Cukupi Kebutuhan Garam Beriodium #BantuTumbuhSesuai Atasi Hidden Hunger

Cukupi Kebutuhan Garam Beriodium Untuk Atasi Hidden Hunger #BantuTumbuhSesuai - Kesehatan merupakan harta dan nikmat yang paling berharga dalam kondisi pandemi seperti saat ini. Makanya penting sekali untuk selalu melindungi daya tahan tubuh dengan menjaga pola hidup sehat termasuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Yakin semua makanan yang kita konsumsi sudah memenuhi angka kecukupan gizi?

garam beriodium







"We are what we eat" Pernah dengan ungkapan seperti ini? Kurang lebih artinya apa yang kita makan sehari-hari adalah cerminan diri kita. Jadi, makanan yang kita konsumsi gak cuma untuk mengenyangkan perut aja tapi juga sebagai identitas diri atau cerminan diri.

Ngomongin soal makanan, saya sering bingung menentukan jenis makanan yang akan dimakan atau dimasak apalagi harus mencukupi semua faktor gizi termasuk mikronutrien untuk menghindari hidden hunger.


Tentang 3 Masalah Gizi 


Pada hari Senin, 25 Januari 2021 lalu diperingati sebagai Hari Gizi Nasional ke-61. Bertepatan pula saya mengikuti Virtual Launch mengenai Kelezatan Makanan Bergizi Seimbang dengan Iodium untuk #BantuTumbuhSesuai yang diadakan oleh Royzo melalui aplikasi Zoom.

Di Hari Gizi ini, Dr. Hera Nurlita, SSiT, M.Kes, Kepala Seksi Mutu Gizi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia hadir dalam virtual conference mengatakan di Indonesia saat ini masih banyak masyarakatnya yang mengalami triple burden atau 3 masalah gizi yang meliputi Kekurangan Vitamin A pada anak Balita, Kekurangan Yodium dan Anemia Gizi pada anak 2-5 tahun. Gak cuma kekurangan gizi, tapi dihadapkan dengan kelebihan berat badan. Hal tersebut besar pengaruhnya pada makanan yang kita konsumsi dengan memenuhi gizi secara tepat dan seimbang.

Manfaat garam beryodium

Permasalahan gizi yang terjadi ini banyak penyebabnya selain kurangnya asupan makanan bergizi, ada pula yang disebabkan oleh penyakit atau kurangnya ilmu atau edukasi masyarakat dalam menyediakan bahan pangan, cara mengolahnya hingga pemenuhan iodium yang cukup.

💗 Pentingnya Mikronutrien Untuk Atasi Hidden Hunger


Dari 3 Masalah Gizi yang ada tersebut ada mikronutrien yang masih sering terlupakan, yaitu vitamin dan mineral yang terdiri dari vitamin A, B, C, D, E, serta mineral zinc, zat besi, iodium, kalsium, dan magnesium.

Meskipun sedikit jumlah kebutuhan mikronutrien tapi besar pengaruhnya untuk tubuh karena bermanfaat untuk metabolisme tubuh supaya fungsi tubuh bisa berjalan dengan baik.  Kekurangan Mikronutrien akan menyebabkan hidden hunger yang mempunyai ciri-ciri sering sakit, prestasi menurun.

Hidden hunger adalah kelaparan yang tersembunyi akibat kekurangan mikronutrien yaitu zat vitamin dan mineral.

Penyebab hidden hunger ini salah satunya adalah kekurangan yodium, padahal zat ini baik untuk tumbuh kembang anak dan meningkatkan pertumbuhan otak

Untuk mengatasi hidden hunger, kita sebagai orang tua perlu memberikan asupan makanan dengan pola makan beragam sesuai dengan campaign "Isi Piring Makanku". Makin banyak warna makin banyak mikronutrien yang terpenuhi. Dengan memberikan variasi makanan adalah salah satu cara kita mencukupi kebutuhan mikronutrien untuk tubuh, karena tidak ada satu bahan makanan yang mengandung nutrisi lengkap.




Bahan makanan yang mengandung sumber yodium itu bisa diambil dari makanan laut seperti kerang, udang atau telur dan susu. Namun kita juga dapat memenuhi vitamin dan mineral dari luar tubuh melalui garam beryodium.

Manfaat garam beryodium ini sangat penting untuk membantu tumbuh kembang anak, karena dapat meningkatkan pertumbuhan otak sejak masa kandungan hingga 1000 hari pertama kelahiran sampai golden periode.

Kebutuhan yodium itu sendiri memang kecil tapi setiap kelompok umur memiliki angka kebutuhan yang berbeda, dengan rincian kelompok umur sebagai berikut
  • Usia 0 - 1 tahun 90  mikrogram
  • Usia 1 - 2 120 mikrogram
  • Usia 12 hingga dewasa 150 mikrogram
  • Ibu hamil   220 mikrogram
  • Ibu menyusui 250 mikrogram


Inovasi Royco Untuk #BantuTumbuh Sesuai


Bicara tentang garam beryodium, Royco baru saja mengeluarkan inovasi terbarunya melalui produk Royco Kaldu Ayam dan Sapi yang kini berkomitmen menggunakan garam beriodium.


Hal ini sejalan dengan purpose Royco yaitu Gerakan Pangan untuk Masa Depan agar bisa menginspirasi keluarga Indonesia dalam mengonsumsi makanan yang baik untuk tubuh. 

Rangkaian Royco Kaldu Ayam dan Sapi ini dibuat dari daging berkualitas yang direbus lama tanpa menggunakan bahan pengawet. Dengan harga yang sama tapi sudah ada kandungan iodium di dalamnya untuk membentuk hormon pertumbuhan yang baik bagi perkembangan kecerdasan, fisik, dan mental mereka.

💗 Program Royco Nutrimenu


Oh ya, Royco juga mempunyai program "Royco NutriMenu" sebagai rangkaian edukasi yang diberikan kepada masyarakat. 

Pada program ini Royco memberikan panduan lengkap mengenai makanan bergizi yang lezat tapi juga bernutrisi dengan menggunakan 50 sumber pangan masa depan yaitu ragam bahan makanan yang baik untuk Masa depan.

50 Makanan Masa Depan ini punya warna spektrum pelangi dan mempunyai cita rasa serta tekstur yang beragam.

Pas banget nih buat saya yang selalu ingin memasak dengan gizi seimbang, sehat tapi juga praktis bisa intip-intip resep di web Royco. Di sana kita tidak hanya diberikan cara memasak tapi juga panduan nutrisinya.

Tantri Syalindri yang dikenal sebagai penyanyi juga ibu dari dua orang anak sama seperti ibu-ibu lainnya yang selalu ingin menyajikan makanan lezat dan bernutrisi untuk keluarganya. Tantri bilang Royco sudah menginspirasinya dalam memasak dengan berbagai variasi makanan apalagi saat ini sudah menggunakan garam beriodium.



Pada acara virtual launch tersebut, Chef Norman yang membagikan resep serta mendemokan cara memasaknya. Chef membuat nasi liwet dan menambahkan ubi, kacang ijo, dan jagung manis serta Steam Ikan Kembung Daun Kelor. Wah ternyata daun kelor bisa diolah menarik dan seenak itu ya.

Oh ya saya juga sudah menggunakan Royco lho di rumah baik yang kaldu maupun varian lainnya. yang sering saya gunakan adalah Royco Telur Asin untuk bumbu ayam greng tepung. Anak-anak suka banget jadi bikin ayam goreng tepung ala-ala EatLah gitu.

Kalau kamu suka masak apa pakai Royco? Kalau bingung bisa lihat menu di web atau di balik kemasan kok. Yang paling penting saat ini Royco sudah menggunakan garam beriodium pada produknya untuk membantu kita mencukupi zat mikronutrien dan mengatasi hidden hunger.






Post a Comment

21 Comments

  1. Mantuul banget Royco ini, selalu menghadirkan inovasi yg bikin emak2 bahagiaa.
    Royco hadir dengan Garam Beriodium.
    Ini terobosan baguus banget, karena makanan tetap bahkan semakin lezat, juga sekaligus wujud nyata kepedulian Royco mengatasi salah satu masalah gizi di Indonesia yaitu Hidden Hunger yaaa

    ReplyDelete
  2. Garam ternyata bukan cuma penguat rasa tapi juga nutirisi penting yang dibutuhkan terus sampai kita dewsa ya, Teh Lid. Itu Royco varian telur asinnya menarik, Aku belum coba nih

    ReplyDelete
  3. Saya baru tau Hidden Hunger pas webinar beberapa waktu lalu. Untung aja, anak-anak selalu dibiasakan makan yang teratur dan bergizi. Kalau enggak mungkin saya bakal menyesal, ya. Karena mereka udah remaja, golden periodnyanya udah lewat, dan saya baru tau tentang Hidden Hunger. Syukurlah sekarang Royco juga mengandung garam beriodium

    ReplyDelete
  4. garam beryodium ini sudah lama nggak kedengeran ya, dulu waktu sekolah sering banget di gaungkan :) btw sotonya menggoda mbak

    ReplyDelete
  5. Baru aja kemarin lusa aku beli royco, tapi masih yang lama, baru tau ada royco baru dengan garam beriodium. Dan baru tau juga ada royco telur asin, jadi pengin beli. Biasanya yang kupakai cuma royco kaldu sapi dan kaldu ayam aja.

    ReplyDelete
  6. Royco andalan istriku, Mbak. Buat gorengan mendoan atau bahkan nasgor ya Royco solusinya. Baru tahu nih ada inovasi gini, pintar banget memanjakan konsumen, ada garam yodium yang menyehatkan.

    ReplyDelete
  7. Saya baru tau istilah hidden hunger, padahal penting sekali untuk anak-anak ya. Jangan sampai anak-anak kekurangan zat mikronutrien dan mengganggu kesehatan mereka

    ReplyDelete
  8. Wah, Royco berinovasi tidaK sekedar sebagai penyedap rasa ya. Tapi juga memenuhi kebutuhan gizi di Indonesia, kandungan garam iodiumnya bikin para ibu gak pusing lagi beli garam yang benar-benar mengandung iodium ya

    ReplyDelete
  9. Salfok sama royco telur asin nih aku belum pernah liat mba jadi pemgen cari dan masak pake varian ini biasanya di rumah stock royco rasa ayam to sih emang beda dan enak menurutku dibdg merk lain hehee

    ReplyDelete
  10. Ga salah aku pakai penyedap royco ternyata menggunakan garam beryodium ya. Aku sih lebih sering pakai royco ayam soale lebih pas aja dan untuk yang sapi biasanya tak pakai masak sayur sop.

    ReplyDelete
  11. Jadi hari ini masak apa bund?😂
    Udah gak khawatir lagi sama masalah gizi yang gak seimbang doong yaa. Btw, abis baca ini kayaknya aku mau move on ke royco aja dehh. Haha

    ReplyDelete
  12. Hidden hunger ini yang bahaya banget ya Mba Lid, untungnya kemaren dibocorin tanda2nya, jangka panjang pula efeknyaa.
    Asiknyaa Royco yang biasa ku pake sekarang udah ada yang baru, ahh makin smangat masak2 lagii nguprek di dapur

    ReplyDelete
  13. Aku juga pakai royco di rumah tapi untuk kaldu bubuk. Senengnya skrg ada inovasi baru berupa garam yodium..disini ada mbak istilahnya garam krosok. Kasar dan ga ada kandungan yodiumnya. Sedihnya banyak masyarakat yg msh pakai garam krosok ini.

    ReplyDelete
  14. Royco jadi salah satu bumbu masak yang mesti ada di rumah. Suka juga dengan yang Royco telur asin, lalu untuk bumbu Kaldu Ayam juga wajib ada di rumahku, Kak, soalnya kalau bikin sop pasti pakai bumbu kaldu ini

    ReplyDelete
  15. Royco tuh mantap rasa kaldunya, biasanya kutambahkan kalau bikin sop. Untuk masak yang lain juga bikin sedep ya, apalagi sekarang udah ada iodiumnya juga, memenuhi standar pemenuhan gizi bagi anggota keluarga.

    ReplyDelete
  16. Wah nasi liwet pakai jagung manis 😍 trus steam ikan pakai daun kelor. Jadi ibu memang sebenarnya bisa berkreasi dengan masakan untuk keluarga ya. Apalagi kalau ditambah royco yang pakai garam beryodium. Penggunaan secukupnya nggak berlebihan dan nggak kurang. Karena kalau kurang zat micronutrien juga ternyata ga bagus bagi tubuh esp anak2

    ReplyDelete
  17. Emang segala sesuatu itu kalau berlebihan gak baik, tapi kalau kurang banget juga gak baik ya mbak.
    Iodoum ini salah satu kebutuhan yg perlu kita cukupi jg ya sbg bahan makanan.
    Aku di rumah juga sedia Royco, selalu lebih sedep kalau dicrut2in Royco, apalagi kalau masakannya tu berkuah :D

    ReplyDelete
  18. Wah ini sih bumbu andalanku sehari-hari. Bikin masak apa pun jadi enak. Mau berkuah atau pun kering. Makin semangat deh kalo pake garam beryodium. Bikin sehat ya.

    ReplyDelete
  19. Bener, suka bingung mau masak apa.
    Alhamdulillah.
    Masak bersama Royco, jadi bisa nyimpenin resep yang ada di balik kemasannya.

    ReplyDelete
  20. Wah, aku baru tahu ada Royco telur asin, favorit banget sama telur asin. Oiya, bagus nih programnya Royco, yang bagus pasti saya dukung

    ReplyDelete
  21. Wah baru tahu nih Royco kini punya garam beriodium. Inovasi yang bagus nih jadi makin nyaman pakai bumbu penyedap yang satu ini. Tidak hanya menghasilkan makanan yang enak tapi juga bergizi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya