badge

Thursday, June 18, 2015

Cara Membuat Setup Pisang

Allhamdulillah bisa kembali lagi menjalankan ibadah di bulan Ramadhan tahun ini. Selamat menunaikan puasa ya buat teman-teman. Pastinya semua sudah menyiapkan diri agar bisa menjalankan ibadah dengan maksimal di bulan suci ini.

Yang unik di bulan Ramadhan adalah biasanya para ibu menyiapkan hidangan buka puasa serta tajil di rumah masing-masing baik membuat sendiri maupun beli di sekitar rumah. Biasanya banyak penjual dadakan yang keluar di saat bulan ramadhan.

Untuk kolak biasanya saya membeli saja, dua bungkus cukuplah J. Tapi kali ini saya mencoba membuat kolak pisang tanpa santan yang biasa di sebut setup pisang. Ini permintaan suami, katanya kalau di Semarang biasa makan kolak pisang tanpa santan. Kalau di sini mana ada yang jual kolak pisang tanpa santan. Jadilah saya buat sendiri berbekal browsing-browsing cara membuatnya. Kebetulan sehari sebelumya saya sudah membeli pisang tanduk dua buah dengan ukuran besar.


Kira-kira begini nih cara membuat setup pisang ala saya karena semua takaran berdasarkan kira-kira bahkan ada satu bahan yang lupa belum saya beli .

Bahan :
  • Pisang tanduk 2 buah.
  • Gula merah yang sudah di iris secukupnya sesuai selera.
  • Gula pasir secukupnya.
  • Garam ½ sendok the (ini gak tau takaran yang betul berapa hehehe jadi dikira-kira aja ya)
  • Kayu manis.
  • Daun pandan supaya setup terasa wangi.
  • Harusnya di tambah sedikit cengkeh berhubung lupa beli jadi saya lewatkan bahan ini.



Cara membuat setup pisang :
  • Didihkan air kira-kira 1,5 liter di dalam panci ukuran sedang.
  • Setelah mendidih masukan gula merah.
  • Masukkan juga gula pasir, garam, kayu manis, daun pandan dan cengkeh.
  • Aduh-aduk hingga gula merata.
  • Setelah merata masukkan pisang yang sudah di potong-potong sesuai selera.
  • Masak hingga matang dan empuk. Sesuai selera aja sih empuknya, saya lebh suka yang masih agak keras tidak terlalu lembek pisangnya.

Taraaaa setup pisang sudah jadi, setelah di makan suami rasanya enak kok katanya hehehe. Di makan dalam keadaan dingin enak juga loh, atau bisa di tambah es batu. Allhamdulillah laris manis setup pisang buatan saya kali ini. Besok buat tajil apa lagi ya, pokoknya yang praktis dan bisa di masak cepat aja deh.


35 comments:

  1. Belum pernah bikin kayak ginian, selalu aja bikin kolak.
    Ntar cobain ah ..

    ReplyDelete
  2. Kalau butuh tester saya siap mbak Lidya :)

    ReplyDelete
  3. Bedanya sama kolak cuma di santen aja yaaa??? Enakan ini kayaknya yaa, gak enek. Aku suka gak doyan kolak karena kentelnya itu lho. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalikan aku puung, aku lebih suka kolak hehehe

      Delete
  4. Setup pisang, pembuatannya mirip dengan kolak pisang ya mbak...yg beda, ada cengkehnya.

    ReplyDelete
  5. namanya setup ya mak :)...ngeliatnya enak bangeet hehehe

    ReplyDelete
  6. Wah mirip kolak tp tanpa santan ya mba... kyknya enak... aku penggemar pisang soalnya :D

    ReplyDelete
  7. Lumayan nih stup pisang kalau buat cemilan, apalagi kalau untuk menu buka puasa.

    ReplyDelete
  8. Kalau bikin setup kolang-kaling samakah?

    ReplyDelete
  9. eaaaa boleh dicoba nih mbak, tapi saya lebih suka makan pisang apa adanya *halah*

    ReplyDelete
  10. wah, segar ya, aku baru tahu kalau pisang bisa disetup ya.

    ReplyDelete
  11. Hari ini takjilnya apaaaan? Setup pisang lebih seger y mba loa

    ReplyDelete
  12. Resepnya aku curi dulu ya Mbak. Pas bangad nih buat saya yang puasanya jauh dari keluarga. Kebetulan juga bisa masak, resepnya mau aku praktekkan nanti. Siapa tahu bisa berguna di bulan ramadhan ini.

    Makasih sebelumnya.
    Salam

    ReplyDelete
  13. Aku jarang pake kayu manis nih, jarang ada yg jual di tukang sayur.

    ReplyDelete
  14. Jangan kegoda jangan kegoda maghrib masih lama

    ReplyDelete
  15. enak sekali itu pasti rasanya mbak Lidya...kolak pisang ama setup sepertinya sama...cuma beda disantan ya mbak :)

    ReplyDelete
  16. wah suami ga mau yang santan-santan...pas banget nih , tfs ya lidya

    ReplyDelete
  17. waaaahhhhhhhh.... mau cobain ah bikin pas weekend

    ReplyDelete
  18. baru tau ada makanan namanya setup. kirain set-up. hehehe

    ReplyDelete
  19. Kesukaan nya Lombi banget nih setup pisang hehehe.. Jd pengen bikin, secara nyetok pisang :D

    ReplyDelete
  20. aihh terimakasih mb Lid resepnya, udah lama pengen nyoba bikin setup...

    ReplyDelete
  21. boleh juga nih dicoba di rumah

    ReplyDelete
  22. Pasti setupnya langsung ludes dimakan suami dan anak-anank ya. Cicip dong, aku blom pernah nyoba kolak yang tanpa santan :)

    ReplyDelete
  23. mamaku biasanya jg bikin setup pisang klo puasa. tp blm pernah tny resepnya haaha.. boleh lah nanti nih padu padan resep mama dan mbak lid.. jadi setup modifikasi gaya baru xixixi..

    ReplyDelete
  24. Ini bikinnya simpel, ya. Cocok buat aku yang ga suka masak lama-lama :)Cobain ah.

    ReplyDelete
  25. Ini makanan khas bulan puasa keluarga saya mak, mamah saya jago banget bikin setup tapi setup peuyeum :D

    ReplyDelete
  26. mbaak ini khas kolak semarang ya, di kudus susah nyarinya karena semua pake santan :v hihii

    ReplyDelete
  27. Ooo mirip setup nanas. Kirim kesini dooong

    ReplyDelete
  28. hoooo, aku juga suka bikin yang praktis2 dan ini bisa dicontoh nihh

    ReplyDelete
  29. saya belum pernah coba bikin sendiri. Selalu ngandelin mamah :D

    ReplyDelete
  30. ojadi dibening ya mbak ... ? ngiler juga - kepengen :P

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...