badge

Saturday, March 21, 2015

Sarapan Praktis dari Telur Menggunakan Egg Master

Bahan masakan yang wajib tersedia di lemari es di rumah adalah telur. Telur ini biasanya saya gunakan untuk bahan campuran saat memasak ataupun digunakan untuk bahan utama. Yang paling sering sih saya gunakan sebagai sarapan saat tidak ada stok bahan masakan dirumah. Telur sangat praktis dimasak dan tidak butuh waktu yang lama untuk memasaknya. Untungnya anak-anak suka sekali dengan telur, jadinya gak masalah saat diberi sarapan dengan menu telur.

Beberapa menu telur yang biasa saya buat antara lain :

  • Dadar telur (dibuas tipis, kadang di tambah dengan parutan keju, kornet dan wortel).
  • Telur mata sapi.
  • Telur mata sapi dengan bumbu kecap, saus asam manis, atau bumbu balado.
  • Telur orak arik di campur dengan irisan sayuran.
  • Telur rebus di cetak menggunakan egg mold.
Kalau lagi rajin telur bisa di masak dengan berbagai variasi, tapi kalau lagi datang malasnya hehehe cukup di ceplok saja gak harus banyak cucian piring seperti telur dadar.

Untuk anak-anak saya wajibkan untuk selalu sarapan tiap harinya. Kalau hari sekolah biasanya mereka sudah sarapan sekitar jam 5.30-6.00. Di Hari libur agak longgar mereka bisa sarapan jam 7-8. Allhamdulillah karena sarapan dan perut tidak kosong sehingga stamina dan daya tahan tubuh cukup kuat. Prinsip saya jangan membiarkan perut kosong di jam makan. Emak-emak parno banget kalau sudah jam makan tapi belum makan pasti saya kasak kusuk cari makanan. Bisa di ganti dulu dengan pisang atau roti biasanya.

Variasi sarapan praktis dari telur ini juga kadang-kadang saya buat untuk bekal makan siang anak-anak. Saat belum sempat masak, menu dari telur ini juga jadi andalan saya. Ade bahkan request minta di bawakan telur sosis.

Ada lagi nih cara cepat dan praktis masak menggunakan telur menggunakan egg master. Menggunakan alat ini cukup praktis kurang lebih 5 menit sudah matang masak telurnya tanpa harus di tunggu. Telur akan masak dan naik sendiri dari alat egg master ini, kita tinggal mengambilnya.



Berikut cara menggunakan egg master

1. Telur isi sosis.
  • Colokkan alat pada listrik tunggu lampu indikator dari warna merah ganti menjadi hijau.
  • Setelah lampu indikator berwarna hijau beri mentega atau minyak goreng dengan cara di semprot (biasanya botol spray untuk minyak diberikan saat pembelian).
  • Pecahkan satu butir telur ke dalam alat, setelah itu masukkan sosis kedalamnya.
  • Tunggu hingga matang.
  • Setelah matang telur sosis akan naik sendiri dari dalam menuju luar.

2. Nasi dan telur.
  • Colokkan alat pada listrik tunggu lampu indikator dari warna merah ganti menjadi hijau.
  • Setelah lampu indikator berwarna hijau beri mentega atau minyak goreng dengan cara di semprot.
  • Telur di kocok pada mangkok dan tambah garam sesuai selera.
  • Tambahkan nasi ke dalam mangkok.
  • Tambahkan bawang goreng, keju, daging, bawang daun dll (optionl, semua tidak wajib. Telur dan nasi pun rasanya enak kok).
  • Masukan campurn nasi dan telur yang suah di aduk kedalam alat egg master.
  • Tekan menggunakan alat yang sudah di sediakan.
  • Tunggu hingga matang kira-kira 5 menit telur nasi akan keluar sendiri.
Selain membuat telur sosis dan nadi telur alat egg master ini juga bisa digunakan berbagai macam variasi masakan dari telur diantaranya membuat pancake.

33 comments:

  1. hihihi lucu ya mbak...
    aku baru tau ada alat pemasak telur praktis begini

    ReplyDelete
  2. baru tau ada yang namanya egg master :)

    ReplyDelete
  3. Aku juga baru tau ada egg master ini.. Mungkin karena banyaknya manusia di dunia ini yang suka bikin masakan telur praktis ya mak.

    ReplyDelete
  4. uwaaa,luw banget hehehe.....hasilnya unik ya mbk^^

    ReplyDelete
  5. Wah, praktis ya mba. Bisa jd andalan buat saya yg nggak pandai masak

    ReplyDelete
  6. jadi pengen punya egg master. Kayaknya praktis banget ^_^

    ReplyDelete
  7. Aku terasa berasal dari jaman purbakala, Bu. Kok baru tahu alat kayak gini? Dan mungkin kalau BW kemari, aku nggak bakalan tau sampai kapanpun.-_-

    ReplyDelete
  8. Aku lebih suka dibikin scramble Mbak...praktis dan enak :D

    ReplyDelete
  9. Bisa jadi beberapa variasi telur ya mbak, ga cuman telur rebus, dadar, ma ceplok aja hehehe

    ReplyDelete
  10. aku jadi pengen punya eeg masternya >.< baru tau telor bisa dimacem-macemin hehe

    ReplyDelete
  11. Samaan yg comment diatas sayapun bru tau ada yg gituan mbak xixixi
    itu dijual dimana yah? Semakin berasa tgl di antah berantah heheheh

    ReplyDelete
  12. Aku baru tau ada alat kayak gini. praktis banget ya buat emak rempong.

    ReplyDelete
  13. aku juga baru tahu ttg egg master :D
    aku suka sekali dadar telur
    mulai dari dicampur pake tahu goreng, bakso, sosis dan variasi lainnya

    ReplyDelete
  14. hmm, egg master ini sejenis inovasi dalam dunia perteluran.
    jadi pingin nyoba, bikin telur mata sapi..

    ReplyDelete
  15. waw aku baru tahu, lucu juga alatnya.

    ReplyDelete
  16. Praktis banget ya mbak, saya baru tahu alat ini :)

    ReplyDelete
  17. pake alat itu ada efek sampingnya buat kesehatan ga mbak?
    soalnya berkaitan dengan listrik sebagai penghantar panas.

    ReplyDelete
  18. Saya sekeluarga penggemar telur. Egg master bisa jadi solusi.
    Belinya dmn mb lidya?

    ReplyDelete
  19. Wuih inovatif sekali ya yg buat egg master ini... makin memudahkan kegiatan masak2 :D

    ReplyDelete
  20. Waaah ada2 aja alat masak sekarang ya.

    ReplyDelete
  21. Wah... ternyata ada alat seperti egg master, penggunaannya praktis pula.

    ReplyDelete
  22. Baru tau ada egg master, lebih praktis yah. Sebagai penikmat telor, sepertinya saya harus punya alat ini.

    ReplyDelete
  23. Sama Mak Lid, di tempatku juga telor wajib ada :p

    ReplyDelete
  24. eh lucu banget mbak..beli dimana ? Adam pencinta telur nih..

    ReplyDelete
  25. Telur itu wajib ada di kulkas, bisa dibuat variasi macam2 masakan ya. Pengin buat pancake, dg egg master bisa ternyata :)

    ReplyDelete
  26. hmmm, makan seuprit gini kira2 kenyang nggak ya mbak :)

    ReplyDelete
  27. kennyang saja mba klo makannya pakai nasi heheheh

    ReplyDelete
  28. Jadi mau beli! Cucok buat anak saya yg lg kost nih... trmks infonya Mak... :)

    ReplyDelete
  29. Seru ya bikinnya pake alat ini, teknologi baru nih gak usah repot hihiii

    ReplyDelete
  30. haha unik alat'a mba,. baru tahu saya ada alat yang kaya gni :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...