Ketahui Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak Berikut Ini

Masa depan anak sudah pasti harus dipikirkan sejak dini. Sudah menjadi kewajiban orang tua terhadap anak untuk memberikan masa depan yang baik dan menjadikan anak tersebut orang yang berakhlak dan berguna bagi sesama. Selain merawat dengan penuh cinta, mendidik anak juga membutuhkan strategi parenting yang tepat. Memenuhi setiap kebutuhan anak terutama pendidikan.

Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak



5 Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak 


Mungkin masih ada beberapa orang tua yang merasa apakah sudah melakukan semua kewajiban atau belum. Anak memang adalah salah satu hal terpenting yang perlu dijaga sekuat tenaga agar menjadi orang yang berguna. 

Masa depan anak sudah pasti harus dipikirkan sejak dini oleh orang tua. Berikut ini beberapa kewajiban orang tua terhadap anak yang perlu dipenuhi.

1. Mengasuh Anak

Hal pertama yang masuk dalam kewajiban orang tua pada anaknya adalah mengasuh. Maksut dari mengasuh disini adalah memberikan perlindungan, merawat juga memberikan pendidikan pada anak. Sebagai orang tua sudah seharusnya melindungi anak, menjaganya, serta memberikan semua kebutuhan anak. Kebutuhan di sini secara fisik maupun psikis.  Anak perlu diberikan perhatian, kasih sayang, cinta, dan juga didengarkan saat berbicara. Ini merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh orang tua pada anaknya.

2. Mendidik

Mendidik anak di sini adalah dengan memberikan contoh yang baik kepada anak. Anak sampai dewasa akan menjadikan orang tuanya sebagai panutan yang ditiru. Menjadi orang tua yang bertanggung jawab, jujur, menerapkan nilai-nilai agama nanti akan menjadi panutan yang baik bagi anak. 

Kebanyakan orang tua memberikan didikan hanya sebatas teori atau melalui nasihat namun sebagai orang tua tidak melakukan hal yang serupa dengan apa yang dikatakan kepada anak. Anak akan menjadi bingung dan akan menjadikan anak tidak patuh dan hilang kepercayaan pada orang tuanya. Berikan didikan selain dari nasihat, berilah banyak contoh secara perbuatan.

3. Mengembangkan Minat dan Bakat Anak 

Minat dan bakat anak tentunya berbeda-beda karena setiap anak itu unik dan memiliki karakteristik masing-masing. Tugas orang tua adalah mengarahkan dan membantu anak untuk bisa mengembangkan minat dan bakat yang ada di dalam dirinya. 

Selain memberikan motivasi orang tua juga harus mencarikan tempat yang cocok untuk anak bisa menumbuh kembangkan minat dan bakatnya tersebut. Jika anak sudah tahu minat dan bakat yang dimiliki maka masa depan anak bisa lebih terarah.

4. Menanamkan Nilai Budi Pekerti dan Kemandirian 

Seorang anak harus memiliki budi pekerti agar menjadi orang yang baik dan bisa membantu sesama. Nilai-nilai budi pekerti perlu dikenalkan dan ditanamkan sejak dini pada anak. Akhlak adalah kunci anak bisa menjadi orang berhasil di masa depan. Selain itu anak juga harus diajari mandiri sejak kecil agar ia bisa memenuhi kebutuhannya sendiri kelak.

5. Mempersiapkan Masa Depan 

Meski masa depan tidak bisa diprediksi, namun sudah menjadi kewajiban orang tua terhadap anak untuk mempersiapkan masa depan yang baik. Orang tua harus memikirkan masa depan anak sejak anak masih di dalam kandungan. Masa depan di sini yang paling penting adalah anak bisa mengenyam pendidikan hingga jenjang tertinggi yakni kuliah. 

Salah satu cara agar bisa memenuhi kewajiban ini orang tua perlu mempersiapkan dana sedini mungkin agar masa depan anak aman dan terjamin. Solusi yang bisa diambil adalah dengan memiliki asuransi pendidikan Prudential syariah. Adanya asuransi tersebut anak akan terlindungi dan masa depannya juga bisa lebih terjamin.

Itulah berbagai kewajiban orang tua terhadap anak yang harus dipenuhi. Dengan kewajiban yang terpenuhi, tumbuh kembang buah hati juga akan menjadi berjalan lancar dan baik sampai masa depannya.




Post a Comment

2 Comments

  1. Izin memperkenalkan aplikasi Yoi, sebuah aplikasi untuk isi pulsa termurah, insya allah transaksi akan selalu dijaga kecepatannya.

    Deposit minimal cukup Rp. 10.000 saja melalui BCA, BRI, MANDIRI, BNI dan BSI

    Jika berminat silahkan cari aplikasi Yoi - Isi Pulsa Termurah dan Paket Internet di Play Store!

    Terimakasih

    ReplyDelete
  2. punya anak emang banyak tanggung jawabnya yah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya