-outlet dari brand yang tidak terkenal, karena saya takut pengalaman tersebut akan terulang kembali.
Sampai saya menemukan multi-outlet merk Legrand yang bisa digunakan untuk menampung kebutuhan daya sebesar 16A 230V 3680W.
Buat kalian yang bertanya-tanya, dari mana saya tahu kapasitas daya multi-outlet merk Legrand ini? Jawabannya adalah dari, situs Telesindo yang merupakan distributor resmi Legrand di Indonesia.
Untuk website telesindo.id ini akan saya bahas lebih detail di bawah nanti. So, keep reading ya…

Aksesoris elektrikal

Istilah-istilah aksesoris elektrikal seperti “terminal blocks,” “end stop,” dan “lasdop” memang sangat jarang kita dengar.
Karena produk-produk ini tidak begitu sering kita butuhkan. Tapi yang pasti, level industrial sangat membutuhkan produk-produk ini.
Untuk produk terminal block, ini adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan kabel listrik secara aman supaya distribusi daya lebih mudah.

Istilah awamnya, alat ini bisa kita pakai untuk membuat cabang kabel listrik tanpa harus membuat sambungan secara manual yang beresiko menyebabkan korsleting atau percikan api.
Di samping itu, alat ini juga bisa membantu kita untuk lebih mudah menghubungkan kabel dari sumber listrik utama ke berbagai produk instalasi listrik seperti saklar, lampu, dan stop kontak atau socket.
Sedangkan untuk “end stop,” ini adalah sejenis aksesoris yang dibutuhkan untuk menahan terminal block supaya nggak gampang bergeser sehingga sambungan lebih stabil dan aman.

Kemudian untuk “lasdop.” Ini adalah aksesoris yang sering dipakai untuk menutup sambungan antar dua kabel agar lebih aman.

Atau bisa juga digunakan sebagai alat untuk menyambung dua kabel agar lebih mudah.
Kalau kalian pernah membongkar kipas angin, pasti akan sering melihat produk lasdop ini.

Distributor Resmi Brand Legrand di Indonesia

Seperti janji saya di atas tadi, saya akan membahas sedikit mengenai situs Telesindo.id yang merupakan distributor resmi Legrand di Indonesia.
Saya mengenal situs ini saat mencari stop kontak, multi-outlet, dan beberapa produk instalasi listrik yang berkualitas.
Waktu itu, banyak review yang menyebut kalau produk-produk brand Legrand ini berkualitas super.
Karena penasaran, saya pun mencoba melakukan riset hingga akhirnya terdampar di telesindo.id yang menjadi distributor resmi brand Legrand di Indonesia tersebut.
Sebagai distributor resmi Legrand, yang jelas mereka punya list produk instalasi listrik yang lengkap dari brand Legrand.
Mulai dari multi-outlet dengan lubang antara 3 hingga 6 buah yang dilengkapi dengan perpanjangan kabel berukuran 1,5 meter, multi-outlet model plug, surface mounting,  tee 3 way, panel mounting anti air, mobile socket, socket RJ11, frame, switch atau saklar (1 hingga 4), belanko socket outlet dengan standar Jerman, steker 3 kaki, MCB juga tersedia, dan masih banyak yang lainnya.
Jadi, kalau kalian udah capek sama produk instalasi listrik berkualitas rendah seperti colokan yang gampang longgar, apalagi untuk soket atau stop kontak yang ditanam di tembok sehingga sulit untuk dibongkar pasang, kalian wajib beralih ke brand Legrand.
Standar kualitas mereka adalah standar Eropa. Karena itu, baik design, durabilitas, keamanan, dan kekuatannya dalam menahan daya listrik sangat bisa diandalkan.
Kapanpun kalian ingin membeli produk instalasi listrik merk Legrand, langsung aja beli ke distributor resminya di Telesindo.id.
Keuntungan belanja langsung ke distributor resmi seperti Telesindo.id ini diantaranya adalah, dijamin dapat produk asli (original), dan harganya dijamin masuk akal--bahkan sangat terjangkau menurut saya.





Post a Comment

0 Comments