Tools Pendukung Kegiatan Blogging Yang Biasa Digunakan

Kalian punya rekomendasi tools pendukung kegiatan blogging yang biasa digunakan sehari-hari yang sangat membantu dan diandalkan? Sharing yuk, apa saja tools tersebut! Saya juga mau sharing tools pendukung yang biasa saya gunakan.

Tools Pendukung Kegiatan Blogging



Masing-masing punya tools andalan yang biasa digunakan sesuai dengan kebiasaan dan kenyamanan masing-masing. Manfaatnya pasti untuk memudahkan berbagai aktivitas blogging kita dan meningkatkan produktivitas.  Berikut ini beberapa tools yang biasa saya gunakan sehari-hari.

Mendesain Postingan Blog Dengan Canva


Dalam menulis sebuah postingan blog biasanya didukung dengan foto sebagai pemanis dan supaya tidak monoton serta membosankan. Sebisa mungkin menggunakan dokumentasi milik pribadi jadi terlihat natural dan berdasarkan pengalaman yang real. Kalau pun menggunakan foto bukan milik sendiri harus memilih yang bebas copyright.

Tapi akhir-akhirnya ini dibandingkan memilih foto yang sudah disediakan situs penyedia foto yang bebas digunakan, saya memilih membuat desain di Canva saja. Walaupun belum terlalu ahli dalam mendesain tapi setidaknya saya terus belajar dan mencoba. Ternyata Canva itu multifungsi dan bermanfaat sekali untuk membuat segala macam desain baik gambar maupun video.

Kami pun akhirnya memutuskan untuk memakai Canva Pro yang dibayar pertahun. Selain saya yang menggunakan Canva, anak-anak juga ikut memakai untuk membuat tugas-tugas yang diberikan dari sekolah. Dengan menggunakan Canva Pro banyak pilihan element maupun template yang bisa dipilih juga sekaligus mensupport pembelajaran jarak jauh bagi anak-anak dengan memberikan fasilitas yang maksimal.

Akhir-akhir ini saya lagi belajar membuat link bio untuk di Instagram di Canva. Ternyata semudah itu ya membuatnya. Buat kalian yang ingin mendesain gambar di Canva dan mencoba Canva Pro gratis selama 1 bulan bisa menggunakan link rekomendasi dari saya ya! https://s.id/FreePremiumCanva


Pengingat dan Pencatat ColorNote

Saya biasa mencatat hal-hal penting pada aplikasi ColorNote, maklumlah kadang lupa kalau tidak ada pencatatan. ColorNote juga berguna untuk membuat poin-poin penting untuk menulis postingan blog. Di aplikasi ini juga saya bisa membuat checklist apa saja yang harus dikerjakan.

Awalnya gak sengaja menemukan aplikasi ini dan langsung suka karena user friendly banget. Untuk pengguna baru seperti saya gak perlu kesulitan dalam mempelajari fitur-fitur yang ada karena sangat sederhana. Selain ini pada ColorNote juga tersedia kalender yang berguna untuk membuat jadwal sehari-hari.

Yang paling saya suka sih karena ColorNote ini bisa login dengan akun Google jadi datanya bisa terintegrasi dengan Google Drive. Meskipun saya ganti ponsel catatan yang pernah dibuat masih tersimpan rapi dan gak hilang.


Device Yang Nyaman Digunakan


Untuk ngeblog atau mengerjakan laporan pekerjaan saya paling nyaman menggunakan laptop, tapi kadang kalau sedang bepergian agak repot bawanya. Memaksakan diri menggunakan smartphone merasa gak nyaman apalagi tampilannya kecil, belum lagi ga keypad yang terlalu kecil agak susah untuk mengetik cepat. Ada sih keyboard tambahan tapi sama saja ukurannya bikin berat.

Makanya lagi butuh banget tablet 10 inch untuk aktivitas blogging maupun bekerja untuk memudahkan baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Asyik aja gitu bisa pakai tablet apalagi saat ini sering berkomunikasi lewat zoom.




Tablet yang saya inginkan ini juga harus dilengkapi dengan stylus dan keyboard tambahan yang ringan untuk memudahkan mengerjakan segala sesuatu yang dibutuhkan. Selain speknya yang mencukupi saya juga harus memikirkan harganya yang gak menguras dompet.

Ternyata Advan mengeluarkan Tablet rasa Laptop, wah ini sih sesuai banget dengan kebutuhan saya nih. Advan Tab Sketsa 2 yang punya ukuran layar 10.1" pastinya nyaman digunakan untuk bekerja maupun blogging karena sudah dilengkapi dengan stylus dan keyboard. Anak-anak yang sedang PJJ pun bisa ikut memakainya.

Saya pun penasaran dengan spesifikasinya, langsung lah saya cari di website resminya. Advan Tablet Sketsa 2 didukung oleh OS AndroidTM 11 selain dilengkapi dengan Wifi juga sudah support SIM Card. Untuk spek lainnya menggunakan RAM 4/64 GB sehingga bisa bekerja multitasking dan didukung CPU Tiger T310. Sedangkan untuk kameranya berkapasitas 5MP + 8MP dilengkapi Flash Light. Ketahanan pakai baterainya juga cukup lama dengan kapasitas baterai 6000mAh.

Duh, nyaman banget pastinya kalau saya punya Advan Tablet Sketsa 2 yang punya tagline Tablet Rasa Laptop ini apalagi harganya juga terjangkau yaitu Rp2.799.000 sudah termasuk case, keyboard dan stylus jadi ga perlu mengeluarkan uang tambahan lagi untuk membelinya. Untuk pembelian tablet ini bisa melalui berbagai marketplace kesayangan kita.

Kalau punya Advan Tab Sketsa 2 maka banyak hal yang bisa dilakukan menggunakan device ini selain untuk bekerja lebih mudah karena ada keyboard untuk mengetik. Saya pun gak pusing atau stres lagi saat bepergian karena bisa menyelesaikan pekerjaan dadakan dengan cepat.

Sedangkan buat anak-anak yang suka menggambar animasi bisa menggunakan stylus untuk proses menggambar mereka agar lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan jari seperti biasa. Untuk mengedit gambar-gambar tersebut juga lebih cepat karena tinggal tap-tap saja dan menggeser pernak-perniknya. Untuk bermain games pun tetap nyaman digunakan.

Yang paling asyik sih dengan menggunakan tablet saya bisa membaca ebook lebih nyaman maklumlah kindle yang kami miliki sudah waktunya pensiun dan untuk video call bisa lebih puas karena layarnya besar.

Gimana kalian tertarik juga punya Tablet Rasa Laptop?

Post a Comment

8 Comments

  1. waw spec nya

    harga Rp2.799.000 , Advan Tablet Sketsa 2 mumpuni banget ya?

    RAM 4/64 GB bikin kita leluasa kerja, bahkan download drama Korea :D

    ReplyDelete
  2. Mau langsung instal colornotea, ah..

    Penasaran sama tampilan yang user friendly

    ReplyDelete
  3. Ini dia yang bikin aku penasaran banget: tablet rasa laptop yang paket lengkap banget.... Harganya ramah di rekening lagi. Minggu besok mau cuss ke toko smartphone ah.... MAkasih ya infonya

    ReplyDelete
  4. Belum memiliki lagi mba, dulu sempat punya. Tapi, gadget di rumah kalau udah di tangan anak, jarang yg bertahan lama.
    Tablet Advan ini bisa banget nih jadi penggantinya, harganya juga terjangkau dengan spesifikasi lengkap. Cocok untuk bloging dan keperluan pendukungnya ya.

    ReplyDelete
  5. Aku juga nih sekarang sering pakai Canva buat ilustrasi tambahan. Seneng banget bisa berkreasi dengan banyak gambar, text dan background yang colorful dan selalu menarik. Semakin sering bikin jadi semakin cinta dah sama Canva.

    ReplyDelete
  6. Dengan spesifikasi sekeren itu, harganya termasuk murah yaa, Mba. Jadi kepikiran pengen punya 1 nih biar nge-blog nya bisa dari sini aja, gak perlu bawa-bawa laptop yang berat lagi

    ReplyDelete
  7. Saya sangat terbantu dengan canva, dulu harus utak atik di PC, sekarang dengan tablet semua mudah dikerjakan termasuk menulis blog

    ReplyDelete
  8. ibaratnya, canva adalah sahabatku" mbak, hahaha eh btw aku galfok sama tabletnya deh mbak, keren ih, auto browsing nih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya