Thursday, March 8, 2012

Gelap Atau Terang

Artikel ini sudah pernah saya tulis di warung blogger, tapi tidak ada salahnya ya saya publikasikan ulang disini :)

Terbiasa tidur malam dengan lampu menyala atau lampu gelap (remang-remang)? Sedari kecil aku selalu tidur dengan lampu menyala, hal ini terjadi karena kebiasaan dari orang tua kita masing-masing. Tapi sejak kenal internet aku tahu manfaat lampu dimatikan pada saat tidur malam.

Sejak Pascal dan Alvin lahir aku sudah membiasakan tidur malam dengan lampu gelap atau setidaknya remang-remang. Walaupun ada ketidak setujuan dari orangtua katanya nanti nafasnya sesak dan lain sebagainya. Tapi aku memberikan pengertian bahwa tidur malam dalam keadaan gelap itu bagus untuk kesehatan.

Seperti yang pernah aku baca bahwa dimalam hari tubuh memproduksi melatonin yang hormon yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur dimana hormon ini sensitif terhadap cahaya. Jika produksi melatonin ini meningkat kualitas tidur akan baik apalagi untuk bayi jadi tidak mudah rewel pada saat tidur dimalam hari. Selain itu untuk meningkatkan imunitas dalam tubuh.

Uji coba pada Alvin dimalam hari pada saat aku menyalakan lampu dia akan menutup matanya dengan tangan tapi tetap tertidur,mungkin dia merasa silau. Terkadang dia juga nangis minta dimatikan lampunya.

53 comments:

  1. Hihihi kalo aku sama aja sih tidur mau gelap mau terang :D
    Tetep nyenyak~

    ReplyDelete
  2. gua kalo tidur harus gelap. atau at least remang2. kalo terang, gak bisa tidur. :D

    andrew juga dibiasain tidur gelap. sejak dia tidur sendirian, kita pasangin night light aja. lampu kecil gitu.

    ReplyDelete
  3. kalo aku emang selalu tidur dalam suasana temaram mba... karena tidur dalam sinar lampu yang temaram mengisyaratkan otak kita untuk istirahat juga.. :)

    pernah juga aku posting disini tentang bahayanya tidur dalam cahaya lampu terang, yuk dikunjungi kalo ada waktu ya mba... (halah, kok malah promosi yaaa...)

    http://alaikastips.blogspot.com/2009/07/tidur-dengan-lampu-yang-menyala-terang.html

    ReplyDelete
  4. Saya bisa tidur di segala kondisi Mbak. Tapi yang paling nyaman itu tidur dengan komposisi warna remang remang, hehe..

    ReplyDelete
  5. mungkin aku agak sama kayak mba una, tetep nyenyak deh (kecuali kalo emang lagi insom).
    di kontrakan sih gag pernah dimatiin lampunya. soalnya kamarku gelap banget, gag ada jendela dan apapun itu. bisa dibilang pengap dan sempit deh. tapi kalo di rumah atau di tempat lain yg ada cahaya dikit aja, baru deh bisa dimatiin.

    ReplyDelete
  6. untungnya bunda bs tidur dgn lampu hidup atau mati,
    tapi kalau terlalu gelap gulita tanpa cahaya sedikitpun, gak bisa tidur juga Lidya, rasanya kok kayak sesak nafas gitu ...
    salam

    ReplyDelete
  7. pingin nyubit tangannya Alvin....
    gemeeezzsss....
    salam

    ReplyDelete
  8. Kami semua selalu tidur dengan lampu gelap, Lidya...rasanya lebih tenang dan nyenyak :)

    ReplyDelete
  9. kalo aku ataupun anakku memang lebih suka tidur gelap-gelapan tuh mbak, kalo terang malah rasanya mata jadi susah banget meremnya..hehe

    ReplyDelete
  10. Nay juga kalo tidur sukanya gelap, tapi pas nginep di rumah temen yang takut gelap jd kudu diterangi lampunya.. so gelap ato terang Nay tetep tidur puless....:D

    ReplyDelete
  11. Kalau saya lebih suka senang terang Mbak, soalnya kalau gelap banyak nyamuk hehe...

    ReplyDelete
  12. aku tidur suka'a gelap mba,soalnya mata mau istirahat dengan sedikit cahaya
    kalau lampu dinyalain tidur'a pasti kagak tenang

    ReplyDelete
  13. Di rumah ortu jg gitu Teh, biasanya terang, tapi entah knp sejak kecil Orin yg minta dimatiin aj, ga bs tidur kalo terang benderang, kecuali cape bgt dan atau terpaksa ya hihihi

    ReplyDelete
  14. Ooh gitu ya .. kalau saya malah gelisah kalo mati lampu mbak.

    Saya sukanya terang2an ;D
    kalo sdh tidur kemudian mati lampu. Biasanya biar jam berapa pun, saya terbangun dan mencari penerangan sesegera mungkin :D

    ReplyDelete
  15. Secara naluriah sang anak juga ngerti ya sob. Paling enak ya tidur jika lampunya dimatikan.

    ReplyDelete
  16. Bisa gelap, bisa terang...tapi tetep prefer gelap, lebih romantis gitu, hahaha...

    ReplyDelete
  17. Kami sekeluarga juga tak bisa tidur dengan lampu terang benderang Mbak Lid. Sdh kebiasaan dari sononya..Kalau lampu menyala, bentar2 pasti bangun

    ReplyDelete
  18. klo dlu sih wktu msih smp, sma lia lebih sering tidur dgn lampu mnyala, ga tau krna merasa nyaman aja tp sekarang2 ini udh sering tidur dengan lampu kecil, trnyata mmg lebih nyenyak tidur dgn lampu temaram drpd lampu menyala

    ReplyDelete
  19. sama mbak, zia juga dari bayi selalu tidur dgn mati lampu, jadi smp sekarang ga takut gelap dech, malah susah tidur kl lampunya masih hidup, hehe

    ReplyDelete
  20. klo saya tidur malah ngga bisa yang gelap bener, minimal remang2 deh..

    klo suami saya malah kudu wajib gelap..

    ReplyDelete
  21. Katanya sunnahnya juga mematikan lampu mbak ;)

    ReplyDelete
  22. Kalau saya ?

    Terang benderang ... !!!

    Bahkan kalau sedang menginap di Hotel di luar kota ...

    Terang Benderang plus ditambah TV yang nyala dan bersuara lamat-lamat ... (supaya ndak sepi)

    hehehe

    Salam saya Mbak

    ReplyDelete
  23. lucu banget fotonya! badan Alvin gempal ya?
    btw..aku dan anak2 sih fleksibel. Tidur dalam keadaan gelap oke, terang hayu... Maklum kita tipe orang yg begitu kena bantal langsung ngorok. Hehe...

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah kabar saya baik Mbak Lidya.... Lagi sibuk jd ga pernah OL hehe.

    Ternyata tidur dengan lampu menyala tidak baik ya mbak?? Padahal saya kalau tidur selalu terang benderang hikz

    ReplyDelete
  25. @admin,

    Ada award untuk kamu teman,, silahkan ambil ya

    di http://bengkelhumor.blogspot.com/2012/03/fleanding-sites-choice-award.html

    dan cek hadiahnya di http://bengkelhumor.blogspot.com/2012/03/hadiah-fleanding-sites-choice-award.html

    ReplyDelete
  26. Lucu banget siey si Alvin. Aku kebiasaan dari kecil kalo bobok lampunya teraaaannggg. Fira juga, tapi sekarang jadi tau euy .. Makasi infonyaaa...

    ReplyDelete
  27. Saya suka gelap, anak saya suka terang .. Tapi dipaksain nyambung juga jadi kebiasaan segala situasi kalo sudah ngantuk tidur juga ..
    Kalo saya yang penting ada bacaan langsung tidur deh he he

    ReplyDelete
  28. suka gelap kalau tidur, kalau terang malah nggak bisa tidur :)

    ReplyDelete
  29. wah aku baru tau klo cahaya lam[pu bisa mempengaruhi hormon. . . .

    ReplyDelete
  30. hehe lucu amat dek alvin. bagus kalau terbiasa tidur tanpa lampu/gelap/remang-remang.

    aku juga mending gelap/ada cahaya dikit lah kalau tidur. lebih nyenyak. :D

    ReplyDelete
  31. tidur nya asal jangan lampu kelap kelip. entar dikira discotic tur tidur sambil joget

    ReplyDelete
  32. Aku sendiri lebih suka dan terbiasa tidur di tempat gelap/remang2 mbak. Lebih enak gitu tidurnya... hehehe

    ReplyDelete
  33. Wah, aku sih biasanya tidur dalam kondisi gelap.

    ReplyDelete
  34. saya bisanya tidur kalo lampu nyala, mba ... nurun ke anak-anak juga :(

    ReplyDelete
  35. Kayaknya faktor kebiasaan masa kecil yg paling dominan Mbak.
    Secara jaman saya kecil hidup dikampung yg belum ada listrik, maka kalo tidur selalu remang2 karena menghemat minyak. Jadinya sampai sekarang kalau tidur harus remang2 setengah gelap. Kalo terang dijamin ketap-ketip

    ReplyDelete
  36. Kemarin kaya udah komen tapi kok kagak ada ya komen'a ?
    kalau aku sih suka & lebih asik tidur dengan lampu mati mba,soalnya kalau lampu'a menyala kagak bagus buat mata

    ReplyDelete
  37. Lucu ya jagoan mba',..
    aku juga suka tidur tanpa lampu,.

    ReplyDelete
  38. awalnya aku jg takut sama gelap kalo tdur tapi karena tau bahayanya jadinya sekarang tidur gelap2an udah berani :D

    ReplyDelete
  39. kami terbiasa tidur dengan lampu sangat redup, tapi saya lebih nyaman jika gelap. Disamping cepet tidur, gelap seringkali menghadirkan hati untuk bermuhasabah atas apa yang saya lakukan di waktu sebelumnya

    ReplyDelete
  40. dulu saya bisa tidur dengan atau tanpa lampu menyala, tetapi beberapa tahun terakhir saya merasa nyaman dengan lampu dimatikan.

    karena tarif listrik akan naik lagi kali, hehehe

    ReplyDelete
  41. Kami sangat sulit kalau memadamkan lampu saat tidur, paling hanya meremangkan saja :) Padahal gelap lebih baik ya :)

    ReplyDelete
  42. Sama, Aa Zaki juga suka pake lampu redup warna hijau :)

    ReplyDelete
  43. Baru tahu kalau tidur dalam posisi gelap akan merangsang pertumbuhan hormon yang baik bagi kesehatan

    kalau saya pribadi tidur gelap atau terang sama saja, bahkan dipinggir jalanpun bisa lelap dalam tidur

    ReplyDelete
  44. hadoooh aku tidur dengan lampu yg menyala terang.
    baru tau ada hubungannyaa dg melatonin.
    wooow...

    ReplyDelete
  45. waktu kecil saya tidur pada keadaan gelap,tapi setelah gede tidur lampunya harus nyala.

    saya baru tahu lo mbak kalau tidur dalam keadaan gelap/remang-remang itu baik untuk kesehatan.

    ReplyDelete
  46. Refleksnya Alvin bagus ya teh, meski lagi tidur ada cahaya langsung menutupi mata dengan tangan. Salam

    ReplyDelete
  47. Mbak Lid,. baru bisa BW juga sekarang aku. Hehe...

    Aku sukaknya sebenernya gelap. Tapi sewaktu di Malang, di kosan, entah kenapa justru gak bisa tidur kalo lampu mati. Tapi kalo di rumah, gelap gulita mah enjoy aja. Yang penting ada kipas angin. Hahaha :D

    ReplyDelete
  48. di rumah ada 2 versi...klo ayah di rumah, jgn sampe lampu mati, dia ga bisa tidur
    tp klo ayah shift malam, rumah malah gelap semua hehehe

    pdhl mimi udah pernah baca,kl ga salah, Nabi muhammad menganjurkan agar tidur tidak menyalakan penerangan apapun, krn itu membantu mengembalikan kelelahan pikiran stlh beraktifitas di siang hari....

    ReplyDelete
  49. iya Mbak, pernah baca postingan ini di Blog WeBe...saya juga lbh nyaman jika tdr dengan pencahayaan yg redup/gelap..lbh comfort tdrnya

    ReplyDelete
  50. klo tidur pasti gelap, sama deh sm suami.
    klo terang otakku gak bisa bubu mbak, mikir terus hehehe

    ReplyDelete
  51. Saya bisa tidur dengan dua mode ini, tapi saya lebih memilih tidur dengan lampu dipadamkan karena terasa lebih nyenyak tidurnya. Dan secara medis katanya memang lebih sehat.

    ReplyDelete

Mohon Maaf komen dimoderasi ya. Terima kasih sudah menuliskan komentarnya, walaupun tidak di reply langsung disini Insya Allah jika ada pertanyaan saya akan langsung menjawab di blog masing-masing ya