Dari Cheongmyeong Company Hingga ASUS ExpertBook B9 yang Mumpuni

Serial drama Korea Start Up sudah berakhir beberapa waktu lalu, tapi masih banyak yang belum bisa move on dari keriuhan drama tersebut. Banyak hal yang dapat diambil dari cerita serial itu makanya sangat berkesan termasuk buat saya. Di salah satu adegan pada episode Start Up,  CEO Cheongmyeong Company Seo Da-Mi terlihat panik ketika dikabarkan bahwa perusahaannya sedang kena serangan Ransomware yang ternyata dilakukan oleh developer perusahaannya sendiri. Mengenaskannya perusahaan belum mempunyai backup data yang baik. Untungnya tokoh utama pada drama tersebut, Nam Do San bisa mengatasinya serangan malware sehingga tidak harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan kode rahasia.

ASUS ExpertBook B9








Masalah yang dialami oleh Seo Da-Mi ini pastinya tidak hanya terjadi di film saja, karena di dunia nyata pun kejadian seperti ini ada dan sering menimpa perusahaan. Contohnya website suatu perusahaan yang di-hack oleh orang tak bertanggung jawab marak terjadi di Indonesia. Tujuannya kebanyakan buruk antara lain menginginkan uang, ingin menjatuhkan pesaing, dan lainnya. 

Tahu gak sih yang menaruh malware dan yang memperbaikinya keduanya bisa disebut dengan hacker?

Gak Semua Hacker Itu Jahat


Oh ya gak semua hacker itu jahat lho, yang jahat ini biasanya disebut dengan black hat. Pada cerita Start Up tadi yang bekerja adalah hacker black hat dan mengancam cyber security perusahaan Cheongmyeong Company.

Masih ingat dengan kasus salah satu marketplace di Indonesia yang kebobolan data pelanggannya? Nah ini juga dilakukan oleh hacker black hat demi mendapatkan keuntungan dan termasuk tindakan kriminal.

Kemampuan Nam Do-San dalam film Start-up yang bisa mengatasi malware ini disebut dengan hacker white hat. Biasanya hacker white hat ini seorang programmerdeveloper seperti Do-San atau yang ahli di bidang teknologi. Mereka menggunakan kemampuannya untuk mengetes sistem maupun memperbaiki celah-celah yang harus diperbaiki.

Ada satu lagi jenis hacker yaitu hacker greyhat, dia ini sama-sama ahli tapi tidak berniat jahat namun tetap aja salah karena berusaha memperbaiki sebuah sistem perusahaan misalnya tanpa izin terlebih dahulu. Jadi bisa dibilang hacker abu-abu.

Ngomongin soal hacker, saya juga punya lho hacker cilik di rumah, eh tapi sekarang sudah beranjak remaja. Dunia IT memang  cukup dekat dengan kami. Saya dan suami sama-sama lulusan dari jurusan Ilmu Komputer, tapi hanya suami saja yang melanjutkan di bidang yang sama hingga saat ini. Kecintaan akan dunia IT sampai-sampai menamakan anak pertama kami dengan nama Pascal, tahu kan salah satu bahasa pemrograman dan juga sekaligus nama ilmuwan. Harapannya sih dia bisa menjadi white hacker ya dalam bidang apapun berkaryanya ke depan nanti dan bisa mengatasi semua masalah dengan baik Aamiin.




Yang Harus Dilakukan Untuk Menghindari Serangan Malware


Untuk mengatasi serangan malware yang berbahaya dibutuhkan orang-orang baik seperti Nam Do-San. Buat personal maupun perusahaan ketika kehilangan data penting akibat malware merupakan suatu kerugian apalagi kalau harus membayar orang untuk mengatasi malware tersebut gak sedikit biayanya. 

Ransomware merupakan jenis malware yang menyerang data pengguna komputer kemudian akan mengenkripsi data penggunanya dengan kode rahasia. Hanya si pembuat serangan atau hacker yang tahu kodenya. Masih banyak jenis malware lain yang sama-sama berbahaya dan merugikan.

Banyak instansi atau perusahaan yang diserang malware karena kurangnya keamanan data yang mereka miliki.

Kalau ditubuh kita bisa terserang virus, nah perangkat komputer juga bisa terserang virus namanya malware. Sama halnya dengan tubuh yang memerlukan kekebalan imun, komputer juga memerlukan pertahanan untuk mencegah terinfeksi malware.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar komputer terhindar dari serangan malware antara lain :

📌 Biasakan Mempunyai Backup Data

Saya termasuk yang cuek dengan backup data awalnya, tapi sejak kehilangan data-data penting baru deh sadar. Paling enak sih menyimpan backup data secara online seperti di GDrive, Cloud, Dropbox karena bisa diakses dimanapun saat dibutuhkan.

Selain menggunakan fasilitas penyimpanan data online, kita juga bisa memanfaatkan harddisk external misalnya. Yang penting data-data kita aman. Misalnya suatu saat terkena malware otomatis data yang ada di komputer akan hilang, setidaknya kita sudah memiliki backup jadi tidak khawatir lagi.

📌 Jangan Lupa Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi

Kamu menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows? jangan lupa untuk mengupdate sistem operasinya secara berkala. Di dalam komputer biasanya kita juga menggunakan berbagai aplikasi pendukung untuk melakukan kegiatan seperti browser, aplikasi desain dan lainnya. Aplikasi tersebut juga perlu diperbarui untuk menjaga serangan yang tidak diinginkan. Pihak developer selalu memperbarui sistemnya supaya tidak ada celah-celah yang dapat dimasuki oleh malware.

📌 Pasang Antivirus dan Scan Secara Berkala

Memiliki software anti virus atau anti malware itu penting, tapi jangan lupa juga untuk melakukan scan komputer secara berkala. Nantinya software akan melakukan scanning secara menyeluruh dan menghapus malware yang ada di dalam komputer.

📌 Berhati-hati Dengan Aktivitas online Yang Dilakukan

Menggunakan internet, aktivitas membuka email, mengunduh file hingga membuka tautan adalah hal yang sering kita lakukan ketika menggunakan komputer. 

Jika tidak berhati-hati ketika mengunduh file atau membuka tautan bisa-bisa virus akan masuk ke komputer. Banyak kejadian orang sembarangan membuka tautan tanpa melihat keamanannya terlebih dahulu.


Diperlukan Tanggung Jawab Administrator dan Device Mumpuni


Rasanya semua perusahaan sekarang sudah terkoneksi dengan jaringan untuk memudahkan pekerjaan yang dilakukan oleh karyawannya. Di dalam perusahaan biasanya memiliki network administrator yang bertugas memelihara hardware dan software dari jaringan komputer.

Tugas seorang administrator ini juga meliputi konfigurasi device, pemeliharaan serta monitoring jaringan beserta perangkat komputer yang digunakan oleh karyawan di perusahaan tersebut.

Jika karyawan di perusahaan sedikit lebih mudah melakukan pemeliharaan dan monitoring. Bayangkan kalau karyawannya banyak pekerjaan seperti ini harus bergantian dilakukan. Ada gak sih device yang membuat tugas administrator ini lebih mudah? Misalnya melakukan monitoring secara remote dan lainnya.

Pertanyaan saya tersebut sudah terjawab ketika mengikuti ASUS x IIDN Business Webinar 6 Desember 2020 lalu melalui aplikasi Zoom. Pada webinar tersebut dibahas mengenai "Secure Your Business with ExpertBook Series"




Dari sini saya mendapatkan informasi penting yang bermanfaat dari Mas Rifan Fernando (ASUS ID Commercial FAE) dan Dr. Budi Sulistyo, S.T., M.T., CIS (Expert Consultant at PT. Sharing Vision Indonesia).

Dari Mas Budi, kami mendapatkan materi mengenai Keamanan Data di Era Cyber. Sedangkan dari Mas Rifan diinformasikan bahwa ASUS punya perangkat untuk memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan agar keamanan datanya aman serta bisa menggunakan backup data enterprise ASUS yang otomatis. 

Laptop terbaru dari ASUS ExpertBook Series mempunyai kinerja yang bertenaga untuk memenuhi kebutuhan pebisnis dengan menyederhanakan proses bisnis melalui manajemen ASUS.
Dengan demikian staf IT tugasnya bisa lebih ringan karena dapat mengontrol device dari jarak jauh dan mengelola aset perusahaan, hemat waktu dan uang.

Ada beberapa varian ASUS ExpertBook Series yang dikeluarkan salah satunya adalah ExpertBook Series B9. Seberapa luas biasanya kemampuannya? Yuk kita cari tahu satu persatu melalui spesifikasinya yang dirangkum dalam 9 alasan berikut ini :

9 Alasan luar biasa ASUS EXPERTBook B9 sebagai Laptop  bisnis 14 inch teringan di dunia

Kali ini saya akan mereview salah satu ASUS ExpertBook Series yaitu B9459FA yang baru saja diluncurkan sekitar bulan Juni 2020 lalu sebagai laptop bisnis. Laptop seri ini ditetapkan sebagai laptop bisnis 14 inch teringan di dunia lho.

Berikut ini 9 keunggulan ASUS Expert B9 yang perlu kalian ketahui, yaitu :

📌 Kinerja Yang Cepat dan Responsive

Saya senang sekali kalau punya laptop yang mempunyai kemampuan powerfull karena bisa membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan efisien. Bayangkan aja kalau device lemot, yang ada pekerjaan menjadi terganggu dan lebih lama dalam menyelesaikan pekerjaan.




ASUS ExpertBook B9459FA bisa membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien karena ada dukungan prosesor Intel Core i7 yang mempunyai kinerja cepat serta responsif.

Laptop ini juga punya fitur dual SSD (Solid State Drive) atau dual storage sehingga dapat mengakses data super cepat meskipun file-file yang kita miliki besar ukurannya.


📌 Tangguh Dengan U.S. Military Grade

Tidak semua orang bekerja di tempat yang nyaman, terkadang kita harus bekerja di cuaca yang extrim atau berada di kendaraan dengan jalan yang penuh guncangan. Perlu banget laptop yang tangguh di segala kondisi apapun.




ASUS ExpertBook B9450FA sudah diuji ketahanannya mulai dari uji tekan, getaran, jatuh, hingga cuaca extrem semuanya memenuhi persyaratan industri sesuai dengan standar militer AS. Untuk engselnya juga sudah melalui uji hingga ribuan siklus penggunaan, artinya sering dibuka tutup laptopnya masih tangguh ya.


📌 Pengalaman Terbaik

Menggunakan ASUS ExpertBook B9 akan memberikan pengalaman pengguna yang premium di mana penggunanya akan merasa nyaman dalam bekerja serta membuat pekerjaan menjadi efisien karena memiliki keyboard pintar serta dilengkapi dengan numberpad yang dapat menyala di saat gelap.




Punya pengalaman keyboard laptop ketumpahan air? langsung gak nyala lagi biasanya. Di sini ExpertBook B9 sudah memikirkan hal seperti ini, dengan dilengkapi keyboard anti tumpah yang bisa mengatasi cairan sampai 66cc sehingga tinggal dibersihkan dan dikeringkan pekerjaan pun dapat dilanjutkan kembali.

Gak cuma itu, engselnya bisa dimiringkan hingga 180 derajat berkat engsel ErgoLift sehingga posisi mengetik pun lebih nyaman karena keyboard otomatis dalam posisi miring.

Keunggulan lain pada keyboard adalah mempunyai function keys yaitu cukup dengan tombol fungsi saja kita bisa melakukan screen capture, menyalakan kamera atau mengakses aplikasi MyASUS.



📌 Tipis dan Ringan

Buat saya laptop menjadi teman setia, kadang pergi kemana pun gak bisa meninggalkan gadget yang satu ini. Makanya perlu banget laptop yang ringan dan tipis supaya tidak mengganggu mobilitas.



ASUS ExpertBook B9 cocok buat kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan juga mendukung pekerjaan selama Work From Home seperti saat ini. Ukuran laptop ini seperti kertas A4 dan tipis (14.9 mm) seperti baterai A2 sehingga mudah dipegang dengan 1 tangan saja saat harus pindah ruangan contohnya. 

Karena ringan ASUS B9 ini juga mudah dimasukkan ke dalam tas, gak perlu membawa tas besar apalagi tas tambahan. Beratnya aja cuma 870g tetapi memiliki layar 14 inch. 

Lho kok layar 14 inch tapi bisa tipis dan ringan? Ini berkat sasis magnesium-lithium alloy yang membuat bezel super slim pada ExpertBook B9. Oh ya bezel ini adalah frame di luar layar laptop.


📌 Melakukan Video Conference Lebih Nyaman

Di masa pandemi para pekerja banyak melakukan meeting online melalui layanan video conference. ASUS ExpertBook B9 memberikan kepuasan pengguna dalam melakukan video conference dengan meminimalkan kendala yang sering dialami seperti suara tidak jelas dengan menggunakan mikrofon port built ini sehingga bisa menangkap suara lebih jelas. Ditambah dengan fitur pembatalan kebisingan sehingga gangguan suara bisa diminimalkan. Sedangkan untuk audio, speakernya menggunakan harman kardon yang mempunyai kualitas film surround-sound audio.




Untuk layarnya menggunakan NanoEdge 14-inci tanpa bingkai sehingga layarnya terlihat full dari ujung ke ujung. Ketika menggunakan laptop di tempat yang terang, panel anti-silau bisa mengurangi pantulan dan mengurangi kelelahan pada mata.


📌 Keamanan Tingkat Tinggi Untuk Bisnis


ASUS ExpertBook B9 mempunyai keamanan tingkat tinggi membantu perlindungan perangkat keras dan memiliki autentik keamanan serta kendali jarak jauh.




Fitur Webcam Shield dapat melindungi privacy dan informasi bisnis dari hacker. Selain itu IR Camera yang canggih sehingga penggunanya bisa masuk menggunakan deteksi wajah saja. Fitur lainnya seperti fingertprint sensor memudahkan kita masuk ke dalam PC hanya dengan satu sentuhan jari saja.


📌 Konektivitas Modern

Memang enak pakai laptop tipis dan ringan untuk dibawa mobilitas, tapi kalau portnya gak lengkap suka males aja soalnya harus bawa port tambahan gitu.




Tapi di ASUS Expert B9 meskipun laptopnya tipis dan ringan tapi memiliki konektivitas modern karena memiliki jumlah port yang banyak dan menyeluruh. Mulai dari port HDMI, RJ45 via micro HDMI, USB 3.2 Gen 2 hingga Thunderbolt 3 USB C. 


📌 Baterai Tahan Lebih Lama dan Pengisian Lebih Cepat

Paling sebel kalau sedang bepergian bawa laptop, tiba-tiba baterai low. Repot kalau harus mengisi daya di tempat umum karena gak nyaman.




ASUS ExpertBook B9 ini menyediakan baterai yang tahan hingga 24 jam dengan sekali pengisian daya baterai berkapasitas tinggi. Kenapa baterainya bisa tahan lebih lama? Karena ada teknologi Panel Self Refresh yang mengandalkan memori khusus yang terpasang di panel layar LCD. Teknologi ini dapat membantu menghemat energi ketika layar menunjukkan gambar statis dan secara otomatis laptop mematikan prosesor video dan sirkuitnya.

Saat baterai low pun pengisiannya lebih cepat karena sudah didukung oleh fitur fast charging. Diisi aja selama 39 menit sudah bisa mengisi baterai sampai 60% sehingga laptop bisa lebih cepat digunakan lagi.

📌 Enhanced Cooling System


ASUS B9 terintegrasi dengan Advance Thermal Module, pembuangan panas sehingga tidak usah khawatir masalah panas dengan beban kerja berat. Cocok buat yang workaholic ya kerja terus menerus tapi gak usah takut laptop panas.



Untuk harga ASUS ExpertBook B9 Series bisa dilihat pada gambar di bawah ini!




Jadi, buat kamu yang mau memulai bisnis atau perusahaan tempat bekerja butuh laptop bisnis, gak salah lagi kalau memilih ASUS ExpertBook B9. Perusahaan yang menggunakan laptop series ini bisa memanfaatkan backup data enterprise ASUS otomatis dan dukungan spek yang mumpuni lainnya. 



Referensi:
  • https://www.exabytes.co.id/blog/cara-mencegah-ransomware/
  • https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-ExpertBook-B9450FA/Features/

Post a Comment

21 Comments

  1. Sempat salfok sama foto Pascal kecil 😍
    Memang ya butuh perangkat mumpuni utk keamanan data perusahaan termasuk UMKM. Bahkan personal harus berhati2

    ReplyDelete
  2. huah mba Lid hatam banget ya drakornya sampe bisa dicombine dengan ulasan produk ASUS keren deh hehehe...iya ya ngomongin hacker ada yang niat jahat juga yang baik..btw spek ASUS ini keren banget nih cocok banget buat yang berbisnis

    ReplyDelete
  3. Ketumpahan air ini sering kejadian sama orang tua yang masih punya anak kecil. Kayaknya harus punya laptop ini supaya lebih aman

    ReplyDelete
  4. Waah...salut sama spek dari ASUS ExpertBook B9.
    Semuanya perfect.

    Jadi gak kebayang berapa harganya yaa, kak Lia?

    ReplyDelete
  5. Asyik juga ada laptop khusus urusan bisnis jadi speknya sesuai dengan kebutuhan para pebisnis ya

    ReplyDelete
  6. Buat saya memiliki laptop tipis dan ringan lalu batre yang awet serta memory yang besar sudah menjadi impian banget. Soalnya banyak menyimpan foto dan juga task yang banyak sehingga harus mobile bawa laptop.

    ReplyDelete
  7. So you have white hacker at home now? Way to go... I know exactly how important it is to back up the data especially when it comes to important ones from work

    ReplyDelete
  8. Aku juga termasuk yang suka males2an back up data nih mbak, tapi pernah hilang semua foto anak2 waktu masih bayi sediiih banget huhuhu
    Mana gak ada Nam Dosan pulak yang bisa bantuin hahaha

    Keren banget nih ASUS Expert Book B9 deh!

    ReplyDelete
  9. bener banget mba back up data itu penting, aku sampe punya banayk hard disk external buat back up data dari G drive juga.

    ReplyDelete
  10. Laptop sekarang tipis2 tapi fungsinya luar biasa banget ya. aku pengen banget punya, tapi kira2 harganya berapaan ya.

    ReplyDelete
  11. Sambil baca ini aku solawatan mbak. Sapa tahu bisa next memiliki ASUS ExpertBook B9 Series yang kece begini.

    ReplyDelete
  12. Nah fitur fitur ini nih yg dibutuhkan saat ini. Terlebih kan WFH dan SFH dirumah, jadi gadget yg dipakai harus mumpuni ya mba

    ReplyDelete
  13. Keamanan data penting banget dijaga, apalagi aku suka lupa passowrd, jd pas ke logout device dah bingung haha
    Perusahaan2 kudu punya laptop semacam ini ya menghindari ada pencurian data perusahaan dr media pegawainya.

    ReplyDelete
  14. Mantap nih laptopnya untuk keperluan bisnis ya. Investasi yang worth to buy untuk skala komersial yang membutuhkan keamanan data maksimal.

    ReplyDelete
  15. ASUS ExpertBook B9 Series sungguh mantuuul ya mbaaa
    Cucok meong nih buat yg bergelut di kancah digital.
    Spesifikasinya bikin mupeng, aselik!

    ReplyDelete
  16. ASUS ExpertBook B9 ini keren banget sih. Bakal jos bikin konten, nulis, edit video, dan kegiatan produktivitas lainnya. Mesti nabung dulu nih. Spesifikasinya bikin mupeng.

    ReplyDelete
  17. Huaa jadi kangen nonton start Up lagi euy hehe. Btw mupeng berat sama Asus yang ini portnya banyak dan slim juga yes terus fast charging pula.

    ReplyDelete
  18. Kapan ya aku punya Asus Expert Book ini? Kece banget sih laptopnya. Bisa mendukung produktifitas nih. Nabung dulu ah supaya bisa beli.

    ReplyDelete
  19. Aku mencari laptop yang kalau dibawa itu gak ngeri jatuh dan baterainya awet lama gitu Mbak. Soalnya aku kalau bawa apa apa ada aja kadang meleset gitu.

    ReplyDelete
  20. Baguusss banget ini spesifikasinya ASUS
    Mupeng buat punya dah
    Atuuu aja gpp :D

    ReplyDelete
  21. ExpertBook bisa bikin expert beneran ya, specs nya mumpuni banget memang. Buat desain juga cucok nih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya