Cara Membuat Blog di Wordpress Untuk Pemula

Suatu hari ada teman lama yang tinggal di kota lain bertanya mengenai cara membuat blog di wordpress u untuk keperluan tugas anaknya di sekolah. Wah, saya baru tahu kalau sekolah sekarang ada materi blog juga ya.

Berhubung teman saya ini juga gak mengerti tentang blog, dia meminta saya mengajarkan anaknya lewat whatsapp saja. Sayangnya jam kami berdua selalu tidak cocok karena untuk belajar di awal butuh waktu yang sama. Di saat saya luang, anaknya lagi sekolah atau sudah tidur di malam hari. Begitu pula sebaliknya saaat dia ada waktu, saya sedang ada aktivitas lain.

cara membuat blog di wordpress


Nah, mumpung sekarang sedang belajar dari rumah banyak waktu kosong dan mau melanjutkan belajar membuat blog lagi. Untuk memudahkan dia belajar lebih baik saya buat tutorial buat blog di wordpress aja. Jadi nanti kalau ada yang kurang dimengerti lebih gampang ditanyakan dan tidak perlu online di waktu yang 

Registrasi di Wordpress


Untuk memulai kita harus melakukan registrasi terlebih dahulu, jangan lupa siapkan alamat email aktif ya! 
  • Buka laman wordpress.com dari browser! Lebih mudah dilakukan melalui laptop atau desktop apalagi untuk pemula.
  • Klik Get Started atau Start Your Website
  • Untuk pemula pilih Start with Free saja terlebih dahulu
  • Registrasi menggunakan akun Gmail
  • Kemudian buka email untuk verifikasi dan masuk ke wordpress.


Membuat Blog di Wordpress


Setelah masuk ke laman wordpress, klik tab My Site lalu klik Create Site untuk memulai membuat blog. Langkah selanjutnya mengisi My Site is Called isi saja sesuai dengan keinginan lalu klik Continue. Kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya :

  • Pada pilihan domain bisa diabaikan saja terlebih dahulu
  • Choose a design, Kalian bisa memilih desain yang sudah disediakan 
  • Pilih huruf yang akan digunakan pada tampilan blog lalu klik continue
  • Skip aja di bagian features  karena bisa dipelajari lebih lanjut
  • Pilih Free Plan
  • Complete setup, maka bisa langsung menulis postingan di blog

Memulai Menulis di Wordpress


Selanjutnya kita bisa memulai menulis postingan di Wordpress setelah sebelumnya login terlebih dahulu. Kemudian klik tombol Write pada bagian atas atau Add New Post.

Sebelum menulis postingan pastinya kita sudah tahu tema tulisan yang akan ditulis pada blog.Tuliskan judul pada bagian Add Title. Isi postingan blog dapat ditulis pada konten post yang tersedia berada di bawah bagian memasukkan judul tadi.

Setelah menulis postingan, kita juga bisa menyetingnya sesuai dengan kebutuhan dengan menekan tombol + pada laman tersebut. Atau kamu bisa menekan browse all untuk menampilkan semua setting berada pada sisi sebelah kiri.

Settingan tersebut berisi berbagai macam hal yang berhubungan dengan penulisan seperti menampilkan gambar, tabel, paragraph, video, kontak form dan lain-lain. Setelah selesai menulis bisa langsung menekan tombol publish maka tulisan kita pun sudah tampil di blog.


Memilih Jasa Penyedia Hosting

Di sini kita menggunakan sub-domain gratis dari wordpress, agar bisa menggunakan domain sendiri yang kita inginkan maka harus membeli domain pada penyedia domain dan hosting.

Membuat blog pada platform Wordpress jika ingin menggunakan domain sendiri, diperlukan hosting atau tempat menyimpan isi blog tersebut agar bisa menyimpan konten ada. Hosting ini bisa diibaratkan dengan rumah tempat tinggalnya sebuah website atau blog supaya bisa diakses oleh orang lain.

Penting sekali memilih hosting dengan terbaik untuk semua kebutuhan website. Ada beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam memilih hosting antara lain kecepatan, keamanan, dukungan pelanggan, dan mempunyai paket yang sesuai dengan website kita. Gak mau dong kalau tiba-tiba blog gak bisa dibuka gara-gara server hosting down, atau lemot misalnya.

Niagahoster merupakan rekomendasi penyedia hosting yang dapat kamu pilih untuk menyimpan data website maupun blog. Niagahoster adalah layanan hosting murah unlimited yang dilengkapi dengan cPanel dan server berada di Indonesia yang memiliki sertifikasi tier-4 yang canggih dan modern.

Niagahoster bukan hanya menyediakan layanan hosting saja, tapi juga, mail hosting, SSL, Cloud VPS dan memilih nama domain untuk blog. Buat kalian yang ingin membuat blog di wordpress Niagahoster juga menyediakan WordPress Hosting yang optimal untuk website WordPress.

Demikian langkah awal cara membuat blog di Wordpress, selanjutnya teman-teman bisa mempelajari tutorial yang lebih expert lagi.

Post a Comment

0 Comments