badge

Sunday, July 1, 2012

Sambal Ijo

Yang suka masakan padang atau sering makan masakan padangpasti tahu sambal ijo. Aku suka sekali nih makan sambal ini, menurutku sih sambalnya gak terlalu pedas karena campur dengan rasa asin. Kadang kalau ke rumah makan padang aku sengaja membeli sambal ijonya untuk dimakan dirumah.

Waktu acara pengajian ibu-ibu TKnya Pascal, kita disuguhi makanan ada sambal ijonya yang ditambah dengan ikan gabus asin. Saking sukanya aku minta bungkus sambelnya hehehe, aku gak minta yang lain kok cukup sambal saja. Gak tau kenapa kalau makan sambal ijo makannya jadi semangat dan bisa habis banyak ooopss ketahuan banyak makan nih.

Sempat juga aku nitip dibuatkansambal ijo tapi belum kesampaian nih. Akhirnya aku coba dong buat sendiri sambal ijo nih berbekal resep dari dunia maya yang aku ingat saja. Ternyata hasilnya gak jauh beda kok sama sambal ijo rumah makan padang hehehe muji masakan sendiri. Allhamdulillah sambalnya habis aku makan berdua dengan suami. Tidak terlalu sulit juga membuatnya.

Resep Sambal Ijo ala Lidya (resep asal sepertinya hehehe, please jangan diprotes)

Bahan :
  • Cabe hijau kriting ditambah cabe hijau besar atau gendut, aku gak pakai ukuran berat beli satu plasti masing-masing harganya 2 ribu.
  • Bawang merah diiris
  • Tomat hijau, berhubung malas cari tomat hijau aku pakai tomat merah rasanya masih sama kok.
  • Garam secukupnya sesuai selera
  • Gula juga sedikit aja
Cara membuat :
  • Cabe hijau dikukus sampai agak lembut 
  • Ulek cabe bersama dengan garam, dan gula pasir (aku menguleknya kasar tidak sampai halus supaya sama dengan rumah makan padang)
  • Tumis bawang merah menggunakan minyak agak banyak
  • Masukkan cabe hijau yang sudah diulek tadi
  • Masak sampai matang
  • Siap dinikmati
sedikit sambel ijo yang terselamatkan untuk difoto, yang lainnya sudah masuk perut semua

64 comments:

  1. Sambel ijo sangat menggugah selera.
    Warnanya tidak segarang sambal merah.
    Dan aroma cabainya juga beda.
    Lebih seger yg ijo

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambelnya menakutkan Mam......
      aku nggak suka sambel..........

      Delete
  2. wah mba,,selera kita sama,,aku juga penggemar sambal ijo hehe..wah mantap nih ada resepnya juga,,bisa sekalian nyobain buat sendiri..iya memang sih mb, kalau ada sambal ijo, rasanya jadi tambah semangat dan pengen nambah terus ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. antara semangat makan dan doyan makan tipis ya Lia :)

      Delete
  3. yep ..saya suka dengan pedas bu..jd mmmm semua makanan jd lengkap dengan aneka sambal..sampai pisang goreng pun makannya pake sambal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya aneh lihat sodaraku makan pisang pakai sambel

      Delete
  4. waahhh...
    Pedeees gaa Mbaaa Lidya *udah tau sambal ya pedeslah*

    Aku suka sambal tapi jangan pedes2, ga kuat..
    *kalo beli lotek juga cengekna sapotong * jangan ngetawaiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurutku gak pedes kok, apalagi kalo bikin sendiri pedesnya kan bisa dikira-kira

      Delete
  5. Saya mengenal sambel hijau ... sejak saya menikah dengan Bunda ...
    Bundalah yang mengenalkan kepada saya nikmatnya sambel hijau ...
    Kadang sama bunda ditambah juga sedikit ikan teri ...

    Beuuhhh ... itu maknyus banget ...

    salam saya Mbak Lidya

    ReplyDelete
  6. biasanya sy suka campur sama cumi asin Lid.. Cuminya di goreng dulu, setelah itu di masak brg sambel ijonya.. Tp kl pake cumi asin jgn di kasih garam lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apapun temannya aku suka myr hehehe. btw kemarin pas pulang kopdar aku makan lagi loh pake sambel ini :)

      Delete
  7. Saya suka yang pedas2 mbak, segala macam sambal saya suka :)

    ReplyDelete
  8. Saya suka sambal mbak, tapi lebih doyan yang warnanya merah daripada yang ijo :D

    Eh, komen yang tadi masuk gak yah ...

    ReplyDelete
  9. trnyt bawang merahnya diiris to li...br tau...biasanya masuk blender semua...he he he...thx ya...cara baru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah tumben ada bu venty disini :) itu kan resep asalku bu hehehe. tau sendiri kan aku hampir gak pernah blender2

      Delete
  10. enyak enyak
    kalo aq sambal apa pun suka mbak
    (tukang makan mbak :) hehe)

    ReplyDelete
  11. aku ga suka sambal, kalau makan di acara2 dan kotak makanannya ada nasi/lauknya ada sambal yg tak dipisah dgn plastik, aku jadi malees makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal kalau ada sambal jadi penyemangat makan loh :)

      Delete
  12. Sambel ijooooo .... Aku juga suka bikin mbak, cuman gak pake bawang merah tapi bawang putih saja, cabe ijo dan tomat hijau sama garam dan minyak untuk mnggorengnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cabenya pake paprika mau mbak asal gak pake trasi ;)

      Delete
  13. saya juga suka sambal ijo
    Tak terlalu pedas
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  14. sambel ijo emang bikin semangat makan ya mbak, saya juga doyan banget sama sambel ijo, apalagi kalo di kasih irisan pete dan teri.....wuihh, nasi sebakul bisa habis sendiri deh...hehe

    ReplyDelete
  15. hawduuuh,...pagi2 udh dpt resep sambel ijo....bisa d coba ni mba lid...hehehe :)

    ReplyDelete
  16. sambell ijooo,, jd pengen nyoba resepnya... *ngilerr

    ReplyDelete
  17. Apapun warna dan rasanya ( memang ada rasa sambel selain pedas ya? :) ) saya tetap menjaga jarak,Mbak Lidya. Perut saya kayak bayi,nda boleh kena pedes dikit. Jadi, kalau nanti saya main ke rumah, nda usah repot-repot bikin sambal, banyak saja ayam panggang dang ikan bakarnya, nda pakai sambal nda apa-apa. Hahaha..

    ReplyDelete
  18. Aaaaaaaaaaaaaaa... aku juga suka banget sambal ijo, Mam. Tapi dia nggak bertemen dengan lambung aku, hixs..
    Jadinya kalau beli nasi padang, cuma bisa makan dikiiiiiiiiiiiitttt.. aja sambal ijonya.. T^T

    ReplyDelete
  19. sambal ijo penampakannya lebih serem daripada sambal merah biasa,,,,

    ReplyDelete
  20. hehehehe ini benar2 makanan ke sukaan ku......
    ( maklum aku asli dari padang )

    Nice share sob.......^_^

    ReplyDelete
  21. sambel ijo warna coklaat :D
    jadi laper aku

    ReplyDelete
  22. Aku juga doyaaannn banget sambel ijo ini. Wah, ternyata buatnya gak susah yah... Coba aahh... Makasih resepnya ya mbak...

    ReplyDelete
  23. huwaaaa... mantap mbak.. bener-bener menggugah selera deh... siang-siang lagi puasa gini jadi laper lihatnya.. hehehehe

    ReplyDelete
  24. nampaknya enak sekali...Ibuku juga suka banget tuh cabe hijau Padang plus daun singkong rebus.

    ReplyDelete
  25. paling seneng dengan sambel bawang
    tapi cabenya yang rawit jg merah
    hmm...muanteb mam...:)

    ReplyDelete
  26. Aku juga sering mbak bikin sambel ijo, cuma aku cabenya direbus gak dikukus, hehe, sama aja sih ya mbak sebenarnya :D

    ReplyDelete
  27. boleh saya kopi resepnya ini... ? :)

    ReplyDelete
  28. sambal ijo nya padang emang maknyus mbak, gak terlalu pedes tapi menggugah selera, hehe..jadi pengen beli makanan padang ah tar :P

    ReplyDelete
  29. wah pastinya enak nih sambal ijonya

    ReplyDelete
  30. MasyaAllah, kayaknya lagi gak pas nih masuk disni hihi ngences liat sambal ijonya Mbak, padahal lagi shaum, xiixix

    saya juga senang sambal ijo Mbak, huaaaa kirim disini juga bolehlah Mbak (loohh?? apaa2an) xiixix

    ReplyDelete
  31. wah sayang saya kurang suka pedes...

    ayo ikutan open house mbak Lidya..

    ReplyDelete
  32. Klo jenis sambal seperti ini mbak, kadang ada warung padang yang keasinan trus kurang banget rasa pedasnya, tp klo pas dapet yg ueenaakkk bisa nambah nasinya 2 kali hehe

    ReplyDelete
  33. jadi lapeeerrr liat gambarnya..
    btw tomatnya dimasukin pas di tumis atau di ulek bareng ya? kok ngga ada keterangannya? apa aku yg salah bacanya ? CMIIW ya mba..

    ReplyDelete
  34. Baca langsung ngiler nich mbak. Kapan2 nyoba lah :)

    ReplyDelete
  35. Kalau aku paling suka sambel mangga muda,soalnya asem'a bikin nagih mba apa lagi ditemenin sama ayam goreng,pasti nambah mantapp :D

    ReplyDelete
  36. Heee mbak...kalau sambal saya pasti suka, meskipun harus rela berjam-jam di kamar mandi esok harinya heeee

    ReplyDelete
  37. Kalo aku suruh makan sambel, entah ijo apalagi merah, pasti ngumpet mbak, hehehhe... takuttttttttt.. :)

    ReplyDelete
  38. sudah nggak diragukan lagi kalau masakan padang emang enak. Kalau aku suka ayam, sambal ijo sama daun singkongnya. Kalau yang lainnya kurang suka.

    ReplyDelete
  39. Sambel? Waa... *langsur ngaburrr*

    ReplyDelete
  40. Liat gambarnya aja udah ngiler...

    Aku suuukkaaaa banget, dan mudah dibuat.. Hehehe.. Maklum anak kos ngga suka ribet-ribet :D

    ReplyDelete
  41. Jadi 'ngeces' nih Mb lihat penampilan sambal ijonya. Apalagi kalau di makan di pinggir sawah dengan nasi yang masih panas mengepul...:)

    ReplyDelete
  42. Kalo saya suka sambal terasi.
    Kira2 kalo sambel ijo dipadu sama terasi kayak apa ya?

    ReplyDelete
  43. Saya sich suka sambel ijo tp lbh suka lg sm sambel bawang soalnya pedesnya bs bikin ampe perut mules2.

    ReplyDelete
  44. kenapa juga saya suka dengan sambel ijo, kalau di rumah makan padang tidak ada sambel ijo kayaknya kurang dech
    apalagi makannya jarang-jarang

    he. he..

    ReplyDelete
  45. wow, ntar aku mau coba bikin ahhhh
    Makasih ya resepnya

    ReplyDelete
  46. Mantapnyo sambal ijo...
    Saya juga penggemar nasi padang karena ada sambel ijonya itu.
    Boleh ya saya contek resepnya.. :)

    ReplyDelete
  47. Sambel ijo pake tambahan teri juga enak banget, Lidya...
    ;)

    ReplyDelete
  48. Ini yang paling idah suka jika masuk kawasan RM Padang, mama Calvin. :)
    ditambah daun singkong terus telor dadar. .

    nyammmmmmmmiiiiiiii. . .

    ReplyDelete
  49. saya malah horror kalo liat sambel ijo. ngebayangin cabe rawitnya itu...

    ReplyDelete
  50. wah saya juga pecinta sambel mbak..
    apalagi sambel ijo ini..mantep..walaupun menurut saya tidak terlalu pedas..:)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...