Cari Tahu Reaksi Alergi Obat dan Cara Pencegahannya di SehatQ

Thursday, August 22, 2019
"Ada alergi obat?" tanya dokter waktu akan menuliskan resep obat, ketika saya selesai berkonsultasi. Dengan cepat saya akan menjawab Tramadol. Dokter pun biasanya akan meresepkan jenis obat lainnya untuk saya.

Kok saya bisa tahu ada alergi obat seperti itu? Kira-kira 6 tahun lalu sewaktu saya sakit tenggorokan parah dan bikin kepala sakit, dokter memberikan obat tersebut untuk meredakan nyeri. Harapan saya setelah minum obat, jadi lebih baik dong. Tapi yang terjadi malah sebaliknya kepala saya terasa mau pecah ditambah mual dan muntah. Nah sejak itulah saya jadi tahu kalau ada alergi terhadap obat tersebut setelah kembali lagi ke dokter untuk berkonsultasi. Penyebabnya karena lambung saya tidak kuat juga terhadap obat tersebut.

Dari kejadian tersebut saya jadi lebih aware dengan riwayat kesehatan sendiri maupun keluarga, jika diperlukan bisa langsung menjawab pertanyaan dokter. Memang sih setiap pasien mempunyai rekam medis masing-masing, tapi apa jadinya kalau rekam medis yang dimiliki ada di beberapa rumah sakit.

Kenali Terjadinya Alergi Obat


Karena penasaran mengenai alergi obat saya pun mencari tahu hal tersebut di situs kesehatan SehatQ.com.



Dari artikel yang saya baca, alergi obat merupakan adanya reaksi berlebihan pada sistem kekebalan tubuh terhadap obat yang dikonsumsi. Umumnya tanda alergi yang paling sering muncul seperti kulit merah-murah, gatal, atau demam.

Nah, untuk kasus alergi yang terjadi pada saya seperti pusing, mual, muntah, dan denyut nadi menjadi lebih cepat bisa membahayakan kalau tidak segera dihentikan.


Mencegah Reaksi Alergi Obat


Minggu lalu badan saya lagi kurang fit, ditambah sedikit sakit tengorokan dan batuk kering. Kebetulan Sabtu pagi mau jenguk tetangga yang sakit di rumah sakit, jadilah saya sekalian daftar ke rumah sakit itu juga supaya sakitnya tidak berkepanjangan.

Seperti biasa saya memberitahukan perihal alergi obat pada dokter supaya beliau memberikan jenis obat yang aman. Setelah makan, saya pun minum obat tersebut, sakit kepala langsung saya rasakan. Tapi saya mengira memang lagi capek aja karena kurang tidur. Esok harinya saya pun lebih segar, setelah sarapan, obat pun saya minum kembali. Nah di sini saya langsung merasakan kepala muter-muter dan mual. Akhirnya siangnya saya gak minum obat itu lagi, untungnya dokter tidak meresepkan obat antibiotik jadi saya bisa stop saat itu juga.

Buat teman-teman sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini supaya bisa mencegah terjadinya reaksi alergi obat :

  • Catat obat apa saja yang dapat menyebabkan reaksi alergi.
  • Beritahukan dokter kondisi alergi obat tersebut supaya dokter bisa memberikan obat yang aman dikonsumsi dan meminimalkan terjadinya reaksi alergi.
  • Boleh loh bertanya ke dokter mengenai obat-obat tersebut, zat apa yang terkandung di dalamnya, kenapa bisa menimbulkan alergi dan lain-lain. Selama ini sih dokter dengan senang hati mau menjelaskannya.
  • Jika belum punya catatan terhadap alergi obat dan mengalami gejala alergi sebaiknya segera menghentikan konsumsi obat.
  • Kembali lagi ke dokter jika timbul alergi yang parah.


Konsultasi Kesehatan Pribadi


Dengan adanya artikel-artikel kesehatan di web maupun aplikasi SehatQ saya sangat terbantu sekali saat membutuh informasi penting yang berkaitan dengan kesehatan.



Di web ini selain menyediakan artikel kesehatan yang umum maupun yang sedang trend, teman-teman juga bisa mencari tahu mengenai penyakit dan obat. Gak hanya itu aja, kalau membutuhkan rekomendasi dokter maupun rumah sakit bisa juga ditemuan pada web SehatQ.

Siapa sih yang mau sakit, semua orang pastinya ingin selalu sehat. Dengan membaca artikel yang ada mudah-mudahan teman-teman bisa mulai menjaga kesehatan dan hidup lebih sehat lagi. Kalau ada pertanyaan seputar kesehatan boleh juga loh Tanya Dokter yang ada di web baik melalui chat dokter atau customer care.

Jangan lupa jaga kesehatan dan istirahat yang cukup ya. Sehat selalu untuk kita semua.

Instagram : sehatq_id | Twitter : sehatq | Facebook : SehatQIndonesia

42 comments

  1. Wah iya nih..mestinya kita punya catatan obat2 saja yg bisa bikin kita alergi ya.. Selama ini cm mengingat-ingat saja..hehe.. TFS mba Lia..

    ReplyDelete
  2. SehatQ sangat bisa diandalkan jadi rujukan kesehatan ya Mbaaa

    ReplyDelete
  3. SehatQ keren emang ya, bisa lebih mudah tahu mengenai hal-hal kesehatan.
    Saya mau pake juga ah, mamak-mamak kayak saya kudu banget punya aplikasi ini, secara anak-anak lumayan complicated dengan kesehatan :)

    ReplyDelete
  4. Aku kayanya belum pernah alergi obat. Hanyawaktu KKN aku pernah disuntik aa mbuh itu sama bidan desa, duuh sakitnya, paha kaya dipukul kayu gede banget, sampai berapa menit baru bisa bangun.
    Aku tanya, katanya sih pinissilin, sejak itu aku nggak mau obat yang sejenis itu, hehe

    ReplyDelete
  5. Wah, harus teliti juga ya mengamati gejala setelah minum obat. Untung dpt info dari sehatq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak2ku jg kayaknya ada alergi sama obat tertentu. Mestinya aku nanya ya seblmnya dikasi obat apa

      Delete
  6. Aku langsung buka web sehatq, kak Lia.
    Buat sambil baca-baca artikel mengenai kesehatan.
    Paling suka baca tentang kesehatan wanita, karena relate sama keseharian yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibuku ini hapal banget sama obat untuk sakit apa..
      Tapi kadang lupa-lupa juga...
      Aku kenalin sama sehatq ke Ibu aah...biar Ibu up to date.

      Delete
  7. Alergi obat memang bisa berakibat fatal yaa Lia.. good thing we can check things out now

    ReplyDelete
  8. Nah ini tuh yang aku sering missed. kalau ada alergi sama obat tertentu gak dicatat dan kadang gak ngeh gitu lho. berarti sekarang harus lebih aware yaa nyatetin ini.
    asik nih di sehatQ bisa tanya dokter juga, bayar kah mba?

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah aku ga punya bakat alergu obat tapi tetep aja ya sehatQ penting supaya kita bisa update info kesehatan

    ReplyDelete
  10. Pokoke kalo mau tahu tentang kesehatan, langsung cuss ke SehatQ sebagai rujukan yg kredibel
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  11. Alergi emang penyakit seumur hidup ya mbak, jadi agak susah disembuhinnya yang bisa kita lakukan hanya menghindari pencetusnya, soalnya suami dan anak2ku plus aku sendiri ada alergi :D
    Wah kalau baca2 dan konsul di forum SehatQ kita bisa dapat info bagus soal kesehatan yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ya penting banget mendapatkan informasi kesehatan dari sumbernya yang terpercaya. Teknologi skrng makin memudahkan akses info kesehatan tapi ttep sebaiknya pilih yg kredible kyk sehatQ ini yaaa

      Delete
  12. Aku semenjak beberapa teman membicarakan soalh SehatQ ini jadi suka baca-baca disana juga. JAdi sekarang tuh mudah banget ya cari informasi dan yang pasti terpercaya.

    ReplyDelete
  13. Aku sudah mampir ke website SehatQ ini. Emang beneran deh ini websitenya sangat komplit memberikan pengetahuan tentang kesehatan, termasuk obat-obatan. Recommended!

    ReplyDelete
  14. Aku jadi ingat kejadian anakku waktu khitan, sampai infeksi krn alergi obat katanya. Enggak tahu kok bisa seperti itu. Selama ini gak pernah ada alergi obat.

    Nah kalo website SehatQ ini aku dapat info kesehatan dari artikelnya mayan banget tuh. Aku suka baca-baca tentang penyakit dan penyebabnya juga

    ReplyDelete
  15. Anak-anak saya juga ada obat yang gak cocok. Makanya harus diingat supaya jangan sampai dikonsumsi. Asik ada SehatQ. Kalau mau cari informasi kesehatan yang dipercaya tinggal ke web ini

    ReplyDelete
  16. Iya banget. Di SehatQ ini kita bisa nyari tahu apa aja ya. Termasuk alergi obat. Mana bisa janjian sama dokter pula ya. Pas deh web ini untuk jadi referensi kesehatan untuk seluruh keluarga

    ReplyDelete
  17. Iya kalau punya alergi emang harus hati-hati ya. Harus memberitahu dokter apabila sedang berobat. Punya penyakit tertentu pun juga harus memberitahu dokternya.
    Dulu ada temanku yang punya penyakit Lupus, terus pas dia dirawat karena sakit yang lain, obat yang diberikan itu ternyata diserang oleh lupusnya dan badannya mengeluarkan reaksi yang dikenal dengan Steve Johnso syndrome. Duuuhh kesian banget. Badannya kayak terbakar dari dalam tubuh. Ngeri deh.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah di keluarga ku ga ada alergi obat, tapi anakku ada yang alergi makanan. Mampir ah ke SehatQ

    ReplyDelete
  19. Alergi obat jadi salah satu yang harus dipelajari ya.. sekarang sudah bisa dipelajari melalui aplikasi sehatq ya.. ini bakal jadi sumber referensi bacaan tentang kesehatan aku nih mbak

    ReplyDelete
  20. wah..alergi emang kadang datang tak diundang ya...kalo ada Sehatq..jadi gak perlu panik lagi...bisa langsung segera diatasi dengan tepat..

    ReplyDelete
  21. Makin mudah aja cari tau info kesehatan yang dipercaya.
    Oya aku baru tau kalau alergi sama suatu bahan di obat, pastikan skincare juga ga pakai bahan yg bikin alergi itu

    ReplyDelete
  22. Bagus ya mbk sehatQ ini. Bisa jadi referensi bacaan tentang kesehatan. Aku nih selalu lupa nyatet obat apa aja yang nggak cocok diminum, paling bagus menang ditulis ya mbk

    ReplyDelete
  23. Tramadol itu sejenis Paracetamol bukan?
    Aku belum pernah kihat reaksi orang yang alergi obat
    Jadi ingin tahu jenis reaksi yanh dialami orang yang alergi obat

    ReplyDelete
  24. Alhamdulilah saya nggak alergi obat Mbak. Tapi saya juga baru tau kalau alergi obat itu bisa pusing seperti Mbak Lidya. Kirain selama ini alergi obat cuma merah merah dan bentol di badan Mbak Lidya.

    ReplyDelete
  25. Alergi obat ternyata efeknya bisa bahaya juga ya mbak kalau nggak segera di tangani.
    Aplikasi sehatQ ini membantu banget buat yang mau banyak tahu info tentang kesehatan tapi nggak punya waktu buat konsultasi ke dokter, lagian konsultasi ke dokter juga kan harus antri, harus bayar

    ReplyDelete
  26. Bahaya ya efek alergi obat, jadi harus waspada dan teliti kalau berobat. Ponakanku ada yang alergi Paracetamol jadi gawat kalau sampai minum..

    ReplyDelete
  27. Senangnya jika lengkap tersedia artikel kesehatan yang umum maupun yang sedang trend, bisa mencari tahu mengenai penyakit dan obat, bisa cari rekomendasi dokter maupun rumah sakit, bisa Tanya Dokter....semua di web SehatQ.
    Enggak perlu klak klik cari info kesana-sini. Di sini saja cukup yaa

    ReplyDelete
  28. Wah ada yah kak orang bisa terkena alergi obat kirain cuma alergi udang aja heheh btw website ini keren banget deh, q pengen cari tahu ttg persiapan melahirkan

    ReplyDelete
  29. Nah ini kan jadi memudahkan sekali mba kalau mencari informasi soal kesehatan. Karena kalau salah informasi kesehatan, bahayanya ngeri :)

    ReplyDelete
  30. Dengan sehatq ini kita jadi tanya jawab langsung ama dokter ya. Waktunya juga intimate. Gak kayak ke klink. Terbatas banget buat ngobrolnya. Pake hape pun jadi kita efektif banget

    ReplyDelete
  31. gawat banget kalau sampai ada gejala alergi yg bikin orang terdekat khawatir, seperti dada yg sesak dg denyut jantung semakin cepat. duh kudu waspada deh obat2 apa yg bikin alergi dan langsung ungkapkan kalau ada pengobatan lebih lanjut

    ReplyDelete
  32. SehatQ ini artikel-artikelnya juga bagus lo mbLid. Tulisan nya populer tapi datanya lengkap

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah sejauh ini belum ada list obat yang bikin alergi walaupun nyium obat aja sebenarnya suka mual. Paling sugesti saja menurutku.

    Btw, baca-baca situs sehatQ memang mengayakan, kita jadi lebih tahu lagi jenis obat dan kegunaannya

    ReplyDelete
  34. Iya lengkap bngt ini fiturnya yg pling disuka tuh artikel tambah ilmu baru terus Ada chat lsg lg Sama dokter

    ReplyDelete
  35. Eh aku konsul kehamilan juga lewat SehatQ. Pas badan rasanya pegel tapi males kalau nunggu ke dokter buat tanya, yaudah tanya dokter secara online saja di SehatQ

    ReplyDelete
  36. Anakku juga pernah mbak tiba tiba keluar alerginya setelah saya kasih makan telur,ya Allah, panik banget. Beruntung sekarang pencarian tentang alergi bisa dibaca di aplikasi sehatQ ya. lengkap bnaget aplikasi ini ya. keren deh.

    ReplyDelete
  37. Aku seneng baca-baca artikel di SehatQ ini. Nambah wawasan banget dan nggak bikin parno karena info yang sebatas "Katanya-katanya" aja. Ibu-ibuku di rumah udah tak arahain baca web ini aja daripada info BC WAG yang suka gak jelas.

    ReplyDelete
  38. Baru beberapa hari lalu adik ipar mual-mual, sampai badannya bengkak semua karena salah resep. Matanya sulit dibuka juga. Rupanya dia alergi obat tertentu, tapi dia ngga tau.

    Alhamdulillah dirawat sebentar trus udah boleh pulang.

    Berarti sekarang harus lebih hati-hati ketika mengonsumsi obat, yaa.. kalau perlu cari tau dulu lewat SehatQ.

    ReplyDelete
  39. Wah baru tahu kalo mbak Lidya ada alergi obat. Untung reaksinya ga sampai mengancam nyawa ya. Iya ada SehatQ jadi lebih aware tentang kesehatan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...