badge

Wednesday, June 22, 2011

Peringatan Dini Tsunami

Artikel ini diikutkan dalam ASKAT di blognya Pakde Cholik



Seperti yang kita ketahui Tsunami selalu mendatangkan korban baik makhluk hidup maupun harta benda. Tsunami merupakan perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Tsunami dapat disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat dibawha laut, letusan gunung berapi bawah laut. Untuk itu diperlukannya Peringatan dini Tsunami.

Karena negara kita Indonesia memiliki potensi Tsunami yang besar, Sistem Peringatan Dini Tsunami sangat besar manfaatnya. Dimana sistem ini dirancang untuk mendeteksi dan memberikan peringatan kepada warga agar meminimalkan jatuhnya korban. Sehingga warga dapat dievakuasi lebih cepat dengan adanya Peringatan Dini Tsunami.

Peringatan Dini Tsunami dibagi menjadi dua sistem yaitu sistem peringatan dini tsunami internasional dan  sistem peringatan dini regional.

Peringatan dini yang diberikan berdasarkan perhitungan gelombang gempa hanya dapat dipertimbangkan sebagai sekedar peringatan biasa saja. Agar lebih tepat, gelombang tsunami harus dipantau langsung di perairan terbuka sejauh mungkin dari garis pantai, dengan menggunakan sensor dasar laut secara real time.
Sistem Peringatan Dini Tsunami pertama kali dibuat di Hawaii pada tahun 1920an.

sebuah peringatan dini tsunami di Jepang, gambar diambil dari wikipedia

Belajar dari pengalaman yang lalu, Indonesia juga perlu memperbaiki sistem Peringatan Dini Tsunami ini agar masyarakat dapat mengetahui secara pasti, dan bukan isyu belaka akan peirngatan dini tsunami. Tetapi perlu diingat bahwa tsunami juga bisa datang tiba-tiba, sehingga peringatan dini belum dapat menyelamatkan warga dari datangnya tsunami yang tiba-tiba ini.

45 comments:

  1. Aamiin...semoga negara kita bisa mengaplikasikan peringatan dini tsunami seperti di negara2 maju ya mba Lid..

    hebat ih udh nulis ASKAT aja sepagi inih *jempolll*

    ReplyDelete
  2. Cepat betooolll... Langsung nyamber aja nih Mama Cal-vin :D

    ReplyDelete
  3. Ass
    Memang harus tabu peri batam dini stunami
    Agar kit a semua siap menghadapi kalau terjadi
    Trims sharing ya mba

    ReplyDelete
  4. kan "lebih cepat lebih baik" ....lanjutkann.....

    ReplyDelete
  5. Wah memang pnting banget nih, indonesia kan memang berada di cincin api yang bertemunya lempengean bumi tak jarang g3empa yang berpotensi tsunami jadi mesti diantisipasi

    ReplyDelete
  6. Saya sudah membaca artikel sahabat
    Dan sudah langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi anda yang hebat
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    ReplyDelete
  7. mau ikutan juga ah..masih mikir dulu...
    peringatan dini tsunami sudah ada dan dipasang, tapi ya masih banyak kekurangan

    ReplyDelete
  8. Sistem perinagatan dini untuk Tsunami memang perlu ya.. Agar masyarakat kita bisa secepat mungkin untuk berpindah dan angka korban diharapkan seminimal mungkin..

    ReplyDelete
  9. dgn adanya peringatan dini tsunami, smoga para geologi dan lain sebagainya, yg mempunyai andil, dapat lebih giat untuk meninjau...

    ReplyDelete
  10. hmmm kontes lagi? jd pengen ikutan nih mba, hehe, cek ricek dulu ah

    tq mba Lid,

    ReplyDelete
  11. tumben, ikutan lomba di menit2 awal, biasanya menit2 akhir .. hehe

    ReplyDelete
  12. wuih secepat kilat nih,,dapat peringatan langsung dilaksanakan..semoga menang Mbak Lidya

    ReplyDelete
  13. Semoga tsunami segera punah. Memangnya tanaman atau hewan? Maksud saya semoga tidak pernah terjadi lagi di bumi ini. Amin.

    Salam kenal dari Nganjuk Jatim.

    ReplyDelete
  14. Semoga Tsunami tidak menerjang Indonesia lagi ya Mbak dengan adanya peringatan ini..

    *duh.. cepet banget nulisnya ga sampe sejam sudah lapor* :P

    ReplyDelete
  15. sudah selaiknya Indonesia memiliki sistem peringatan dini tsunami yang baik dan memang benar-benar berfungsi.

    ReplyDelete
  16. sayangnya sebagian masyarakat masih belum sadar akan pentinggnya sistem peringatan tsunami, buktinya masih saja ada yang mencuri alat peringatan yang dipasang pemerintah dilaut....:-(

    ReplyDelete
  17. Saleum
    saya juga menulis tentang Tsunami mbak, hehehe....
    saleum dmilano

    ReplyDelete
  18. perlu pembenahan yang sebaik-baiknya!sebagian besar alat peringatan bencana banyak yang rusak!jadi perlu perhatian dari pemerintah untuk mengupayakannya!

    ReplyDelete
  19. karena tsunami juga bisa datang tiba-tiba, sehingga peringatan dini belum dapat menyelamatkan warga, maka hal yang tak boleh dilupakan adalah pencegahan dini, salah satunya dengan mendekatkan diri kepada Illahi, jalankan perintah Nya dan tinggalkan larangan Nya.

    ReplyDelete
  20. penyediaan sarana untuk tindakan preventif memang mutlak diperlukan, apalagi tanah ini banyak rawan bencana...tetapi peringatan juga untuk warga masyarakatnya untuk menjaga sarana tadi...beberapa kasus membuktikan bahwa banyak dari kita yg belum sadar benar akan manfaat sarana tsb...

    ReplyDelete
  21. Sebenarnya Indonesia sdh punya yah, tapi mgkn msh bnyk kekurangannya..

    ReplyDelete
  22. Kita juga tak dapat menolaknya bila Tuhan berkata lain, meskipun sudah ada peringatan tersebut.
    Karna hanya Tuhan saja yang tau apa yang akan terjadi pada kita didunia ini.

    ReplyDelete
  23. aku juga mau ikutan ah heee

    semoga menang mba :P

    ReplyDelete
  24. Klo Indonesia kayaknya mesti banget punya sistem peringatan dini tsunami ini...
    Ckckck...
    Hebat ya, Mama Calvin...
    Masih pagi udah langsung 'gasss'...
    ikutan lombanya mksdnya... :)

    Smoga menang, Mba,,, :)

    ReplyDelete
  25. Kabarnya yg di Aceh tempo hari itu sudah ada tanda2 dari alam sekitar spt hewan dsb yah Mba (aku baca ini dimana ya? *lupa*), tapi manusia kurang tanggap..

    Semoga ke depan lebih baik... Amin...

    semoga beruntung di acaranya Pakde yah Mba Lid..

    ReplyDelete
  26. semoga aja peringatan dini tsunami ini mendapat perhatian serius dari pemerintah ya.

    ReplyDelete
  27. sebenernya indonesia bisa saja mengembangkan system peringatan dini tsunami tapi lagi2 masalah mendasar yaitu DANA

    ReplyDelete
  28. Kalau tidak salah Jepang memberikan hibah loh mendirikan menara peringatan dini. Dan baru beberapa minggu lalu aku baca bhw banyak peringatan tsunami itu diambil org untuk diloakin besinya.

    masalah kedua bagaimana org2 diberi pengertian bahwa peringatan dini itu perlu ditaati. sosialisasinya. Sedangkan di daerah tohoku yang kena tsunami kemarin itu,masih banyak yang tidak percaya bahwa gelombang yang datang itu sampai 30 m. Lalu banyak lansia yang tidak bisa lari ke tempat yang lebih tinggi, akhirnya...pasrah :(

    EM

    ReplyDelete
  29. Ternyata sudah cukup lama juga ya peringatan tsunami mulai dibuat...
    Semoga masyarakat kita bisa lebih mengenali peringatan tsunami ini, Mbak...
    Semoga sukses di ASKAT ya... :)

    ReplyDelete
  30. dengan peringatan dini tsunami, diharapkan meminimalisir korban ya,,,, sukses mbak...

    ReplyDelete
  31. jadi terinspirasi buat tebak-tebakan,

    T : Kalo peringatan rokok menyebabkan penyakit, peringatan dilarang parkir, dan peringatan obat keras bisa dilanggar sama orang.. peringatan apa yang hampir selalu dipatuhi sama orang hayoo??

    J : Pasti peringatan Tsunami!...

    #jayus

    ReplyDelete
  32. jadi terinspirasi buat tebak-tebakan,

    T : Kalo peringatan rokok menyebabkan penyakit, peringatan dilarang parkir, dan peringatan obat keras bisa dilanggar sama orang.. peringatan apa yang hampir selalu dipatuhi sama orang hayoo??

    J : Pasti peringatan Tsunami!...

    #jayus

    ReplyDelete
  33. Salam Takzim
    Peringatan itu datang dari Allah, hanya mereka manusia sering Alpa, semoga lain waktu bisa dipahami peringatan Allah itu ya mbak
    Salam Takzim batavusqu

    ReplyDelete
  34. Woo,, ternyata 1920 sdah ditemukan sistem tersebut.. trims infonya

    ReplyDelete
  35. Kapan2 aku ingin ikutan Askat juga deh mbak.., tapi masalahnya jam Askat tuh jam sibukku di kantor :(

    ReplyDelete
  36. serem ya mbak kalo dapet peringatan dari Allah berupa tsunami..peringatan dini tsunami ini penting sekali ya mbak..salam saya mbak..^^

    ReplyDelete
  37. wah ternyata tahun 1920an sudah mulai ada peringatan dini tsunami ya?? baru tahu

    ReplyDelete
  38. Mantap tulisannya mbak..jadi ngerti kapan alat peringatan dini tsunami itu dibuat..:) semoga menang mbak lidya..informatif sekali tulisannya :)

    ReplyDelete
  39. Thanks informasinya, Lidya...smoga tsunami itu jauh-jauh deh dari negara kita...

    ReplyDelete
  40. gileeeeeee bener Mbak Lidya nih

    aku seminggu males ngeblog aja, updatenya Mbak Lidya banyaaaaaaak banget

    gimana Mbak?
    koleksi buku dari Pakdhe lagi nih kayaknya

    ReplyDelete
  41. semoga gak ada tsunami lagi ya Tante...

    Dija takut

    ReplyDelete
  42. masih ingat peristiwa tsunami di mentawai sumatra barat yang lalu, ternyata sensor early warning di sana dirusak/dicuri vandalis :(

    ReplyDelete
  43. Mba, selamat ya. tulisannya menang... :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...