Tetap Aktif Bergerak dan Penuhi Nutrisi Untuk Kebebasan Bergerak Hari Ini dan Nanti

Minggu pagi jam 7 sudah siap di depan laptop,  matras yoga pun sudah digelar di lantai. Lho, ada apa pagi-pagi udah mau zoom aja kata suami, waktu diajak lari saya bilang gak bisa soalnya mau yoga. Senang banget waktu tau pagi itu diajak yoga bareng Anlene yang selalu giat mengajak kita untuk tetap aktif bergerak dan penuhi nutrisi supaya tetap bisa beraktivitas hari ini dan nanti.

tetap aktif bergerak dan penuhi nutrisi





Terapkan "Listen To Your Body" Dalam Berolahraga


Acara diawali dengan yoga bersama yang dipandu oleh Mbak Amanda Tasning seorang instruktur yoga. Beliau menjelaskan bahwa ketika melakukan yoga harus mendengarkan tubuh kita dan rasakan nafas kita karena ini bagian yang paling penting.

Hanya diri kita sendiri yang bisa mendengarkan apa yang dibutuhkan oleh tubuh apakah gerakan yoga tersebut bisa kita lakukan atau tidak. Jangan memaksakan diri, lakukan perlahan sesuai kemampuan. Jika merasa mampu, kita bisa melakukan challenge terhadap diri sendiri dengan memberikan pose yoga yang berbeda. Di dalam yoga setiap pose ada tahapannya, jika seseorang belum mampu diberikan kemudahan gerakannya sehingga bisa tetap mengikuti.





💗 Gentle Yoga

Pagi itu Mbak Amanda mengajak kami melakukan Gentle Yoga. Gentle yoga ini biasanya dilakukan oleh para pemula dengan gerakan yang sederhana.

Waktu praktik gentle yoga ini siapapun bisa mengikutinya karena tidak memerlukan keahlian khusus bahkan mereka yang baru pertama kali yoga pun bisa mengikutinya. Gentle yoga bisa dipraktikkan di rumah supaya badan kita bisa lentur dan melancarkan peredaran darah, apalagi seharian di rumah saja selama pandemi.

Buat saya yang sudah terbiasa yoga, gerakan gentle yoga ibaratnya sebagai pemanasan aja, tapi itu bermanfaat juga lho. Apalagi minggu-minggu ini saya lagi mager untuk yoga.

💗 Conditioning Yoga

Mbak Amanda juga kemudian mengajarkan kami Conditioning Yoga pada sesi berikutnya. Nah, di sini baru deh gerakannya ada challenge-nya dan membuat heart rate saya meningkat. Beberapa gerakan seperti down dog, Plank, Cobra Pose dan lainnya ada challenge sesuai kemampuan masing-masing.

Di sini tetap kita harus mendengarkan tubuh, jika heart rate sudah terasa tinggi, boleh istirahat pada posisi child pose. Waktu saya ukur heart rate sih rata-rata 100 bpm saja. 

Duh, saya harus merutinkan lagi yoga nih, karena beberapa hari ini lagi sulit untuk tidur cepat dan kepala terasa pusing. Alhamdulillah setelah yoga pagi tadi tubuh saya pun terasa bugar dan sakit kepala yang saya rasakan sudah hilang.

Oh ya, guru yoga yang biasa mengajar itu usianya sudah di atas 60 tahun tapi masih kelihatan bugar, saya juga maulah seperti beliau yang tetap aktif bergerak di usianya. Untuk bisa tetap aktif bergerak di usia emas nantinya kita harus tetap bergerak dari sekarang dan didukung oleh nutrisi yang mencukupi.




Penuhi Nutrisi Yang Memberikan Energi


Menerapkan pola hidup sehat termasuk konsumsi makanan bergizi seimbang itu penting dilakukan oleh siapa pun. Untuk mencukupi nutrisi harian biasanya kita mengonsumsi susu. Tapi saat ini kita bisa mendapatkan nutrisi harian dengan #PilihYangLebih dan #LebihDariSusu dengan konsumsi Anlene.



Anlene sudah ada di Indonesia lebih dari 2 dekade dan sejak awal selalu mengajak masyarakat untuk tetap bergerak aktif dan menghindari sedentary life. Sedangkan untuk kebutuhan nutrisi Anlene menghadirkan produk yang mengandung nutrisi komplit dan superior dapat dikonsumsi oleh masyarakat.

Sedentari Life adalah jenis aktivitas yang kita lakukan di luar waktu tidur dengan kalori yang dikeluarkan sedikit. Jika tidak asi sedentari berisiko munculnya penyakit obesitas.

Sudah tau dong apa aja kegiatan dari sedentari life ini?

Intinya sedentari life ini adalah kegiatan dengan minim gerakan fisik seperti rebahan sambil nonton atau ngemil. Atau biasa bekerja di depan laptop seharian. Bahaya dari gaya hidup ini bukan cuma diabetes saya yang menyerang tapi juga penyakit lainnya. Maka dari itu perlu dihindari dengan aktif bergerak. Misalnya kita bisa berjalan kaki minimum 30 menit, turun naik tangga atau melakukan peregangan buat mereka yang seharian sudah duduk di bekerja. Lebih baik lagi sih rutin berolahraga, gak harus yang sulit kok olahraganya bisa disesuaikan dengan kemampuan yang penting aktif bergerak.



launching anlene





Pada acara webinar yang digelar hari Minggu  tersebut Anlene meluncurkan Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X. Community webinar yang dipandu oleh Tommy Prabowo tersebut juga dihadiri oleh Mbak Rhesya Agustine (MArketing Manager Anlene, PT. Fonterra Brands Indonesia), Bapak haryadi Raharjo (Scientific adan Nutrition Manager, PT. Fonterra Brands Indonesia), dan Liliyana Natsir.

Aktif bergerak saja tidaklah cukup tanpa didukung dengan nutrisi yang mencukupi. Memilih asupan nutrisi lebih juga penting supaya kita bisa merasakan kebebasan bergerak tanpa khawatir hari ini dan nanti. 

Ada dua produk Anlene yang dapat mencukupi kebutuhan kita lebih dari susu yaitu Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X di mana keduanya mempunyai kandungan yang baik.


anlene gold 5x



💗Anlene Actifit 3X

Anlene Actifit 3X ini peruntukannya bagi orang dewasa dengan kandungan nutrisi lengkap untuk menjaga kesehatan tulang, kelenturan sendi, dan kekuatan otot agar tetap aktif dan berenergi sepanjang hari.

Di dalamnya terdapat kalsium yang tinggi, protein dan Vitamin B6, lemak lebih rendah dan rasa lebih enak.

💗 Anlene Gold 5X

Sedangkan Anlene Gold 5X juga dapat dikonsumsi oleh orang dewasa khususnya mereka yang berusia 50 tahun ke atas. Dengan kandungan superior yang dapat menjaga kesehatan tulang, kelenturan sendiri, dan kekuatan otot serta rendah kolesterol serta kalium dan tanpa penambahan gula.

Untuk mengecek kepadatan tulang dan menilai mobilitas, Anlene juga sudah menyediakan pemeriksaan mobilitas gratis lho pada web http://anlenemovecheck.com/. Saya sudah mencobanya dengan tes gerakan sederhana untuk pengecekannya.




Yuk Ikut Kompetisi #JadiAtletDirumah


Seperti yang kita ketahui saat ini sedang berlangsung event olahraga  di Tokyo sejak 23 Juli 2021 hingga 8 Agustus 2021 nanti.

jadi atlet di rumah

Kalian ikut menonton dan mendukung para atlet juga dong dari rumah? Seru melihat perjuangan atlet yang sedang bertanding di Tokyo. Ada yang berhasil meraih medali, ada pula yang gagal. Namun kegagalan mereka juga patut diacungi jempol karena sudah berusaha semaksimal mungkin.

Kita juga bisa kok #JadiAtletDirumah dengan melakukan gerakan berlari, berjalan, dan melompat. Untuk informasi lebih detil bisa dilihat pada akun Instagram @anlene_indonesia mudah kan cara ikutannya. Jangan sampai terlambat ya karena periode kompetisinya dari tanggal 23 Juli - 8 Agustus 2021 aja.

Ada Liliyana Natsir yang memperagakan tiga gerakan utama untuk bisa jadi atlet di rumah. Gerakan gak harus dilakukan secara heboh, tapi dengan gerakan sederhana pun bisa. Sebagai mantan atlet bulutangkis, Ci Butet (sebutan Liliyana Natsir) hingga saat ini tetap aktif bergerak. Ci Butet juga menyarankan agar kita selalu melakukan pemanasan sebelum olahraga dari ujung kepala hingga ujung kaki. Kemudian gerakan dilakukan secara konsisten dan step by step gak perlu


Usia bertambah itu kepastian, tua adalah pilihan. Untuk nutrisi anlene menyediakan produk agar kita bisa tetap sehat, aktif dalam melakukan aktivitas fisik, dan bertenaga melalui produk yang dapat memperkuat tulang, menjaga kelenturan sendi dan energi otot

Tetap aktif BERGERAK dan Penuhi NUTRISI supaya tetap bisa beraktivitas hingga usia emas nanti. Lakukan mulai dari sekarang jangan menunggu nanti, self reminder juga bagi saya. Sehat selalu untuk kita semua ya dan bisa merasakan kebebasan bergerak sampai kapan pun.





Post a Comment

62 Comments

  1. Mba Lidia jago yoga juga ya. Manfaatnya yoga memang banyak loh, dan baik untuk investasi kesehatan tubuh. Saya dengar teman pernah ngomong, orang yang sering yoga atau melakukan gerakan stretching, ototnya jadi lebih terlatih dan lentur. Untuk kasus-kasus tertentu, seperti kepleset, nggak mudah kecetit atau keseleo.

    Asyik banget sih bisa yoga bareng secara online. Eh saya juga pernah tuh minum Anlene, soalnya proteinnya tinggi. Rasane juga lezatos pisan.

    ReplyDelete
  2. Seruuu banget ikutan event Anlene ini!
    Jadi berkeringat dan segerrr maksimal pasca Yoga!
    Dan yeah, memang kandungan #LebihdariSusu yg ada di Anlene bikin makin enjoyable banget!
    Pengin ikutan challenge-nya juga aahhh

    ReplyDelete
  3. Wah, ada Butet,, aku suka banget ama dia Mba, hehehe. Mau lah ikutan lomba di Ig nya, mau beli anlene dulu, lagi gak ada stoknya. btw badanmu juga da lentur aja mak

    ReplyDelete
  4. Tos mak Lidya!
    Aku juga sudah lama banget tidak yoga, euy!

    Btw,
    Aku baru tahu juga istilah gentle yoga dan conditioning yoga.
    Dulu pas ikut yoga, instrukturnya langsung praktek saja, hahaha.
    Tidak dijelaskan gentle yoga dll.

    Jadi, mak Lidya minum Anlene yang mana ne?

    ReplyDelete
  5. Acara yang menarik ini. Saya juga ikutam yoga kemarin. Ada ci butet juga jadi semangat untuk bergerak.

    ReplyDelete
  6. jadi ada 2 ragam produk anlene yang keluar ya, Mba. Jadi mau ikut kompetisinya deh, Mba. Secara mamer pelanggannya Anlene nih. lihat syarat dan ketentuannya dimana ya?

    ReplyDelete
  7. Wah iya, meski di rumah saja tetap harus aktif bergerak ya mbak
    apalagi klo minum Anlene, makin aktif bergerak jadinya

    ReplyDelete
  8. Mbak Lidya .. kumenyerah di conditioning yoga ... banyak yang ada plank atau semi plank gitu hihi.

    ReplyDelete
  9. Untuk usia saya ternyata gerak dan nutrisi sangat dianjurkan nih
    Terimakasih ulasannya. Saya tidak ikut webinarnya tapi senang nih bisa menyerap ilmunya...

    ReplyDelete
  10. Seru dan asik nih pagi-pagi udah yoga. Kalau aku belum pernah sama sekali yoga. Lebih sering senam aja kalau di rumah. Dulu sebelum ada pandemi lumayan sering ikut senam di stadion. Tapi semenjak ada pandemi aku lebih memilih senam di rumah aja. Pengen olahraga yoga juga nih setelah baca postingan ini.

    ReplyDelete
  11. Ayoo jadi atlet, dari pagi aku dah bergerak nih. Yoga, udah ke sekolah si kk, yg belom Olga jari jemari alias onlen, huaaa.

    Btw seru banget kemaren acaranya, Anlene selalu mengajak untuk bergerak terus dari dulu sampe sekarang pun di rumah aja. Bergerak terus dan penuhi nutrisi agar sehat sekarang dan nanti.

    ReplyDelete
  12. Seru banget acaranya ya Mba. .bs yoga bersama walau virtual lumayan ngingetin juga utk tidak mager hehe...

    ReplyDelete
  13. Di masa pandemi skrg memang gak boleh mager yah, untuk menaikkan imun harus rajin olahraga. Keren nih event dari Anlene

    ReplyDelete
  14. waah..sayang sekali saya batal ikut webinar keren ini..jadi nggak bisa belajar gentle yoga deh.. ada youtubenya gak ya?

    ReplyDelete
  15. Apapun yang terjadi, kesehatan tetap nomor satu :)

    ReplyDelete
  16. kadang ya di usia dan berat tubuh seperti sekarang ini suka ngerasa keram, nah ini akibat jarang atau mager bergerak dan memenuhi asupan nutrisi buat tulang dan sendi

    ReplyDelete
  17. Nah menarik ini. Listen to your body. Jadi ga sekedar olahraga hrs tau mana yg bs dihandle badan. Yoga salah satunya inner spiritualnya dijaga

    ReplyDelete
  18. Aktif bergerak selama pandemi penting banget, mbak lid panutan karena tiap feed ig di isi sepedaan. Aku jadi malu, karena banyak rebahan. Harus aktif bergerak supaya terhindar dari banyak penyakit dan naikin imun tubuh

    ReplyDelete
  19. Kepadatan tulang itu sangat penting bagi kesehatan tubuh ya.. Kalau ngomongin kesehatan tulang pasti langsung inget anlene, hehe.. Sebuah gerakan yang bagus nih dari Anlene kepada para cunsomer nya untuk terus aktif bergerak!

    ReplyDelete
  20. Huwaa, senang banget ya kemaren bisa ikutan Yoga, sayang yang sesi 2, conditioning Yoga saya nggak sanggup lagi hahaha.
    Yoga itu asyik banget, olahraga pelan tapi bikin keringat mengalir deras.

    Jadi berasa lebih sehat pula tulang dan persendian, apalagi ditambah minum Anlene :)

    ReplyDelete
  21. Aku pernah yoga pas masih hamil itu sampe ketiduran saking relax nya ya ampun. Kalo setelah lahiran, aku direcokin bocah terus huhuhu

    ReplyDelete
  22. Mantuls banget pose yoganya mam... Aku jadi inget kalau udah lama ngga yoga mam. Pengen mulai tapi besok besok terus, huhuhu... Kayaknya memang harus perkuat tekad hidup sehat nih... Harus jajan Anlene nih kayaknya... Better late than sorry ya...

    ReplyDelete
  23. Yeeyy aku kmrn juga rasain banget enaknya yoga. Makin semangat karena rame2 ada temennya hehehe.
    Habis itu jd penasaran sama Anlene 😂cobain deh yg vanilla.

    ReplyDelete
  24. eh malah pusing hilang setelah yoga, ya. Nah enggak ada alasan mager untuk olahraga dari rumah. Yoga pun bisa, pakai panduan YT kali yaa dan dengarkan sinyal tubuh.
    btw, itu gimana bisa jumpalitan >,< keren Mbak Lia!

    ReplyDelete
  25. Aku rasanya dulu suka banget yang namanya gabung di klub olahraga. Dari Senin-Jumat, tiap hari olahraga di Hotel Jayakarta, bandung.
    Hehehe...terus, terus...ketabrak pandemi.

    Hilang sudah habit olahragaku.
    Paling kangen sama pilates, yoga dan zumba.

    Bersama Anlene, tulang tetap kuat terjaga hingga nanti yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kompetisinya doonk...
      Asik banget nih..

      Cari tau gimana ikutan #JadiAtletDirumah aah..

      Delete
  26. Kerasa banget bedanya ya gentle yoga sama conditioning yoga.. Ke badan enak banget euy rasanya...

    ReplyDelete
  27. Daku kepingin banget mbak konsisten buat yoga, jadi tetep aktif gerak badannya. Cuma yang ada suka gak rutin hehe. Kecuali kalau ada musik yang asik

    ReplyDelete
  28. Artha Nugraha JonarAugust 3, 2021 at 9:05 AM

    Apapun olahraga, yang penting tetap bergerak. No mager-mager lagi.

    ReplyDelete
  29. Tinggal dipilih aja mau konsumsi anlene yang mana sesuai kebutuhan ya, mbak. Oke, noted.

    ReplyDelete
  30. Mbaaak... lentur banget badannya. Saya nih tiap pagi nantangin anak-anak buat cium lutut, eh tapi saya sendiri lebih sering gagal melakukannya.

    Asyik ya Anlene bikin tantangan jalan lari dan lompat di rumah.

    ReplyDelete
  31. Mbak Lidya lentur banget tubuhnya, kelihatan kalau udah kebiasaan ngeyoga. Gerakan gentle yoga ini lebih ke pemanasan ya mbak, klo Conditioning yoga levelnya senior dan butuh asupan nutrisi yanh superior😂

    ReplyDelete
  32. Yoga ini termasuk pilihan aktivitas olahraga yang aku suka. Meskipun gk high impact tapi kerasa banget ya keringat bercucuran. Ngeliat kaya gini jadi pengen rutin olahraga lagi.

    ReplyDelete
  33. widih mba lid ini mantap nian yoganya. pasti ini rutin dilakukan ya.. Aku aja kemarin udah ngos ngosan banget, apalgi yang sesi keduanya, udah banyak gangguan dan bocil pun ikutan jadi ga fokus deh.

    Kenal Anlene sejak kecl, eh ternyata udah dua dekade aja ya usianya. Terus aktif mengajak masyarakat untuk hidup aktif dan sehat ya mbak

    ReplyDelete
  34. bener banget ya mbak, banyak gerak juga butuh energi ya, jadi emang kudu seimbang, antara pola makan dan olahraga agar tubuh menjadi sehat meskipun di rumah saja

    ReplyDelete
  35. Padahal aku pengen banget bisa ikutan yoga sampe akhir gerakan. Sayangnya sakit bekas jatuh di kamar mandi masih agak perih di bagian pinggul. Apa daya deh...

    ReplyDelete
  36. Seru banget ni eventnya...
    ada olah ragabareng di sesi awal dan akhir yang bikin peserta makin sehat

    ReplyDelete
  37. Wuah lentur sekali badannyaaaa, badan udah langsing jadi makin langsing nih karena rajin olahraga. Ajari dong yoganyaaa buat pemula, biar lancar peredaran darah dan badan tetap bugar.
    Susu Anlene, aku pengin coba juga, apalagi sudah mau kepala lima ini haha

    ReplyDelete
  38. Noted banget sama pesan Kak Amanda..untuk mendengarkan tubuh, dan membuatku jadi ingin rutin lagi yoga. Semangat. Dan setelah tahu ada Anlene Gold 5X aku merasa perlu ganti dari Anlene Actifit, pas buat kebutuhanku nih, apalagi tanpa gula tambahan

    ReplyDelete
  39. Benar apa yang dikatakan mba Amanda, Listen Your Body! Hanya diri sendiri yang bisa mendengarkan apa yang dibutuhkan oleh tubuh apakah gerakan yoga tersebut bisa kita lakukan atau tidak.
    Ga memaksakan diri, lakukan perlahan sesuai kemampuan.Makanya ku suka yoga, bisa tau apa yang tubuh mau.
    Salut sama Anlene dengan programnya Jadi Atlet Di Rumah, mengajak kita untuk bergerak terus.

    ReplyDelete
  40. Mba Lidya bentuk badanmu bisa lentur gitu lho, rajin olahraga kok ya
    jadi nyesel nggak rajin. Padahal yoga wes paling gampang olahraga seng santai banget ya

    ReplyDelete
  41. Aku udah lama banget nggak olahraga. Kemarin ikutan event Anlene yoga bareng, badan auto kemretek. Ehh apaan ya wkwkw.
    Tapi memang lebih enak sih saat bangun tidur keesokannya.

    ReplyDelete
  42. sangat penting untuk memikirkan asupan yang masuk dalam tubuh kita, termasuk rutin meminum susu untuk kesehatan tulang

    ReplyDelete
  43. Sayang banget aku batal ikut acara Anlene kemarin itu. udah kebayang pasti seru karena ada kelas yoga. Qadarullah badan ngedrop menjelang hari H. Btw, Mbak Lidya lentur banget badannya. Pantes awet muda dan segar.

    ReplyDelete
  44. Karena aktif bergerak atau melakukan olahraga seperti yoga ini juga bisa jadi investasi bagi tubuh kita ya. Dan emang sih aktif bergerak saja tidak cukuh karena tubuh juga perlu mendapatkan asupan nutrisi yang tepat

    ReplyDelete
  45. Setuju banget. Walaupun cuma dirumah aja tapi nggak boleh lupa untuk tetepa bergerak dan penuhi asupan nutrisi tubuh. Seperti rajin olahraga dan minum anlene activit 3x ini ya mbaaaa

    ReplyDelete
  46. Pengen ikut Yoga blm kesampaian sampai akhirnya pandemi. Keinginan ikut msh besar nih...

    ReplyDelete
  47. Mbak Lidya, itu gaya yang jungkir balik susahnya minta ampun lho. Keren banget Mbak... jadi pengen mulai olahraga aku. Hiks, beberapa bulan terakhir mager banget mau olahraga

    ReplyDelete
  48. wah kebetulan nih aku lagi mulai ikutan yoga pakai youtube. pengin lebih sehat

    ReplyDelete
  49. Nggak rugi ya Mbak Lidya pagi-pagi sudah siap ngezoom ternyata acaranya seru, aku suka yoganya.. Pengen coba Anlene Actifit juga karena rendah lemak dan gula

    ReplyDelete
  50. Kalau kata zaidul akbar tidak perlu minum vitamin d kalau badan pegel. Cukup olahraga aja. Minum susu solusi untuk jaga kepadatan tulang

    ReplyDelete
  51. Wah... saya juga mau, dong, untuk bisa tetap aktif bergerak di usia emas. Jadi harus dimulai dari sekarang ya, Mbak? Baiklah saya coba untuk mulai olahraga ringan dulu dari sekarang.

    ReplyDelete
  52. wah seru banget ya mbak acara webinar IIDNXANLENE ini
    bisa membuat kita tetap bergerak meski di rumah saja
    seger ya habis yoga

    ReplyDelete
  53. Yoga termasuk yang bisa meredakan tingkat ketegangan di pikiran ya mba Lid? Karena bisa membuatmu melega nggak begitu pusing setelah rutin melakukannya. Harus belajar yoga yang dasar dulu nih aku, aku termasuk yang susah tidur.

    ReplyDelete
  54. Aku juga ingin terus aktif dan skrg rutin juga minum susu anlene

    ReplyDelete
  55. aduh, aku sampai ketinggalan info kalau Anlene mengeluarkan produk baru.. padahal dulu, Anlene tuh nggak pernah telat minum lho..

    ReplyDelete
  56. seru ya mbak. seneng banget bisa ikut webinar ini. Gentle yoganya juga manteb..bikin fresh dan tubuh relaks. Maklum golongan mager nih..tapi harus diubaj. Kan bisa tetap olah raga meskipun dari rumah..

    ReplyDelete
  57. Asyik yoga dengan Anlene. Jadi ikutan semangat. Kelamaan mager. Harus dibarengindengan konsumsi susu Anlene juga

    ReplyDelete
  58. hayo semangat olahragaaaa biar badan tetep sehat dan bugarrr
    kemaren mayan banget yogaan di rumah walau bentar
    secara dah lama banget ga yoga aku mba

    ReplyDelete
  59. ya ampun mbak , bisa ya yoga jungkir balik begitu, tanpa bantuan pula. keren banget. Aku kayaknya udah engak bisa kayak gitu mbak hihhi, bisa bisanya ngegubrak deh. btw bener mba, selama di rumah aja kudu tetap bergerak yaa, agar badan sehat dan tulang sendi terpelihara kepadatannya.

    ReplyDelete
  60. keren banget bisa mbak Gentle yoga, aku belum sanggup, baru ikut zumba aja, semoga bisa ikutan yoga juga, karena mbak inspiring pake banget

    ReplyDelete
  61. bagus nih buat saya yang mulai menua. Asupan nutrisi dari anlene agar hidup tetap sehat, aktif dalam melakukan aktivitas fisik, dan bertenaga. Selain itu dapat menambah kekuatan tulang dan menjaga kelenturan persendian serta otot juga ya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya