Aplikasi Yummy App Tempat Temukan Ide Resep Masakan Untuk Tambah Massa Otot

"Kurus banget sih badannya, banyakin makannya dong! Gak bagus badan terlalu kurus nanti terlihat cepat tua lho".

"Kamu makannya ternyata banyak juga ya, tapi badannya segitu-segitu aja".

Percakapan pertama sering dilontarkan orang yang tidak mengenal dekat saya dan terkesan body shaming. Sedangkan percakapan kedua biasanya dilontarkan oleh teman yang sudah dekat dan sering bertemu atau jalan bareng.  Percaya gak kalau saya ini udah makan banyak lho. Aplikasi Yummy App tempat temukan ide resep masakan pun saya gunakan untuk rekomendasi memasak.

aplikasi Yummy App



Penyebab Seseorang Terlihat Kurus


Penyebab seseorang kurus itu banyak, gak cuma karena faktor kurang banyak makan saja, tapi bisa jadi karena faktor genetik. Kalau dilihat ke belakang, mama saya pun punya perawakan yang kurus seperti saya, begitu pula dengan kakek.  Lalu untuk saat ini, si sulung saya pun badannya kurus. Sempat stres juga sih waktu kecil karena banyak orang ngejudge kurang gizi. Saya pun sampai konsultasi ke dokter spesialis anak dan Gastroenterologi. Beliau pun meneliti dari faktor keturunan tersebut.

Dari pada stres sendiri karena kekurusan saya ini, lebih baik mengalihkannya ke hal-hal positif dan mengambil hikmahnya saja. Contohnya bisa makan kapan pun saya mau tanpa harus khawatir timbangan naik. Saya pun merasa kok kalau tubuh ini terlalu kurus apalagi dulu sempat Indeks Massa Tubuh atau Body Mass Index (BMI) berada di bawah 18.5 yang artinya berat badan di bawah normal.  Teman-teman sudah tahu kan cara menghitung BMI?  BMI = berat badan : tinggi badan(M)2


Ingin Terlihat Kurus Tapi Berat Badan Ideal Coba Tingkatkan Massa Otot


Belajar dari berbagai sumber saya pun berusaha menaikan berat badan tapi tetap tidak mau terlihat membengkak. Ternyata kita pun tidak bisa hanya berpatokan pada BMI saja karena bisa saja seseorang punya massa otot yang lebih tinggi sehingga berat badannya pun naik namun pada bentuk tubuh tidak terlihat gemuk.

Alhamdulillah BMI saya sudah berada di angka normal saat ini yaitu di angka 19, artinya berat badan saya pun sudah naik. Dengan mengimbangi antara kebutuhan nutrisi dan olahraga saya bisa menaikkan massa otot yang otomatis menaikkan berat badan saya tetapi masih terlihat kurus.

massa otot



📌 Kenapa Massa Otot Penting?


Dulu mana ngerti saya tentang massa otot, yang saya tahu hanya berat badan atau BMI saja. Ternyata massa otot ini sangat bermanfaat lho untuk kesehatan tubuh supaya di masa tua nanti tetap bisa aktif bergerak, lebih kuat dan gak mudah cedera juga menghindari osteoporosis.

Saya pernah membaca salah satu artikel kesehatan yang menuliskan bahwa manusia itu massa ototnya akan mengalami pengurangan sekitar 1% setiap tahunnya setelah usia 40 tahun. Duh, warning kan buat saya yang usianya sudah di atas 40 tahun ini. Gak mau dong nanti saya mengalami kaku otot atau lemah otot karena adanya pengeroposan tulang.

Buat mereka yang sedang melakukan diet, membangun atau meningkatkan massa otot ini juga penting sehingga memiliki massa otot yang padat dan membuat lemak yang ada di dalam tubuh lebih cepat terbakar.

📌 Cukupi Kebutuhan Latihan dan Nutrisi

Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam membangun massa otot yaitu latihan (di sini maksudnya bisa dengan melakukan rutin olahraga) dan mencukupi kebutuhan nutrisi terutama protein. Kedua hal ini harus dilakukan seimbang untuk menjaga massa otot. Dengan olahraga kita bisa membakar kalori tapi kalau asupan gizi seimbangnya kurang maka akan mengurangi massa otot.

Beberapa waktu lalu saya ikut menonton IG Live Mas Eko Yuli Irawan seorang atlet angkat besi peraih medali perak di Olimpiade Tokyo, dan saya pun sempat bertanya pada kolom chat cara menaikan massa otot. Lalu beliau pun menjawab pertanyaan saya dengan singkat yaitu rutin latihan dan cukupi protein. Makin semangat dong saya untuk lebih sehat lagi, bukan berarti ingin jadi atlet kok.

Untuk olahraga bisa kita pilih sesuai dengan kemampuan yang penting rutin dan konsisten dalam melatih otot. Sedangkan untuk protein yang kita konsumsi di sini manfaatnya adalah untuk membantu fungsi tubuh melakukan aktivitasnya seperti fungsi otot, tulang, sistem imun, dan kekuatan otot.

Jadi, menaikan massa otot ini bukan hanya buat saya aja bukan. Kalau di rumah juga berlaku untuk keluarga. Suami sudah berhasil menurunkan berat badan melalui latihan dan konsumsi protein, begitu juga dengan anak-anak di rumah yang sudah mulai beranjak remaja. Alhamdulillah mereka ikut semangat untuk menjaga kesehatan dengan rutin olahraga dan memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuhnya. Pastinya kalau urusan nutrisi mereka masih mengandalkan saya sebagai mamanya.

📌 Berbagai Makanan Untuk Membentuk Otot


Teman-teman tau Ade Rai? Seorang atlet binaraga terkenal yang juga konsen menjaga kesehatan tubuhnya. Dulu Mas Ade ini pernah cerita di televisi kalau beliau mengonsumsi telur dalam jumlah yang banyak dalam sehari untuk mencukupi protein dalam tubuhnya. 

Telur ini sebagai makanan sumber protein tinggi yang bagus untuk membentuk otot. Sumber makanan lainnya ada pada dada ayam, banyak yang suka pasti ya, daging merak rendah lemak. kacang-kacangan, dan masih banyak lagi yang lain.

Makanan Untuk Membentuk Otot



Ragam bahan makanan dengan sumber protein tinggi bisa digunakan untuk memasak. Yang paling praktis sih masak telur rebus, tapi masa iya setiap hari menyajikan menu yang sama buat saya dan keluarga. Kadang saya merasa bingung saat memasak, bahan makanan yang ada mau diolah menjadi masakan apa. Makanya saya butuh banget ide resep masakan supaya bisa menyajikan berbagai masakan  supaya gak membosankan di rumah.

Oh ya, saya terbiasa memasak makanan yang sama untuk keluarga dan tidak pernah membedakan menu meskipun untuk anak-anak. Untungnya mereka mau makan apapun yang disajikan, sungguh menghemat waktu saya. Meskipun begitu, saya juga ingin menyajikan menu yang bervariasi untuk mereka. Untungnya sekarang saya bisa melihat aneka resep masakan lewat aplikasi Yummy App sehingga bisa menyiapkan makanan dengan protein tinggi lebih bervariasi lagi.


Aplikasi Resep Yummy App untuk Mencari Aneka Resep Untuk Cukupi Kebutuhan Protein


Pagi itu, anak-anak minta sarapannya pakai telur rebus saja. Tapi, waktu saya tawarkan masak telur gulung saja seperti masakan ala-ala Korea gitu. Wah mereka senangnya bukan main. Padahal ide memasak ini saya dapatkan dari Yummy App. 

Siapa yang menganggap masak itu sulit? 

Memang sih kalau tidak tau caranya akan terasa sulit. Mungkin ada yang tidak percaya saya bisa memasak, tidak apa-apa yang penting saya bisa memasak untuk keluarga. Lewat Yummy yang menghadirkan konten resep masakan, para ibu pun bisa terbantu supaya bisa memasak lebih mudah hanya 5 langkah saja.

Yummy ini hadir sejak tahun 2016 lalu lewat web dan sosial media Facebook dan Instagram, saat ini juga hadir lewat App yang bisa diunduh pada smartphone dengan basis OS Apple maupun Android. Untuk teman-teman yang menggunakan smartphone android dapat mengunduh app di https://play.google.com/store/apps/details?id=id.co.yummy.mobile.


Menjelajahi Yummy App 

Supaya kebutuhan nutrisi keluarga kami tetap terpenuhi dan saya pun bisa memasak dengan happy makanya Yummy App menjadi andalan sekali saat ini untuk menyusun menu. Sebelum melihat ide resep-resep yang mengandung protein tinggi yuk menjelajahi terlebih dahulu Yummy App supaya makin mengenalnya. Berikut ini fitur-fitur yang dapat digunakan di Yummy App.

🎀 Fitur Pencarian Resep

Ada 8 kategori resep yang dapat saya gunakan sebagai referensi dalam memasak. Saya juga bisa memasukkan jenis bahan makanan yang akan dimasak pada fitur pencarian. Misalnya saya ingin memasak menu yang mengandung telur atau ayam tinggal dimasukkan saja kata kuncinya.

Yummy


🎀 Fitur Tulis Resep

Yummy App bisa bantu saya #BebasMasakApaSaja sekaligus menambah penghasilan kalau teman-teman punya resep favorit yang diunggah di sana dengan menggunakan 5 step memasak mudah ya!.

🎀 Fitur Masak

Belum sempat belanja bahan masakan ke pasar, di kulkas cuma ada ayam dan daun bawang saja. Gak usah bingung pada fitur Masak di Yummy App kita bisa mendapatkan rekomendasi resep yang bervariasi cukup dengan menuliskan minimal 2 bahan saja. Setelah memasukkan bahan yang dimiliki tinggal klik Terapkan maka akan keluar resep-resep yang terbuat dari 2 bahan pilihan tersebut, misalnya ada Fuyunghai, otak-otak ayam dan lainnya.

🎀 Fitur Notifikasi

Pada menu ini pengguna app akan mendapatkan notifikasi terbaru yang berisi rekomendasi memasak setiap harinya dari pilihan editor Yummy App.

🎀 Fitur Lainnya Pada Halaman Awal

Pada halaman awal app juga tersedia menu-menu lainnya seperti resep yang sedang trending, event & promosi, Akun Official partner yang sedang bekerja sama, resep jelajah kuliner nusantara, dan resep ide jualan yang dapat teman-teman praktikkan.


Keunggulan Yummy App

Setelah menjelajah menu dan fitur yang ada pada Yummy App, saya bisa mendapatkan keuntungan dari keunggulan yang diberikan. Berikut ini keunggulan Yummy App :

Resep Masakan



1. Masak Mudah Dengan 5 Langkah 

Semua resep masakan yang ada pada Yummy App dibuat sangat mudah dan praktis yaitu hanya 5 langkah saja, sehingga saya pun bisa mengikutinya. 5 Langkah memasak diberikan dalam bentuk video maupun foto, semuanya mudah diikuti. Informasi resep ditampilkan dengan lengkap mulai dari bahan-bahan, waktu memasak, jumlah porsi, budget yang digunakan dan informasi kehalalan.

yummy app







2. Proses Anti Gagal

Resep-resep yang ditampilkan sudah dikurasi dan dimasak oleh Chef handal yang bekerjasama dengan Yummy.

3. Bisa Tambah Penghasilan

Yummy App tidak hanya berguna bagi saya yang mencari ide resep masakan saja, tapi buat teman-teman yang suka memasak dan punya resep bisa membagikannya pada aplikasi. Setiap resep yang berhasil dipublish akan mendapatkan uang Rp10.000 atau setara 100 Yummy.

Nah, buat teman-teman yang mau membagikan resep masakannya jangan lupa untuk mengikuti panduan menulis resepnya terutama di bagian 5 langkah cara memasak sesuai ciri khas Yummy.

4. Filter Resep 

Pada fitur filter resep, saya bisa memilih berdasarkan :
  • Jenis Resep (Yummy dan Komunitas)
  • Tipe Resep (Populer, Terbaru, Bintang 4 Ke atas)
  • Durasi ( 30-60 Menit, <30 Menit, >60 Menit)
  • Porsi (>10 Porsi, <5 Porsi, 5-10 Porsi)
  • Budget 
  • Kategori resep
resep masakan





Dengan filter tersebut saya bisa memasak sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. Buat yang mau hemat dan gak mau masak berlebihan boleh lho menggunakan filter ini sangat membantu sekali. Saya pun mencoba

Mencoba Resep Ala Yummy App


Seperti yang sudah saya sebutkan tadi di atas, kalau saya menawarkan membuat telur gulung. Resep pun saya lihat dari Yummy App supaya ada rekomendasi tambahan bahan masakan lainnya dan bumbu. Saya pun memilih resep Telur Gulung Saos Asam Manis. Hari esok kalau mau masak telur lagi pun masih banyak ide resep lainnya seperti Telur Gulung Jadoel, Telur Gulung Tempe, Nasi Telur Gulung dan lainnya.

Yummy App
Telur Gulung buatan saya

Rating dari resep ini adalah 5 dan termasuk ke dalam resep komunitas yang simple dengan filter harga 10-50 ribu rupiah dengan lama memasak 30 menit.

Demikian review aplikasi Yummy App yang dapat saya gunakan lewat smartphone. Dengan Yummy App saya memudahkan saya untuk mendapatkan ide resep masakan yang lebih bervariasi yang mengandung protein untuk menaikan massa otot. Buat teman-teman yang ingin belajar memasak atau mencari ide resep jangan lupa untuk mengunduh aplikasinya! 

Aplikasi Yummy App bukan hanya tempat mencari ide resep masakan saja, tapi membuat saya bisa menjadi chef untuk keluarga.



Instagram : @yummy.idn | Youtube : Yummy App | Facebook : yummyappIDN | 
Tiktok : @yummyapp


Sumber:
https://hellosehat.com/nutrisi/gizi-olahraga/daftar-makanan-untuk-membantu-membentuk-otot/
https://www.sehatq.com/artikel/mengapa-membangun-massa-otot-baik-untuk-kesehatan-tubuh-dan-kebugaran
https://www.alodokter.com/makan-banyak-tapi-tetap-kurus-ini-kemungkinan-penyebabnya
https://nutrilite.co.id/healthy-lifestyle/uncategorized/6-protein-terbaik-untuk-membentuk-otot



Post a Comment

36 Comments

  1. wah, bisa nambah penghasilan juga yah? baru tahu.
    sempat waktu itu install cuma buat liat2 resep aja, nyari ide masakan pas Ramadan.
    entar aku coba kasih tahu istriku, mayan juga kalo 1 resep bisa dapat 10 ribu, apalagi istriku cukup suka bikin masakan dan nulis resepnya buat dokumentasi.

    ReplyDelete
  2. Wah, berfokus pada fungsi dan kekuatan otot, tulang, juga sistem imun. Ternyata ada juga resepnya di aplikasi ini. Mau coba juga ahhh.

    ReplyDelete
  3. Yummy app memang keren, banyak resep yang bisa di coba setiap harinya, jadi gak bakalan kehabisan ide deh untuk memasak. Btw saya juga terbilang kurus mbak, kayaknya bisa coba tips ini deh, memasak makanan yang bisa menambah massa otot jadi tetap kelihatan seimbang ya antara berat badan dan tinggi badan.

    ReplyDelete
  4. Haduuuuuh telur adalah makanan favorit anak² saya juga lo, Mbak Lidya. Biasanya telur mata sapi, telur dadar dan dibuat sop telur. Lihat telur gulung Mbak Lidya jadi mau nyoba juga kan..kan...xixixi. Tinggal buka Yummy app di ponsel saya ni, tinggal ketik aja deh telur gulung..eaaaaa. semudah itu ketuk² resep masakan

    ReplyDelete
  5. Kalau Lia cari resep untuk menaikkan massa otot, kalau aku harus cari menu diet nih. Kita berseberangan kutub soalnya heheee.. aku napas aja jadi daging :)) Yuuk semangat masak ya kita berkat Yummy App.

    ReplyDelete
  6. Yang penting sehat mba... apalagi mba Lid mah olahraganya rajin banget 😊

    ReplyDelete
  7. Yummy App ini lengkap banget ya mba sama fiturnya , apalagi ada fitur filter resep buat mencari ide menu yang kita inginkan jadinya buibu gak perlu pusing lagi deh mikirin menu setiap harinya

    ReplyDelete
  8. Fungsional banget ya aplikasi Yummy ini. Nyenengin banget, sampe menu penting yang bener-bener bagus buat tubuh. makanan enak sampe makanan penuh gizi...luengkaap

    ReplyDelete
  9. Nanti coba buka Yummy App juga ah. Mbak Lidya tuh emang tipe badan kecil ya, kaya ibuku. Kalau aku, tipe yang mudah gemuk. Orang emang banyak modelnya. Asal nutrisi, BB dan olahraga oke, gak masalah ya

    ReplyDelete
  10. Wiwin | pratiwanggini.netAugust 30, 2021 at 9:22 PM

    Yummy App ini sapaannya sangat hangat. Kita semua jadi laksana chef beneran ya.. Jadi semangat belajar memasak (ini kalo saya lhooo..).

    ReplyDelete
  11. Saya lebih seringnya menambah lemak Mbak. Baru tahu kalau ada pembentuk masa otot. Bisa dipraktikkan ni.

    ReplyDelete
  12. wah iya mbak, aku juga klo masak mengandalkan resep dari Yummy App ini
    ternyata ada juga ya masakan untuk menambah masa otot
    lengkap banget Yummy App ini

    ReplyDelete
  13. Yummy App ini emang serba bisa soal resep deh, kmrn aq pakai cma cari resep MPASI ternyata ad jg resep ntuk menaikkan massa otot

    ReplyDelete
  14. Yummy Apps ini penolongku banget kalau masak beberapa menu Indonesia yang biasa dimasak mamahku. Karena kalau fi rumah masak yang simple-simple jadi pas ada request masakan tertentu langsung buka apps.

    ReplyDelete
  15. Banyak yg pengin langsiiiingg, mba Lia justru pengin tampak berisi hihih.
    Tapii YUMMY app emang solusi buat semua ya.
    yg mau langsing, bisa browse resepnyaaa
    yg mau nambah massa otot juga bisa.

    ReplyDelete
  16. aku jadi tertarik buat install yummy app ini deh mba, banyak banget fitur yang bisa digunakan apalagi koleksi resepnya juga berlimpah

    ReplyDelete
  17. Saya install Yummy karena gak ribet kalau pengen cari menu baru. Udah gitu ada step by stepnya dengan foto yang bagus. Jadi semangat buat coba-coba resep

    ReplyDelete
  18. Ahh masak anti ribet kalo pake app ini, fitur2 yang mempermudah menjadi cheef, huhuy kan.Btw resep2 masakan dan pemilihan bahan makanan pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan yaa, kek telor ini. Aku pun sukaa bangeet endog dengan berbagai olahan, terutama telor rebuuss

    ReplyDelete
  19. Saya sering tuh ngelihat postingan di IGnya @yummy.idn , bikin pengen segera masak gitu.

    Resep yang dishare di YummyApp juga termasuk gampang dipraktekan ya. Menu sehari-hari ada aja lah pokoknya. Biar kita gak bingung mau masak apa. Lihat di Yummy App, bisa banget.

    ReplyDelete
  20. Wah aku baru tahu bisa dapat penghasilan tambahan dari upload resep, lumayan banget tuh, tapi aku udah kok install aplikasi Yummy, soalnya ada fitur cari resep sesuai filter budget yang bantu banget nemuin resep menu makanan sesuai budget belanja, apalagi pas akhir bulan...hihihi, kalau aku selama pandemi bikin timbangan makin naik,bawaannya mau ngemil aja sih.

    ReplyDelete
  21. Duh, body shaming ternyata ga cuma ke yang overweight aja ya, yang kuyuus pun dinyinyirin. Hhhh. Semangat Mba
    Btw, Yummy App andalan memang buat bekal bebikinan. Yang bikin aku suka banget karena ada budget dan waktu memasak beserta fitur lengkap penyerta. Macam-macam pula jenis hidangan yang bisa dipilih. Kan tinggal klik kalau lagi ga ide memasak

    ReplyDelete
  22. Akhirnya aku unduh juga aplikasi Yummy Apps. Mupeng sih pengen nulis resep dan dapat penghasilan.

    Dirimu kebalikannya dengan aku, makan dikit aja langsung gembul. Tapi aku pernah ngalamin sih saat makan banyak tetep kecil. Mendadak usia 40 berubah, melebar kanan kiri, curhaat 😂

    ReplyDelete
  23. Okrayyyy mbak Lid, aku akan mencoba mendownload aplikasi ini. Aku merasa BBku turun tp badanku tampak ngga sehat krn massa otoku kurang. Makasih infonya mbak..

    ReplyDelete
  24. Adaaaa aja ya yang nyindir kurang gemuklah kurang kurus lah....

    Hebat banget Lia udah prepare dengan punya yummy app

    ReplyDelete
  25. Hehe kalau tiap hari telur rebus, belum ada seminggu juga udah bosan ya mbak. Jadi variasi menu itu juga penting. Untung ada yummy app, jadi nggak mati gaya mau bikin olahan apa dari bahan yang ada

    ReplyDelete
  26. Unduh yummy app bikn mudah dan semangat masak yaaa Lia

    ReplyDelete
  27. enak bisa nyari-nyari makanan di sana. secara aku kadang suka bingung mau masak apa bikin apa. ternyata banyak banget resep di sana mba. pengen sesekali nyoba salah satu resep di son

    donlot aaah

    ReplyDelete
  28. Wah bener juga ya kacang kedelai bisa nambah massa otot. Aku 5 tahun lagi usia 40 mba. Huaa kudu sekarang nih benerin nutrisi nya. Alhamdulillah ada yummy App bisa nyontek resep di sana

    ReplyDelete
  29. Kalo resep untuk diet ada juga ga ya mbaa, pengen langsing tapi nggak kekurangan nutrisi juga, hihi. Jadi bisa cari resep buat bundanya, trus resep yg bisa menaikkan BB dan massa otot buat anak-anak dan suami

    ReplyDelete
  30. Jadi terpesona sama fitur-fitur di aplikasi Yummy deh. Harus banget ini saya unduh buat jaga-jaga kalau lagi bingung mau masak apa gitu.

    ReplyDelete
  31. Aku makan banyak gak gendut2, Mba. Bahkan gendut saja karena habis melahirkan itu pun aku tetap banyak berat badan segitubyerus. Hehe...
    Kalau mau lihat resep masakan bisa yummy aplikasi ya, Mba. Cocok nih buat aku yang lagi belajar masak.

    ReplyDelete
  32. Malah pengen makan banyak tapi tetap kurus..hehehe..

    Siip...ini banyak rwsep dan ide...Ku ntar download ..lah cari ide masak..

    ReplyDelete
  33. Yes Mbak.. kayak saya ini. Makannya banyak, tapi tetap kurus dilihat orang lain

    ReplyDelete
  34. Mbak Fit, telur gulungnya cakep banget loh bisa dilipet begitu! keren banget rapih

    ReplyDelete
  35. Wah jadi penasaran saya sama menu telur gulungnya. Kebetulan anak saya juga suka makan pakai telur. Mungkin nanti bakal dicoba buat bekal dia

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya