badge

Saturday, August 4, 2012

Metode Mnemonic

Cara belajar atau menghafal tiap orang berbeda-beda. Ada yang menghafal dengan cara membaca berulang-ulang adapula yang menghafal dengan metode mnemonic dan cara lainnya. Pengertian metode Mnemonic menurut yang aku tahu adalah cara menghafal dengan menghubungkan dengan suatu hal yang mudah diingat oleh kita, misalnya dengan sebuah benda, pengandaian ataupun singkatan. Metode ini berasal dari bahasa Yunani. Contoh yang paling aku ingat waktu sekolah dulu adalah MEJIKUHIBINIU untuk menghafal warna pelangi.

Tanpa disadari metode ini juga ternyata sering sekali digunakan Pascal dalam menghafalkan sesuatu. Awalnya sih aku tidak begitu ngeh kalau suamiku tidak bilang itu namanya metode Mnemonic.

Contoh terbaru dari metode Mnemonic yang dipergunakan oleh Pascal adalah sewaktu menghafal surat-surat pendek Al Qur'an. Saat ini Pascal sedang menghafalkan Surat Al Adiyat. Disekolahnya Pascal memang ada pelajaran Tahfidz jadi masing-masing anak nanti akan setor hafalan surat.

Biasanya selain menggunakan audio melalui ponsel yang aku putar terus menerus surat-surat tersebut. Pascal juga menghafalkan ayat demi ayat. Untuk Surat Al Adiyat ini aku akan memberitahukan dahulu jumlah ayatnya supaya dia mudah mengingat, lalau satu ayat demi ayat dihafal Allhamdulillah dengan menggunakan metode ini Pascal cepat sekali hafalnya.

  • Ayat pertama yang berbunyi Wal 'aadiyaati dhabhaa (pascal akan mengingat domba) karena kata terakhir mirip katanya)
  • Ayat kedua Fal muuriyaati qadhaa (Pascal akan mengingat nama tante Ria, ini nama istrinya adik iparku)
  • Ayat ketiga Fal mughiiraari shubhaa (Pascal akan mengingat roti)
  • Begitu juga dengan ayat selanjutnya.

Memang sih ini tidak bisa diterapkan kepada semua orang, tapi untuk Pascal ini cepat sekali dan sangat membantu.

Note : lagi-lagi note hehehe. Mohon maaf baru bisa online dan BW lagi. terima kasih yang sudah berkunjung Insya Allah akan aku kunjungi balik secepatnya mumpung Pascal lagi libur sekolahnya. Buah Teh Nchie nuhun ya sudah diingatkan acaranya.

Gambar diambil dari http://coe.jmu.edu/LearningToolbox/break.html

73 comments:

  1. Bisa di joba juga nih metode ini,
    biasanya aku cuma nyetel di laptop, sambil main game sambil dengarin hafalan dan ngikutin dianya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. metode gak sengaja sebenernya mbak tapi ternyata memang ada ya

      Delete
    2. benar sekali mbak, banyak cara mengnafal hang setiap individu punya keunikan tersendiri. Metlde mas pascal dengan cara menganalogikan sebuah peristkwa, nama, ato apapun, maka hasilnya akan melekat dan mudah diingat

      Delete
    3. jadi inget dulu pernah ikutan belajar dengan menggunakan metode file komputer,salah satunya pake mnemonic mbk :D

      Delete
  2. dengan caranya masing2 ya bun ..
    saya belum coba nerapin cara ini ke fauzan, selama ini dia menghapal dengan cara di ulang2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaya aku dulu bun kalau menghafal juga diulang2 sambil merem :)

      Delete
  3. iya sih mbak .... aku juga kalo ngehafal pake gitu juga

    ReplyDelete
  4. Kemampuan menghubungkan sering digunakan dalam pembelajaran efektif ya Teh Lid. Halo Pascal tetap semangat kan puasanya. Salam

    ReplyDelete
  5. hihi, buat si pascal, selamat belajar ya~ :)
    salam hangat bun~

    ReplyDelete
  6. Banyak cara orang lakukan untuk memudah menghafal dan agar hafalan bertahan lama, salah satunya adalah seperti yang dilakukan Pascal. Sekedar mengingatkan, bahwa ini hanya untuk membantu menghafal, bukan arti dari surat yang dihafal ya, Pascal. Om bantu doa, semoga Pascal mudah dan cepat hafal, dan ketika sudah hafal tidak terlupakan. Amin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh iya bi, dia tahu kok itu bukan arti dari surat2 yang dihafal karena tiap surat dibuku tahfidznya ada penjelasana artinya.

      Delete
  7. Hmm kalau saya begini, dalam menghafal nomor HP saya suka memisahkan angka genap dan angka ganjilnya, dan itu cukup berhasil. Kalau itu termasuk metode apa ya Mbak?

    ReplyDelete
  8. Ooh beitu ya Mb, yang dinamakandengan metode Mnemonic. Terima kasih infonya.... :)

    ReplyDelete
  9. Cara belajar menghafal yg unik...
    Dan kita bisa berimajinasi sendiri.
    Jaman SD ketika disuruh hafalin ayat2, saya juga suka menghubung2kan dengan hal yg gampang saya ingat

    ReplyDelete
  10. metode mnemonic ini atau Dewi Memori benar-benar sangat membantu untuk menghafal :)

    ReplyDelete
  11. Semoga Pascal semakin pintar ya,Mom.
    Cepat tangkap dalam mengahafal, jadi banyak ayat yang kuasai nantinya. :)

    ReplyDelete
  12. Wh.. bagus ya cara menghapalnya. Bisa lebih cepat ya Mbak.. Mungkin kalau jaman dulu kita sebut sebagai cara menghapal dengan cara Jembatan Keledai kali ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah tidak tahu cara jembatan keledai bun

      Delete
  13. xixi pascal jadi inget roti.. bundo juga mau ah, belajar ngapalin kayak pascal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. naah ya bundo mau roti ya, nanti nunggu mabrib y

      Delete
  14. metode seperti ini juga yang sering saya pakai dalam proses belajar selama ini, tapi baru tau kalau namanya metode mnemonic

    ReplyDelete
  15. wah ternyata da yang kayak gini to... nice

    ReplyDelete
  16. Sudah kenal metode ini tp ga tahu namanya. tp saya dulu buat ngapalin di pramuka mbak :)

    ReplyDelete
  17. saya jadi inget ketika diminta untuk menghapal sistem periodik kimia,, *atao apamungkin namanya yang bertabel2 itu..
    dengan menggunakan gaya mejikuhibiniu.. :D

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah sdh byk hafal, semoga setelah ini bukan sekedar menghafal tap juga tau artinya... Sukses deh buat Pascal

    ReplyDelete
  19. wah, metode belajarnya unik juga ya mbak....pascal pasti jadi makin semangat nih menghapal surat-surat pendeknya...:)

    ReplyDelete
  20. wahh subhanallah pascal keren dah mulai menghafal al-Quran
    semoga diberi kemudahan,

    memang mba, stiap org punya metode sndiri2 buat ngingat, kalo chika lebih mudah mengingat dngan mencatat kembali

    ReplyDelete
  21. jadi inget di pondok dulu, kalo waktu dikasih kosakata kadang kakanya dengan mempraktekkan bendanya

    ReplyDelete
  22. wah,, baca2 disini dpt pengetahuan lg deh....

    ReplyDelete
  23. Wahaa.. Samaan nih sama Pascal. Saya juga kalo menghafal lebih suka dengan metode seperti itu mbak, daripada harus membaca berulang-ulang.
    Terutama untuk menghafal nomor telpon atau hp, lebih suka mengingat2 posisi angkanya pada keypad hp, daripada harus mengingat panjang2 sederetan angka yg jumlahnya belasan itu. Hehe

    ReplyDelete
  24. wah, metode yang di "mnemonic" kayak gini dulu suka dipake mbak, pas belajar Biologi waktu SMA .. ehehe
    membantu sekali

    ReplyDelete
  25. Metode yang unik, dengan mengingat kata kata yang mirip jadi lebih mudah menghafalkan sesuatu ya Mbak.

    Mbak, mohon maaf ya baru berkunjung lagi 'coz sdh lama ga posting jd malas pulas b-w kemana mana :P

    Salam.. .

    ReplyDelete
  26. aku malah baru tahu metode ini Lid :)

    ReplyDelete
  27. itu mah aku banget tante.. tapi biasanyanya tipe penghafal seperti itu bakalan lupa hafalannya kalo dia lupa kata kuncinya. tetep ada plus-minusnya juga sih. yang penting mah ortunya tetep mendampingi :)

    ReplyDelete
  28. saya juga pencinta konsep menghafal ini.... sering digunakan waktu masih sekolah dan kuliah dulu sangat efektif..... waduh ga kebayang bagaimana menggunakannya untuk menhafal ayat suci ya.... pinter Pascal nih...

    ReplyDelete
  29. metode yang bagus sih emang ya lid. tapi emang mesti liat2 apa yang mau dihafalkan. ada yang bisa pake metode ini ada yang gak ya...

    ReplyDelete
  30. baru tau kalo namanya mnemonic
    taunya itu metode pipolondo
    hehe

    ReplyDelete
  31. Ah...akhirnya muncul juga tulisan terbarumu mbak :p

    TFS ya mba..salam buat Pascal semoga cepat menghafal surat2 Al Quran :)

    ReplyDelete
  32. Ah, ini dia jembatan keledai. Ooo istilahnya MNEMONIC toh? Baru tahu :)
    Kalo istilah itu ingatnya film jaman dulu yg judulnya JOHNY MNEMONIC :)

    ReplyDelete
  33. Mendidik anak memang harus kreatif, Lidya...sama denagn yang Lidya lakukan ini, ternyata metode Mnemonic cocok buat pascal :)
    Selamat belajar, Nak!

    ReplyDelete
  34. waaah, mantab nih cara mnemonic buat hafalin qur'an. saya coba metodenya bu.

    salam.

    ReplyDelete
  35. waaahhh,, kalau aku yang termasuk gak bisa ngapal dengan cara ini mbak.. aku harus runut dari kata per kata soalnya.. Makanya aku gak suka menghapal >.< Lebih enak berhitung deh :D

    ReplyDelete
  36. Metode seperti ini ane gunakan untuk menghafal nilai resistor suatu hambatan dalam belajar elektronika. Cukup manjur juga sob.

    ReplyDelete
  37. Metode mnemonic ...
    atau ada juga yang menyebut jembatan keledai ini memang sangat ampuh untuk menghafal sesuai Mbak

    dan saya kadang menerapkannya dalam materi training saya

    salam saya Mbak

    http://theordinarytrainer.wordpress.com/2012/01/09/mnemonic/

    ReplyDelete
  38. Subhanallah, itu namanya Mnemonic toh? Berarti Pascal sama kayak Tante Della dong, Tante kalau menghafal juga kayak gitu. Toss dulu aaaaaaaahhh.. :D

    ReplyDelete
  39. Itu namanya metode Mnemonic yaa... Baru tau niy.. Hehe.. Dl aku waktu kecil juga, krn utk pelajaran hapalan aku lemah banget.. Tp kl Athar beda ma Mama-nya, dia cepet banget kl disuruh hapalin lagu2...

    ReplyDelete
  40. emang ada beberapa cara menghafal yang baik, tapi tergantung juga sama daya ingat orang tersebut.

    ReplyDelete
  41. aku paling ampun sama hafalan deh.

    Ini otak kek nya short term memory gitu.

    ReplyDelete
  42. Saya paling lemah kalau pelajaran yang menghafal, suka yang hitung2 an. Nah sepertinya dulu waktu sekolah saya menggunakan metode kayak Pascal itu, baru tahu namanya Mneumonic hehe. Saya inget waktu ngafalin daftar unsur kimia hehe. Skr mah sudah lupa :-)

    ReplyDelete
  43. setiap anak punya cara belajar masing2 ya.. sy blm pernah sih ngajarin dg metode ini :)

    ReplyDelete
  44. oo itu namanya metode mnemonic ya.. aku juga scara ga sadar berarti pengguna metode ini. Emang lebih gampang ingetnya.. :D

    ReplyDelete
  45. sayah malah br tau teh ada yg beginian buat pembelajaran anak sy juga ah, salam buat pascal ya teh

    ReplyDelete
  46. Unik juga cara menghafal Pascal, tp kalo memang pas buat dia kenapa nggak ya mbak :)

    ReplyDelete
  47. Murid niar juga begitu mama lidya, kadang harus dikasih petunjuk ben bisa menghafal kan kayak niat mau puasa jadi 8kata pemenggalan gitu :D

    ReplyDelete
  48. Rupa-rupa artikel hehheheh keep posting sukses sllu, kunjungan perdana mbak salam silaturahmi/slam kenal dumay

    ReplyDelete
  49. salam kenal ya mak Linda.. :)

    sering denger metode menghapal seperti itu..tp baru ngeh klo ternyata namanya mnemonic..
    btw, pascal mulai belajar teknik menghapal seperti itu umur brp mak?
    pengen nyobain ke arya juga (buat anak PG udh bisa blm ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf salah ketik nama.. mak Lidya harusnya..

      Delete
  50. Banyak surat dalam Al-Quran yang ujungnya bersajak sehingga enak untuk dihafalkan antara lain Al-Dhuha, As Syamsi, Al Ghosiyah dan lain-lain.

    Mumpung pASCAL masih kecil enak untuk diajari jeng. Namun jangan lupa memelihara apa yang sudah dihafal karena memeliharanya itu yang agak sulit.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  51. baru tau namanya mnemonic :)

    ReplyDelete
  52. owwhh nmnya metode mnemonic toh...ini diterapkan kk rani utk menghapal asmaul husna.
    welcome back cayaaang ;-)

    ReplyDelete
  53. Saya baru tau kalo cara itu namanya metode mnemonic :)
    Sangat membantu banget dalam menghapal. Apalagi kek saya yang gampang lupa :D

    ReplyDelete
  54. Pernah diajarin metode ini sm guru Fisika waktu SMU, keknya ga cukup berhasil di Orin mah Teh hahahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...