Mau Buka Usaha Penginapan? Ikuti Trik Sukses Ini

Mau Buka Usaha Penginapan? Ikuti Trik Sukses Ini. Usaha penginapan kini menjadi pilihan saat kita memiliki properti yang mungkin sudah lama tidak digunakan. Sedikit memperbaiki properti bisa membuka usaha penginapan, tidak harus hotel bisa berupa homestay atau penginapan skala kecil. 




Mengubah properti menjadi lahan usaha penginapan tentu bisa memberikan keuntungan sekaligus perawatan secara rutin. Perlu untuk belajar bagaimana caranya agar usaha penginapan kian sukses. 

Semakin banyak pengunjung tentu akan lebih baik, apalagi jika lokasi properti strategis. Berikut ini trik yang bisa diikuti agar usaha penginapan semakin sukses. 

Trik Sukses Menjalankan Usaha Penginapan 


Bisnis penginapan merupakan salah satu bentuk jasa di mana kita memberikan fasilitas tempat menginap yang nyaman. Sama seperti bisnis lainnya, tetap dibutuhkan strategi jika ingin memperkenalkan bisnis ke masyarakat luas. 

Keberhasilan dari usaha ini ditentukan bagaimana cara menyusun strategi. Apalagi mengingat modal awalnya tidak sedikit dalam bisnis ini. Tuntutan kesuksesan jadi semakin tinggi lagi untuk dicapai. 

1. Menentukan Target Pasar dan Melakukan Riset

Kesalahan yang sering dilakukan pemilik usaha properti adalah tidak melakukan riset pasar. Sebelumnya kita harus menentukan target pasar terlebih dahulu. Apakah akan menyasar pebisnis, keluarga atau justru anak muda. 

Target ini nantinya akan menentukan harga hingga langkah pemasaran yang tepat. Setelah itu lakukan riset pasar untuk mengetahui potensi bisnisnya. Kita harus tahu berapa harga untuk penginapan sejenis sampai fasilitasnya. 




2. Desain Cantik dengan Fasilitas Lengkap

Berawal dari hasil riset kita bisa dengan mudah mendesain penginapan sesuai dengan target konsumen. Desain yang menarik ditambah dengan fasilitas lengkap baik itu di dalam kamar atau di luar. 

Misalnya saja jika target pengunjung adalah keluarga, maka memberikan taman di dalam penginapan diperlukan. Sesuaikan juga dengan jenis kamar yang pas untuk keluarga dan memberikan fasilitas seperti ekstra bed. 

3. Menentukan Harga Masuk Akal yang Terjangkau

Selanjutnya adalah soal harga yang menjadi faktor utama apakah penginapan akan dilirik konsumen. Apalagi jika berada di daerah wisata, konsumen akan dengan mudah membandingkan harga penginapan di sekitar area tersebut. 

Jangan menetapkan harga yang terlalu tinggi dari pesaing atau terlalu rendah sehingga tidak mendapatkan untung. Namun pilihlah harga yang sedikit lebih rendah ditambah dengan menawarkan fasilitas lebih lengkap. 

4. Pastikan Manajemen Keuangan Beres

Kita juga harus merencanakan soal manajemen keuangan. Bagaimana proses pembayarannya, berapa booking service dan peraturan lainnya. Manfaatkanlah aplikasi kasir terbaik saat ini seperti Majoo.

Aplikasi ini akan membantu menciptakan manajemen keuangan hingga manajemen secara keseluruhan. Berfungsi sebagai mesin kasir sekaligus memberikan laporan keuangan secara detail dan rutin yang bisa membeli aplikasi ini sejak awal. 

5. Ciptakan Nama yang Unik

Berkreasi dengan nama adalah salah satu daya tarik yang jadi trik pemasaran terbaik. Nama yang unik ditambah mudah dikenal akan menjadi bagian dari strategi promosi. Kita bisa membuat nama yang khas dan disesuaikan juga dengan desain. 

Nama yang menarik akan membuat penginapan Ana menjadi ciri khas, di mana orang yang berkunjung ke daerah tersebut harus menginap di tempat tersebut. Mintalah pendapat orang lain apakah nama yang digunakan menarik dan unik. 


6. Menjalin Kerjasama dengan Instansi atau Komunitas

Supaya menjamin mendapatkan konsumen secara rutin kita harus menjalin kerja sama dengan instansi atau komunitas tertentu. Menjalin jaringan ini sangat penting supaya mereka selalu menggunakan jasa penginapan yang kita miliki ketika berkunjung ke daerah tersebut. 

7. Keamanan dan Kebersihan Nomor 1

Selain desain yang menarik dan fasilitas lengkap, kita juga tidak boleh melewatkan soal keamanan dan juga kebersihan. Itulah pelayanan yang wajib menjadi hal nomor satu untuk dilakukan dengan baik. 

Reputasi penginapan tergantung dari bagaimana pelayanan yang diberikan membuat konsumen menjadi lebih nyaman. Aturlah jadwal untuk kebersihan setelah kamar digunakan dan pastikan ruangan selalu steril. 

Diperlukan pengecekan secara berkala untuk memastikan bahwa kamar benar-benar bersih. Mengikuti ketujuh trik ini maka akan lebih mudah menjadikan usaha penginapan yang sedang dirintis menjadi sukses. Buatlah standar yang baku untuk terus dijalankan dengan baik. 

Post a Comment

0 Comments