Pipa Air di Rumah Bocor, Panggil Tukang Ledeng Atau Perbaiki Sendiri?

Pipa Air di Rumah Bocor, Panggil Tukang Ledeng Atau Perbaiki Sendiri? Bicara soal tukang ledeng, kok saya jadi ingat dengan games Super Mario Bros yang dulu sering dimainkan oleh adik-adik saya waktu kecil di perangkat Nintendo. Pada games tersebut ada tokoh yang bernama Mario seorang tukang ledeng Italia di Kerajaan Jamur. Tugasnya adalah menyelamatkan Princess Peach yang sedang diculik.

pipa air



Tukang ledeng memang pekerjaannya gak jauh-jauh dari pipa saluran air. Pernah gak mengalami bocor pada pipa air di rumah? Bikin repot pokoknya apalagi kalau sampai air keluar kemana-mana. Satu-satunya jalan harus disambung dan diperbaiki pipa air tersebut supaya saluran air bisa dipergunakan kembali dan gak mengalir kemana-mana. 

Dulu sering melihat bapak saya memperbaiki pipa tempat cuci piring yang bocor sendiri berbekal pengalaman saja cukup membeli peralatan yang dibutuhkan seperti lem atau sambungan pipa. Tapi, kalau misalnya sekarang kejadian pipa air pecah atau pipa air tersumbat, lalu di rumah gak ada siapa-siapa gimana? Mau panggil Mario atau tukang ledeng lainnya?

Bebas aja sih mau panggil jasa tukang pipa atau mau memperbaiki sendiri. Tapi gak ada salahnya juga belajar memperbaiki sendiri supaya sewaktu-waktu dibutuhkan bisa langsung dikerjakan tanpa harus menunggu lama terlebih dahulu dan bisa irit pengeluaran juga.

Belajar menyambung pipa gimana sih? Belajarnya jangan dari games Plumber atau Where's My Water itu sih lebih mudah karena hanya membutuhkan logika aja supaya pipa-pipa tersebut tersambung dan bisa mengalirkan air pada tempat yang seharusnya.

Yuk, kita mengenal manfaat pipa yang perlu diketahui supaya bisa memperbaiki saluran air sendiri!

Manfaat Pipa PVC


Di setiap rumah dan bangunan dibutuhkan pipa yang digunakan untuk mengalirkan air. Air bersih yang berasal dari PAM atau pompa air juga membutuhkan pipa. Nah, untuk air bersih yang biasa dikonsumsi sebagai air minum atau memasak haruslah dialirkan melalui pipa yang bebas dari zat kimia. Pipa PVC merupakan jenis pipa yang aman digunakan di rumah untuk aliran air bersih.

Selain digunakan untuk aliran air bersih, pipa PVC juga bisa dipakai untuk saluran air buangan misalnya air hujan atau air dari kran di kamar mandi. Bahan baku pipa PVC ini juga aman dari kebakaran karena tidak menghantarkan api.

Ukuran dan Tipe Pipa Air


Waktu mau mengganti pipa, jangan asal membeli karena pipa itu memiliki tipe dan ukuran yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk tipe pipa ada tiga macam yaitu tipe AW, D, dan C. Pipa yang paling tipis adalah jenis pipa tipe C yang biasa digunakan untuk pelindung kabel listrik. Jadi, kalau saluran air bocor belinya pipa tipe AW yang paling tebal. Sedangkan pipa tipe D cocok digunakan untuk saluran pembuangan.

Untuk ukuran pipa pun ada beragam, panjang pipa 4 meter memiliki varian diameter seperti 5/8, 1/2, 3/4, 1/4, pipa air 1 inch hingga 6 inch.


Pilih Pipa Berkualitas

Beli pipa di toko material atau bahan bangunan, pasti dikasihnya pipa PVC Rucika karena brand yang satu ini dikenal menyediakan pipa berkualitas. Rucika merupakan produsen pipa PVC terbesar di Indonesia yang sudah dikenal banyak orang. Berbagai jenis produk unggulan dikeluarkan oleh Rucika untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam hal saluran.

pipa air rucika



Rucika gak cuma menyediakan berbagai ukuran dan tipe pipa PVC tapi juga mempunyai berbagai macam sambungan dan Fitting yang lengkap yang dapat digunakan pada instalasi air bersih, air hujan, air kotor dan pipa ventilasi udara.

Untuk menyambungkan pipa PVC dan sambungan atau fitting diperlukan lem pipa. Rucika juga punya lem khusus tersebut namanya RUGlue dengan komposisi khusus dapat digunakan di Indonesia yang memiliki iklim tropis sehingga bisa merekat sempurna. Ada tiga jenis ukuran RUGlue yang dapat dipilih yaitu kemasan 400gr, kemasan botol, 60gr, dan kemasan tube 50gr.

Rucika juga memiliki pipa unggulan dengan menggunakan pipa SNI (Standar Nasional Indonesia) yang digunakan untuk air bersih yaitu Rucika Exoplas. Keunggulan pipa SNI ini tidak menggunakan material cadmium dan mercury sehingga aman untuk kesehatan ketika air mengalir dalam pipa.

Setelah tahu jenis, ukuran pipa dan sambungan sesuai dengan pipa yang dibutuhkan di rumah barulah kita bisa beli pipa air tersebut. Kalau masih bingung pipa yang sesuai bisa mengunjungi website Rucika aja di sana ada banyak informasi produk yang dibutuhkan. Jadi, masih mau panggil tukang ledeng atau memperbaiki sendiri?

Post a Comment

14 Comments

  1. Jaman sekarang apapun harus dipelajarinya, jika bisa dikerjakan sendiri kenapa diberikan ke orang lain, apalagi jika harus mengeluarkan uang lagi hehe emak emak emang mikirnya gimana caranya supaya uang ngga banyak keluar, selama bisa diperbaiki sendiri ya perbaiki sendiri.. termasuk soal pipa air ya mbak.. rucika ini merk terkenal dan kualitasnya juga sudah terjamin

    ReplyDelete
  2. kalau saya panggil pak suami :) puji Tuhan di karuniai suami terampil hahaha jadi kami jarang manggil orang kalau nggak butuh2 amat

    ReplyDelete
  3. Hai mba Lidya. Senangnya mba ada kemudahan berbagai jenis pipa gini ya mba. Jujur aku awamn tapi terbantu dengan postingan mba ini

    ReplyDelete
  4. Kalo aku jelas panggil tukang mba..gak ngerti blas madalah perbaikan begini. Tapi setelah baca post ini jadi bisa mengarahkan pilihan pipanya.. Trmksh yaa..

    ReplyDelete
  5. Pipa dari rucika memang bagus kualitasnya dan sudah terbukti 😍👍

    ReplyDelete
  6. Waah...keren bisa benerin pipa sendiri, huhuu...aku belum pernah punya pengalaman, tapi kalau benerin keran yang ngucur terus atau pompa yang gak mau narik air, aku sering.
    Wkwkwk~

    Capek..
    Tapi happy kalau dikerjakan sendiri yaa...

    ReplyDelete
  7. Waahhh Rucika, kece tuh :D
    Sebenarnya sih, kalau saya lebih milih perbaiki sendiri kalau pipa air bocor, soalnya saya nggak nyaman kalau ada orang asing datang sementara di rumah nggak ada siapa-siapa.

    Dulu di STM saya pernah beberapa kali praktik sambung Pipa, tapi sekarang lupa sih, saking nggak pernah turun tangan hihihi

    ReplyDelete
  8. Gak punya alat, lagian kalau di saya harus menggali gitu, jadi ya pilih panggil Si Mamang Tukang saja, hehehe...
    Ambil yg praktis saja
    Tapi hasilnya pasti memuaskan

    ReplyDelete
  9. Kalau saya sih, manggil pak suami wkwkwk nah kalau pak suami ga ada barulah panggil tukang ledeng, kalau saya tangani sendiri nanti malah makin rusak 😅

    ReplyDelete
  10. Sungguh aku blank dengan ukuran pipa ini. Coba nanti ya si bapak kutunjukin nih ukuran pipa ini supaya ntar tau butuh apa saja ketika harus memperbaiki sambungan air di rumah.

    ReplyDelete
  11. Beneran aku kena banget nih mbak sama tulisan kali ini, pasalnya kemarin pipa wastafel bocor dan ambyar basah semua seisi dapur. Dibenerin suami malah pipanya enggak bisa dipasang lagi hehe. Jadi ujung2nya panggil tukang deh. Btw pipa rucika memang mantap.

    ReplyDelete
  12. Wuahh bagus yaa Rucika ini ada websitenya yang bisa kita kunjungi. Selama ini kalau ada kerusakan pipa, ya tinggal panggil tukang. Tukangnya juga yang pergi beli pipanya. Wkwkwkw.

    ReplyDelete
  13. Aku kayaknya bakalan panggil Tukang aja deh haha sebab suami juga pernah kan betulin sendiri danbangga tetap bocor.

    ReplyDelete
  14. Kalau aku bakalan panggil tukang ledeng sendiri mbak, Etapi disampaikan mau beli pipa airnya yang tertentu, nanti mereka yang beli atau kita beli sendiri, nanti mereka yg pasangin hehehe.Merk Rucika emng kualitasnya oke, dan nggak diragukan lagi kualitasnya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya