Cara Berhasil Diet Turun 4kg Saat Puasa

Saturday, May 2, 2020
Dalam artikel ini kamu akan mempelajari cara yang efektif dan tepat untuk menurunkan berat badan saat puasa. Tips ini adalah metode diet cara mengecilkan perut buncit, lengan, pipi, paha yang ideal dilakukan pada bulan Ramadan karena kondisinya sangat mendukung, dimana kita sehari secara tidak langsung wajib hanya boleh makan 2x, sangat cocok untuk memaksimalkan pembakaran lemak.
Mudah-mudahan kamu akan bisa mendapatkan tubuh langsing ideal kamu kalau kamu disiplin melakukan tips dibawah ini.

Oh ya, secara umum, turun 1kg dalam seminggu adalah angka yang wajar dan masih bisa dilakukan. Ada beberapa orang lain yang mungkin bisa turun lebih banyak, tetapi menggunakan metode yang lebih agresif dan tidak disarankan. Jadi kalau kita puasa sekitar 1 bulan, maka target turun 4kg adalah sangat realistis.

Disini kita fokus pada diet saat puasa dengan cara yang efektif dan juga sehat dan aman. Oke silahkan catat caranya:

Atur Porsi Makan Kamu





Saat kita berbicara tentang metode diet dan menurunkan berat badan yang efektif, wajib hukumnya kita harus dalam kondisi defisit kalori. Tidak ada jalan lain. Kalau kita puasa, dan makan bebas seenaknya maka dijamin tubuh kita malah jadi gemuk. Itu sebabnya dari tahun ke tahun banyak orang yang melakukan puasa tapi berat badannya tidak turun karena mereka tidak fokus memperbaiki pola makan mereka.

Defisit kalori secara sederhana artinya kita tiap hari memasukkan energi yang lebih sedikit daripada energi yang keluar. Waktu tubuh kita kekurangan energi (defisit) maka tubuh kita secara langsung akan membakar cadangan energi dari lemak tubuh kita. Dan hasilnya lemak di perut, pipi, lengan, paha akan berkurang.

Untuk diet, kita sebaiknya mengkonsumsi sekitar 1200 kalori per hari agar bisa masuk range defisit. Berhubung dalam bulan puasa Ramadan kita hanya makan 2x, maka kita bisa mengatur kalori kita saat subuh sahur 600 kalori, dan 600 kalori lagi saat berbuka.

Menu Makan Saat Puasa


Salah satu strategi penting saat ingin menurunkan berat badan waktu puasa adalah dengan memilih jenis makanan yang tepat. Kita harus memilih makanan yang mengeyangkan dan punya kandungan gizi tinggi agar proses diet kita bisa lebih mudah.



Contoh menu makanan yang disarankan adalah sayur-sayuran, ikan, daging, dan buah. Makanan tersebut punya tingkat satiety (kekenyangan) yang lebih tinggi. Plus kamu juga akan mendapatkan kandungan gizi, vitamin, mineral yang lebih banyak ketimbang makan makanan mengandung gula, kue, atau camilan manis-manis lainnya. Makanan dan minuman gula yang bersifat manis cenderung membuat kita tidak cepat kenyang dan pengen makan terus. Ujung-ujungnya kita akan kelebihan kalori dan jadi gemuk lagi.

Terutama sayuran sangat penting untuk aspek kesehatan, kekenyangan dan detoksifikasi. Jadi kamu wajib makan sayur ya biar diet ini jauh lebih mudah. Contoh sayur yang disarankan: bayam, pakcoy, brokoli, wortel. Sayur juga adalah makanan yang rendah kalori dengan tingkat gizi yang tinggi. Kamu bisa menggabungkan sayur dan daging dalam 1 menu dengan membuat sop sayur daging agar prosesnya lebih cepat. Boleh pakai daging ayam, atau sapi.



Bagaimana dengan camilan takjil saat buka puasa?


Ya, kamu tetap bisa menikmatinya. Tetapi 80% makanan kamu harus dari sayuran, ikan, daging dan 20% lagi boleh dari camilan kue takjil.
Ingat intinya adalah mengatur kalori. Seperti rencana kita diawal kita mau konsumsi 600 kalori saat sahur, dan 600 kalori saat berbuka. Jadi kalau kita mau makan takjil di sore hari, maka hanya boleh sekitar 150 kalori saja (setara 1 porsi kolak dingin), lalu 450 kalori dari makanan sehat utama kita.

Yuk Olahraga Ringan


Saat berpuasa dan ingin diet, kita tetap bisa berolahraga. Tujuannya agar kita bisa mengeluarkan esktra energi lagi, yang membantu kita dalam menurunkan berat badan.

Tipe olahraga yang disarankan adalah yang low intensity atau intensitas rendah, seperti jogging atau jalan santai. Kamu bisa melakukannya 2 kali seminggu, sekitar 30-60 menit per sesi. Itu sudah cukup dan bisa membakar ekstra 100-200 kalori tiap sesi.

Atau kalau mau melatih otot perut kamu bisa coba olahraga ringan seperti plank, atau sit up selama 15 menit saja.



Oke, itu 3 cara efektif yang bisa kamu pakai untuk diet saat puasa. Intinya kita harus defisit kalori dengan mengatur porsi makanan ke 1200 kalori sehari. Lalu kita pilih menu makanan yang buat kenyang seperti sayur, buah, ikan, dan daging. Dan yang terakhir kita bisa mengkombinasikannya dengan olahraga ringan seperti jalan santai, jogging, ataupun sit up di rumah.

Target turun 4kg dalam puasa Ramadan itu sangat mungkin loh. Yuk coba sekarang.
Mudah-mudahan tips ini bermanfaat dan bisa nurunin berat badan kamu.

30 comments

  1. olah raga ringan bolehlah, tp keknya mbak Lid ga usah diet lagi deh hihihi...

    ReplyDelete
  2. makan berkurang pas puasa, tidur tambah banyak jadinya tetap ndut nih he he he

    ReplyDelete
  3. Intinya kita harus defisit kalori dengan mengatur porsi makanan ke 1200 kalori sehari ini ya Mak ... harus disiplin sih ya.

    ReplyDelete
  4. Aku nih paling susah deh kalau sudah soal memilih makanan, padahal dulu sempat tidak konsumsi karbo dan goreng-gorengan gitu. Sepertinya sekarang ini sebenarnya saat yang paling tepat ya untuk mengubah apa yang kita konsumsi.

    ReplyDelete
  5. Berarti kalau mau turun berat badan kudu low carbo ya? Aku sebelum puasa memang udh turun BB karena mengurangi makan nasi. Jadi seharian aku cuma makan 2 sdm nasi aja. Olahraga mestinya berenang, cuma gara2 corona jadinya aku senam2 kecil aja 😊😊

    ReplyDelete
  6. Aku juga pengiinn timbangan makin ke kiri mak :)
    Plus selalu sehat dan bugar.
    Siap praktekin tipsnya

    ReplyDelete
  7. Ngiler liat menu2nya Mbaa... KKlo Udah disiapin kyk gitu aku juga mau deh diet sehat, makanannya kyk enak2 semua

    ReplyDelete
  8. Sekali dayung, dua pulau terlampaui ya mbak Lid...puasa skaligus diet. (Karena pas puasa, kurang pas kalo pake peribahasa sambil menyelam minum air) hehehe

    ReplyDelete
  9. Liaaa.. ini bener banget,
    aku hanya terapkan low carb saja dan sukses emang turunnya 1 bulanan udah 5 kiloan

    ReplyDelete
  10. Nah, olahraga nge-plank tuh sedang aku lakukan terus. Soalnya mudah dan menantang sih. Jadi terbiasa menahan perut dalam kondisi apapun.

    ReplyDelete
  11. mudah - mudahan aku bisaa turun segitu lia hehehe..makannya sudah banyak sayur dan protein tapi gorengannya itu lhooo yang ganggu

    ReplyDelete
  12. Kalo lagi niat banget, menu makanku persis banget kayak yang difoto itu, pyur serat sama protein gak pake karbo dan gula,, tapi paliiing mentok cuma bisa 1 bulan habis gitu susaj lagi, sedih gak bisa konsisten, padahal kalorinya seharusnya udah cukup itu

    ReplyDelete
  13. Aku nggak ikutan puasa sih. Tapi mau coba aaahhh. Mudah2an bisa konsisten dan turun nih berat badannya

    ReplyDelete
  14. Hmmm kalo pas puasa and mau diet, masih bisa ya makan kolak 1 porsi? Kirain gak boleh.
    Mungkin gak yaaa aku turun 4 kg? Kayaknya gak deh nih :D

    ReplyDelete
  15. Saya 1700 kalori sehari yg boleh dikonsumsi. Jika diukur dengan rumus kalori. Jadi aturnya berarti 900 buka dan 800 sahur ya. Sip sip ma kasih tipsnya, Mba

    ReplyDelete
  16. Gimana mau turun ya mbak Lidya . Kalau puasa aku buka sama gorengan. Trus kopi penuh gula. Ntar abis tarawih makan lagi. Sahur lagi. Trus siang tidur terus. Hahaha...gak turun. Naik iya deh.

    ReplyDelete
  17. Tiap puasa saya biasanya mamou turunkan berat badan hingga 5kg. Tapi tahun ini daya ngak pasang target. Banyak kegiatan di rumah dengan sendirinya membuat saya lelah dan ngak mikirin diet lagi

    ReplyDelete
  18. Harus semangat nih menurunkan berat badan. Aku sendiri selama puasa ini lebih banyak makan buah sayur juga. Semoga bisa turun hehe

    ReplyDelete
  19. Jadi, intinya defisit kalori!
    Catat, Ann!

    Aku biasanya kalau puasa paling turun 2-3 kilo.
    Namun beberapa hari kemudian, eh ralat, beberapa jam kemudian saat lebaran, back to original weight,

    Bahahaha...
    Hush, bangga gitu!


    ReplyDelete
  20. turun empat kg, mbak? wooooow, hebat banget, mbak. Aku jangankan turun, malah naik 3 kg. hahaha.

    ReplyDelete
  21. Cocok buat yang mau diet ya ini. Mumpung Ramadhan jadi bisa diatur sedemikian rupa menyesuaikan kebutuhan.

    ReplyDelete
  22. Bulan puasa gini kesempatan banget nih tuk nurunin berat badan. Huhu
    ...klo aku mah ngak pernah pusing utk diet, tapi sebaliknya pusing gmn caranya naikin berat badan. Makan banyak or dikit ngak ngaruh, bb gitu gitu aja hehe...

    ReplyDelete
  23. Nah olahraga ini yang kadang terskip pas ramadan. Tapi memang penting utk tetap beraktivitas fisik supaya tubuh tetap bugar. Turun 4kg aku mau banget mba Lid hehehe

    ReplyDelete
  24. Ya Allah aku nggak bulan puasa aja udah turun 6 kg apalagi puasa, entah berapa nanti BB sehabis puasa.

    ReplyDelete
  25. Aku BB sih udah ideal mbak, yang masih jadi masalahku adalah perut buncit ini haha aduh gimana cara mgecilin perut yaa?

    ReplyDelete
  26. Saya ada target nuruni berat badan 2 kg lagi, biar jadi 44kg. Tapi entah kenapa, malah jadi nafsu makan bertambah pas puasa karena rajin bikin sambel :D

    ReplyDelete
  27. pas berbuka minum nya es wkwkw.. gimna saya bisa kurus...

    yuk gan kita saling follow :)

    ReplyDelete
  28. Cara naikin gimana kak , Surplus kalori ya ?

    ReplyDelete
  29. Terima kasih tipsnya, Mbak. Boleh dicoba di rumah nih :D

    ReplyDelete
  30. Sudah lama nggak mampir ke blog ini tanpa list BW, hahaha, maafkan.
    Tiap bulan Ramadan, mesti kupakai sambil diet juga, tapi gagal lagi gagal lagi.
    Tahun ini dietnya harus berhasil, capek juga punya badan besar :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...