5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa Supaya Tidak Sia-sia

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa Supaya Tidak Sia-sia. Alhamdulillah kita masih bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan tahun ini. Meskipun puasa di rumah saja, tapi kita harus bisa menjalankan ibadah dengan maksimal baik yang wajib maupun sunnah. Kita harus bisa memanfaatkan waktu di bulan Ramadan sebaik-baiknya meskipun waktu istirahat berkurang tapi bukan berarti di siang hari banyak tidur dan rebahan saja. Boleh-boleh saja istirahat secukupnya, tapi kita pun harus menjalankan kegiatan lain yang bermanfaat dalam bulan puasa ini.

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa




Mengikuti Kajian Online


Lagi-lagi saya membahas tentang mengikuti kajian online, karena memang saya jarang sekali datang ke masjid atau tempat kajian secara offline. Dengan mengikuti kajian secara online paling tidak saya tetap merefresh ilmu supaya tetap semangat dalam menjalankan ibadah baik di bulan Ramadan maupun di luar Ramadan.

Kajian online yang saya ikuti tidak hanya online live kok, bisa juga melalui video youtube yang sudah pernah tayang sebelumnya namun belum pernah saya simak. Channel youtube Ustadz Adi Hidayat atau channel lain yang menampikkan Gus Baha biasanya saya saksikan di rumah.

Mengkhatamkan Quran


Kalau biasanya di luar bulan Ramadan membaca Quran ½ atau 1 juz, nah di bulan Ramadan ini sebisa mungkin harus khatam Quran satu kali, syukur-syukur bisa lebih dari 1 kali khatamnya. Di bulan suci dan penuh berkah ini kita harus senantiasa menjalankan ibadah lebih dari biasanya karena momen satu tahun sekali kita bisa mencari pahala sebanyak-banyaknya, karena belum tentu kita bisa menjalani Ramadan lagi di tahun depan. Usia hanya Allah yang mengetahuinya jadi harus bisa memanfaatkan momen sebaik-baiknya.

Mengikuti Tantangan Menulis Blog


Buat para blogger, kini saatnya mengikuti tantangan menulis postingan blog selam satu bulan penuh yang diselenggarakan oleh berbagai komunitas. Selain ad hadiah yang disediakan, setidaknya kita bisa ikut konsisten dalam menulis postingan blog organik. Semoga setelahnya bisa tetap konsisten menulis postingan organik di luar Ramadan. Enaknya mengikuti tantangan menulis seperti ini temanya sudah ditentukan, sehingga bisa lebih mudah ketika menuangkannya ke dalam tulisan pada blog.

Berbagi Takjil


Berbagi dengan orang yang berbuka puasa itu pahalanya besar, makanya banyak pula orang yang berbagi takjil di bulan Ramadan ini. Biasanya pembagian takjil disalurkan melalui masjid terdekat, sekolah, maupun dibagikan sendiri jika memungkinkan.

Ada kebahagiaan tersendiri jika kita bisa berbagi terhadap sesama apalagi bisa menyediakan hidangan berbuka bagi orang yang sedang berpuasa, karena kita pun bisa mendapatkan pahala dari mereka yang berpuasa tersebut,

Olahraga Supaya  Bugar


Ayo jangan mager selama puasa, tubuh kita harus tetap bugar jangan kebanyakan rebahan. Lakukan olahraga ringan semampunya dan jangan memaksakan diri apalagi belum terbiasa olahraga di bulan Ramadan. Yang penting kita bergerak dan melakukan aktivitas supaya tidak lemas dan tubuh terasa kaku.

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa Supaya Tidak Sia-sia ini bisa kita jalankan setiap harinya atau diganti dengan kegiatan bermanfaat lainnya sesuai dengan keinginan kita.

Post a Comment

0 Comments