badge

Tuesday, June 9, 2015

Berkunjung ke Menara Mortello di Pulau Bidadari

Kalau sebelumnya saya pergi ke Pulau Bidadari bermasa teman-teman Vlogger sudah saya tuliskan pada postingan Reportase Vlogger Gathering - One Day Trip to Pulau Bidadari. Akhirnya saya bisa kembali lagi kesana bersama keluarga pada  hari Sabtu, 9 Mei 2015 berbekal vocer gratis  dari hadiah lomba vlogger gathering tersebut.

Kami berangkat dari dermaga 15 Pantai Marina Ancol jam 10 pagi menggunakan boat milik pulau tersebut. Kebanyakan mereka yang satu boat dengan kami adalah rombongan keluarga.  Bukan hanya rombongan keluarga dari dalam negeri saja, banyak rombongan turis dari Belanda yang sedang berlibur di Bidadari. Allhamdulillah perjalan menuju kesana lancar. Anak-anak juga ternyata enjoy dan tidak mabok laut, karena ini adalah perjalanan laut mereka untuk pertama kalinya.

Untuk cerita perjalanan di sana saya potong-potong saja ya :). Kali ini saya akan bercerita kembali mengenai Menara Mortello yang berada di Pulau Bidadari. Aa sudah tertarik sekali waktu di rumah saya ceritakan tentang menara ini. Waktu tiba di sana langsung minta berkunjung ke menara tersebut.


Menara Mortelo dari bagian luar

Menara Mortelo merupakan benteng yang tinggi di bangun untuk tujuan militer dan berfungsi untuk menara pengawas dan mengawasi daerah sekitarnya dari seragan musuh. Menara tersebut di bangun pada tahun 1850 untuk mempertahankan pulau Onrust dan Batavia. Konon dulunya kedalaman menara ini mencapai kedalaman 30 meter kebawah. Terdapat ruangan rahasia di dalam menara, sayang sekali kami tidak masuk karena khawatir gelap dan tidak tahu ruangan tersebut menuju kemana. Karena saat itu tidak ada pengawas yang berjaga di sana.

Bagian bawah menara mortelo

tangga menuju bagian bawah menara
Berkunjung ke Pulau Bidadari tidak afdol rasanya kalau tidak berkunjung ke Menara Mortelo sebagai ikon pulau itu. Benteng Mortelo hancur pertama kali pada tahun 1882 akibat terjangan gelombang tidal letusan gunung Krakatau.

Karena cuaca sangat panas, sebaiknya saat berkunjung ke Pulau Bidadari memakai topi ya, waktu itu anak-anak gak mau bawa topi jadilah kepanasan, untungnya mereka tidak rewel. Kalau buat saya sih wajib memakai Kaos Kaki Jempol maklumlah saya agak sensitif kulitnya jika terkena debu atau pasir.

Anak-anak antusias sekali melihat dan membaca semua informasi yang di tulis di sekitar menara mortelo. Menara ini juga di bangun di tigda pulau lainnya dekat dengan Pulau Bidadari, tapi sayang sekali kami tidak dapat berkunjung kesana karena paket yang kami dapatkan dari hadiah tidak termasuk mengunjungi tiga pulau lainnya.


23 comments:

  1. Aku kalau ke pantai juga seringnya pakai kaos kaki jempol soalnya takut ada psir masuk ke kuku. Rada sensitif mudah bengkak. Tapi kalau udah kena air yaudah deh dicopot :D

    ReplyDelete
  2. Wuiih.. asiknya Mak Lidya jalan-jalan teruuss.. Mupeng pengen ke sana juga deh :D

    ReplyDelete
  3. cie cie cie...
    yang menang :)
    *uhuy

    selamat mbak, bisa ke sana lagi, gratis euy

    ReplyDelete
  4. Jalan-jalan bareng keluarga itu selalu menyenangkan yah mbak.. Aku belum pernah ke Pulau Bidadari. Pengen sih sekalian nginep di resort nya.

    ReplyDelete
  5. Asyik.... jalan-jalan terus plus ada yang sponsori walaupun cuma satu pulau aja tempatnya.

    ReplyDelete
  6. Senangnyaaa bisa jalan-jalan sekeluarga gratiiss..mauuuu... -)
    Pulau bidadari bagus ya mba Lidya... jadi pengen juga foto-foto juga di menara Mortelo ..

    ReplyDelete
  7. waaa..asik ya..kapan ya aku bisa kesana..pengen banget...

    ReplyDelete
  8. Seru pasti ya di Pulau Bidadari. Klo aku sensitifnya sama air hujan, biasa kalo habis kena air hujan jari kaki suka agak2 perih, o ya satu lagi sama sabun cuci juga :)

    ReplyDelete
  9. liburan bareng keluarga itu memang mengasikan ya mas

    ReplyDelete
  10. aku sampai sekarang blm kesampean ketempat ini

    ReplyDelete
  11. mbaa.. keren yaaa.. sayang banget jauhnya kebangetan dari surabayaa :(

    ReplyDelete
  12. kalau di Cilacap mungkin seperti benteng pendem dech Mba Liaaaa, kapan-kapan mampir Cilacap aku ajakin ke sanaa yaaaa

    ReplyDelete
  13. wah asik banget Lidya...anak2 pasti senang sekali ya....

    ReplyDelete
  14. Jalan - jalan nya pasti asik nih bisa sambil selfie di menara mortello nya

    ReplyDelete
  15. Lidya, dirimu punya ittenary-nya nggak kalau mau ke Pulau Bidadari ini, pengen ngajakin anak-anak ke sana nanti kalau liburan sekolah yang panjang :D
    Thanks ya.

    ReplyDelete
  16. Huah jadi pengen liburan ke pulau bidadari juga

    ReplyDelete
  17. namanya unik banget mk,mortello hehe

    ReplyDelete
  18. Aku di vivalog kok nggak pernah lagi dinaikin sekarang? Aku tanya blogger lain yg blognya bagus2 juga enggak. Kenapa ya? Nggak notifikasinya juga kalau ditolak biar tahu memang nggak dinaikin & alasannya.

    ReplyDelete
  19. ahhh iya yaa, kalau mau main pasir di pantai emang paling aman pakai kaos kaki yaaa

    ReplyDelete
  20. Mak, kl sehari gitu istirahat dmn? Apakah ada rmh istirahat yg setengah harian gitu? Aku kl ke kepulauan seribu selalu menginap.

    ReplyDelete
  21. paling seru memang main ke siniiii....foto2 terus hehehe

    ReplyDelete
  22. ALisha klo diajak ke sini, pasti seneng banget, pengen kapan2 ke sini sama suami & anak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...