Buah-buahan Ini Jadi Makanan Penurun Gula Darah, Baik Dikonsumsi Di Waktu Ini!

Tuesday, August 27, 2019
Jika berbicara mengenai penyakit yang berbahaya di Indonesia, tentu nama penyakit diabetes sudah tak asing lagi di telinga kita. Gaya hidup yang sejak dahulu memiliki kebiasaan memakan makanan manis memicu kadar gula di dalam tubuh meningkat hingga melewati batas normal. Ya, selain nasi sebagai sumber karbohidrat utama, kita juga disuguhkan dengan makanan camilan manis. Alih-alih mengonsumsi makanan penurun gula darah, kita malah seolah menimbun gula dan memperbesar resiko diabetes.



Ketahui Bahaya Diabetes


Penderita diabetes di indonesia diketahui terus meningkat. Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan (Depkes) RI, pada rentang tahun 2000 hingga tahun 2030 mendatang, Indonesia diperkirakan akan menempati urutan nomor 4 untuk negara dengan pengidap diabetes terbanyak di dunia. Selain asupan nutrisi yang kurang seimbang, kita juga dihantui dengan resiko diabetes yang disebabkan oleh faktor keturunan. Mereka yang memiliki riwayat keluarga yang mengidap diabetes akan beresiko lebih besar mengidap penyakit yang sama. Perlu diketahui, penyakit ini tak memandang usia. Anak kecil, remaja, dewasa hingga lansia sama-sama berpotensi. 

Akibat dari penyakit diabetes menimbulkan kegagalan beberapa organ di dalam tubuh untuk bekerja maksimal. Seperti pankreas yang tak mampu menghasilkan insulin sebagai pengontrol gula darah, menyebabkan penyakit ginjal dan kebutaan, hingga mengurangi angka harapan hidup mulai dari 5 sampai 10 tahun.

Dengan adanya dampak di atas, oleh karenanya, kita perlu mengonsumsi makanan penurun gula darah. Makanan ini cenderung dikonotasikan sebagai makanan tanpa rasa yang tidak enak dikonsumsi. Seperti kentang rebus, sayuran hijau rebus, gandum, dan lainnya. Selain itu, penderita maupun orang yang berpotensi juga harus menurunkan berat badan hingga level ideal. Karena obesitas mempengaruhi peluang terjadinya penyakit diabetes. 
Sebenarnya, memakan makanan penurun gula darah bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Sebab ada buah-buahan yang terasa manis dan enak, namun memiliki zat gula atau indeks glikemik yang rendah.


Buah-buahan Sebagai Makanan Penurun Gula Darah


Siapa bilang buah-buahan menjadi pantangan bagi penderita diabetes atau orang yang ingin diet gula? Faktanya, tidak semua buah memiliki kandungan zat gula yang banyak hingga dilarang dikonsumsi. Anda harus mengetahui buah-buahan yang aman dikonsumsi untuk kondisi ini. Di antaranya adalah jeruk, anggur, apel, mentimun, tomat, alpukat, ceri, dan buah beri.

Selain itu, buah-buahan yang memiliki kadar air yang cukup banyak juga masih aman untuk anda konsumsi kok. Seperti semangka dan timun suri. Hal ini diperbolehkan karena buah-buahan tersebut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sebagai penangkal racun dalam tubuh, serta indeks glikemik yang rendah. Sebaliknya, buah yang memiliki rasa manis berlebih seperti manga harus anda jauhi, ya.

Lebih Baik Dikonsumsi Di Pagi Hari


Sebagai makanan penurun gula darah, buah-buahan di atas sebaiknya dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau disajikan menjadi jus. Sehingga semua kandungan, nutrisi, dan serat yang terkandung akan terserap semua ke dalam tubuh. Akan lebih baik lagi jika anda memilih buah organik dan tidak membuang kulit buahnya. 

Makanan penurun gula darah juga sebaiknya diminum di pagi hari, saat kondisi perut masih kosong alias belum mengonsumsi makanan apapun. Menurut ahli, hal ini membuat penyerapan nutrisi lebih maksimal dan anda bisa merasakan manfaatnya lebih cepat. 

Selain buah-buahan di atas, ada pula beberapa makanan penurun gula darah lainnya. Yuk, cari tahu info lengkapnya dengan mengklik link artikel di bawah ini:



25 comments

  1. Sebagai pencinta makanan manis, buah jadi opsi kalau lagi pengen makanan manis, tapi juga mau tetap sehat.

    ReplyDelete
  2. Keluarga suami saya turunan penyakit ini mbak, jadi wanti-wanti banget sama makanan manis. Alhamdulillahnya sering komsumsi buah-buahan diatas. Tinggal waktunya aja nih dicocokkan

    ReplyDelete
  3. Makasiii Mba Lidyaaa
    Aku sueneengg buah2an tapi seringnya lupa mengonsumsi dalam kondisi terbaik.
    Malah dikasih gula, trus dijus, lhaaaa ya sami mawon :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Papah mertua saya udah lama kena diabetes, nih. Buat penderita diabetes memang harus disiplin banget makanan yang dikonsumsi. Beberapa buah ternyata bagus ya untuk diabetes

    ReplyDelete
  5. Saya suka banget buah, terutama buah di atas, tapi juga suka makanan manis lainnya.
    Terutama cokelat.

    Tapi senang deh baca postingan ini, jadi semacam diingatkan kembali untuk hidup sehat dan membatasi makanan manis.

    semoga kita selalu diberi kesehatan ya, aamiin :)

    ReplyDelete
  6. Gak nyangka sebanyak itu manfaat Buah-buahan yah, syg bgt kalau pola hidup gak teratur, kebanyakan ngemil hingga lpa konsumsi buah2an

    ReplyDelete
  7. Wahhh mangga gak terlalu bagus yaa, Mba? Padahal mangga itu kesukaanku loh, sekali makan bisa sampe 3 biji

    ReplyDelete
  8. Makan buah pun harus pilih-pilih yaa, Mba. Ada beberapa jenis buah yang gak bisa dikonsumsi terlalu banyak dan sering

    ReplyDelete
  9. Saudara udah ada yg diabetes. Bukan langsung sih, tapi ipar. Tetep aku jadi alert. Alhamdulillah gula di rumah 1kg sudah 1,5 bulan nggak habis2. Tapi buah kurang banget. Yg doyan cuma aku & si bungsu.

    ReplyDelete
  10. aku baru tau kalau tomat bisa menurunkan gula, makasi informasinya Mba Lidya

    ReplyDelete
  11. Sama banget, kak Lia...
    Aku pemuja makanan manis. Kalau bikin apa-apa, selalu triple manis.
    Jadi takut juga kalau kena diabetes yaa...huhuu~

    ReplyDelete
  12. Ada anak tetangga yang menderita penyakit komplikasi. Awalnya dari gula darah yang terus tinggi. Lama-lama menjalar ke ginjal, jantung sampe tensi. Bahkan si anak ini kalau minum terlalu banyak berakibat air yang diminumnya menyebabkan bengkak di seluruh tubuhnya. Kini dia hrs menjalani cuci darah seminggu 3x....serem ya mbak. Mulai sedini mungkin kita wajib jaga kesehatan terutama menjaga agar kadar gula kita stabil....tentunya diawali dg memulai hidup sehat, mengkonsumsi buah-buahan penurun kadar gula.

    ReplyDelete
  13. Aku kalau lagi pengin rileks suka makan anggur beneran mengurangi stress, baru tau kalau konsumsi di pagi hari bisa ngurangi gula darah ya..siip nanti pak suami suruh beli lagi haha

    ReplyDelete
  14. Syukurlah, jeruk sama alpukat aman dikonsumsi. Sip, makanan kesukaanku.nice info mba

    ReplyDelete
  15. Syukur lah, jeruk sama alpukat aman dikonsumsi. Sip! Makanan kesukaanku..nice info mb

    ReplyDelete
  16. Info yang sangat bermanfaat nih. Kebetulan buah-buahan di atas memang kesukaanku seperti alpukat dan anggur.

    ReplyDelete
  17. ooo berarti emang bener ya kak ga semua buah bisa dikonsumsi ama penderita diabetes... tapi ya bukan berarti ga boleh makan buah ya kak...

    ReplyDelete
  18. Tips mau ak kasih ke bulek aku mba, dia sakit diabetes dan kalo mau makan jadi serbasalah

    ReplyDelete
  19. Makan buah pagi2 memang bikin seger di badan dan pikiran... Duh, jadi pingin makan buah nih, hehehehe

    ReplyDelete
  20. Makasiiih Lia.. penting nih infonya untuk kita yag perlu hati-hati dengan gula

    ReplyDelete
  21. Pas banget tomat lagi murah, lg banyak nih haha. Ternyata yg asem2 gtu bagus ya, bisa menurunkan indeks glikemik gtu. Noted bagusnya diminun saat pagi, buat sarapan sekalian ya mbak😁

    ReplyDelete
  22. Walopun gak diabetes, harus juga ya buah-buahan ini kita konsumsi. Biar terhindar dari kadar gula darah yang tinggi

    ReplyDelete
  23. Buah emang jadi pilihan terbaik ya bagi yang suka makan manis. Lebih baik juga untuk tubuh dibandingkan kue :)

    ReplyDelete
  24. Makasih kaka infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  25. Wah ini menarik, kebetulan juga suka buah2an. Terima kasih infonya :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...