Logo Pilihan Lebih Sehat Sebagai Bentuk Mindful Consumption

Waktu membeli produk makanan atau minuman yang pertama kali dilihat harga atau label nutrisi pada kemasan? Label informasi nilai gizi ini penting lho untuk kita yang sedang menjalani hidup sehat. Untuk memudahkan kita dalam memilih produk yang akan dikonsumsi bisa melihat logo pilihan sehat yang tertera pada kemasan.

Logo Pilihan Lebih Sehat



Apa Yang Kita Makan Akan Mencerminkan Diri 


"You Are What You Eat" pernah dengar istilah ini? Apa yang kita makan akan mencerminkan diri kita,  mungkin banyak dari kita yang kurang menyadarinya termasuk saya. Kadang kita hanya memikirkan lezatnya makanan saja tanpa berpikir panjang apa yang akan terjadi pada tubuh di masa akan datang.

Apa yang kita makan saat ini haruslah memberikan dampak yang baik di masa depan terutama kesehatan karena ini adalah salah satu investasi.

Alhamdulillah sudah banyak orang sadar dengan menerapkan pola hidup yang sehat termasuk memilih makanan yang sehat dengan menerapkan mindful consumption atau pola konsumsi berkesadaran.

Saat ini pilihan pangan yang beredar semakin banyak jenisnya sehingga kita mempunyai berbagai pilihan yang banyak. Tapi di sisi lain membuat kita kurang tepat dalam memilih asupan makanan tersebut karena kurang memperhatikan asupan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Untuk itu dalam mengonsumsi segala sesuatu harus lebih cermat dan bijak serta berkesadaran.

Mindful consumption atau konsumsi berkesadaran adalah konsep yang ada di dalam pikiran yang mendasari perilaku seseorang dalam mengonsumsi atau membeli produk.

Di saat kita memutuskan membeli sesuatu yang dimulai dari memilih hingga mengonsumsi produk pangan harus mempertimbangkan dampak yang baik bagi diri sendiri dan lingkungan


Berperilaku konsumsi berkesadaran ini harus dimulai dari diri sendiri. Namun ternyata pemerintah melalui BPOM juga membantu masyarakat untuk dapat memilih asupan pangan yang sehat dan aman dikonsumsi dengan meluncurkan logo Pilihan Lebih Sehat.

Peluncuran logo tersebut saya hadiri pada Webinar tentang "Konsumsi Berkesadaran Untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan".


Logo Pilihan Lebih Sehat


Pada setiap kemasan produk pangan kita harus melihat ada beberapa hal penting yang harus diketahui yang terdiri dari
  • Informasi nilai gizi
  • Label produk
  • Peruntukan Usia
  • Cara Konsumsi

Logo "Pilihan Lebih Sehat" ditandai dengan contreng hijau pada label kemasan supaya masyarakat lebih mudah dalam memilih produk pangan yang di dalamnya sudah ada semua informasi yang perlu diketahui konsumen. Hal ini sejalan dengan UU No.18 tahun 2012 tentang pangan, di mana negara berkewajiban untuk mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi seimbang sejalan dengan arahan WHO untuk mengurangi risiko penyakit tidak menular.


Frisian Flag Purefarm Pilihan Lebib Sehat

logo pilihan lebih sehat pada kemasan pangan

Susu merupakan salah satu kebutuhan yang gak bisa lepas di keluarga kami setiap harinya untuk membantu memenuhi gizi harian. Manfaat minum susu bagi tubuh memang sudah tidak diragukan lagi apalagi untuk anak-anak yang bisa membantu tumbuh kembangnya serta menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam memilih susu, sebagai orangtua kita juga harus memperhatikan kandungan gizi dan kalori yang ada pada label kemasan. 

Pada susu UHT Frisian Flag Purefarm saat ini sudah ada label Pilihan Lebih Sehat sehingga membantu saya menentukan bahwa produk tersebut sudah sesuai kandungan gizi dan aman bagi lingkungan.

Label Pilihan Lebih Sehat ini juga untuk mendorong masyarakat menjalani konsumsi berkesadaran dalam memilih produk yang aman dan sesuai kebutuhan. Hal ini juga sejalan dengan perusahaan Frisian Flag Indonesia yang punya komitmen dalam meningkatkan status gizi masyarakat Indonesia lewat logo tersebut.

Saat ini logo "Pilihan Lebih Sehat" sudah ada pada produk Frisian Flag susu siap minum Purefarm ukuran 225 ml, 450 ml, dan 900 ml dengan varian rasa Full Cream, Coconut Delight, Ketan Hitam, dan Sweet Delight. Nantinya logo ini juga akan hadir pada produk Frisian Flag lainnya.

Yuk, kita lebih mindful dalam memilih produk asupan dengan memahami konsep gizi seimbang, jangan asal pilih, mengenali brandnya serta cermat membaca petunjuk pada kemasan.



Post a Comment

0 Comments