Ramadan Datang, Rindu Itu Datang Lagi

Yang Dirindukan Saat Ramadan. Tak terasa Ramadan tahun ini segera berakhir, meskipun menjalaninya dalam kondisi pandemic, tapi Insya Allah semua bisa menjalani ibadah dengan maksimal. Setelah Ramadan berakhir pastinya kita akan merasa rindu dan ingin dipertemukan kembali dengan Ramadan tahun depan.





Bicara soal kerinduan akan Ramadan, tiap orang punya rasa rindu yang berbeda dan ingin diulang kembali. Saya juga punya hal-hal yang paling dirindukan saat Ramadan baik saat masih kecil atau saat sudah dewasa.

Serunya Ngadulag


Dulag adalah beduk dalam bahasa Sunda, sedangkan ngadulag adalah menabuh beduk. Dulu saat saya kecil sering melihat orang-orang termasuk anak kecil yang menabuh beduk ketika selesai sholat Tarawih di masjid.




Gak asal menabuh atau memukul, ternyata mereka yang sudah terbiasa ngadulag bisa tahu iramanya supaya terdengar enak. Di tempat nenek, dulunya beduk juga dipukul sebagai tanda sebelum waktunya sholat, biasanya dipukul sebelum adzan.

Saat ini, kebiasaan seperti ini sudah tidak ada lagi, tapi saya masih melihat bedug di masjid tempat nenek saya tinggal.


Puasa di Rumah Nenek


Biasanya saat Ramadan tiba, saya suka ke rumah nenek untuk berpuasa dan bermalam di sana beberapa hari. Namanya juga nenek, pastinya memanjakan cucunya ya, ini yang paling saya rindukan. Alhamdulillah nenek masih ada saat ini, meskipun umurnya sudah kepala 9 dan bisa dikatakan masih sehat. Hanya saja sekarang beliau tinggal di rumah ortu, jadi saya pun masih bisa bertemu di sana ketika Ramadan. 


Buka Puasa Bersama


Di bulan Ramadan biasanya sesekali kami melakukan bukber atau buka bersama dengan keluarga atau teman. Tapi karena pandemic kebiasaan ini jadi gak bisa dilakukan, selain waktu juga situasinya yang tidak memungkinkan sehingga membuat kangen kegiatan bukber.


Persiapan Mudik


Biasanya minggu terakhir Ramadan, saya sudah melakukan persiapan mudik mulai dari packing hingga menyiapkan tiket atau kendaraan jika mudik menggunakan kendaraan sendiri. Lagi-lagi karena pandemic kami tidak bisa mudik untuk kedua kalinya. 

Kangen mudik, tapi semua demi kebaikan dan gak merasakan kerugian yang besar. Coba aja bayangkan jika dalam perjalanan, kami diminta petugas untuk kembali ke kota asal. Bukan cuma rugi waktu tapi juga biaya dan tenaga. Sebaiknya kami menunggu waktu yang tepat dan kondisi aman terlebih dahulu.


Ramadan datang, rindu itu datang lagi. 4 hal yang paling dirindukan dari Ramadan, dan paling utama adalah ibadah yang dilakukan selama Ramadan. Di bulan yang penuh berkah ini semua ibadah mendapatkan pahala yang besar dan akan selalu dirindukan sampai kapan pun.



#Hari19
#BPNRamadan2021

Post a Comment

0 Comments