Aneka Olahan Pisang

Tuesday, April 12, 2016
Aneka Olahan Pisang. Ini adalah salah satu buah yang paling sering saya beli dan konsumsi di rumah. Selain simple, kaya manfaat, dan harganya murah meriah. Pisang paling sering dimakan untuk sarapan, apalagi sebagai ibu rumah tangga yang kadang repot di pagi hari tetapi  harus ada makanan masuk.

Supaya tidak bosan dan menarik minat anak-anak untuk memakan buah pisang makanya saya membuat aneka olahan pisang.

Setup Pisang


Kalau ini sih sebetulnya sama dengan kolak pisang, hanya saja saya tidak memberikan santan di dalamnya. Dengan menambahkan kayu manis saat memasang akan memberikan aroma yang berbeda pada setup pisang. ini salah satu olahan pisang yang disukai oleh suami.


Vegan Es Krim



Nah vegan es krim ini pasti anak-anak suka. Resepnya saya dapatkan dari Chef sewaktu saya menghadiri suatu acara. Cara membuatnya mudah sekali. Pisang ambon yang telah dipotong-potong lalu dibekukan dalam freezer. Setelah beku di blender lalu ditambahkan bubuk coklat atau bubuk prasa lainnya sesuai keinginan. Karena pisangnya sudah disimpan dalam freezer maka saat diblender tidak perlu menambahkan air lagi. Hmmmm rasanya lembut sekali es krimnya.

Smoothie Pisang




Mirip dengan vegan pisang diatas, hanya saja dalam mengolah smoothie saya mencampurkan buah lain seperti jeruk, dan nanas. Juga menambahkan sawi didalamnya. Jadilah aneka buah dan sayur yang menyehatkan untuk dinikmati.

Pisang Utuh




Paling praktis sih menikmati buah pisang secara utuh. Biasanya saya makan untuk sarapan atau dibawa sebagai bekal untuk anak-anak. Jangan lupa menyimpannya dalam container khusus pisang supaya tidak hancur saat disimpan dalam tas.

Masing banyak lagi aneka olahan pisang yang bisa kita buat atau nikmati. Kalau tidak sempat membuah bisa juga membeli loh seperti es pisang ijo, kue lapis pisang, bolu pisang dan lainnya. Kalau favoritenya anak-anak sih pisang bakar keju dan coklat. Bisa dinikmati saat makan camilan atau dibawa untuk bekal ke sekolah.

Manfaat pisang untuk kita ternyata banyak sekali. Saya juga jadi ingat dengan buku yang saya baca berjudul "Khasiat Ajaib Pisang". Manfaatnya antara lain :

  • Sebagai buah yang mengandung kalium tinggi baik untuk tubuh yang bisa menjaga fungsi jantung dan mengatur tekanan darah
  • Adanya kandungan gula murni pada pisang bisa memberikan tambahan energi untuk tubuh
  • Melancarkan pencernaan karena mengandung banyak serat
  • Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.
Kebiasaan saya yang menyetok sayur dan buah untuk beberapa hari agar hemat waktu tidak bolak balik ke pasar. Maka harus tahu cara menyimpan buah yang benar. Untuk pisang bisa disimpan dalam bentuk satuan atau potongan lalu dibungkus dengan plastik kedap udara untuk mengurangi emisi gas ethylene yang bisa membuat pisang ceoat matang. Cara lain adalah dengan memasukan pisang ke dalam kulkas supaya proses pematangan pisang terhenti.

Kalau teman-teman sukanya mengolah pisang dalam bentuk apa sih?

60 comments

  1. Aku dibikin cake mbak.. Mbak Lidya rajin masak juga ya..

    ReplyDelete
  2. di rumah lagi ada pisang nih hari ini, lagi pengen nambahin berat badan anak

    ReplyDelete
  3. mbaa..lucu banget tempat pisangnya.. ;)

    ReplyDelete
  4. Saya malah gak terlalu suka pisang utuh, Lid. Lebih suka yang diolah :)

    ReplyDelete
  5. Tempat pisangnya menarik.Jadi pengen beli hehe. Lucu.

    ReplyDelete
  6. sepertinya saya akan mencoba membuat setup pisang Mbak Lidya :)

    ReplyDelete
  7. aku suka buat cake pisang....makanan kesukaan selain cake tape ....

    ReplyDelete
  8. aku suka semuaaa! setup pisang itu sama kolak pisang,menu wajib buka puasa..
    nagasari, bolu pisang, pisang goreng.. hadeeeh semua semua aku suka!

    ReplyDelete
  9. Kolak pisang, godok pisang, dan pisang goreng paling serng hadir di rumah saya.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  10. Ternyata buah pisang bisa disajikan berbagai varian, mau nyoba Smoothie Pisang kayaknya enak tuh..

    ReplyDelete
  11. Langsung di makan buahnya biasanya mba, ngga di olah. Pernah jajal smoothies tapi campur buah lain, enak juga, apalagi dingiiin

    ReplyDelete
  12. lucu ih container khusus pisangnya...

    ReplyDelete
  13. Aku suka berbagai olahan pisang, terutama bolu pisang atau goreng pisang pakai keju :D

    ReplyDelete
  14. Ternyata banyak manfaatnya ya buah pisang itu.
    Jadi pengen buat vegan es krim untuk anak2...
    Kalau kami biasanya dimakan langsung tanpa diolah, kadang juga buat pisang goreng. Yang paling gampang buatnya. Hehe...

    ReplyDelete
  15. Tetap pisang utuh yg plaing favorit

    ReplyDelete
  16. Pisang itu favoritku banget Mbak, selain singkong. Tapi aku lebih suka yang asal makan saja.
    Tapi dimasak aneka rupa juga aku suka. Kalau memasak pisang tergantung jenisnya. Jika pisang gabu ya distup, pisang kepok lebih banyak variasi masakannya. Pokoknya suka pakai banget. hehehe

    ReplyDelete
  17. Smoothie pisang bisa juga nih dicoba...eh mbak aku tertarik dgn wadah pisangnya...lucuuu

    ReplyDelete
  18. aku doyan pisang bangett,jadi diapain selalu suka hehe

    ReplyDelete
  19. aahh aku paling suka buah pisang, beserta olahannya mbaa..

    hayu botram dengan menunolahan pisang yuk..

    ReplyDelete
  20. aku malah jarang masukin pisang ke dalam kulkas Mbak,

    ReplyDelete
  21. Daftar pisang godog dan nagasari Jeng Lia, wow wadah pisangnya cantik pisan euy...

    ReplyDelete
  22. pengen nyobak yg bikin vegan es krim itu mbk lid, tergodaahhh

    ReplyDelete
  23. kalo aku lebih suka dibikin kolak mbak :)

    ReplyDelete
  24. Kalo aku paling ya kolek Mba, kolek pisang dicampur ubi atau singkong..lumayan lah ada manisnya dan plus kuahnya..

    ReplyDelete
  25. paling favorit yang setup pisang, enak banget.

    Yang lain lagi ada gak mbak?

    ReplyDelete
  26. saya mah ga bisa ngolah pisang, wong takut nyalain kompor
    paling juga hobi makan aja, apalagi gretongan :)

    #eaaa

    ReplyDelete
  27. Waah...setupnya segeer bgtt. Aku suka pisang goreng, Bunda. Gorengin, dong. :D

    ReplyDelete
  28. Bapak saya juragan pisaaangg, tiap hari makan pisang. BAB lancaaaarrr terus.

    ReplyDelete
  29. Sama mbak, di rumah kami juga paling suka bikin setup pisang sama banana smoothie

    ReplyDelete
  30. Pisang beku itu diblender nggak rusak mata pisaunya?

    ReplyDelete
  31. aku suka dimakan biasa mbaa.. kalo dipake olahan, malah gak bisa makannya :D

    ReplyDelete
  32. Kami di rumah ga perlu susah-susah mengolah pisang, Mbak. Pisang ambon satu sisir juga langsung tandas dalam waktu yang singkat. Hehe...

    ReplyDelete
  33. Saya lebih suka pisang goreng atau dibuat kolak mbak Lidya. Kalau pisang gitu aja nggak suka baunya :)

    ReplyDelete
  34. Eskrim pisang paling sukaaaa ^^

    ReplyDelete
  35. pisang goreng, bolu pisang, banana ice cream.. tapi pengen nyobain setup pisang mba lid ah :)

    ReplyDelete
  36. kamu ngga suka kolak pisang mbak? hehe

    ReplyDelete
  37. Aku juga lebih suka setup dari pada kolak pisang mbak... Lebih gak neg..hehe.. Wah pengen nyoba resep lainnya jg nih.. Trims mbak..

    ReplyDelete
  38. Ada juga ya kotak makan bentuk pisang, unik.
    Anak-anak suka pisang juga :)

    ReplyDelete
  39. paling kalo udah bosen dan drpd kematengan dibikin carang gesing itu tuh Teh, yg dikukus sm roti tawar tea hihihihi

    ReplyDelete
  40. Itu tempat pisangnya lucu banget mbak :)

    ReplyDelete
  41. Kalau pisang aku suka bikin kue sama puding mak

    ReplyDelete
  42. suka banget makan pisang, apalagi pisang ijo. tapi belum pernah diolah-olah.. bisa dicoba nih tipsnya.. hehe

    ReplyDelete
  43. wah terima kasih ide2nya ka, saya juga suka buah. jadi tambah referensi menarik nih dari kk. perlu dipraktekan :D

    ReplyDelete
  44. Kalo liat container pisang di toko/Daiso sambil ngebatin, ada ya yang beli???
    Eh ada =)) =))

    ReplyDelete
  45. Setup pisang anadalan ibuku. Kalau aku paling suka smoothie, kombine sama buah-buah lain yg syegerrr... yummm

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...