badge

Sunday, February 13, 2011

Biang Keringat

Sebelum bercerita mengenai biang keringat yang pernah dialami Pascal waktu kecil, terlebih dahulu saya akan memberikan sedikit definisi dari biang keringet . Biang keringat atau keringat buntet merupakan kelainan kulit yang disebabkan tersumbatnya kelenjar keringat. Sejak lahir manusia sebenarnya memiliki kelenjar keringat dan jumlahnya tak akan berubah, hanya saya pada bayi atau anak-anak fungsi kelenjar keringatnya belum sempurna sehingga biang keringat sering ditemukan pada anak.

Dulu Pascal pernah mengalami biang keringat, biasanya muncul di daerah tengkuk atau punggung. Entah karena apa biang keringat ini muncul, bisa jadi karena pakaian yang tidak menyerap keringat atau karena udara. Padahal secara rutin Pascal dimandikan minimum 2kali sehari. Bisa juga lebih dari 2 kali tergantung keadaan pada saat itu.

Ada yang bilang kalau biang keringat dikasih saja aci atau tepung kanji, tapi kok saya tidak menurutinya ya :).Saya beli bedak keringat dan mengolesinya pada biang keringet Pascal.
Pada suatu saat, biang keringetnya muncul saya beli c**l**n lotion, awal nya sembuh tidak ada masalah. Pemberian selanjutnya kok tengkuk Pascal berwarna merah dan setelah beberapa saat menjadi kehitaman.

Karena takut terjadi apa-apa,saya bawa Pascal ke Dokter Specialis Kulit. Ternyata kulitnya iritasi dan terbakar. Dokter memberikan resep berupa salep untuk menghilangkan luka bakarnya.

Karena sedikit keteledoran dan kurangnya ilmu, maka terjadilah demikian. Akhirnya saya mencari tahu penanganan masalah biang keringat ini. Ternyata lebih aman diberikan bedak tabur dibanding dengan bedak kocok atau cair. Bedak cair ini ada tambahan alkoholnya sehingga pada beberapa orang bisa menimbulkan iritasi bila digunakan. Walaupun ada juga yang cocok menggunakan bedak cair.

Oh ya tidak selamanya biang keringat ini bisa diatasi dengan menggunakan bedak tabur. Pada saat anak berkeringat sebisa mungkin dilarang langsung memberikan bedak karena akan memperparah biang keringatnya. Pemakaian antiseptik dan minyak telon didaerah biang keringat pun bisa berakibat kulit kering.

Sedikit tips untuk mencegah biang keringat, Mandi minimum 2 kali sehari, kenakan pakaian yang bersih dan menyerap keringat, jangan memakai pakaian tebal dan berlapis pada saat udara panas.

Tips ini juga saya Pakai ketika memiliki anak kedua. Ternyata sebagai orang tua dan memiliki anak,kita harus terus belajar. Melalui blog teman-temanpun saya bisa mengambil ilmu yang bermanfaat, sehingga tidak ada lagi keteledoran dan kebodohan yang saya buat.

Tulisan ini diikut sertakan pada Kontes Aku Ingin Sehat , Di Blog nya Ka Akin untuk memperingati Milad Blognya. Sukses ya untuk Ka Akin. Last day nih saya postingnya.



31 comments:

  1. Hehe... Kadang saya juga merasa aneh terhadap orang yang menaburi kulit bayi dengan tepung kanji, tapi katanya orang jaman dulu kek gitu...
    Terima kasih atas partisipasi Sahabat pada kontes Aku Ingin Sehat. Sudah dicatat dalam daftar peserta :)

    ReplyDelete
  2. wah pake c*l*din cair bisa begitu ya...

    dulu soalnya pas andrew masih kecil pernah biang keringat juga kita pake C*l*din cair dan bisa sembuh.

    ReplyDelete
  3. alkohol memang tidak bagus, krn kulit dapat "terbakar", pakai bedak tabur lebih aman untuk mengobati biang keringat

    untuk kisah nabi, sayangnya saya belum menemukan referensi yang memberitahu tanggal lahir para nabi

    untuk pascal mungkin dapat diceritakan kisah nabi yang dapat di cari di

    http://books.google.co.id/ (dengan kta kunci: kisah 25 nabi)

    ada banyak bacaan kisah nabi untuk anak-anak

    ReplyDelete
  4. Asyiknya blogwalking. Selain memiliki banyak teman & bersilaturahmi, juga mendapat ilmu baru.
    Mumpung Semangat ngeblog masih tinggi.

    ReplyDelete
  5. Smoga semakin bertambah ilmunya dan sukses kontesnya... .

    ReplyDelete
  6. Emang paling mudah menjaga biar nggak terjadi biang keringat ya dibedakin trus menjaga badan tetep bersih.

    walaupun nggak berbahaya, tapi mengganggu penampilan juga sih.. terutama buat anak kecil

    ReplyDelete
  7. ingat sewaktu saya masih kecil 27 tahun lalu mbk, saya sering sekali biang keringat, ketika itu obat yg di berikan hanya kunyit, maklum obat kuno heheheheheh

    ReplyDelete
  8. Pengalaman dari yang dilihat di tetangga sih emang pake beda talc Mbak,,,,,

    orang dewasa kan juga bisa kena biang keringat, hehehhehe

    ReplyDelete
  9. kayaknya memang gak ada anak2 yang gak pernah terkena biang keringat ya mbak :D

    ReplyDelete
  10. wahhh last minute nechh....untung masih keburu yachh....sukses utk kontesnya...smoga menang...

    ReplyDelete
  11. kalo di tempat saya bukan keringet buntet, tapi keringet buncret namanya.

    ReplyDelete
  12. semoga menang ya kontesnya....
    btw, pemakaian c*l****e itu cocok-cocok an jug ambak. Kyara biasanya sembuh pakai itu, tp terakhir kmrn nggak sembuh dan akhirnya ke dokter krn 2mgg kegatelan terus. akhirnya stop pemakaian c*l****e aja dan mandi air dingin (krn air hangat memicu alergi dan biang keringat makin keluar) eh malah sembuh. Tapi kali lain pas kyara ato aku gatel pake c*l****e sih sembuh aja tuh.

    ReplyDelete
  13. Makashi Mba biang keringetku bwanyak he he

    ReplyDelete
  14. wah, pengaruh bedak cair ternyata separah itu ya mbak, saya baru tau, hehhe... selama ini jarang pake bedak2.. :)

    ini untuk bekal saya juga nih mbak, yg mau punya baby, hehehe...

    Ok, moga sukses di kontes kakaakin...

    ReplyDelete
  15. tips nya bagus deh.. simple tapi mengena.. soalnya biang keringat emang sering jadi masalah buat anak anak kita..

    ReplyDelete
  16. bagus tips2 nya...
    biang keringat...sangat mudah terjadi pd si anak...kadang2 bikin was-was juga....
    dengan pemahaman yg cukup, kita jadi waspada dan tidak mudah panik thd si anak

    ReplyDelete
  17. Ampun deh sama biang keringat. Ampun >,<

    ReplyDelete
  18. hm, saya jadi tau tentang biang kertingat :)
    goodluck dengan kontesnya ^^

    ReplyDelete
  19. Waktu kecil saya juga sering kena biang keringat, gag nyaman banget rasanya. Suka digarukin sampe kulit pada rusak dan bersisik mirip tokek.
    Sukses buat kontesnya ya.

    Salam.. .

    ReplyDelete
  20. anak kecil mang suka kena keringat buntet ya, dl shinfa pakai bedak Cal***** atau kanji. good luck juga bwt kontesnya.

    ohya, sy insyaallah mudik bln mei mbak :))

    ReplyDelete
  21. Ikutan juga akhirnya bunda CalVin. Trims ya.

    ReplyDelete
  22. biang keringat memang sering terjadi pd anak2 dan bayi ketika udara panas ya Lidya .
    semoga beruntung diakontesnya Kakaakin ini, Lidya sayang
    salam

    ReplyDelete
  23. Ketika anak-anak saya masih kecil dulu ...
    kami juga mengoleskan bedak dan atau lotion dengan merek yang Mbak sebutkan itu ...
    Alhamdulillah ... tidak terjadi iritasi atau yang semacamnya ...
    dan keringet buntet bisa hilang

    Salam saya Mbak

    ReplyDelete
  24. biang keringat kayaknya memang sepele ya mbak
    tapi bisa jadi serius juga kalo kasusnya Pascal nih, sampe kulitnya terbakar gitu
    kasihan juga yaaa

    ReplyDelete
  25. klo q sich q ksi BEDAK BAYI RITA ajh..kn ud ckup! ud gt wngi lg bdak rita..enak pke bdak byi..

    ReplyDelete
  26. saya suka blok anda tentang biang keringat, saya berharap untuk melihat lebih banyak dari anda. apakah anda menjalankan situs lain????

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...