Beef Teriyaki Ala Resto Jepang

Beef Teriyaki Ala Resto Jepang. Siapa suka makan beef teriyaki kalau lagi makan di resto ala Jepang? Keluarga kami suka banget menu makanan ini, biasanya memesannya saat makan di Hokben atau di Yoshinoya.

Beef Teriyaki








Makan beef teriyaki hokben memang enak banget bikin napsu makan bertambah, yang gak enak itu harganya lumayan apalagi kalau sering-sering beli bisa boros juga kantong. Supaya bisa lebih sering makan, jadilah saya mencari resep beef teriyaki ala restoran.


Beef Teriyaki Menu Andalan Ramadan


Selama Ramadan ini, menu andalan yang disukai anak-anak salah satunya beef teriyaki selain spaghetti. Untungnya sudah terbiasa bikin sendiri jadi sangat membantu selama Ramadan. Bikinnya praktis, cepat juga bisa distok buat makan sahur tinggal dipanaskan saja di microwave.

Dulu saya suka beli daging di pasar minta diiris tipis tinggal bilang aja mau dibuat teriyaki penjualnya sudah mengerti. Supaya dagingnya lebih empuk saya rebus terlebih dahulu menggunakan panci presto atau panci bertekanan tinggi.  Gak enaknya kalau lagi mau buru-buru masak gak bisa karena butuh waktu lebih untuk merebusnya.

Akhirnya saya pun membeli daging sapi slice sehingga bisa langsung dimasak tanpa harus direbus dulu dan hasilnya pun sudah empuk, anak-anak suka sekali.....(baca dengan gaya Sisca Kohl ya hihihi). Daging sapi yang saya beli di pasar juga sama-sama diiris tapi manual jadi hasilnya kurang tipis, nah kalau membeli daging slice ini mengirisnya menggunakan mesin pengiris daging khusus namanya meat slicer sehingga menghasilkan daging yang pipih dan lebar.

Untungnya teman saya menjual daging sapi slice di rumahnya jadi gak perlu ke pasar lagi karena pasti akan diantar langsung ke rumah tanpa biaya tambahan untuk pengiriman.


Baca juga :  Martabak Telur




Resep  Beef Teriyaki Simple


Awalnya sih saya melihat resep beef teriyaki saori sederhana di internet supaya rasanya enak dan mirip dengan resto Jepang. Iya, saya memang lebih sering pakai saus teriyaki instan saat memasak. Ada dua merek saus teriyaki yang biasa saya gunakan yaitu Saori dan Kikkoman.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Daging sapi slice satu bungkus biasanya saya beli ukuran 500 gram
  • Saus teriyaki bebas mau merek apa aja, saya pakai Kikkoman atau Saori
  • Saus tiram, ini optional aja
  • Bawang bombay, diiris
  • Bawang putih digeprek atau dihaluskan
  • Air




Baca juga : Sambal Ijo


Cara Membuat


1. Marinasi daging slice dengan saus teriyaki.
2. Tumis bawang bombay terlebih dahulu baru kemudian masukkan bawang putih. Kenapa gak bawang putih duluan atau bareng dengan bawang bombay? Kata Chef Arnold soalnya bawang bombay itu agak berair jadi butuh lebih lama untuk matang, kalau digabungkan dengan bawang putih takutnya keburu hangus bawang putihnya.
3. Masukkan daging slice ke dalam wajan sambil diaduk hingga warnanya berubah.
4. Tunggu hingga matang sambil sesekali diaduk.

Simple bukan cara membuatnya. Kalau ingin bawang bombaynya tidak terlihat layu masukkan di akhir ketika daging slice hampir matang.


Kalau mau hemat makan Beef teriyaki yoshinoya bikin aja sendiri di rumah, bisa dapat lebih banyak dan hemat.  Banyak resep membuat beef teriyaki persis restoran Jepang yang enak, tinggal pilih aja mau pakai yang mana. Untuk saus teriyaki mau buat sendiri atau membeli yang sudah siap pakai banyak juga di minimarket atau supermarket.





#Hari24
#BPNRamadan2021

Post a Comment

0 Comments