badge

Tuesday, January 3, 2012

Perjuangan Membuat e-KTP

Apa itu e-KTP? Menurut penjelasan yang saya dapat di webnya http://www.e-ktp.com , e-KTP yaitu KTP Elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional. Masing-masing penduduk hanya diijinkan memiliki sati e-KTP dengan NIK yang kedepannya dapat dipergunakan untuk mengurus dokumen seperti SIM,Pasport dan lainnya.

Sepintas memang mudah untuk pembuatan e-KTP ini, disini saya akan bercerita mengenai perjuangan saya untuk membuat e-KTP :). Sebelum saya ke kecamatan untuk membuat e-KTP, saya sudah bertanya dan mendapatkan info dari teman yang satu kecamatan dansudah lebih dahulu membuatnya.

  • Tanggal 20  Desember 2011kami baru saja mendapatkan surat panggilan untuk pembuatan e-KTP,yang saya terima dari ketua RT.
  • Saya foto copy surat panggilannya,berjaga-jaga kalau hilang pada saat proses pembuatan e-KTP di kecamatan.
  • Kami memasukkan surat panggilan pada tanggal 27 Desember 2011 (ini hari pertama bisa menyerahkan dokumen karena terakhir penerimaan dokumen tanggal 21 Desember). Suami saya memasukkan form panggilan ini ba'da subuh dan mendapatkan nomor urut berkas 331.
  • Sekitas jam 2 siang setelah anak-anak bangun tidur siang, berniat mengecek jam berapa kita bisa difoto untuk e-KTP. 
  • Ternyata kita harus mendapatkan nomor lagi untuk bukti foto e-KTP. Akhirnya saya putuskan untuk menunggu antrian untuk mendapatkan no urut. Maaf saya kurang mempercayai pihak kecamatan apabila saya pulang bagaimana caranya saya mendapatkan no urut lagi jika terlewat karena saat itu antrian di Aula sangat banyak
  • Pukul 19.00 alias jam 7 malam saya baru mendapatkan nomor urut untuk foto untuk hari selasa tanggal 3 Januari 2012. kita mendapatkan nomor urut 74.
  • Tanggal 3 Januari 2012 kita ke kecamatan lagi untuk foto, sekitas jam 9.30 sampai disana dan tidak lama kemudian dapat panggilan untuk difoto,sdik jari elektrinik, pindai kornea mata dan tanda tangan eloktronik.
Begitu berat perjuangan mendapatkan nomor urut foto apalagi saya membawa 2 anak, kita mendapat informasi yang kurang akurat. Setelah suami menaruh surat panggilan langsung pergi kerja dipikirnya no 331 itu nomor urut foto ternyata bukan. Kelelahan terbayar setelah hari ini berhasil difoto. Ternyata mau jadi warga negara yang baik saja penuh perjuangan ya.

Saya tidak tahu apakah di daerah lain proses pembuatan e-KTP ini berlangsung lama seperti ditempat saya. Kemarin ini sempat baca blognya Ajeng mengenai pembuatan e-KTP , Ajeng hanya memerlukan waktu 4 jam untuk mengantri dari awal sampai selesai di foto.

66 comments:

  1. Yg pasti ajengnya bkn saya ya mbak :D

    saya juga dapet undangannya tapi nggak sempet2 kemarin, apa masih bisa ya mbak kira2?

    ReplyDelete
  2. Jeng, untuk bikin e KTP ini harus ada undangannya ya? Soalnya saya ndak punya KTP, bisa nglamar langsung gak ya? :mrgreen:

    Selamat tahun baru, Jeng Lid, sukses dan sehat selalu yaa....

    ReplyDelete
  3. wahh ternyata jika lewat dari 2011 bisa seperti ini kisahnya ya :( sabar deh mbak.. birokrasi kita emang.. :(

    mbak.. FLP (Forum Lingkar Pena) Jakarta kini tengah membuka pendaftaran anggota baru untuk Angkatan ke-16, mungkin mbaknya setelah berjibaku dengan e-KTP nya, mau join.. silahkan dan terimakasih :)

    ReplyDelete
  4. ribet y bun, untungnya dimari bisa kolektif ngurus ke kantor dusun, jd ga susyah2 ngurus kesana kemari, ntar tinggal nunggu undangan aja bun, ahhhhh indahnya hidup di perkampungan spt ini heheheheh

    ReplyDelete
  5. di kampung saya sendiri belum masuk nih e-KTP... masih lama menunggu sepertinya baru diundang :)

    ReplyDelete
  6. wah, waktu suami ga lama begitu bun. Cuma beberapa jam saja. Setelah itu pulang. Nanti balik lagi kalo udah jadi.

    ReplyDelete
  7. Saya sampai sekarang masih belum buat e-KTP ini mbak :D

    ReplyDelete
  8. di wilayahku belum ada e-ktp bun, katanya baru mulai tahun depan.

    ReplyDelete
  9. Kalo ceritaku mengenai e-KPT sangat unik soalnya aku ada kerabat yang bekerja di kantor kecamatan, jadi prosesnya cepat dari pada yang lainnya. tanpa menunggu lama-lama...

    ReplyDelete
  10. Ditempat saya belum ada seperti itu Mbak.
    Mudah2an kalau nanti ada, nggak serumit yg Mbak alami.

    ReplyDelete
  11. waaah aku belum punya...aku masih 16 tahun....:-(

    ReplyDelete
  12. wah benar2 perjuangan ya,
    klo aku alhamdulillah g segitunya,
    jam 12 siang numpuk surat panggilan dan ambil nomer antrian foto, trs habis maghrib bru k kecamatan lg shbs suami plg krja dan langsung dfoto g pakai antri krna nmr antrianku sdh tlewat

    ReplyDelete
  13. heeee untung saya punya mantan anak didik jadi saya ngambil kartunya sehari sebelumnya, dapat no.urut 10 heeeee...jadi ngak terlalu lama ngantreeee

    ReplyDelete
  14. Kami buatnya pas hari kerja, jadi lumayan longgar ;)

    ReplyDelete
  15. berbeda pelayanan tergantung dari kesiapan aparatnya dan juga peralatan pendukung...aparat siap tapi tidak didukung dengan kesiapan alat....atau bisa alat/teknologi sudah ada dan mendukung tersedia tapi aparatnya gatek....ya macam2 aja mba...^__^

    ReplyDelete
  16. saya udah terima surat panggilan.. hanya belum sempat memenuhi..
    denger2 kalo yang pake surat panggilan itu gratis ya.. ?
    kalo yang gak bayar 30 ribu...

    di tempat saya antrinya luar biasa panjang.. maklum lah daerah pedesaan.. mending saya bayar 30 ribu aja besok.. :D

    ReplyDelete
  17. Aku dua jam nunggu mbak @_@
    Itu aja udah telerrr nunggunnya~

    ReplyDelete
  18. tapi kan ada hasilnya yah mbak.. ditempat saya malah sampai sekarang belum ada Ektp

    ReplyDelete
  19. di tempatku belum tuh Mbak...

    kalo udah pake e-ktp gini, kayaknya gak bisa dobel dobel ya KTP nya

    ReplyDelete
  20. Kalau saya nunggu sudah tidak ada yang antri lagi mbak, Orang sudah pada foto semua, main2 kekecamatan sudah tidak ada yang antri.. eee, gak ada 1 jam sudah suruh melotot diambil rentina matanya hehe... soalnya males antri mbak.

    ReplyDelete
  21. Aku malah belum dapat panggilan pembuatan e-KTP :( pdhl keluargaku yg lain udah...

    Puk puk maminya Calvin

    ReplyDelete
  22. Ditempat kami, antri ambil nomor urutnya sekitar 4 jam-an...yang lama nunggu panggilan buat fotonya, duh mana bawa anak lagi, cepe deh!

    ReplyDelete
  23. memang mesti sabar plus kali ya,kawan
    pa kabarnya
    salam hangat dari blue
    met tahun barua yach

    ReplyDelete
  24. di tempat saya belum mbak..kayaknya bentar lagi..waduh..habis subuh dah bisa masukin form ya??? bener2 kerja keras ya..serasa registrasi kuliah aja ups..maksudnya antriannya :)

    ReplyDelete
  25. Di Jember alhamdulillah masih belum Mbak, mungkin e-KTP masih seputar kota² besar Mbak

    ReplyDelete
  26. saya juga sudah Mbak, waktu itu proses ngantri foto dan ttd serta kornea matanya dari jam 8 pagi sampe jam setengah 12an gitu.
    tapi emang tuh ngantri dapat nomer urut harus super sabar waktu itu Kkku sampe berapa kali ke keluraha utk dapat nomer urut utk keluarga kami, huufftt repotnya e-KTP ini.

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah saya gak pake ngantri lama. Datangnya siangan aja :D

    ReplyDelete
  28. saya udah bikin.. cuma bingung nih, kalo belanja di indomaret bisa dipake ga ya?

    hwehehehe

    ReplyDelete
  29. kalo di tempatku antriannya kayak ular mba... panjaaaaang dan lamaaaaaaaa.... heheh, jadi ingat iklan apa itu ya? cemilan apa gituuu...

    ReplyDelete
  30. kalo di tempatku antriannya kayak ular mba... panjaaaaang dan lamaaaaaaaa.... heheh, jadi ingat iklan apa itu ya? cemilan apa gituuu...

    ReplyDelete
  31. sy blm pnya, th lalu pas pulang ke bali saat buat ktp baru memang blm masuk ke bali dan buat ktpnya cepat sekali, ga antri soalnya.

    ReplyDelete
  32. waduh, sampai malem gitu Lidya ngantri nya ??
    ck ck ck demikian ribet ya ternyata bikin e-KTP ...
    ditempatku masih nanti maret ,Lidya
    salam

    ReplyDelete
  33. Ntah tanggal berapa saya melaksanakan pemotretan e-KTP, tapi katanya prosesnya menunggu 6 bulan, sekitar juni 2012 mungkin KTP baru diterbitkan

    ReplyDelete
  34. terkait ektp ini, saya sejak mengikuti proses pembuatan ektp sudah merasa pesimis, beberapa bulan lalu saya menuliskan kekecewaan saya akan proses pembuatan ektp ini di:

    http://jarwadi.wordpress.com/2011/11/24/paliyan-data-asal-asalan-untuk-e-ktp/

    ReplyDelete
  35. aku blm e-ktp nih, jadi malas kalau lihat birokrasinya

    ReplyDelete
  36. Eh waduh, kok saya belum dapat panggilan ya?

    ReplyDelete
  37. saya malah belum bikin mbak.. ga tau di daerah saya sepertinya belum di galakkan membuat e-ktp..

    ReplyDelete
  38. di tempat saya beloman mbak... btw, belum tau niy ahad ke depsos atau tidak.... nanti kita wa an aja ya

    ReplyDelete
  39. waduh saya masih KTP lama dan bikin di jawa blom pindah, sini dah panggilan tuh untuk E-ktp dari bulan oktober lalu, jawa malah blom kayaknya yah..saya ikutan jawa nieh mbak..kalo pas pemanggilan nggak datang tapi kita ngurus ndiri nanti pas mudik bisa tak yah???? wah PR nieh ..thanks banget infonya mbak..berguna sekali :)

    ReplyDelete
  40. wuuaduuhh repot banget ya neng .. ckckckc kalo yg kerja minta ijinnya 2 hari cuma buat ngurus e-ktp doank , terus terang belum punya e ktp nih.. hahaha

    ReplyDelete
  41. wuuaduuhh repot banget ya neng .. ckckckc kalo yg kerja minta ijinnya 2 hari cuma buat ngurus e-ktp doank , terus terang belum punya e ktp nih.. hahaha

    ReplyDelete
  42. Wah saya belum dapat undangan buat bikin e-ktp nih. Harusnya bisrokrasinya dipermudah ya mam :-)

    ReplyDelete
  43. lama banget prosesnya ya... waduh...
    saya juga belum ada mbak

    ReplyDelete
  44. wah saya juga belum sempet buat e-KTP gimana ya?

    ReplyDelete
  45. laaah aku malah belum dapet surat panggilan teh :(
    menurut pengalaman temen2 yang udah,cuma bbrapa jam aja sih prosesnyaa

    ReplyDelete
  46. waduh, kok rumit dan makan waktu ya? di temptku blm ada panggilan tuh 'mbak?

    ReplyDelete
  47. saya belum mbak. baru buat KK nya aja. belum ada panggilan dari pak RT nih

    ReplyDelete
  48. tempat saya belom ada panggilan apa apa.. :D... karena ndak ada buat followers jadi urlnya saya masukin blogroll saja... salam kenal....

    ReplyDelete
  49. duh cukup ribet ya ...
    saya belum buat :(

    ReplyDelete
  50. Memang dalam hal pengurusan pembuatan e-KTP sangat disayangkan tidak dibarengi dengan SDM nya. Ada yang cepat dan juga lambat. Selalu ada saja yang dibuat alasan. Seperti yang terjadi di tempat saya. ada empat unit komuter namun , ynag beroperasi hanya 3.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  51. syukurlah akhirnya dapat juga ya mbak, meski harus panjang prosesnya.

    ReplyDelete
  52. serasa diingatkan sama artikel ini untuk ngurus KTP ke RT tempat yang dulu wkwkwk ...
    trims mbak ...
    Untuk mengurus yang satu ini kita memang harus sedikit bersabar untuk berproses ... karena ini penting ... salah sedikit lumayan repot .. itu yang saya alami.
    Trims
    Salam

    ReplyDelete
  53. Mataram belum dapet panggilan pembuatan e-KTP niiii........
    Semoga dalam waktu dekat lah, soalnya saya juga blom ngurus pindahan KTP dari Bima ke Mataram...

    ReplyDelete
  54. asalamualaikum
    di tempat saya giliran terakhir mba kecamatannya buat e-ktp.
    jadi tahu perjuangannya.

    ReplyDelete
  55. aku malah belum dapet suratnya mbak. :(

    ReplyDelete
  56. ternyata mahal juga biaya nanggulangi e-ktp itu
    formulir yg harus didanai pemerintah ternyata sebesar 27ribu per orang. Belum sarana dan prasarana lainnya. huaaaa...

    ReplyDelete
  57. E-KTP tuh memang cepet proses'a tapi sayang'a tidak menjangkau semua lapisan masyarakat loh mba,karena banyak dari penduduk indonesia yang kagak punya hak suara alias kagak punya KTP
    jadi mereka kagak bisa membuat E-KTP ini,

    ReplyDelete
  58. Alhamdulillah, akhirnya bisa menyapa kembali, setelah 2 minggu terbaring sakit.. hehe
    semoga ibu dan anak2 (Cal-Vin) selalu sehat.. aamiin..

    Wuaaah,,, ko bisa seperti itu perjuangannya.
    Di daerah saya belum terdengar bu kabar2 adanya e-KTP.
    Brarti harus siap2 dari sekarang nih.. heheh

    ReplyDelete
  59. saya juga belum dipanggil tuh mbak,

    ReplyDelete
  60. baru tahu aku kalau di sana ada e KTP

    ReplyDelete
  61. dan kabarnya e-KTP itu baru bisa jadi berbulan-bulan ya? Aku sih cuma takutnya data pribadi yang dimasukkan ke komputer itu bisa dipergunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Maklumlah security internet di Indonesia kan parah (atau hackernya canggih)

    ReplyDelete
  62. aq malah belum bikin e-KTP mba, tapi ternyata ribet banget ya mba Lid..

    ReplyDelete
  63. Subhanallah...
    Sungguh perjuangan yg cukup melelahkan.
    Never Give Up.

    ReplyDelete
  64. aku juga prosesnya cepet mbak...ngga sampe 4 jam..dan bikinnya bukan di kecamatan...tp di kelurahan...dan undangannya dibagi per RW...satu RW dikasih waktu satu minggu....jd begitu kita dapat undangan punya waktu satu minggu utk bikin...dan pas kita kesana ngga harus ngantri smpe dapat nomor ratusan....krna penduduk 1 RW kan ngga seberapa dah gitu dibagi 7 hari hehehhe.....

    klo dapat undangan per kecamatan kayak gitu repot yach...ngga kebayang ngantrinya kayak apa...trs gimana yg udah pada tua yachh...udah gitu kalo pas nomor antrian kita dipanggil, orangnya ngga ada biasanya suruh ngambil nomor lagi ...ngantri lg dr awal....capek banget itu mahh

    ReplyDelete
  65. aku udah beberapa bulan lalu buatnya mbak... tp kayaknya belom jd de... nggak tau nih blm dpt kabar :-( hmmm..

    ReplyDelete
  66. Di tempatku juga belum kok mb.. O iya mb, katanya jgn lupa KTP lama diperbanyak (bisa disimpen ga) coz ada beberapa dokumen yg masih harus menggunakan KTP lama (misalnya tabungan di bank)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...