3 Situs Belajar Coding Mudah dan Menyenangkan

Dunia IT makin maju, semua hal bisa diakses dengan mudah termasuk untuk belajar coding. Kalau dulu saya belajar coding karena tuntutan ketika kuliah, namun saat ini siapa pun bisa belajar coding otodidak asalkan ada keinginan yang kuat dan memahami dasarnya. Bukan hanya orang dewasa saja yang belajar coding, anak-anak pun bisa apalagi situs belajar coding dapat digunakan dengan mudah dan menyenangkan.

Situs Belajar Coding




Banyak anak yang mulai menyukai pemrograman apalagi mereka menganggapnya kegiatan ini seperti bermain games. Bagi mereka yang menggeluti dunia programing, mungkin sudah terbiasa melihat kode-kode tertentu untuk menjalankan sebuah program. Namun, bagi kalian pemula, bisa kok untuk belajar programming secara menyenangkan.

Buat anak-anak belajar programing juga ada manfaatnya lho, diantaranya adalah meningkatkan kreativitasnya dan memahami perintah coding yang disediakan serta mengatasi problem solving yang ada. 

Ada banyak situs coding online yang dapat digunakan untuk belajar membuat program, 3 diantaranya yaitu:

Belajar Membuat Games Lewat Scratch


Scratch adalah salah satu situs bahasa pemrograman visual yang bisa kita gunakan untuk belajar membuat program bagi anak maupun dewasa. Di sini kita tidak perlu pusing-pusing menghapalkan kode program yang rumit, karena semuanya sudah disediakan. Kita hanya perlu memahami sebuah kasus saja dan mencari penyelesaiannya.

Misalnya kita akan membuat games Space Shooter lewat situs Scratch, maka kita perlu membuat perintah bagaimana sebuah roket tersebut bisa bergerak dan menembaki musuhnya. Di sini diperlukan pemahaman kapan dan dimana harus menempelkan code yang berubah block-block berisi perintah seperti motion, looks, sound, control dan lainnya.


Belajar di Udemy


Buat kalian yang ingin lebih menguasai keterampilan programming, bisa mempelajarinya secara online lewat Udemy. Pada situs ini akan menemukan tutorial untuk pembelajaran programing dengan bahasa pemrograman yang kalian pilih seperti Python, Java, Javascript, dan lainnya.

Kalau anak-anak di rumah bahasa pemrograman yang pertama kali diajarkan adalah Python, karena bahasa ini popular di dunia dan lebih simple untuk digunakan.

Gak masalah jika kalian ingin mempelajari pemrograman untuk senang-senang aja bukan sebagai skill dalam mencari pekerjaan. Kemampuan programing tertentu bisa membantu kita dalam mengerjakan aktivitas. Misalnya belajar coding html bisa digunakan ketika saya mengutak-atik templat blog dan lainnya.

Oh ya, selain dari website coding kita juga bisa mempelajari coding melalui tayangan atau tutorial yang ada pada youtube. Beruntunglah mereka yang bisa belajar sendiri tanpa harus menempuh pendidikan formal. Namun, jika para orangtua ingin mengasah kemampuan anaknya dalam belajar coding, saat ini sudah banyak tempat kursus coding baik online maupun offline dengan metode yang menyenangkan sehingga anak-anak antusias untuk mempelajarinya. Yang perlu disiapkan untuk belajar coding lewat tempat kursus selain biaya juga device yang mempuni untuk belajar.

Bermain Sambil Belajar Coding di Web Games Online


Siapa sih gak suka main games? Sepertinya hampir semua orang suka main games, tapi dengan tipe games yang berbeda-beda pastinya. Jangan salah lho, dari main games kita juga bisa belajar banyak, termasuk belajar coding atau pemrograman secara menyenangkan. 


Untuk mengisi waktu luang kita bisa bermain games online di situs Plays.org yang menyediakan ratusan games secara gratis. Nah, di situs ini juga menyediakan kategori permainan coding yang dapat kita coba.

Saya sudah mencoba beberapa games coding yang disediakan, salah satunya adalah Ben 10 Omnicode. Berhubung kedua anak saya laki-laki, karakter Ben 10 pada games tersebut sudah tidak asing lagi buat saya karena sering menonton serialnya.

Plays.org



Lewat games kita juga bisa melatih tingkat kesabaran dan keseriusan dalam memecahkan suatu masalah. Pada game Ben 10 Omnicode, karakter utamanya Ben yang sedang terjebak di dalam dunia video game. Kalau biasanya di games pada umumnya kita cukup menjalankan kursor supaya Ben bisa berjalan, meloncat atau berlari. Di sini kita sebagai pemain justru harus membantu Ben agar bisa terbebas dari kesulitan dengan memberikan dasar-dasar pengkodean.

Cukup mudah kok cara memainkannya, kita diminta untuk menempatkan tombol kode yang berisi instruksi atau perintah supaya Ben dapat bergerak. Jika salah memberikan kode perintah, mungkin saja Ben akan jatuh ke lubang.

Selain Ben 10 kita pun dapat bermain games coding lainnya yang sudah disediakan seperti Secret Message Maker yang bermanfaat untuk melatih membaca sebuah pesan melalui kode.


Manfaat teknologi yang didukung dengan gadget memang banyak membantu aktivitas kita, namun jika tidak menggunakannya dengan bijak maka akan menjadi kecanduan. Dari kecintaan bermain games, bisa menghasilkan atlet e-sport profesional juga lho. Maka dari itu baik orang tua atau anak-anak harus memahami bagaimana tips menggunakan gadget dengan baik.




Post a Comment

0 Comments