Lindungi Keluarga Dengan Asuransi Kesehatan

Friday, September 27, 2019
"Ma..Pascal tadi tertabrak temannya di sekolah, matanya luka. Ini mau dibawa ke klinik!" 

Pagi itu saya menerima telpon dari pihak sekolah. Gimana gak panik kalau mendengar berita seperti ini. Saya pun memberitahukan gurunya untuk menunggu hingga saya datang karena akan langsung dibawa ke specialist mata saja, khawatir ada apa-apa jadi bisa segera ditangani dengan cepat.

Setelah diperiksa gak ada masalah serius dengan matanya, hanya kelopak matanya saja sedikit sobek dan perlu dijahit di ruang operasi. Saya bisa mengurus semuanya sendiri waktu dinyatakan harus masuk ruang operasi, sementara itu suami masih di kantor. Allhamdulillah kejadian ini di-cover oleh asuransi milik kami dan masuk kategori kecelakaan.

Asuransi Terbaik di Indonesia
Sehat-sehat selalu ya jagoan!
Baca juga : Cinta Ini Ada Untuk Kalian


Manfaat Asuransi Kesehatan


Saya membayangkan jika tidak ada asuransi kesehatan untuk keluarga, sudah pasti harus mengeluarkan biaya besar untuk membayar rumah sakit apalagi harus masuk kamar operasi dan menjalani rawat inap. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya kami merasakan sekali manfaat yang besar dari asuransi. Beberapa tahun lalu saat suami kecelakaan dan harus menjalani rawat inap dan ruang ICU, asuransi kesehatan ini benar-benar menjadi penolong juga.

Tidak ada satu orangpun yang mau tertimpa kemalangan termasuk sakit. Asuransi kesehatan itu ibaratnya sedia payung sebelum hujan, saat waktunya tiba hujan akan turun tapi kita sudah punya perlindungan agar tidak basah. Memiliki asuransi kesehatan dengan kata lain kita mempunyai jaminan finansial. 

Alasan lain bahwa asuransi kesehatan itu penting adalah supaya tidak merepotkan orang lain dan bisa mengatur keuangan lebih teratur, karena tiap bulannya kita harus membayarkan uang premi asuransi tersebut sehingga dari penghasilan yang didapatkan harus disisihkan terlebih dahulu.

Sakit itu kadang datang tiba-tiba, walaupun kita sudah menjaganya agar tidak pernah menghampiri. Apalagi ketika sakit yang diderita harus rawat inap, pastinya memerlukan biaya tambahan. Meskipun punya uang ditabungan, lama-lama akan habis jika digunakan untuk menutupi biaya rawat inap di rumah sakit. 

Dengan asuransi kesehatan,  kita tidak perlu lagi memikirkan biaya rawat inap tersebut karena sudah dijamin sesuai dengan plan yang diambil. Dan kalau pun ada biaya tambahan tidak harus membayar sebesar biaya dari keseluruhan perawatan jika tidak memiliki asuransi kesehatan sama sekali. Syukur-syukur kekurangannya juga dapat di-cover oleh produk asuransi lain berupa santunan harian rawat inap.

Sebelum saya berikan informasi mengenai produk asuransi tersebut, yuk cari tahu terlebih dahulu cara memilih asuransi kesehatan untuk keluarga.

Baca juga Cari Tahu Reaksi Alergi Obat

Memilih Asuransi Kesehatan

Dalam memilih asuransi kesehatan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :
  • Manfaat yang akan didapatkan dari asuransi yang kita pilih. Minta ilustrasi dan informasi detil pada agen asuransi kesehatan sebelum menentukan premi dan plan.
  • Sesuaikan dengan kemampuan keuangan keluarga, karena tiap bulan ada kewajiban membayar premi sesuai dengan plan yang dipilih dari polis asuransi tersebut. 
  • Pilih asuransi rawai inap yang bisa klaim dengan mudah.
  • Terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Lihat kredibilitas perusahaan asuransi yang baik. Mudah kok cara mengetahuinya cukup googling atau minta rekomendasi orang lain.


Mega Hospital Investa


Bicara soal kredibilitas perusahaan asuransi, PFI Mega Life sebagai salah satu asuransi terbaik di Indonesia punya produk Asuransi Kesehatan Mega Hospital Investa
Mega Hospital Investa yaitu produk Asuransi Kesehatan yang memberikan manfaat Santunan Harian Rawat Inap, No Claim Bonus, dan Santunan Meninggal Dunia.

Jadi sebenarnya tidak ada masalah jika kita sudah punya asuransi rawat inap dari kantor atau BPJS sekalipun dan ingin ikut Mega Hospital Investa karena produk ini menyediakan santunan rawat inap untuk menutup kekurangan biaya selama di rumah sakit. Tahu sendiri kan biaya rumah sakit itu mahal, pasti aja harus nombok kekurangannya. Meskipun tidak ada kekurangan pembayaran, kita masih tetap bisa klaim lho

Dengan cara mengirimkan fotokopi dokumen resmi dari rumah sakit, kita dapat klaim santunan harian rawat inap dengan mudah dan usahakan klaim tidak lebih dari 45 hari. Mega Hospital Investa juga memberikan santunan harian jika harus rawat inap di ICU. Sedangkan untuk klaim meninggal dunia dokumen paling lambat harus diserahkan paling lama 90 hari sejak Tertanggung meninggal dunia.

Penasaran dengan manfaat santunan yang akan didapatkan? Berikut ini tabel manfaatnya sesuai dengan plan dari polis asuransi yang diambil.

rawat inap


Seperti pada poin di atas mengenai cara memilih premi asuransi kesehatan itu harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan dan kebutuhan kita. Pada Mega Hospital Investa kita bisa membayar premi sesuai kemampuan dan dibagi berdasarkan kategori usia. Jika dilihat dari tabel di bawah ini membayar premi tahunan lebih murah dibandingkan bulanan, tetapi jika mampunya membayar bulanan pun tidak apa-apa.

Asuransi Rawat Inap


Untuk syarat pengajuan polis asuransi rawat inap dari Mega Hospital Investa ini mudah  karena tidak diperlukan cek kesehatan terlebih dahulu. Untuk melakukan klaim membutuhkan masa tunggu selama 30 hari terhitung polis aktif.

Asuransi rawat inap ini hanya berlaku 1 tahun dan dapat diperpanjang sampai Tertanggung berusia 60 tahun. Jika selama 3 tahun tidak pernah melakukan klain, maka akan mendapatkan manfaat No Claim Bonus 50% dari total premi yang dibayarkan.

Yang dimaksud tertanggung di sini adalah bisa diri sendiri, pasangan, anak, saudara  yang belum menikah atau orangtua kandung.

Gimana teman-teman juga sudah punya perlindungan asuransi rawat inap untuk keluarga? Semoga kita semua selalu diberika kesehatan ya. Tapi untuk perlindungan lebih bisa cari tahu lebih dalam mengenai polis asuransi Mega Hospital Investa melalui Website PFI Mega Life .



32 comments

  1. Semoga sehat selalu ya jagoan, kebayang banget betapa shock nya kalau dapat kabar demikian.
    Punya asuransi memang meringankan banget ya, apalagi kalau asuransinya seperti PFI Mega Life

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti itulah keadaan yang bikin kita butuh dana besar. Kalo gak beli asuransi, udah deh gimana nasibnya ya...

      Delete
  2. Iyaap kebayang panik banget, mba pas tahu kayak kejadian yang dialami Pascal, mba. Nah aku juga pakai asuransi kesehatan buat keluarga

    ReplyDelete
  3. Aduh, serem banget ya bayangannya kalau anak kecelakaan. Emang butuh persiapan lebih ya untuk mencegah hal yang tak diinginkan

    ReplyDelete
  4. Penting banget emang mom asuransi ini aku merasakan banget kebantu sama asuransi sebagai salah satu usaha kita..

    ReplyDelete
  5. yampunn ikut jantungan yaa kalo ada telpon dari sekolah ngasi tahu anak kenapa2. tempo hari dd irsyad kedorong temennya kena pinggiran pintu, untung ga kenapa2.
    ada asuransi bikin tenang ya kalo terjadi hal2 yg tidak diinginkan :)

    ReplyDelete
  6. Selalu sehat2 ya jagoan mba Lidya.
    Benar banget ya bahwa asuransi itu ibarat payung, buat berjaga-jaga.
    No claim bonus 50%-nya sangat istimewa ya.

    ReplyDelete
  7. Aduh panik pastinya ya mba apa yang dialami Pascal dan untunglah ada asuransi jadi tenang banget :) ya namanya asuransi buat jaga2 ya mba kita ga tau kedepannya gimana

    ReplyDelete
  8. asuransi kesehatan super duper puentiiiing banget ya Mba
    Akupun juga banyak gali info seputar insurance ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. Mega life ini salah satu perusahaan asuransi besar di indonesia ya, setauku.

    ReplyDelete
  10. Di zaman sekarang mah ya, asuransi teh bukan lagi kebutuhan tersier kayaknya ya. Udah jadi kebutuhan primer. Soalnya kita bisa butuh kapan aja. Apalagi punya anak, risiko kecelakaan bisa setiap hari. Wajib punya asuransi teh. Tapi ya tetap, walopun banyak yang menarik, kita kudu jeli milihnya. Kudu yang terpercaya deh tempat kita beli asuransinya. Yang pas dengan kebutuhan kita, plus terjangkau pula preminya.

    ReplyDelete
  11. astaghfirullah.. mendengar kalimat kecelakaan lututku langsung lemes. tak mudah memang menghilangkan bayangan itu....

    di sini aku juga terbantu dengan adanya asuransi Lia, saat panik dan kebingungan, minimal jika ada kejadian tak mengenakkan seperti ini bisa mengatasi sebagian masalah

    yuk kita ingatkan teman teman agar bijak dan membeli asuransi

    ReplyDelete
  12. Senang banget dengan artikel asuransi mbak, karena saya senang kalau kita aware sedini mungkin terhadap kesehatan. Aku masih satu asuransi BPJS mbak, jadi pengen tahu Mega Life ini.

    ReplyDelete
  13. Berasa banget ya kak sekarang kita butuh asuransi. Jadinya tenang ya.

    ReplyDelete
  14. Wah, tentu bakalan bingung ya ketika anak kita sakit atau mengalami kecelakaan seperti Aa Pascal itu, tapi kitanya ga punya asuransi. Harus sedia uang dalam kondisi serba mendadak tentunya binung banget. Oleh karena itu perlu proteksi berupa asuransi kesehatan ya.

    ReplyDelete
  15. Kalau bayarnya tahunan, lumayan ya, dapat diskon 2 bulan.

    Ngerasain banget manfaat asuransi saat bapak sakit dan harus opname di RS, bahkan hingga beliau meninggal

    ReplyDelete
  16. Wahh ini bagian dari tim nya bank mega ya, lengkap ada asuransinya juga ya mencover semuanya

    ReplyDelete
  17. Ini baik banget ya, tidak ada klaim dapat bonus 50%, Bund. Hihihi. Aku tuh kadang suka kurang jeli untuk pilih asuransi. Ngga minta detail informasi, gituu. Cuma ilustarsi dowang. Hiks

    ReplyDelete
  18. Yah inilah yang sebenarnya bikin penting asuransi, karena kita ngak pernah tahu apa yang terjadi sementara jika terluka atau sakit pasti harus diobati dan untuk berobat pasti butuh dana yang lumayan, jadi tepat jika seseorang harus memiliki proteksi, agar hidupnya lebih aman dan terlindungi.

    ReplyDelete
  19. oh 3 tahun kalau gak buat klaim, bisa dappat manfaat ya mba. Kalau kesehatan ini penting sih dan kalau mau punya asuransi mesti komplit informasinya.

    ReplyDelete
  20. Sakit itu kadang datang tiba-tiba, walaupun kita sudah menjaganya agar tidak pernah menghampiri. Apalagi ketika sakit yang diderita harus rawat inap, pastinya memerlukan biaya tambahan.


    Ini benar sekali, Mbak. Duh, semoga kita terhindar dari kecelakaan ya Mbak, semoga sehat selalu.

    ReplyDelete
  21. Asuransi memang penting ya mbak untuk perlindungan diri dan finansial kita. Semoga mbak lia dan keluarga senantiasa sehat walafiat

    ReplyDelete
  22. iyes setuju, asuransi kesehatan itu penting ya maaak. Dan milihnya pun gaboleh sembarangan yaaaa

    ReplyDelete
  23. Semenjak suamiku berhenti bekerja, kin sekeluarga tidak mempunyai asuransi. Padahal asuransi itu sangat penting, kami juga lagi mencari asuransi yang pas mbak, btw premisnya kalau dibayar bulanan gak begitu berat ya

    ReplyDelete
  24. Tragedi di sekolah itu adaaaa aja yaa, kak...
    APalagi laki kali yaa...?

    Di sekolah anakku kemarin ada anak nabrak pintu kaca sampai pecah.
    Ya Allah~
    Merinding...

    ReplyDelete
  25. Memilih asuransi rawai inap yang bisa klaim dengan mudah menjadi poin penting saat memilih asuransi. Kalau bisa cashless yang tinggal gesek kartu itu lho jadi ga perlu repot submit berkas.

    ReplyDelete
  26. yap kalau asuransi kesehatan sudah dipunyai, jadi lebih tentram. namanya celaka kan siapa yg tahu dan mau. makanya kalau tiba2 dan darurat begitu, akhirnya jadi tenang karena merasa punya jaminan yg membantu biayanya

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah belum pernah menjalani rawat inap, tapi yang namanya sakit datangnya memang suka tiba-tiba jadi nggak ada salahnya pakai asuransi, ya. Malah kalau nggak pakai asuransi bakalan berat bayar biaya rumah sakitnya kan.

    ReplyDelete
  28. yesss asuransi mmg pentiiiing. Tapi jujur, so far sekeluarga masih ngandelin asuransi swasta plus bpjs dr kantor suami aja sih. Tanpa asuransi dr kantor suami, entah sdh berapa juta melayang krn si bungsu bbrp kali opnam di rs

    ReplyDelete
  29. kalau gak ada asuransi bisa pusing mikirin biayanya

    ReplyDelete
  30. Astaga itu kelopak mata sobek sakitnya minta ampun ya kak, smg kita selalu sehat ya kak amin

    ReplyDelete
  31. y ampun kalo udah soal anak pasti panik yaa, kayanya ku juga udah kudu mikir punya asuransi selain bpjs

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...