Dengan Wakaf Selalu Berbagi, Selamanya Berarti

Wednesday, February 6, 2019
Selalu berbagi, selamanya berarti


Perbuatan berbagi seperti apa sih yang bisa berarti selamanya tanpa terputus amalannya? Di postingan saya beberapa waktu yang lalu sudah disebutkan bahwa wakaf adalah amalan yang terus mengalir pahalanya.



Umumnya orang hanya tahu bahwa wakaf itu hanya bisa diberikan dalam bentuk tanah, atau bangunana saja, makanya banyak orang menunda perbuatan baik yang mendatangkan pahala abadi tersebut karena belum memiliki properti untuk diberikan. Padahal wakaf juga bisa diberikan dalam bentuk uang atau tunai. Ketidak tahuan tersebut dikarenakan masih minimnya literasi keuangan di masyarakat begitu juga dengan literasi syariah dmengenai wakaf tunai. Salah satu cara berwakaf tunai saat ini bisa melalui wakaf asuransi syariah.


Cash wakaf atau wakaf tunai bukanlah metode baru karena cara ini sudah dijalankan oleh Ustman Bin Affan.


Indonesia sebagai negara dengan masyarakat paling dermawan di dunia menurut World Giving Index oleh Charity Aids Fund dan berpenduduk Muslim terbesar di dunia memiliki potensi wakaf asuransi besar untuk meningkatkan perekonomian syariah di Indonesia dan melahirkan aset produktif. Selain itu adanya wakaf syariah juga dapat mendorong pembangunan ekonomi, serta mengurangi kemiskinan dan ketimpangan negeri.


Program Prudential Wakaf PRUsyariah



Unit Syariah di Prudential sudah ada sejak tahun 2007 yang terus memberikan solusi inovatif bagi masyarakat salah satunya melalui Program Wakaf dari PRUsyariah yang baru saja diluncurkan pada 1 Februari 2018 di Rumah Maroko, Jakarta yang bertujuan memfasilitasi niat ibadah wakaf masyarakat.

Ibu Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investmenr Director Prudential Indonesia mengatakan Program Wakaf PRUsyariah ini memberikan kemudahan pada masyarakat dalam menyalurkan wakaf asuransinya sesuai dengan taglinenya yaitu "Selalu Berbagi, Selamanya Berarti". Bukan hanya bisa berderma demi manfaat abadi sekaligus memastikan dirinya dan keluarganya memperoleh proteksi dan perencanaan investasi yang tepat.




Sebagaimana kita ketahui Prudential mempunyai 4 komitmen terbaru yaitu We Do Heath, Wealth, Tech, and Good. Bapak Jens Reisch, Presiden Director Prudential Indonesia mengatakan bawha Program Wakaf dari PRUsyariah ini wujud komitmen terbaru Prudential yaitu "WE DO GOOD" yang artinya "Kami Mewujudkan Kebajikan" dalam hal ini melalui Wakaf Asuransi.


Sosialisasi Wakaf

Menurut Badan Wakaf Indonesia (BWI) saat ini tanah seluas 2.700 kilometer persegi di lebih 366 ribu lokasi sudah diwakafkan oleh masyarakat. Untuk potensi wakaf tunai diperkirakan mencapai Rp180 triliun per tahun. Informasi tersebut saya dapatkan dari Bapak Afdhal Aliasar, S.T,. M.M., Direktur Bidang Promosi dan Hubungan Eksternal Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

Untuk meningkatkan potensi wakaf tunai, KNKS juga membuat program sosialisasi di masyarakat seperti BWI goes to Campus atau community. Tujuannya agar mereka lebih mengenal lebih jauh mengenai wakaf tunai yang bisa diberikan.

Nah, Prudential juga ikut mensosialisasikan tentang wakaf pada masyarakat dan melatih 9,000 tenaga pemasar Prudential sejak 17-28 Januari 2019 lalu. Ternyata kegiatan tersebut mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk "Sosialisasi Wakaf Asuransi Peserta Terbanyak". Mudah-mudahan makin  banyak lagi masyarakat yang mengerti tentang wakaf asuransi ke depannya.




Pengelolaan Dana Wakaf Secara Profesional


Dana wakaf tunai yang diberikan masyarakat melalui badan wakaf atau Nazhir biasanya digunakan untuk pembangunan fasilitas umum seperti sarana ibadah, pendidikan, kesehatan juga peningkatan ekonomi.

Bayangkan saja jika wakaf tunai yang kita berikan digunakan untuk pembangunan rumah sakit atau rumah ibadah misalnya, selama fasilitas tersebut masih digunakan maka pahala wakaf tidak akan terputus sampai kapanpun.

Wakaf tunai yang disalurkan dari manfaat asuransi dan investasi polis asuransi jiwa syariah Prudential disalurkan melalui 3 badan wakaf terpercaya antara lain Dompet Dhuafa, iWakaf, dan Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (LW-MUI). Nasabah bisa memilih dari ketika nazhir tersebut.


3 Pilihan Program Wakaf PRUsyariah



PRUsyariah memberikan 3 pilihan Program Wakaf pada nasabahnya yaitu :

  1. Wakaf Santunan Asuransi Meninggal Dunia
  2. Mewakafkan sampai dengan 45%. Berlaku untuk pengajuan polis baru produk PRUlink syariah generasi baru dan PRUlink syariah investor account dan polis existing PRUlink syariah assurance account.
    Mewakafkan sampai dengan 95%. Berlaku untuk pengajuan polis baru PSGB dan PSIA dengan syarat peserta meemiliki polis existing yang masih aktif
  3. Wakaf Nilai Tunai
  4. Mewakafkan dengan maksimal 1/3 dari jumlah nilai tunai yang terbentuk ketika peserta yang diasuransikan meninggal dunia (jika ada). Berlaku untuk pengajuan polis produk PSGB dan PSIA, serta polis existing PSAA, PSIA, dan PSGB
  5. Wakaf Santunan Asuransi Meninggal Dunia dan Nilai Tunai
  6. Mewakafkan dengan Santunan Asuransi Manfaat Meninggal Dunia (sampai dengan 45% atau 85%) dan Nilai Tunai (maksimal 1/3). Ketentuannya mengikuti poin no 1 dan 2.

Jadi, kalau teman-teman mau memastikan diri sendiri dan keluarga memperoleh proteksi sekaligus berbagi melalui wakaf Jalanin Bareng aja bersama Program Prudential Wakaf dari PRUsyariah.

26 comments

  1. Semoga saja dengan program ini, makin banyak yang berwakaf tunai jadi bisa ikut membangun negeri.

    ReplyDelete
  2. Berbagi yang ganjaran pahalanya bis aterus mengalir, ya. Jadi semangat pengen berwakaf sekaligus asuransi

    ReplyDelete
  3. Kesempatan masyarakat untuk berwakaf makin luas ya dengan program ini.
    Wakaf makin fleksibel dengan menggunakan dana

    ReplyDelete
  4. Aamiin.. seneng deh dapat pencerahan tentang program wakaf asuransi ini.. semoga dengan sosialisasi yang terus menerus dilakukan, akan semakin banyak lagi masyarakat yang memahami tentang wakaf asuransi dan bisa berkontribusi dalam perekonomi bangsa juga

    ReplyDelete
  5. Boleh dibilang ini paket lengkap ya mba. Perlindungan jiwa dapat tapi wakaf pun diperoleh dengan baik

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah ya dg program dr prudential berwakaf gak harus nunggu kaya dlu. Dan asiknya bisa berwakaf jg mengasuransikan diri

    ReplyDelete
  7. Aku tertarik banget dengan programnya deh Lia.. tapi harus aku baca bener nih.. it’s a new thing for me

    ReplyDelete
  8. Dengan adanya Program Wakaf ini nasabah jadi lebih mudah ya, dapat proteksinya lalu dapat wadah untuk beribadah nabung pahala juga.

    ReplyDelete
  9. Wakaf akan membawa keberuntungan dunia akhirat .

    Melindungi kita tertolak di rumah sakit karena biaya

    ReplyDelete
  10. Iya nih berwakaf memang asyik ya pabalanya mengalir terus semoga kita dimudahkan utk berwakaf...

    ReplyDelete
  11. ini ibarat pepatah, sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.
    sekali asuransi, wakaf pun tertunaikan :D

    ReplyDelete
  12. Semoga makin banyak masyarakat Indonesia, sepertiku, yang membaca tulisan Mbak Lid ini. Agar makin banyak orang yang teredukasi bahwa wakaf itu tidak melulu susah, tidak menunggu banyak uang, kalau mau berwakaf sedikit-sedikit dari uang yang kita miliki juga bisa.

    ReplyDelete
  13. Jd ga perlu nunggu kaya dulu ya lid utk bs berwakaf krn dr manfaat asuransi pun kita bs berwakaf. Keren banget inovasi prudential deh

    ReplyDelete
  14. Memang kadang kalau dengar wakaf, yang otomatis kebayang itu tanah. Padahal bisa juga cash, ya. Lebih mudah.

    ReplyDelete
  15. Dgn berwakaf insya Allah urusan yg berat semoga akan lebih banyak masalah umat yg bisa ditangani dgn baik

    ReplyDelete
  16. Salfok dengan footnya yang antimainstream kak. Btw Prudential punya proram baru agi yah? jadi kalau kita mau wakaf tingal pake program asuransi pruwakafnya gtu yah kak?padahal kmrn2 mindset sy mengira wakaf cma bisa berupa tanah

    ReplyDelete
  17. Wah, Prudential punya produk baru lagi. MasyaAllah berwakaf semakin mudah sekarang ya mba. Semoga dengan kemudahan ini bisa membuka pintu amal jariah kita.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah ya mba. Bisa gampang berwakaf di mana saja. Karena berwakaf kan ga melulu soal tanah

    ReplyDelete
  19. MasyaAllah iya ya ustman bin affana saja wakafnya sudah dalam bentuk tunai, jadi tertarik mencoba wakaf tunai di Pru Syariah

    ReplyDelete
  20. Keren ya mba lidya prudential. Ga cuma bikin program tp juga turut serta mengedukasi masyarakat dg program sosialisasi wakafnya ... makin bnyak masyarakat yg ngerti wakaf makin bnyak kebaikan yg tersbar. Aamiin

    ReplyDelete
  21. Semoga dengan program ini makin banyak orang berwakaf, dan programnya amanah

    ReplyDelete
  22. Semoga kita selalu punya rezeki biar bisa berwakaf ya mbak. Gak perlu nunggu punya tanah dulu, dengan polis asuransi kyk Prusyariah ini pun bisa ya. Malah makin mudah.

    ReplyDelete
  23. Oh..jadi ini Prudential bekerjasama dengan ketiga lembaga wakaf itu yaa, kak Lid?
    Jadi nyaman yaa..

    Karena inginnya, wakaf yang kita keluarkan benar-benar maksimal menghasilkan...kalau bukan lembaga muslim yang mengelolanya, ada perasaan khawatir.

    ReplyDelete
  24. ih itu fotonya di booth dengan permadani unik yaa.. lucu deh, kya terbang.. jadi kepikiran untuk ikutan wakaf nih mbak.. semoga someday aku bisa wakaf juga ya, Aamiin..

    ReplyDelete
  25. Moga semua bisa berwakaf ya Mbak.
    Secara ini sudah ada jalannya. Tinggal kumpulin aja rejekinya dan niatnya dimantapin lagi untuk wakaf :)7

    ReplyDelete
  26. duluuu aku pun mikir orang yang berwakaf itu harus punya tanah atau bangunan. Wakaf tunai ternyata belum populer di Indonesia padahal gampang banget ya caranya. Lewat Prudential wakaf, beribadah semakin lebih mudah.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...