badge

Monday, February 18, 2013

Berkunjung Ke KRI Banjarmasin (592)

Akhirnya Pascal kesampaian naik kapal perang nih, setelah sebelumnya dia cuma bisa mendengar cerita dan melihat foto-fotoku dulu sewaktu berlayar naik kapal perang KRI Teluk Penyu (513). Pascal antusias sekali waktu tahu mau diajak naik kapal perang, sayangnya ini hanya kunjungan saja tidak berlayar. Tapi setidaknya mempunyai kenangan yang tidak bisa dilupakan, karena tidak semua orang berkesempatan naik kekapal perang. Aku sendiri juga merasakan hal ini, kenangan berlayar selama 1 minggu menggunakan kapal perang tidak terlupakan sampai sekarang.

Acara dadakan ini awalnya diadakan oleh kelas 1B yang salah seorang ortunya mempunyai kenalan untuk kesana dan kebetulan KRI Banjarmasin sedang bersandar di Kolonlamil Jakarta. Pihak sekolah meminta agar kelas 1A dan 1C diajak juga mengunjungi KRI Banjarmasin. Sebagai Korlas aku mempunyai waktu 1,5 hari untuk menghubungi semua orang tua. Allhamdulillah terkumpul 18 anak, sebagaian orang tuanya ikut dan sebagian hanya menitipkan anak-anaknya. Ini merupakan momen langka bisa dijadikan pembelajaran buat anak-anak lebih mengenal kapal perang milik TNI Angkatan Laut agar bisa lebih mencintai wisata bahari Indonesia.


Sekitar pukul 8 kami tiba di Kolinlamil dan sudah disambut langsung oleh Komandan Kapalnya langsung. anak-anak dibagi menjadi 3 kelompok sesuai dengan kelas masing-masing sehingga ketika mengunjungi ruangan-ruangan yang ada dikapal tersebut tidak terlalu penuh. Maaf kalau informasi yang aku tulis disini tidak lengkap karena sewaktu diberi penjelasan aku sibuk dengan Alvin :)

KRI Banjarmasin (592) ini merupakan kapal perang milik TNI AL yang berjenis LPD (Landing Platform Dock) buatan PT PAL Indonesia di Surabaya. Kapal ini adalah kapal perang ampibi yang mendukung operasi ampibi. Kapal ini memeiliki landasan Helipad yang mampu mengangkut 5 buah Helikopter, 3 digeladak dan 2 di hangar. Selain sebagai kapal tempur KRI Banjarmasin ini juga merupakan kapal berteknologi Semi Siluman berfungsi juga sebagaikapal untuk operasi kemanusiaan serta penanggulangan bencana alam. Biasanya kapal ini berlabuh di Surabaya.


Alvin bergaya sebelum masuk kapal
pintu masuk kendaraan ampibi kedalam kapal
salah satu landasan helikopter yang ada, maaf ada penampakan manusia buka helikopternya :)


Pascal diruangan nahkoda
peralaran yang ada diruangan nahkoda
Salahsatu radar yang ada di KRI Banjarmasin
sebagian sekoci, eh tapi diprotes Pascal katanya ini namanya lifecraft
Dapur, lihat alat masaknya besar-besar sekali. sekali masak bisa untuk sekitar 1000 orang
ini ruang makan komandan, anak-anak juga diberikan waktu untuk makan scak yang dibawa diruangan ini
Pascal dan bapak TNI
Sebagian anak laki-laki yang susah untuk difoto

sebagian murid kelas 1A dan 1B

44 comments:

  1. wah, dapurnya keren yah, stainless semua :D

    ReplyDelete
  2. wah,senangnya...
    anak-anak memang selalu suka kalo di ajak liat kapal-kapal gitu ya,mbak. Jadi inget anakku yang suprais banget waktu di ajak liat pameran ulang tahun ABRI di Monas tahun lalu. Ada helikopter, mobil perang,kapal... wah seruu banget.

    ReplyDelete
  3. Waah kalah dech sama anak keciil..
    belom pernah naik kapal sebesar itu

    ReplyDelete
  4. keren banget bisa mengambil semua ruangan dalam kapal, Pascal sama Alvin seneng banget ya :D

    ReplyDelete
  5. pengen juga saya melihat-lihat masuk KRI Banjarmasin ... *Fotonya lengkap, mantaf nih :)

    ReplyDelete
  6. wah heubat deh, pasti pada senang smuanya ya Pascal..

    ReplyDelete
  7. seru juga ya...
    disini juga ada kapal tentara yang bisa dimasukin, tapi kita belum pernah kesana...

    ReplyDelete
  8. Serruuu... bisa main perang2an, hehehe...

    ReplyDelete
  9. kegiatan sekolah ya mba...
    pasti pascal seneng banget y..

    ReplyDelete
  10. Pasti seru bisa naik kapal perang

    ReplyDelete
  11. wah seru banget ya mba... Pascal pasti senang banget deh.... terlihat jelas dari senyumnya tuh....
    aku belum pernah naik kapal perang mba, pasti menarik banget yaa? beruntung deh mba Lid pernah mengalaminya, seminggu pula... cerita donk pengalamannya itu... :)

    ReplyDelete
  12. wah, kapalnya keren ya mbak...anak2 pasti suka ya di ajak kesana.

    ReplyDelete
  13. pascal sama temen2nya seneng bgt ya :)

    ReplyDelete
  14. pelajaran yg oke untuk anak-anak dengan berkunjung di museum

    ReplyDelete
  15. Salam Takzim
    Wah senangnya ya bisa ikut jalan-jalan yang dilaksanakan dari sekolah, selain kita bisa menambah wawasan kita juga bisa menemani anak-anak dalam menambah pengetahuan di KRI Banjarmasin. Semoga akan ada KRI-KRI lain yang bisa dinikmati
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  16. Wah pengen lho bisa nyobain naik kapal perang... pasti seru.
    Belum pernah nih soalnya...

    ReplyDelete
  17. BERKUNJUNG KE kri? wooo...bakal jad kenangan memorable utk pascal tuh

    ReplyDelete
  18. sekali di udara tetap di udara. Inget kata penyiar RRI dulu waktu kecil...

    ReplyDelete
  19. Dalamnya keren banget ya Mbak Lid..
    Saya aja sampe sekarang belum kesampaian masuk ke Monumen Kapal Selam..

    ReplyDelete
  20. Wow .. gede sekali kapalnya ya :)

    ReplyDelete
  21. wah, ini pelajaran berharga sekali buat anak-anak..
    kesempatan langka pula..

    sempat dengar juga, sebenarnya murid2 sekolah bisa juga lho berkunjung ke soetta, ke hanggar garuda..dengan prosedur tertentu

    ReplyDelete
  22. Hmmm keren juga ya bisa main2 ke Kapal Perang...

    ReplyDelete
  23. saya juga belum pernah naik kapal perang, jadi ngiri nich sama pascal dan alvin...btw- kata siapa Indonesia nggak bisa bikin kapal dengan teknologi canggih..buktinya KRI Banjarmasin ini...membuat aku bangga jadi bahagian dari Indonesia :)

    ReplyDelete
  24. Hallo Ma' gimana nih kabarnya??? heheheh

    Oyah, saya pengen sampein kalo Ma dpat Award dari saya... Cek yah.. :)
    http://chumhienkslife.blogspot.com/2013/02/sunshine-award.html

    ReplyDelete
  25. Selain berlibur Pascal juga akan tau ilmu pengetahuan yang terkandung didalamnya . . kalau gitu pasti seru :)

    ReplyDelete
  26. aih... asyiknya... eh, saat berfoto bersama alvin... Pascal kah yg memotretnya? *mautausaja..hehe*

    ReplyDelete
  27. seruuuu, anak2 pasti seneng punya pengalaman baru naik kapal perang.

    ReplyDelete
  28. kalau orang awam bisa masuk-masuk kayak gitu ga sich mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga kurang tau Tiffa, dua kali bisa naik ke kapal perang melalui orang dalam gitu

      Delete
  29. Wah seruuuu... Aku belum pernah liat kapal perang di Swedia.. Ga tau diumpetin dimana sama mereka.. Hahaha..

    ReplyDelete
  30. wah senang yaa anak2 diajak naik ke kapal :)

    ReplyDelete
  31. Hebat ya pascal sdh merasakan naik kapal perang :)

    ReplyDelete
  32. Wah kesempatan langka yang sayang sekali utk dilewatkan mbak.
    Anak2 pasti seneng banget punya kesempatan utk bisa melihat kapal perang dari dekat apalagi bisa masuk ke dalamnya. Wah... sesuatu banget itu mbak

    ReplyDelete
  33. Kapan ya kapal perangnya berlabuh di pelabuhan Tanjung Mas???

    ReplyDelete
  34. Wow, baru lihat isi KRI. Paling besar aku pernah naik KM Dobonsolo

    ReplyDelete
  35. wah, seru banget ya bu bisa merasakan langsung suasana KRI Banjarmasin. Pasti menyenangkan karena melihat sesuatu yang tadinya hanya dilihat di televisi sekarang melihat lansung dari lokasi kejadian.

    ReplyDelete
  36. wah keren, aku aja blm pernah naik kapal perang :D

    ReplyDelete
  37. Wah... Tadi kupikir di banjarmain lhooo... Ternyta di jkt... Bagus yaa... Baru tau jg isiny kyk gtu hehe

    ReplyDelete
  38. huaaaaaaa Mbak, saya nangis baca ini :((
    saya kangen naik kapal perang lagiii, naik KRI.
    2007 lalu 10 malam di KRI Makassar 590.
    itu isinya serupa dengan KRI Makassar 590.
    PasCal gak bakalan pernah lupain pengalaman ini nih, pastinya.

    btw Mbak dulu pernah berlayar seminggu juga ya? kemana Mbak?

    ReplyDelete
  39. pasti jadi pengalaman tak terlupakan buat anak anak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...