badge

Sunday, March 15, 2015

Mengenalkan Camilan Sehat Tradisonal Pada Anak

Bagi saya sarapan untuk anak itu penting, oleh karena itu untuk Aa dan Ade sarapan hukumnya adalah wajib. Tapi namanya si kecil ya sesekali mereka akan merajuk saat sarapan. Untuk itu sebagai orang tua saya harus bisa menyiasati asupan gizi mereka dengan memberikan camilan sehat.

Aa dan Ade juga agak picky nih untuk makan camilan. Jangan kehabisan akal untuk mengenalkan aneka camilan pada si kecil. Libur akhir pekan kali ini saya membuat camilan dari bahan dasar singkong. Singkong juga bisa di konsumsi oleh balita asal penyajiannya dimasak baik di kukus atau direbus terlebih dahulu. Tidak dianjurkan makan singkong mentah untuk menghindari paparan racun sianida yang terkandung. 

Sebagaimana kita ketahui singkong merupakan salah satu makanan pokok selain nasi sebagai sumber karbohidrat. Harga singkong yang murah namun mempunyai  kandungan vitamin, mineral serta serat yang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat yang dimiliki singkong antara lain :
  • Mengandung kalori yang tinggi yang di butuhkan oleh tubuh sebagai bahan energi.
  • Rendah lemak namun memiliki protein yang berguna sebagai zat pembangun tubuh.
  • Bebas gluten.
  • Mengandung Vitamin C dan Folat.

Agar anak mau makan aneka camilan tradisional, saya mengajak mereka untuk memasak camilan bersama sambil belajar mengenalkan aneka bahan yang digunakan untuk membuat ongol-ongol singkong pelangi. Dengan mengajak mereka terjun langsung ke dapur, mereka akan merasa gembira dan tahu proses pembuatannya. Sambil memberitahukan manfaat apa saja yang terkandung dalam bahan-bahan tersebut. Biasanya mereka akan tertarik karena tahu bahwa kesehatan itu penting. Walaupun mereka laki-laki tidak ada salahnya bukan belajar memasak.


Berikut ini resep ongol-ongol singkong pelangi yang sudah kami buat di rumah :

Bahan :

1 kg singkong.
1 bungkus agar-agar plain.
250 gram gula pasir.
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa.
1/2 sendok teh garam.
1/2 sendok teh vanili
2 tetes pewarna merah (optional).
2 tetes pewarna kuning (optional).
1/2 butir kelapa parut (sebagai toping).
35 gram keju diparut (sebagai toping)

Cara Membuat :
  1. 1/2 butir kelapa parut dicampur dengan 1/2 sendok teh garam lalu di kukus lalu simpan sebagai toping ongol-ongol.
  2. Singkong di cuci dan di parut.
  3. Masukkan singkong, 1 bungkus agar-agar, 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh vanili,250 gram gula pasir dan 200 ml santan pada wadah yang sudah di cuci bersih dan dikeringkan.
  4. Aduk rata semua bahan yang sudah dimasukkan pada poin nomor 3 di atas.
  5. Pisahkan adonan menjadi dua bagian pada tempat yang berbeda.
  6. Berikan pewarna merah pada adonan pertama dan pewarna kuning pada adonan kedua.
  7. Masukan adonan pertama yang berwarna merah pada loyang atau cetakan yang kita inginkan. Saya menggunakan cetakan kecil-kecil agar tidak perlu memotong ongol-ongol saat sudah jadi. Masukkan adunan 1/2 dari cetakan.
  8. Kukus adonan pertama hingga setengah matang.
  9. Lalu masukkan adonan kedua yang berwarna kuning pada cetakan yang sudah di isi adonan pertama.
  10. Kukus kembali adonan tersbut kira-kira 20 menit atau hingga matang.
  11. Setelah matang, keluarkan ongol-ongol dari cetakan dan simpan pada wadah yang sudah disediakan.
  12. Beri taburan parutan kelapa yang sudah di kukus atau parutan keju sesuai selera.
Untuk 20 buah ongol-ongol.
Waktu memasak : 30 menit.

Ongol-ongol SIngkong Pelangi siap dinikmati bersama teh tawar hangat.
Di jamin deh si kecil tidak sabar untuk memakan camilan sehat tradisional ini. Untuk si Kakak lebih suka ongol-ongolnya di taburi parutan kelapa sedangkan si Adik lebih suka di taburi keju. Dua anak dengan selera berbeda.

Hmmm lezat ya De ongol-ongolnya.
Lihat kan Ade suka juga makan camilan tradisional, asalkan kita sebagai orang tua mengenalkan dengan cara yang mudah di mengerti si kecil pun akan menyukainya. Dengan demikian sedari kecil sudah mengenal dan melestarikan makanan khas dari Indonesia. Kalau bukan kita yang melestarikan siapa lagi. Selanjutnya perlu memasak bersama lagi nih, Mengenalkan Camilan Sehat Tradisonal Pada Anak .








45 comments:

  1. Benar jg ya.... slama ini cemilannya slalu yg berlemak bikin g sehat heheheh. Bs di test drive nich resep cemilan sehatnya

    ReplyDelete
  2. Itu ongol2 enak banget keknya, warnanya juga menggungah selera. Jadi laper nih seketika.

    ReplyDelete
  3. bagus ini info nya gan, ane cobain kalau udah punya anak yak. Thanks gan :)

    ReplyDelete
  4. Meski tinggal di perkotaan, jangan lupa memperkenalkan anak dengan camilan tradisional , ya, Mak.

    ReplyDelete
  5. iih bagi atuh de kuenya... kayaknya enaak :D

    ReplyDelete
  6. jajanan tradisional selain murah, begitu mudah cara membuatnya, dan juga gizinya lengkap buat pertumbuhan sang anak :D

    ReplyDelete
  7. huwaaa ongol ongol. enaak itu mbak :)

    ReplyDelete
  8. oalaaaahhhh ongol2 itu buat ini...mauuuu kiriminnn
    cobainnn ah resepnya ^^

    ReplyDelete
  9. Cemilan sehat memang penting agar anak-anak tidak jajan sembarangan. Maklum masih ada pedagang jajanan yang kurang baik perilakunya dengan menyampur bahan yang kurang bagus.
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  10. Wah.... warnanya seger banget... langsung tahu kalau rasanya manis. Cocok banget buat adikku nih mak.

    ReplyDelete
  11. Ongol2 kok pakai agar2 ? :D
    Modifikasi kreatif ya .....biar disesuaikan dengan zaman anak, pasti lezat nih.

    ReplyDelete
  12. Warnanya bagus mbak :)

    Sukses kontesnya yaaa

    ReplyDelete
  13. Wuiiiihhh dah lama nih ga makan ongol2

    ReplyDelete
  14. Anak2ku juga suka nih, mba....coba bikin aah...:)

    ReplyDelete
  15. Belum pernah coba ongol-ongol, sepertinya nikmat ;)

    ReplyDelete
  16. emang paling seru yaaa.. bikin cemilan bareng anak. aku juga suka begitu sama ponakanku.
    adeekk aku minta ongol2nya donk hihihi

    ReplyDelete
  17. Seru juga yaa ajak anak2 ikutan masak, kalo aku makan nya aja dech hehehe

    ReplyDelete
  18. bentuk penganannya itu uniiiiiik.... lutu lutu lutu... aku suka banget, buuu. =D

    ReplyDelete
  19. ini yg kualamin waktu sd dulu mb, jadi tiap istirahat rutin dibagi kue basah tradisional buatan ibu2 desa

    ReplyDelete
  20. Ongol-ongol singkong pelangi, duh... saya kepengen...

    ReplyDelete
  21. Alvin, bagi dong ongol2nya buat tante, tantenya males masak, penginnya ngicip aja hihi :D

    ReplyDelete
  22. Doyan banget dah kalau cemilan sehat yang ini...
    Tapi sayang tak pandai mengolah...kadang cuma kebayang di imajinasi tapi tak bereani mewujudkan karena sering berexperiment dan gagal :D

    ReplyDelete
  23. Tetapi masa sekarang amat susah mendapati jenis snack yang sehat buat buah hati...

    ReplyDelete
  24. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Lidya... membuat ongol2 itu sangat mudah ya. Anak-anak juga bisa melakukannya kayak Ade dan Aa. Dengan warna warni yang meriah, pasti menggugah selera mereka. Makan sihat buat anak yang sihat dan pasti hidupnya juga sihat. Resep yang bermanfaat, mbak. Aamiin. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. :)

    ReplyDelete
  25. kpn2 cobain ah bikin ongol2...
    setuju mak, soal anak cowok belajar masak... itu chef juna, tukang masak tp tetep macho yah :D

    ReplyDelete
  26. mauuu....aku juga suka ongol2^^

    ReplyDelete
  27. wahh baru tahu cara bikinnya hihihihi....

    ReplyDelete
  28. Aku seleranya sama kayak Ade berarti suka yg pake keju hihihi...

    Wkt itu bikin klepon ubi sama vania, balutannya keju.. cuma rupanya berantakan bgt, vania doyan tp.. hehehehe :P

    ReplyDelete
  29. Wah, ongol-ongol.. makasih resepnya, Mak. Baru tau ada lomba ini, tapi udah telat, hiks...

    ReplyDelete
  30. enaakk...
    kalau dikasi singkongnya langsung mungkin rada malas ya makannya tapi kalau makan dengan variasi kayak gini kan jadi semangat :D

    ReplyDelete
  31. woooww...aku suka banget loh ama ongol ongol .... toss ama ade, suka nya yang edisi indonesia, pake kelapa :)

    ReplyDelete
  32. Lidya, ini makanan kesukaan nenenknya Risa dan suami...duh, menarik banget tampaknya!
    :D
    Makasih resepnya ya...

    ReplyDelete
  33. Camilan sehat n mengenyangkan banget ini.. yang pake kelapa sepertinya lebih enak *lidah tradisional banget :D

    ReplyDelete
  34. Iya banget, Mbak. Anak laki harus bisa masak. Udah besar nanti bisa jadi nilai tambah ;)
    Ade, tante mau dong ongol-ongolnya ^^

    ReplyDelete
  35. Ahay, daku sudah lama tak makan ongol-ongol mbak...bahan dari singkong itu bisa dibuat ragam makanan apapun ya.. :)

    ReplyDelete
  36. warna ongol - ongolnya menggairahkan maaak

    ReplyDelete
  37. Nurut banget nih si adek. :))

    ReplyDelete
  38. Sy suka pakai kalo utk bikin puding.

    ReplyDelete
  39. baru tau ada ongol2 singkong.. copas resepnya yaa..

    ReplyDelete
  40. ihh pengen banget aku ongol2 dah lama gak makan hihi
    itu foto bisa begitu yaaa lucu bener

    ReplyDelete
  41. pastinya tambah sehat aja mak, apalagi camilannya buatan sendiri

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...