badge

Tuesday, October 27, 2015

Bloggercamp Indonesia 2015 Purwokerto

Ayo siapa yang belum tahu kalau hari ini adalah hari blogger nasional? Malu dong masa ngaku blogger ga tau hari jadinya. Tenang aja saya juga baru ngeh 3 tahun belakangan, makanya gaul dong hehehe. Sebagai yang aktif di dunia blogging tidak ada salahnya kan kalau juga ikut meramaikan acara hari blogger nusantara 2015.



Untuk mengingatkan kembali bahwa hari blogger nasional dicanangkan oleh Muhammad Nuh sebagai Kemeninfo pada tanggal 27 Oktober 2008. Berarti tahun ini adalah hari blogger nasional yang ke-8. Untuk memperingatinya tahun ini  bloggercamp Indonesia 2015 yang diadakan serempak di 4 kota berbeda yaitu Jakarta, Purwokerto, Surabaya, dan Makassar.  Senang sekali saya bisa mengikuti acara bloggercamp 2015 ini di Purwokerto yang bertempat di Wisma Putih, Ketenger, Baturaden, Purwokerto pada tanggal 26-27 Oktober 2015.



Bloggercamp terselenggara berkat beberapa sponsors yaitu Sunpride, Qwords, Juara Idea agency,  Tauzia Hotel,  JavaPR, Blue Bird,  dan Utees me. Untuk jaringan cepat di dukung oleh Indosat Love.

Komunitas yang mengikuti bloggercamp di Purwokerto berasal dari komunitas Blogger Purwokerto,  Blogger Banyumas,  dan Mbakyu Blogger.

Pada event ini selain kemping, juga diadakan Bloggercamp award dan live blogging yang diadakan di lokasi. 

Peserta berkumpul di Wisma Putih pada hari senin 26 Oktober 2015 sekitar pukul 5 sore. Saya sendiri datang dari Bekasi ingin merasakan suasana lain di Purwokerto, juga ingin mengenal blogger lain di luar Jabodetabek.


Pungky Prayitno, sebagai ketua panitia di Purwokerto kaget sekali saat Kotanya dipilih menjadi kota pelaksana Bloggercamp 2015. Mbak Wening juga kaget sekali katanya saat dihubungi Pungki untuk membantu berlangsungnya acara ini, secara Pungky seleb gitu loooh :)
Stering committee Bloggercamp Purwokerto 

Hari pertama acara dibuka oleh panitia dan peserta dibagi-bagi tenda. Saya kebagian tenda no 1 dari 17 tenda yang ada. Asyiknya lagi saya bisa main ayunan yang dipasang pada pohon. Kapan lagi bisa main ayunan dengan suasana sejuk di bawah pepohonan seperti ini. Di Jakarta mana bisa saya bisa begini.

Setelah istirahat dan makan malam kami berkumpul di sekeliling api unggun sambil menikmati jahe dan kopi hangat serta kacang rebus dan jagung bakar. Panitia dan speker memperkenalkan diri pada peserta. Juga ada acara searing season tentang blogging. Dari sini saya tahu aktivitas dan kegiatan blogger di daerah Purwokerto, Banyumas, dan sekitarnya.


Acara utama pun di mulai hari Selasa di aula yang dibawakan oleh tiga speaker handal yaitu Mira Sahid, Eva Noviana dan Pradna. 
The speaker

Yang unik di Bloggercamp 2015 Purwokerto menurut pandangan saya adalah :


  • Peserta bloggercamp tidak hanya dari Purwokerto dan sekitarnya, tetapi ada yang berasal dari Jakarta, Bekasi dan Bandung. Saya sendiri dari Bekasi sengaja memilih Purwokerto sebagai kota yang saya ikuti karena ingin melihat aktivitas blogger di kota lain selain Jabodetabek dan mengenal blogger dari kota lain.
  • Ada senam pagi yang aneh namun unik dan lucu yang dipandu oleh mahasiswa Unsoed dari anak theater. Bukan gerakan senam yang umumnya dilakukan tapi lebih ke drama tapi ini seru karena pertama kali kami melakukan senam seperti ini.

  • Makanan yang disajikan adalah makanan khas daerah seperti soto sokaraja,tempe mendoan, dan pecel lontong. Unik sekali soto yang disajikan dengan bumbu kacang yang segar.



Tema Bloggercamp


Tema yang diusung tahun ini adalah membangun kredibilitas blog. Pak Pradna sebagai komunitas Blogger Banyumas dan aktif mendampingi DedemIT (desa-desa melek IT) menjelaskan tentang aktivitasnya di desa Melung yaitu desa yang dibimbing agar melek internet. Nah ada yang unik setelah warga desa diajakrkan tentang internet, mereka mengadakan live streaming di youtube untuk melakukan rapat RT dan conference untuk memandu tentang program yang ada. Di harapkan desa lain juga akan melek IT. Keren ya desa-desa yang mempunyai web, harus bangga nih.

Mira Sahid, sebagai founder KEB (Kelompok Emak Blogger) menyampaikan tentang menjadi blogger yang baik untuk mempertahankan kredibilitas kita menjadi blogger. Mira juga menceritakan tentang blog yang baik itu yang memiliki niche, untuk itu Mira yang biasa dipanggil dengan makpon membuat blog baru yang berniche yoga. Karena kecintaannya pada yoga jadi menuangkannya pada blog barunya. Mira juga mengajak teman-teman untuk tetap menulis konten yang unik. 

Eva Noviana sebagai Digital enthusiast who loves to travel bercerita tentang blog travelingnya. Juga menjelaskan tentang blogger profesional. Menurut Mbak Eva dalam menulis harus fokus dalam menulis dan konsisten. 


Tetaplah menulis dengan konten yang unik, kreativitas dan memberikan manfaat pada pembaca. Setelah mengikuti bloggercamp kami diharapkan bisa membangun kredibilitas blog. 



30 comments:

  1. Waaah. Seru juga ya Mbak Lid acaranya di sana. Kereeen sampe ke luar kota euy.

    ReplyDelete
  2. selamat hari blogger nasional ya mbak Lid...semoga semakin maju blognya...
    acaranya seru sekali...bisa bertemu para blogger dari Purwokerto dsk...

    ** lihat api unggun jadi ingat persami waktu pramuka dulu... :)

    ReplyDelete
  3. Waaaah seru ya bun acaranya. Aku terakhir ikut acara gathering blogger pas 2013 di Yogyakarta itu sebelum akhirnya merantau hehe.

    ReplyDelete
  4. Seru banget acara camp nya...

    ReplyDelete
  5. Ya ampuuun jauh juga datang ke Purwokerto. Selamat Hari Blogger Nasional Mbak :D Semakin keren dan semakin ramai saja blognya.

    ReplyDelete
  6. Waah... reportasenya bagus banget li.. Pantesan jadi juara hehe.. Selamat ya, semoga tambah sukses..

    ReplyDelete
  7. Waah serunyaa... Pingin bgt ikut kmren itu, tp apalah dayaa... Ngga bisaa

    ReplyDelete
  8. Wah Teh Lidya di Purwokerto.. senang ya teh bisa ikutan blogcamp. semoga blogcamp bisa menginspirasi blogger untuk terus menulis.. makanannya enak-enak ihh *lospokus* hehehehe

    ReplyDelete
  9. Selamat Hari Blogger Nasional juga mbak. Seru ya bisa kesana....

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillaah..., betapa senang teman-teman yang bisa ikut BloggerCamp ya, Mbak :)
    Seru dan banyak manfaat tentunya. Sungguh, saya ikut senang membacanya ini (dalam hati kepingiiin...)

    ReplyDelete
  11. waah ikutan juga mbak Lid, keren banget yah acaranya, api unggunnya jadi mengingatkan kemping di masa sekolah

    ReplyDelete
  12. Congrats dirimu menang live tweet di sini ya Maaak :* Kiss kiss

    ReplyDelete
  13. woaw seru ya, pingin ngerasain makanannya itu lho hihi :D

    ReplyDelete
  14. Wah Mbak Lidya malah ke purwokerto? Jadi tambah temen tambah pengalaman dll ya Mbak :)

    Semoga tahun depan bisa ikutan juga. Amin

    ReplyDelete
  15. seruuuuu halan-halannnn *ngiler
    mintak oleh2

    ReplyDelete
  16. baru tau kalau ada hari blogger hihii...
    acaranya asik..pengen ikutan kalau tahun depan ada lagi :D

    ReplyDelete
  17. Engkiiik ngkiiiik. . :D
    Senamnya emang gokil banget. Tapi, aku sukaaa.

    ReplyDelete
  18. Purwokerto mah gitu, aku jadi mupeng nih :D

    ReplyDelete
  19. Wah, seru sekali terlibat dalam acara ini ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  20. Serunyaaaa... Kebayaaang asyik beraaat kumpul2.. Banyak seleb lagi ya mak hehehehe

    ReplyDelete
  21. wah seruu. jadi malu udah lama jadi blogger lupa terus hari blogger nasional hehehe

    ReplyDelete
  22. wah acara di purwokerto seru yaaa sapa duluu pungky..keren makliid...

    ReplyDelete
  23. Hihihi karena ada barengan nungguin anak-anak pada UTS, saya memantau dari jauh.
    Seru iiih, kapan ya bisa ikutan? :D

    ReplyDelete
  24. Kok jauh banget ke purwokerto ??? ngak ikut yg ke bogor aja ???
    aku ngak bisa datang #Sedih

    ReplyDelete
  25. waaahhh acaranya seru banget ya mak :)

    ReplyDelete
  26. Keren nih acaranya, sy ga ikutan Mba.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...