Ekspedisi Parikesit 7 Saga Persembahan Belantara Studio

Pernah naik gunung? Naik gunung itu melelahkan, apalagi untuk pemula. Tapi ada rasa bahagia dan kepuasan sendiri setelah sampai di puncak. Rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan yang indah  dilihat dari atas sana. Saya sendiri belum pernah naik gunung sungguhan yang tinggi atau berhari-hari lamanya dalam perjalanan. Paling lama naik anak gunung Krakatau saja, itu pun sudah merasa happy. Gimana kalau bisa sampai naik 7 gunung dalam waktu 30 hari, pasti seru seperti Ekspedisi Parikesit 7 Saga yang dilakukan oleh Makki Ungu. Keseruannya bisa disaksikan pada NET TV 23 April 2022 dan akan ada seri lainnya dalam Jelajah Makki Ungu.

Ekspedisi Parikesit 7 Saga


Pemusik Yang Suka Adventure


Buat kalian seorang cliquer atau sebutan untuk penggemar grup band Ungu pasti sudah kenal dong dengan Makki Parikesit alias Makki Ungu seorang pemain bass di grup tersebut.

Makki suka musik, itu sih sudah pasti dan tidak diragukan lagi. Tapi kalau Makki suka adventure? Nah, ini unik apalagi usia beliau ini sudah 50 tahun. Eiits tapi umur tidak menghalangi seseorang untuk melakukan berbagai aktivitas lho, apalagi ternyata Makki juga suka berpetualang sejak masih duduk di bangku SMP dulu.

Dari kecintaannya akan adventure membawa Makki ke penjelajahan barunya ini yang dikemas dalam film semi dokumenter dan mengibarkan bendera Makki Parikesit Adventure yang juga merupakan salah satu proyek pengembangan IP (Intellectual Property) dari Belantara Studio.


Andil Belantara Studio Dalam Jelajah Makki Ungu


Bicara soal Belantara Studio, memang andilnya besar juga dalam Jelajah Makki Ungu ini hingga melahirkan film semi dokumenter "Ekspedisi Parikesit 7 Saga". Belantara Studio ini adalah Studio IP dan Rumah Produksi Film Animasi serta karya audio-visual yang sudah berdiri sejak 2012 lalu.

Kemampuan tim Belantara Studio dalam menghadirkan produk di bidang industri kreatif termasuk desain grafis dan industri animasi memang sudah terbukti dengan karya-karyanya yang bagus. Jadi tidak salah lagi kalau Makki bekerjasama dengan Belantara Studio.

Dalam memproduksi film seri Ekspedisi Parikesit 7 Saga ini, Belantara Studio melakukan persiapan hingga editing membutuhkan waktu 3 bulan, di mana 2 bulan tersebut sudah termasuk perjalanan menuju 7 gunung di Indonesia.




Menaklukan 7 Gunung Dengan Hiking dan Motor-Riding


Meskipun Makki suka adventure, tapi ketika akan menaklukkan 7 gunung harus mempersiapkan semuanya termasuk fisik. Ya kali kita mau langsung naik gunung aja gitu, yang ada ngos-ngosan di jalan gak bisa sampai puncak.

Makki juga sebelum naik gunung sudah melakukan berbagai persiapan aktivitas fisik seperti renang, jogging dan mendaki beberapa gunung terlebih dahulu. Untuk melakukan adventurenya Makki juga didukung oleh tim-tim yang hebat lho seperti Andi Fatic, Didi Fauzi, Kang Iyan yang juga pernah mengikuti Seven Summits Dunia.

Uniknya di dalam pendakian juga hadir Khansa seorang Seven Summits Indonesia termuda berusia 16 tahun yang sudah mencapai 70 Summit. Remaja ini memang suka naik gunung karena keturunan dari ayahnya Aulia Ibnu Sina. Bisa dilihat kan, kalau berpetualang itu tidak kenal usia yang penting ada kemauan dan mau terus berlatih Insya Allah pasti bisa naik gunung. 

Oh ya 7 gunung yang didaki oleh Makki dan tim adalah :
  • Gunung Ciremai (Jawa Barat)
  • Gunung Sindoro dan Sumbing, (di Jawa Tengah),
  • Gunung Lawu (perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur)
  • Gunung Arjuno dan Welirang (di Jawa Timur), dan
  • Gunung Rinjani di Lombok (Nusa Tenggara Barat) 
Dalam melakukan perjalanan naik gunungnya, Makki juga harus melakukan motor-riding juga menuju gunung selanjutnya yang harus didaki. Seru banget waktu Makki cerita mengendarai adventure sport Ducati MultiStrada 950 dan Scrambler Ducati Sixty2 apalagi saya belum pernah mengendai adventure sport seperti ini. 


Berpetualang Tetap Peduli Lingkungan dan Sekitar


Berpetualang menikmati keindahan alam itu sih udah biasa, memang banyak orang melakukan adventure untuk refreshing. Makki bilang sebisa mungkin ketika kita melakukan petualangan jangan hanya diri sendiri yang bisa mengambil manfaat, tapi kedatangan kita ke suatu lokasi juga harus memberikan manfaat untuk alam dan orang sekitar.




Makanya gak salah nih kalau Makki Parikesit Adventure juga selalu berinteraksi dengan masyarakat sekitar di daerah yang dikunjungi. Lewat Parikesit Peduli untuk pariwisata, lingkungan dan pendidikan memberikan sesuatu yang bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar. Aktivitas yang dilakukan seperti pelatihan manajemen sampah dan fotografi. Pokoknya ada ilmu yang bisa dibagikan untuk masyarakat.

Jangan lupa juga untuk menikmati kuliner serta melihat kearifan lokal daerah yang dikunjungi. Dari sini saya jadi tergerak juga nih untuk sama-sama saling memberikan manfaat tidak hanya untuk diri sendiri saja.

Ekspedisi Parikesit 7 Saga ini merupakan seri pertama dari protek Jelajah Makki Ungu dan sudah tayang perdana di NET TN hari Sabtu, 23 April 2022 jam 22.30 lalu. Teman-teman juga bisa menyaksikannya nanti di Youtube Channel Net TV.

Saya sudah gak sabar ingin melihat ekspedisi ke-2 dari Jelajah Makki Ungu nih yang akan dimulai Agustus 2022 mendatang. Insya Allah bisa menginspirasi ya perjalanan ini untuk masyarakat lainnya yang juga ingin menikmati keindahan alam. Andai saya juga bisa ikutan di dalam jelajahnya pasti senang sekali.


Post a Comment

0 Comments