Cara Menghadapi Masa Sulit Dengan Mudah, Temukan Potensi Diri

Kalau beberapa waktu lalu saya sudah mengikuti kelasnya Coach Ayu yang membahas tentang bagaimana cara kita keluar dari masalah tanpa drama. Kelas Coach Ayu kali ini mengulas tentang "Rahasia Temukan Potensi Diri untuk Berkreasi di Masa Sulit". Sejak awal saya sudah tertarik sekali dengan tema yang akan dibawakan, Alhamdulillah berkesempatan mengikutinya juga akhirnya. 

Cara Menghadapi Masa Sulit





Tentang Masa Sulit


Pernah gak sih kita mengalami masa sulit? Saya rasa semuanya pasti pernah alami masa-masa itu, termasuk saya apalagi 2 tahun ini kita ada di kondisi pandemi. Yang membedakannya adalah bagaimana kita merespon dan menghadapi masa sulit tersebut. Untuk mengatasinya diperlukan mindset terlebih dahulu pada diri kita.

Bicara soal masa sulit, tiap orang punya perspektif yang berbeda tentang hal tersebut. Tidak ada yang salah dan benar dengan penjelasan mengenai masa sulit karena tiap orang punya cara pandang yang berbeda pula biasanya akan terbentuk dari kebiasaan kecil yang berkembang menjadi solid dan membentuk mindset atau skema pola pikir yang terjadi dalam Neuron Saraf di otak.

Karena adanya perbedaan skema inilah yang menghasilkan pilihan yang berbeda tiap orang dalam merespon masa sulit tersebut.

Masa sulit itu juga bisa dibilang sebagai sebuah kondisi yang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Jadi dengan kata lain menurut Coach Ayu masa sulit itu hanya sebuah SITUASI dan KONDISI saja sehingga tidak perlu dibesar-besarkan apalagi dijadikan ALASAN.

Contoh-contoh yang kondisi masa sulit yang dijelaskan di kelas Couch Ayu ini biasa real dengan kehidupan kita sehari-hari. Peserta bebas bertanya kondisi yang sedang dialami pun bisa ditanyakan.

Dari gambar tersebut di atas, mungkin saja kita dalam kondisi seperti itu. Dari si kelinci itu sedang mengalami kesulitan dalam mengambil wortel yang tertanam di dalam tanah. Pasti berat menghadapi masa sulit tersebut. Dari sini kita bisa belajar apakah kita mau menerimanya dan mendapatkan hal yang besar di balik kesulitan yang sedang dihadapi? Semua pilihan ada pada diri sendiri, apakah kita memilih untuk keluar atau tidak tetapi jangan sampai depresi karena akan memperngaruhi semua aspek kehidupan yang kita jalani.

Setiap dari kita pasti punya potensi dan kemampuan yang bisa dikembangkan, meskipun tidak ada yang sempurna. Bisa jadi kelemahan yang kita miliki ini merupakan potensi yang terpendam dan harus dikembangkan supaya bisa mendapatkan keberhasilan.

Perlunya Mindset untuk Mengungkap Sudut Pandang


Setiap orang punya pemikiran yang berbeda, makanya pilihannya pun berbeda ketika menghadapi masa sulit, maka dari itu kita perlu memiliki mindset agar bisa mengungkap sudut pandang.

Supaya kita punya mindset hal yang perlu dilakukan adalah berani mengakui. Gak banyak loh orang yang berani mengungkapkan sudut pandang karena takut salah, takut dijauhi, takut kena masalah dan takut-takut yang lainnya.

Selain berani mengakui dan menghadapi tantangan (masa sulit) kita juga perlu memahami diri sendiri. Jika kita punya mindset yang bagus maka tidak ada orang lain yang akan memaksakan kehendaknya pada kita. Setiap masalah atau masa sulit yang kita hadapi hanya kita sendiri yang bisa menentukan, apakah kita mengizinkan diatur oleh orang lain?

Cara Menghadapi Masa Sulit Dengan Lebih Mudah


Asyiknya di kelas Coach Ayu ini, selain bebas bertanya, peserta juga diajarkan cara untuk menghadapi masalah supaya kita bisa lebih tenang dan menerima sehingga bisa melanjutkan kehidupan  kedepannya.


perlunya mindset


đź’— Cobalah Untuk Bersikap Tenang


Bicara saja sih mudah, tapi kenyataannya untuk bersikap tenang itu sulit apalagi kalau memang sejak kecil tidak terbiasa diajarkan untuk berdamai atau menerima. 

Coach Ayu mengajarkan caranya supaya kita bisa tenang yaitu dengan minum air putih dan bernapas. Sekilas memang mudah sekali ya cara yang diajarkan oleh coach Ayu. Nyatanya apa yang saya pikirkan ini caranya salah. 

Untuk minum air putih supaya kita bisa memperoleh ketenangan ini ada caranya sendiri, begitu pula dengan cara bernapas. Coach Ayu mengajarkan teknik bernapas 4-7-8. Cara lebih detailnya lebih mudah dipahami jika kita mengikuti kelasnya.

đź’— Menetralkan Diri


Setelah kita bisa menenangkan diri, proses selanjutnya adalah menetralkan diri. Ternyata jika kita sudah merasa tenang, belum tentu kondisinya sudah netral.

Untuk menetralkan diri kita perlu menurunkan barriers dan mengelola pikiran dengan metode acknowledgment. Di sini Coauch ayu memberikan caranya bagaimana kita bisa lebih fokus dengan teknik silang.

đź’— Sadari


Proses terakhir supaya bisa menghadapi masa sulit adalah sadari dengan hadir secara utuh. Terkadang kita hadir tapi pikiran masih di mana-mana kah, Nah pada tahap ini kita perlu kesadaran supaya bisa on untuk menghadapi masa sulit dan menemukan potensi diri yang ada.


Temukan Potensi Diri


Setelah bisa menghadapi masa sulit, kita pun bisa menemukan potensi diri yang mungkin saja masih terpendam. Di sini kita harus bisa memilih sadar atas diri kita sendiri sebelum menemukan potensi diri tersebut.

Sebelumnya kita perlu mengetahui tipe diri masing-masing yang terdiri dari 3 tipe antara lain: Visual, Auditory, dan Kinestetik.

Kelas Coach Ayu selalu menarik apalagi juga berhubungan dengan mental health. dari kelas-kelasnya ini kita bisa mendapatkan insight dan pengalaman yang baru untuk bisa menghadapi hidup. Jangan pernah takut melakukan suatu hal, karena berani itu tidak salah, hanya tinggal disesuaikan saja kondisinya. Cara menghadapi masa sulit dengan mudah adalah awal untuk menemukan potensi diri.  Mulai dari diri kita sendiri untuk memahami diri, jangan down kalau menghadapi masa sulit karena dibalik kelemahan yang kita miliki justru itu bisa jadi kekuatan terbesar yang bisa kita gunakan.




Post a Comment

0 Comments