badge

Tuesday, April 10, 2012

Efek Samping Obat

Beberapa hari lalu aku merasakan sakit kepala yang amat sakit, disertai sakit tenggorokan. Biasanya kalau pusing aku istirahat saja sudah cukup dan akan sembuh dengan sendirinya. Karena sudah lebih dari 3 hari, minggu pagi aku ke dokter untuk mengobati sakitku ini. Aku agak malas ke dokter, karena memang jarang sekali kedokter.

Dokter mengatakan sakit kepalaku efek dari sakit tenggorokan yang aku derita, disertai ada sariawan, jadi ada syaraf-syaraf yang mengalir kekepala mengakibatkan sakit kepala. Kalau tidak salah sih dokternya menjelaskan seperti itu.

Setelah minum obat, tidak lama aku mengalami perasaan berputar-putar serta mual. Sejak pagi hingga sore semua makanan yang masuk pasti keluar lagi. Aktivitasku terhenti karena setiap membuka mata pasti akan terasa pusing dan berputar.

Senin sore, aku diajak ke dokter lagi oleh suamiku karena khawatir tidak ada makanan yang masuk, takutnya dehidrasi. Aku ceritakan keluhan yang aku alami serta aku berikan copy resep yang telah aku minum.

Ternyata ada salah satu obat yang mengandung Tramadol, bagi sebagian orang seperti aku akan mengakibatkan pusing yang memutar serta mual-mual. Allhamdulillah pagi ini sudah baikan dan tidak merasakan pusing lagi.
Tapi aku agak bandel sedikit nih kalau merasa baikan aku BW sedikit dari tab :). Maaf loh kalau belum semuanya aku kunjungi.

Pesanku dari kejadian ini, sebagiknya kita mengetahui riwayat penyakit ataupun obat-obatan apa saja yang tidak cocok bagi kita, apabila dokter tidak menanyakan sebaiknya kita yang memberitahukan kalau kita tidak cocok terhadap salah satu obat.

Nikmat sehat itu begitu penting, semoga teman-teman semua menjaga kesehatan ya.

74 comments:

  1. Semoga Sehat terus ya say...kebayang kalo sakit kepala sampe muter2 gitu, hikss.aku pernah ngalamin juga soalnya sampe muntah2 minggu kemarin :(

    ReplyDelete
  2. ternyata sakit ya .. cepet sehat ..

    Aku juga pernah gak kuat di kasih obat darah tinggi saat opname taun lalu. Setelah di suntik obat tsb lewat infus, beberapa detik kemudian malah muntah2 & kepala pusing, ujug2 lemes. Duh ... serem.

    ReplyDelete
  3. Betul banget tu, ESO memang seringkali malah menambah penyakit ya :( Syukurnya dah pulih :)

    ReplyDelete
  4. Kebiasaan saya kalau dapat obat dari dokter, suka 'cerewet' tanya apa fungsi masing-masing obat yg di berikan...hehehe..boleh dunk jd pasien 'cerewet'

    Semoga lekas sembuh ya Mbak:)

    ReplyDelete
  5. Semoga kita semua selalu di beri kesehatan ya..
    Amin..

    cepet sembuh Mba..
    Kalo emak2 sakit kasihan ke anak ya..

    ReplyDelete
  6. aku sampai sekarang sangat sensi dgn obat krn trauma, obat di masa kecil membuat pendengaranku hilang

    ReplyDelete
  7. Get well soon mbak. Wah mesti lebih mencermati efek samping obat ya. Keluarga saya malah nyaris pingsan karena efek samping obat bius lokal waktu mau cabut gigi.

    ReplyDelete
  8. sekarang udah sehat kan mbak? aku juga sekeluarga lagi batuk pilek nechh.....kayaknya lagi musim penyakit...

    ReplyDelete
  9. Semoga cepat sehat kembali ya mbak

    ReplyDelete
  10. memang kita harus tau riwayat penyakit kita.. soalnya obat sekarang itu banyak yang efek sampingnya negatif... jujur saya kurang percaya sama obat obatan dan lebih memilih mengkonsumsi habbatusauda kalau sakit.. atau minyak zaitun serta madu... karena nabi pun melakukan itu

    ReplyDelete
  11. Kebanyakan obat biasanya "Mengobati", akan tetapi ada juga ya obat yang "Menyakiti"...
    Memang seharusnya lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu mana obat yang cocok buat kita dan mana yang tidak cocok. Apabila kita meminum obat yang tidak cocok dengan kekebalan tubuh maka efek sampingnya akan terasa banget, dan apabila kita sudah tau obat yang cocok maka akan mempercepat proses penyembuhan sakit yang kita alami.
    Semuanya itu bisa dilihat dari bahan-bahan dan efek sampingnya.

    ReplyDelete
  12. Mudah2an sekarang udah makin sehat ya mbak...

    Memang kadang kita gak tau kalo alergi sama obat tertentu kalo belom pernah minum obat tsb ya mbak..

    ReplyDelete
  13. Setuju sekali Mba Lidya, sebagai pasien pun kita harus pro aktif bukan sok pinter tapi bekerja sama dengan dokter memberi informasi ttg keadaan kita juga obat yg sering kita konsumsi agar ada penyesuaian dan tak terjadi efek samping.
    Nice post mba
    Gimana sekarang kabarnya? sudah sehat?

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah udah sehat ya mbak.. :)
    sekarang ini aku juga lagi pusing berat, pilek dan tenggorokan sakit, masih malas juga ke dokter, apalagi minum obatnya, hehe.. dari kemaren minum jamu aja. :)

    ReplyDelete
  15. Sing enggal damang ya Teh, jgn maksain ateuh kalo lg rieut mah..

    ReplyDelete
  16. sayapun harus hati-hati ketika mengonsumsi obat. kalau enggak, lambung saya yang sensitif bisa jadi permasalahan baru.

    ReplyDelete
  17. aku juga flu nih mam. semoga kita berdua lekas sehat ya . . . hehe

    ReplyDelete
  18. moga cepet sembuh yah say... lain kali coba test alergi obat aja say... jadi tau bahan2 obat apa yang ga cocok sama kita.

    ReplyDelete
  19. Sebaiknya memang penyembuhan tanpa obat kimia, diganti dengan Herbal atau pun Self Healing, :-)

    ReplyDelete
  20. Cepat sembuh ya mbak...
    Tramadol baru denger hehe...

    ReplyDelete
  21. Sebuah pelajaran yang sangat berarti, apakah obat yang Mbak minum itu resep dari dokter Mbak ??

    Cepat sembuh ya Mbak :)

    ReplyDelete
  22. Blogwalikng di blog sobat, tengah malam..

    Happy blogging

    ReplyDelete
  23. Duh, untung ga apa2...keracunan obat tuh bahaya lho...cepet sembuh ya Mbak Lidya =)

    ReplyDelete
  24. duuh kayaknya sedang musim sakit nih ya mba.... aku sendiri baru aja sembuh nih dari DB...

    semoga cepat sehat kembali ya mba.... dan jaga kesehatan karena sehat itu adalah nikmat anugerah yang Kuasa, yang tiada tandingan nilainya...

    kerasa banget makna kalimat diatas dikala kita sakit ya mba? hehe... so, yuk jaga kesehatan dan jadi pasien yang cerewet saat berobat, agar dokter tau kondisi kita, serta obat-obatan yang kira2 tidak cocok untuk kita berdasarkan riwayat penyakit dan obat2an yang kita konsumsi....

    kangen deh denganmu mba Lyd! :)

    ReplyDelete
  25. Semoga cepat sembuh, mbak. Kalau istri saya nggak boleh minum obat yang akhirannya gin; antalgin, pokoknya gin lah. Dia itu alergi sama obat-obatan itu. Langsung bentol-bentol dan gatal2...

    ReplyDelete
  26. Semoga sekarang sudah baik dan sakit kepalanya nggak muncul lagi, Mbak Lidya..

    ReplyDelete
  27. semoga sehat selalu, mba lidya...
    btw, pernah coba terapi bekam?

    ReplyDelete
  28. Semoga cepat sembuh ya mama Cal-vin, terimakasih sharingnya jadi kehati2an bagi kami. salam

    ReplyDelete
  29. Banyak istirahat ya bunda, moga mual2nya gak nongol lagi :)

    ReplyDelete
  30. Aku paling sebel kalau sdh dapat pusing terus disertai mual. Gak bakal berfungsi deh sepanjang hari. Belum pernah merasa salah obat dengan penyakit ini. Semoga segera pulih ya Mbak Lid :)

    ReplyDelete
  31. wah alergi itu..mesti hati2 lain kali sis..

    ReplyDelete
  32. klo pusing ga pernah minum obat...
    buat bobok aja, alhamdulillah sdh sehat mam...
    semoga cpet sembuh y mam....:)

    ReplyDelete
  33. Dokter sering nanya sih: Ibu punya alergi? dan umumnya kujawab 'tidak'. Cuma kadang saya ga bisa bedain, mana yg alergi obat mana yg bukan alergi!

    ReplyDelete
  34. syukurlah sudah sehat mbak e, memang tidak semua obat cocok dengan golongan darah atau sifat genetik tubuh kita

    ReplyDelete
  35. ESO singkatan dari Efek Samping Obat :)

    ReplyDelete
  36. seringkali kita baru merasakan nikmatnya sehat kalo lagi sakit.. syukurlah kalo udah sehat lagi.. semoga sehat terus ya :)

    ReplyDelete
  37. Betul itu mbak, tak semua dokter bertanya pada kita. Nanti setelah kita kenapa2 dan bertanya baru deh doktrnya menjelaskan ...

    ReplyDelete
  38. bener mbak... nikmat sehat itu luar bisa... maapkeun ya jarang bw...

    ReplyDelete
  39. mbaaakk,
    cepat sembuh yaaa *peluk kenceng*

    ReplyDelete
  40. obat herbal lebih aman lho...
    kunjungi website saya siapa tahu anda berminat,

    ReplyDelete
  41. wah cik awi juga pernah merasakan hal seperti itu...

    ReplyDelete
  42. Mbak Liid.. saya itu orang yang paling tidak bisa berkata jujur sama dokter. Apalagi klo ditanya, apa yg dirasa sekarang? selalu saya jawab tidak merasakan apa-apa.. makanya saya juga jarang klo ke dokter

    ReplyDelete
  43. cepet sembuh yaa mama lidya :)

    peyuk dulu sini sini mama ...

    muga ndak miimk obat yang ada tramadol nya yaa mama :D

    sehat emang lebih nikmat :D

    ReplyDelete
  44. cepet sembuh mama lidya.. :D

    emang sehat ituh indah kuq :D

    ReplyDelete
  45. Benar juga, Mbak, memberitahukan lebih dulu kita tidak cocok dengan obat apa, tapi aku nggak tahu aku nggak cocok sama obat apa. Jarang minum obat masalahnya...
    Lekas sembuh ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  46. mengobati radang malah nambah pusing dan mual yaa # tetap yang paling tau kondisi badan kita adalah kita sendiri, dokter mendiagnosa dari gejala yang kita ceritakan dan lihat, cepat sehat kembali.

    ReplyDelete
  47. cepet sembuh ya mba ^^
    sama nih mba aku juga lagi sering pusing makanya udah jarang posting sama blogwalking gak kuat lama2 depat komputer,, tapi aku gak minum obat cm tidur aja obatnya hehe

    ReplyDelete
  48. wuaduh kenapa tuh? tapi untungnya udah baekan yah.. fiuuh

    ReplyDelete
  49. hiksss :( chika juga lagi sakit mbaa

    ReplyDelete
  50. semoga hari ini sudah sehat seperti sediakala ya ,Lidya

    memang benar, kita sebaiknya mengetahui, obat2 apa saja yg tidak bisa kita minum, atau bahkan alergi...

    bunda gak bisa /alergi dgn obat2an penicilin, jd kalau perlu antibiotika ya hrs yg lain, gak blh yg penicilin .....

    artikel ini sangat bermanfaat bagi kami yg membacanya .
    terimakasih Lidya utk sharingnya ....
    slm hangat utk klrga
    semoga selalu sehat
    salam

    ReplyDelete
  51. semoga lekas sembuh dan mungkin cuaca sedang tidak bersahabat, alangkah lebih baik kita juga mengonsumsi vitamin

    ReplyDelete
  52. aq juga kalau makan obat suka nambahin penyakit
    makan obat pusing yang kena lambung deh....

    kadang suka khawatir kalau makan obat

    semoga sehat terus ya mama Pascal
    biar gak perlu makan obat lagi

    ReplyDelete
  53. terima kasih atas infonya mbak.. :)

    ReplyDelete
  54. menurut saya , obat tanpa efek samping dan aman di kosumsi itu obat herbal

    ReplyDelete
  55. Jujur Mbak ...
    Saya itu paling takut sama Obat ...
    apa lagi antibiotik ...

    Saya punya alergi penisilin ...

    So ... kalau saya ke dokter ... apapun penyakit saya ...
    cabut gigi sekalipun ...
    saya selalu bilang saya alergi penisilin ... *walaupun penyakit saya ndak ada hubungannya dengan penisilin *

    salam saya Mbak

    ReplyDelete
  56. Jujur Mbak ...
    Saya itu paling takut sama Obat ...
    apa lagi antibiotik ...

    Saya punya alergi penisilin ...

    So ... kalau saya ke dokter ... apapun penyakit saya ...
    cabut gigi sekalipun ...
    saya selalu bilang saya alergi penisilin ... *walaupun penyakit saya ndak ada hubungannya dengan penisilin *

    salam saya Mbak

    ReplyDelete
  57. Wah. Memang sakit itu tak enak, jadi emang kita harus jaga banget...
    Saya juga kemarin sempat sakit dan demam, dan semakin lemas setelah minum antibiotik. Ternyata antibiotiknya yg gak cocok...

    ReplyDelete
  58. cepat sembuh mbak. wah aku juga ngak tau tuh ada obat yang ngak cocok gitu. hmmm karna jarang makan obat sih, suka nya ke dukun

    ReplyDelete
  59. Semoga cempat sembuh ya mbak Lidya, amiin ...

    ReplyDelete
  60. saya ini orang yang gak gampang minum obat bu, soalnya ada yang bilang obat bikin tubuh gak kebal penyakit

    ReplyDelete
  61. Wah, salah obat memang bisa berbahaya. Apalagi kalau ada alergi zat tertentu.

    Semoga lekas sembuh Mbak.

    Salam

    ReplyDelete
  62. oh waktu itu kedokter di hermina tuh ke dokter gigi ya? moga sehat2 aja ya mbak..

    istirahat aja atuh, online nya di tunda lagi nanti :)

    ReplyDelete
  63. teh jadinya sakit apa?semoga gag parah yah...
    cepet sembuh teeh *hugz*
    jangan bandel duluuuu liat tab naa >.<

    ReplyDelete
  64. wah pdhl dikasi parasetamol juga udah bisa koq ngilangin sakit kepala utk sakit tenggorokannya bisa pake antibiotik dek

    ReplyDelete
  65. kalo saya sekarang lebih memilih herbal yg gak ada efek sampingnya. Moga sekarang dah benar2 sembuh ya :)

    ReplyDelete
  66. sakit ya mba .. semoga cepat pulih seperti semula ya, amin.

    ReplyDelete
  67. wah mbak semoga nggak sakit sakit lagi..sehat terus ya mbak...kita emak emak ini kalo sakit efeknya ke anak anak dan rumah...wah thanks infonya mbak..jadi harus hati hati juga yah dalam mengkonsumsi obat, harus dilihat riwayat kita terhadap reaksi obat....aku juga sering sariawan mbak ...aku sekarang berusaha meminimalisir obat obatan, pake yang alami alami dulu...aku dulu juga sering sekali radang tenggorokan...*penyakit yang hampir satu atau dua bulan sekali datang..tapi sejak rajin konsumsi klorofil alhamdulilah namanya radang tenggorokan dah 6 bulanan ini hampir berlum pernah lagi menyerang..semoga kedepannya juga nggak lagi kena radang tenggorokan..

    ReplyDelete
  68. aduh mbak...untuk dampak obatnya cuma pusing dan mual. Byk yang lebih parah loh, spt darah tinggi :( Semoga sekarang sudah sehat ya

    ReplyDelete
  69. ya ampun, sampai kunjungan dokter, semoga cepet sembuh mbak :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...