Kue Lebaran Yang Wajib Ada di Rumah

Kue Lebaran Yang Wajib Ada di Rumah. Sebenernya gak wajib-wajib amat sih, bebas aja yang punya rumah mau punya kue lebaran atau gak, tapi kebanyakan orang selalu menyediakan kue lebaran untuk santapan di Hari Idul Fitri baik untuk keluarga atau tamu yang datang.


kue lebaran



Sebenarnya saya kurang suka kue-kue kering gitu makanya kalau lebaran pun jarang stok, tapi ada sih satu yang sering dibeli atau dibuat. Kebiasaan saya menyediakan makanan yang disuka anak-anak aja supaya gak mubazir dan pasti habis. 


Kastengel Kriuk Yang Bikin Ketagihan


Ini satu-satunya kue kering yang saya sukai dan sering hadir saat lebaran. Meskipun suka dengan semua kastengel, tapi saya lebih suka yang hasilnya kering dan kriuk pada bagian keju parutnya. Jangan ditanya deh, satu toples bisa habis dengan cepat. Pernah beberapa kali buat kastangel, tapi sejak nikah malah belum pernah buat sama sekali, padahal peralatan juga lengkap plus ada oven listrik. Seringnya sih beli aja biar praktis,sekalian berbagi berkah Ramadan kan (hihihi alasan padahal malas)


Puding Kesukaan Anak-anak


Entah ini termasuk kue lebaran atau gak, yang pasti saya selalu membuat puding, silky puding atau panacotta untuk dinikmati selama Ramadan atau Idul Fitri.

Satu loyang saja gak cukup kalau buat puding, karena memang kegemarannya anak-anak banget. Saya senangnya masak atau beli makanan yang pasti disukai dan dihabiskan oleh keluarga, berasa gak sia-sia.


Pempek Gak Pernah Bosan


Pempek adalah salah satu makanan favorit saya dan si bungsu di rumah meskipun si sulung dan suami juga suka ikutan makan, tapi porsinya gak sebanyak kami berdua. Setiap mau lebaran saya selalu pesan pempek sebagai menu lebaran tiap tahunnya. Memang sih ini gak termasuk dalam kue lebaran, tapi buat saya bisa dijadikan camilan juga lho, bahkan menu sarapan. 

Pokoknya kalau makan pempek gak ada bosannya deh. Eits tapi gak semua pempek saya suka juga sih, lidah saya sejak kecil sudah mengenal pempek asli Palembang makanya harus pilih-pilih yang cocok di lidah. Selain saya yang bisa merasakan enaknya makan pempek, si bungsu juga bisa jadi parameternya. Lihat saja kalau dia semangat makannya dan minta nambah berarti enak, tapi kalau rasanya biasa-biasa aja dia gak akan minta tambah. Alhamdulillah saya sudah pernah merasakan makan pempek di kota asalnya yaitu Palembang.


Nah, itu 3 macaman yang paling sering ada saat lebaran, kue-kue lainnya sih bergantian saja adanya di rumah tergantung kondisi. Kalau si sulung sukanya kue nastar, nah si bungsu malah kurang suka kue-kue kering,makanya saya suka stok pempek atau bakso buat makan dan camilannya. Kalau ada waktu luang saya membuat macaroni schotel atau lasagna.

Selain itu kue lebaran kaleng juga kerap ada di rumah, bukan sengaja stok sih, tapi biasanya kami dapatkan dari hampers lebaran yang dikirimkan dari rumah baik dari kantor tempat suami bekerja, atau kiriman dan beberapa brand.

Saya salut dengan teman-teman yang rajin membuat kue lebaran tiap tahunnya bahkan ada yang sampai di jual. Saya lebih seringnya membuat makanan lain selain kue kering yang biasanya gak memerlukan oven. Kalau di rumah kalian biasanya sedia kue lebaran apa sih?


#Hari27
#BPNRamadan2021

Post a Comment

0 Comments