Tetap Semangat Puasa di Rumah Aja dan Lakukan Aktivitas

Tetap Semangat Puasa di Rumah Aja dan LAkukan Aktivitas Bermanfaat. Puasa kali ini masih dalam suasana pandemi meskipun sudah ada perbedaan puasa saat pandemi tahun ketiga yaitu sudah banyak penurunan kasus mereka yang terkena virus covid-19.

Puasa di Rumah Aja




Puasa kali ini, suami masih bekerja secara WFH atau Work From Home, jadi sepanjang hari bahkan satu bulan penuh bisa berbuka puasa sama-sama dengan keluarga, kecuali ada hari harus buka bersama di kantor. Meskipun anak-anak juga sudah mulai sekolah tatap muka, tapi aktivitas sehari-hari juga banyak dilakukan di rumah. Supaya gak bosan selama puasa di rumah aja dan tetap bisa menikmati hari sambil memperbanyak amalan ibadah sunnah selama Ramadan, kami pun melakukan beberapa aktivitas lain yang menyenangkan.

Mendengarkan Kajian online


Buat orang yang mager keluar rumah seperti saya ini, paling suka mendengarkan kajian online saja supaya bisa tetap dapat ilmu agama. Alhamdulillah tahun ini juga saya ikutan grup ODOJ yang diselenggarakan oleh Connecting Mama, di mana tiap satu minggu sekali diadakan kajian online lewat aplikasi Zoom.

Olahraga di Rumah Aja


Selama Ramadan ini, jujur saja aktivitas olahraga di luar rumah jadi agak terganggu dan terbatas karena tenaga dan waktunya. Dalam satu minggu paling hanya 1-2 kali saja saya melakukan olahraga ke luar rumah, begitu pula dengan anak-anak. Kecuali suami yang masih rutin olahraga ke luar rumah, tenaganya berbeda dengan kami ternyata yang gampang haus dan lelah.

Supaya tetap bugar,  saya biasanya melakukan sedikit aktivitas gerak di rumah saja seperti menggunakan dumble, skipping, hulahoop, atau sepeda status. Untuk penggunaan treadmill malah jarang sekali saya gunakan selama Ramadan, karena sudah tidak ada tenaga.

Nonton Film Bersama Keluarga


Untuk urusan menonton film di bulan Ramadan ini terbatas sekali waktunya karena harus melakukan ibadah sunnah seperti tilawah atau hal lainnya. Justru di bulan Ramadan ini saya jadi bisa nonton film bersama anak-anak di rumah di kalau biasanya sendiri. Film yang dipilih dan ditonton pun yang sesuai kok, jadi aman ditonton bersama apalagi di bulan Ramadan.

Beres-beres Rumah di Saat Senggang


Untuk aktivitas beres-beres rumah pun di bulan Ramadan agak berkurang sekali nih yang saya lakukan. Untungnya kalau si sulung sudah bisa membereskan kamarnya sendiri, selebihnya dilakukan bergantian saja. Kalau sedang rajin semua dirapikan, tapi kalau sedang datang malasnya, ya sudah dibiarkan saja dulu sampai menunggu waktu berbuka puasa, ceritanya menghemat tenaga selama puasa, padahal sih banyak orang yang bisa melakukan aktivitas fisik tidak ada masalah kok.

Puasa di rumah aja, buat saya gak masalah karena sehari-harinya pun banyak beraktivitas di rumah saja, kecuali ada undangan atau kegiatan di luar rumah baru deh keluar. Puasa di rumah aja tidak masalah yang penting tetap bisa melaksanakan ibadah dengan baik dan memperbanyak amalan, mau di mana pun puasanya baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Semoga puasa di masa pandemi ini membuat kita tetap istiqomah dalam menjalankan ibadah setelah Ramadan nanti. Harapan saya ini adalah bukan Ramadan terakhir kami di rumah, semoga masih bisa merasakan Ramadan lagi di tahun yang akan datang. Doa lain yang paling diminta adalah agar pandemi segera berakhir dan kondisi makin baik dari sekarang.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan di rumah masing-masing dan tetap semangat menjalankan aktivitas.




Post a Comment

0 Comments