badge

Saturday, November 21, 2015

Mengambil Manfaat Saat Bermain Lego

Dunia anak tidak bisa lepas dari bermain, dari setiap permainan pasti bisa diambil unsur pembelajaran. Apapun itu permainannya pasti ada tujuan dan maksud tertentu didalamnya. Salah satu permainan yang sering dilakukan Aa dan Ade di rumah adalah bermain lego. 

Dengan bermain lego anak-anak bisa bermain dan mengembangkan berbagai kreativitas serta motorik kasar maupun halus. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah :
  • Melatih motorik halus, saat memasang bagian-bagian lego untuk membentuk suatu bangun yang diinginkan.
  • Berlatih kesabaran saat memasangnya. Untuk bagian-bagian kecil terkadang tidak semua anak bisa memasang dengan sempurna.
  • Belajar mengenai kecerdasan ruang yaitu kecerdasan deminsional, anak bisa belajar mengenai bangun ruang panjangm lebat maupun tinggi.
  • Melatih  kreativitas untuk membuat suatu bentuk tertentu.
  • Kadang saat bermain si anak harus melihat contoh atau instruksi disini anak dilatih untuk mengikuti aturan yang berlaku.
  • Bisa melatih koordinasi mata dan tangan untuk anak.
  • Belajar berhitung.
Sabtu, 21 November 2015 lalu di sekolah Aa ada acara Exhibition. Selain ada pagelaran pentas seni, pameran, bazaar juga ada lomba antar TK/RA. Salah satu lomba yang digelar adalah menyusun Lego, saya lansung mendaftarkan Ade untuk ikut serta. Ade senang sekali apalagi nanti dia akan masuk ke SD itu juga sama seperti Aa. Kebetulan di sekolah Aa ada ekstra Kurikuler Robotic juga jadilah makin besar keinginan untuk masuk kesana.

Pagi-pagi kami sudah datang ke sekolah, Ade mau lomba sedangkan Aa akan pentas. Setelah registrasi ade menuju ruangan kelas di lantai dua. Karena lombanya belum dimulai anak-anak boleh bebas bermain lego terlebih dahulu. Ade membuat bentuk orang katanya sih :). Saya sendiri juga gak tahu dia kok bisa punya imajinasi seperti itu, padahal saya tidak pernah mengajarkannya di rumah .


Acara lomba pun dimulai, masing-masing anak diberikan satu lembar kertas yang berisi dua buah gambar. Boleh memilih gambar yang mana yang akan dibuat menggunakan lego. Gambar anak laki-laki sedang memegang bendera dan tulisan Allah yang dipilih Ade untuk dibuat. Anak-anak diberi waktu 1 jam untuk menyelesaikan gambar pilihannya. Oh ya Legonya sudah disiapkan oleh panitia jadi anak-anak tinggal mengambil di kotak yang sudah disiapkan. Seru nih mengaduk-ngaduk bentuk lego yang ada karena banyak.


Di sini anak dituntut untuk sabar dan disiplin. Sabar mencari dan mengaduk-ngaduk untuk mencari bentuk yang dibutuhkan. Disiplin menghitung bagian lego agar sesuai dengan perintah yang diminta. Disiplin menerapkan bentuk serta warna yang harus sama sesuai contoh.

Tidak sampai 15 menit Ade sudah bisa menyelesaikan tantangannya. Di akhir acara exhibition pengumuman lomba pun disampaikan. Allhamdulillah Ade mendapatkan juara pertama dan berhak mendapatkan piala, uang ,serta hadiah dari pihak sponsor.



Yang paling disukai Ade adalah hadiah piala, kalau hadiah yang lain dia tidak terlalu antusias. Bahkan amplop berisi uang pun langsung diserahkan pada saya :)

24 comments:

  1. Alhamdulillah, Ade bisa jadi juara.. ^^
    Lego memang permainan menyenangkan untuk anak2, Mba Lidya..

    ReplyDelete
  2. Banyak sekali y Mba manffat dari beramin lego ini, salah satunya bisa melatih daya ingatan si anak. Jadi ingat dengan permainan anak-anak di rumah. he,,he,, he,

    ReplyDelete
  3. Horee., Aa juaraa..
    Main lego memang banyak manfaatnya. Dulu waktu kecil anakku juga mainnya lego-legoan. Sekarang beda lagi, sukanya gambar.. yang penting tetap berimajinasi. Jadi tetap bermanfaat :)

    ReplyDelete
  4. wuiis keren..
    anakku juga seneng lego, tapi sayang sering nampar-ngampar dan keinjek.

    ReplyDelete
  5. Si ade lebih suka piala ya... Hmm.. Sepertinya dia sedang ngumpulin portofolio buat masa depannya :)

    ReplyDelete
  6. Horee ade juaraa.. Selamat yaa.. Alde juga suka lego mba, bagus ya biar cerdas dan lebih sabar..

    ReplyDelete
  7. Lego itu baru bisa dikasih ke anak umur 3+ yah. Aisyah belum bisa main. Masih kadang diemut :D

    ReplyDelete
  8. Selamat ya Ade jadi juara pertama..wah pinter juga amplopnya dikasih ke mama..*mama senyum-senyum tuh hehe..

    Lego memang banyak manfaatnya buat anak ya mbak, tantangan buat anak utk bisa menyelesaikan permainan lego dan yg penting bisa mengalihkan dr nonton TV... :)

    ReplyDelete
  9. Waaah kerennya! Selamat yaaa...

    Kalo Muhammad suka main bricks juga tapi merk yang satunya lagi yg agak murmer. ^_^

    ReplyDelete
  10. Selamat adek :))
    Sama mbak, saya juga lebih senang kalau menang lomba itu dapat piala/sertifikat dibanding hadiah lainnya. Tapi kalau dilengkapi uang tunai ataupun gadget juga gak nolak #eh

    ReplyDelete
  11. Ade hebat. Lego penting untuk memicu kreativitas anak.

    ReplyDelete
  12. Ade kereeen, juara 1,, imajinasinya Ade tinggi niiihh.. ayooo semangat terus yah Ade :*

    ReplyDelete
  13. selamattt
    tapi emang bener lego bikin anak kreatif ya mba

    ReplyDelete
  14. Selamaat yaa.. Menaang. Yeaayy... Maska jg mainan lego tp lego palsu. Hehehe..

    ReplyDelete
  15. penasaran pengen main lego nih aku mbak...

    ReplyDelete
  16. Wow, selamat ya Ade, hebat deh! Lego memang terbukti mainan yang gak lekang oleh jaman ya mbak..anak saya masih main Lego Duplo (untuk usia 1,5 - 5 th) gak bosen-bosen, apalagi kalau udah kenal Lego seperti Aa dan Ade ya, bisa ketagihan :)

    ReplyDelete
  17. Dulu waktu kecil suka banget mainan ky gini dan favorit ane bikin pistol pistolan :D
    yahh,, sekarang udah jarang banget anak anak yg masih doyan mainan ky gini di daerah ane...

    ReplyDelete
  18. Lego memang permainan menyenangkan sekaligus untuk melatih kesabaran dan disiplin ... saya jadi pengen main lego nih :)

    ReplyDelete
  19. Ya ampun Adeee, fotonya pas pegang duit mah beda yaaaa *salahfokus* :D :D

    ReplyDelete
  20. selamat ya Ade, ibunya juga seneng deh pasti, dapet amplop :)

    ReplyDelete
  21. Selamat ya Alvin, asyik dapat uang dan piala :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...